Sang Sola Skriptura bungkam menghadapi homosex, aborsi & cerai-kawin !

Orang yang mempromosikan Sola Skriptura, dimana segala sesuatu selalu diukur menurut Kitab Suci,
Ayat-ayat Kitab Suci tanpa melihat pokok persoalan dicomot disana-sini, dipakai untuk menembak sasaran yang dapat mendukung keinginan hatinya.

Dengan bergembira sambil bergurau mereka menembak, burung-burung yang bernama: Rosary, Maria, Patung dsb., mereka tembak, tanpa memperhatikan perasaan orang lain.

Burung-burung hitam yang bernama: Homosex, Aborsi, Cerai-kawin yang terbang didepannya, mereka biarkan pura-pura tidak tahu, sehingga segala kebiasaan yang melanggar Firman itu, sekarang semakin membudaya.

Di USA tahun 2012 boleh dikata adalah tahun kemenangan buat kaum yang pro homosex dan pro aborsi.
Perjuangan gereja katolik untuk menggagalkan usaha mereka yang bertentangan dengan Firman, agar tidak berhasil secara resmi dilegalisir oleh pemerintah, tidak berhasil.
Sungguh disayangkan bahwa umat katolik (24%), dalam perjuangannya tidak mendapat dukungan dari saudara seiman didalam Kristus yaitu umat protestant dengan berbagai denom yang jumlahnya lebih besar (54%).

Bagaimana dengan Indonesia dimasa yang akan datang, apakah umat protestant juga tidur, tidak mau tahu masalah homosex dan aborsi !

Tidak sepenuhnya benar. Memang banyak di kalangan Protestan yang mendukung aborsi dan homoseksual tetapi tidak sedikit yang menentang. Sebaliknya dari kalangan Katolik juga ada yang mendukung aborsi, meskipun tidak mengatasnamakan gereja Katolik.

Mereka yang melakukan dan mereka yang menyetujui perbuatan itu, kalau kita singgung… sepertinya akan membela diri dan tidak merasa bersalah, sebab sola skriptura yang digunakan sebagai pendukung keyakinan mereka…

  • Roma 4
    4 Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya.
    5 Tetapi kalau ada orang yang tidak bekerja, namun percaya kepada Dia yang membenarkan orang durhaka, imannya diperhitungkan menjadi kebenaran.
    6 Seperti juga Daud menyebut berbahagia orang yang dibenarkan Allah bukan berdasarkan perbuatannya:
    7 "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya;
    8 berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya."

Rm. 3:20 Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.
Rm. 4:15 Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.
Rm. 6:14 Sebab kamu tidak akan dikuasai lagi oleh dosa, karena kamu tidak berada di bawah hukum Taurat, tetapi di bawah kasih karunia.

Maka, kalau kita nasihati mereka [yang melakukan perbuatan itu dan yang menyetujui orang2 yang melakukan perbuatan itu]:

  • 1 Korintus 6
    9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit,
    10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

  • 1 timotius 1
    8 Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan,
    9 yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
    10 bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat

Mereka [yang melakukan perbuatan itu dan yang menyetujui orang2 yang melakukan perbuatan itu] mungkin akan menjawab:

  • Galatia 5
    1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.
    12 Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya!

itulah akibat buruk dari sebuah ajaran yang bernama ‘sekali selamat selamanya selamat
:mad0261:

Yang menjadi pokok persoalan disini ialah:
Dinegara barat seperti Europa dan USA, 20 tahun yang terakhir sedang timbul pertentangan dan perdebatan antara yang pro dan kontra homosex dan aborsi.
Yang pro berusaha agar pemerintahnya mengakui secara hukum resmi.
Yang kontra berusaha agar usaha mereka digagalkan.

Jadi maksudnya disini, bukan perorangan, kalau perorangan tentu saja ada yang pro ada yang kontra.

Dengan usaha gereja katolik mengadakan protes secara resmi,
misalnya:
Mengumpulkan tanda tangan semua umat, yang dikirim ke pemerintah.
Demontrasi anti aborsi.
Dokter yang melakukan aborsi digugat secara hukum, sebab ada segi-segi hukum yang dia langgar.
Menampung bayi-bayi yang ditolak oleh ibunya. dan banyak lagi.

Sedangkan dari pihak protestant yang jumlahnya lebih banyak dari katolik tidak mendukung, sehingga dari tahun ketahun mereka yang pro homosex dan aborsi semakin mendapat angin.

Dahulu hukumnya, aborsi itu hanya diperbolehkan kalau ada alasan yang kuat, misalnya untuk keselamatan nyawa si ibu, atau mungkin bayinya cacat dsb.
Setelah itu meningkat, aborsi boleh dilakukan kalau bayi belum berumur 10 minggu.
Tahun 2013, secara resmi sudah dilegalisir, aborsi boleh dilakukan kalau bayi belum berumur 20 minggu (5 bl)
Mereka tentu saja tidak bisa dituntut sebab perbuatannya dilindungi oleh hukum, sehingga bayi yang dibunuh pada saat sekarang jumlahnya menjadi berlipat ganda.

Nanti mungkin, kalau umat kristen tidak berani menentang pembunuhan bayi-bayi ini semakin merajalela, bayi boleh dibunuh selama tali pusarnya masih melekat pada ibunya.

Saya mengerti, makanya saya katakan ada orang Katolik yang mendukung aborsi dan homoseksual sekalipun bukan mengatasnamakan gereja. Sedangkan ada beberapa (tidak semua, tidak juga mayoritas) gereja Protestan yang bahkan mengadakan pemberkatan “pernikahan” homoseksual.

Soal membuat petisi kepada pemerintah, pihak Protestan punya pandangan beragam. Ada beberapa pihak Protestan berpandangan kalau gereja tidak boleh turut campur urusan politik, sehingga sekalipun gereja-gereja tersebut menentang aborsi dan homoseksual, mereka tidak merasa perlu membuat petisi kepada pemerintah atau parlemen. Tapi ada juga yang aktif menyerukan penentangan terhadap hal-hal tersebut.

Perlu diingat juga, bahwa Protestan bukanlah suatu gerakan yang tunggal seperti gereja Katolik. Tidak ada hubungan struktural antar denominasi Protestan. Lutheran, Kalvinis, Baptis, Adventis, Pentakosta, dan Methodis adalah beberapa contoh denominasi Protestan, masing-masing tidak berkaitan secara struktural. Bahkan di tiap-tiap denominasi tersebut timbul beberapa sinode yang juga tidak ada kaitan struktural satu sama lain.

Benar, kesamaan denominasi Protestan tersebut adalah doktrin “Sola Scriptura”, hanya Alkitab sumber pengajaran yang benar. Namun perlu disadari, masing-masing punya interpretasi yang berbeda-beda terhadap isi Kitab Suci.

Saya malah berpikir, mungkin yang protes agar homoseksual dan abortion dilegalkan (dengan syarat tertentu) bukan dari Kristen (Katolik, Protestan, Calvinis, Methodist, dll), tapi orang-orang yang mengaku Kristen.

Sekalipun Kristen begitu banyak aliran, tapi sumber pokok pengajarannya adalah Alkitab.
Dan saya rasa Kristen sejati (apapun alirannya), TIDAK MUNGKIN meminta homosexsual & abortion dilegalkan.
Karena :
Aborsi yang dilakukan secara sengaja dan sadar (tanpa pertimbangan medis), sama saja dengan membunuh. Walaupun umur janin belum sampai 10 minggu, janin TETAP sudah bernyawa (kita sudah dibentuk TUHAN sejak dari kandungan → ini ada di Alkitab. Sejak pembuahan berhasil dan menjadi janin di kantong peranakan/ kandungan ibu, janin tsb sudah bernyawa).

Sedangkan orang-orang yang protest tsb berpendapat bahwa sebelum umur 10 minggu, janin belum bernyawa —> ini bukan Ajaran Alkitab, tapi ajaran seberang… :ashamed0004:
Jadi, pasti yang protest bukan Kristen Asli… :smiley:

Kalau homoseksual JELAS melanggar Firman TUHAN juga. Walaupun cinta itu universal, bisa ke siapa saja.
Tapi bukan bearti boleh melakukan pernikahan sejenis/ melakukan hubungan seksual dengan sesama jenis.
Kalau TUHAN menyetujui pernikahan homosexsual, TUHAN akan membuat laki-laki pun bisa melahirkan, dan TUHAN ga perlu repot-repot menciptakan perempuan :smiley:

Menurut saya, masalah ini jangan dilihat dari "agama Kristen"nya.
Karena sekalipun berbeda-beda doktrin, tapi sumbernya tetap sama : Alkitab dan Tritunggal.
Walaupun penafsirannya berbeda-beda, tapi dalam masalah MEMBUNUH JANIN dan MENIKAHI SESAMA JENIS, saya rasa TIDAK ADA ayat2 Alkitab yang mendukung hal tsb (kecuali ayat2 Alkitab dipelintir sesuai kehendak sendiri ya :D).

ada saja, mengingat dan mempertimbangkan bakat turunan, dan kelihaian nan kreatif kaum alkitab saja yang sarat dan makin “independent… dan free” ditambah dengan “Iman dalam khasanah perasaan yakin” akan tuntunan Roh Kudusnya yang akan memberi energi dan kekuatan untuk mengaktualkan pendapatnya ke seluruh penjuru dunia… :smiley:

kepada TS, bisakah di sebutkan secara spesifik, denom mana saja anda maksud dengan SLOGAN SOLA SCRIPTURA yang anda maksud ?

karena grj kami tidak pernah menyebutkan SLOGAN SOLA SCRIPTURA dalam ibadah raya manapun. 1 X pun tidak pernah SLOGAN SOLA SCRIPTURA di sebutkan di atas mimbar ibadah raya.

sudah jamak, yang mempompulerkan istilah SLOGAN SOLA SCRIPTURA adalah kaum calvinis, yang jika kita tilik, sesungguhnya mereka tidak berdiri diatas alkitab, melainkan berdiri diatas kitab Institutio.

silahkan di konfirmasi dulu mbah sam.

mengenai kawin cerai dan sebagainya, grj kami lebih cocok dengan pandangan grj Katolik.

Yaitu :

  1. tidak ada perceraian.
  2. bagi mereka yg bercerai secara hukum dunia, tidak akan pernah ada pemberkatan nikah yang kedua kalinya.

mengenai aborsi, bagi grj kami, itu adalah pembunuhan keji.

Juga masalah KB dengan cara tertentu, juga termasuk dalam kategori HARAM untuk dilakukan, karena terjadi penghilangan nyawa janin.

Jadi, denom mana yg TS maksud dengan slogan Sola Skriptura itu ?

Baca dulu nih:
Sola Scriptura continues to be a doctrinal commitment of conservative branches and offshoots of the Lutheran churches, Reformed churches, and Baptist churches as well as other Protestants, especially where they describe themselves by the slogan “Bible-believing” (See Fundamentalism).

Bukan cuma Kalvinis (Reformed) tapi juga Lutheran dan Baptis.

Analog dengan istilah “sosialisme”, walaupun kaum komunis sering menggunakan istilah tersebut, bukan berarti setiap golongan yang menyebut dirinya “sosialis” adalah komunis.

saya tidak mempermasalahkan makna/arti slogan Sola Skriptura

tetapi denom mana saja yg ts maksudkan dengan slogan Sola Skriptura, itu saja, agar jelas maksud sang pembuat TS.

toh saya tidak merasa pendukung “SLOGAN SOLA SKRIPTURA”…
simple kan …

Sola Skriptura = idenya adalah berdiri di atas alkitab…

tetapi FAKTA yang saya temui adalah, pendukung sola scriptura justru tidak berdiri diatas alkitab. Melainkan berdiri diatas kitab lain yg dibuat oleh calvin.

Mungkin karena TS dari kalangan Katolik, maksudnya adalah semua aliran (yang digolongkan) Protestan, termasuk Lutheran, Kalvinis, Baptis, Metodhis, Adventis, Pentakosta, dan Karismatik.

saya tidak yakin bro …

karena di FK, kata sola scriptura lebih identik dengan calvinis karena merekalah yang selalu memboyong SLOGAN ini di FK .

seperti yg saya sebut sebelumnya, saya tidak mencantumkan SLOGAN SOLA A, SOLA B, dan sola sola lainnya … dalam avatar saya maupun postingan saya lainnya.

jadi, biar TS yang memberi konfirmasi.

Di Amerika, terutama pada masa perang dingin, bila seseorang atau suatu organisasi politik menyebut dirinya “sosialis” seringkali diidentikkan sebagai “komunis”. Hal ini bisa jadi karena negara-negara yang memakai istilah “sosialis” sebagai nama resmi negara (seperti Uni Republik Soviet Sosialis, Republik Sosialis Vietnam) adalah negara-negara komunis. Namun sebenarnya tidak semua yang menyebut diri sosialis adalah komunis.

Sama juga, walaupun kaum Kalvinis menggunakan slogan Sola Scriptura, bukan berarti hanya Kalvinis yang menyebut dirinya begitu.

another SOLA :

1 Sola scriptura (“by Scripture alone”)
2 Sola fide (“by faith alone”)
3 Sola gratia (“by grace alone”)
4 Solus Christus or Solo Christo (“Christ alone” or “through Christ alone”)
5 Soli Deo gloria (“glory to God alone”)

bahkan untuk point no 2 : sola fide, kalangan calvinis mendapat tentangan luar biasa dari kalangan Protestant lainnya…

sedangkan point no 3 : sola gratia, juga tidak kalah tentangan dari kalangan protestan lainnya …

so … siapakah pengikut slogan sola sola ini … ? tidak semua kalangan protestan bro.

Saya belum lama di FK, maka saya tidak tahu kalau istilah Sola Scriptura identik dengan Kalvinis.

Namun yang saya tahu, bagi Katolik, doktrin Sola Scriptura identik dengan semua aliran “Protestan”, yakni semua aliran yang muncul setelah Reformasi dan hanya berpegang pada Alkitab, menolak “tradisi-tradisi suci” yang dipegang gereja Katolik.

Tapi ya, silakan TS memberi penjelasan.

Mungkin anda harus belajar apa itu demokrasi…

Apakah anda bertanggung jawab atas nyawa2 gay/cerai/berzinah ketika anda merajamnya?

Apakah anda bisa menjamin seseorang itu masuk surga hanya karena sesuai dengan penilaian anda?

Apakah anda mau bertanggung jawab terhadap bayi2 yg hendak diaborsi itu?

Apakah anda menjamin semua yg anda baptis itu akan masuk surga?

Ke Kristenan bukan berarti mendukung semua itu, tetapi tdk ingin mengambil bagian Kristus yg menjadi hakim sebenar

Lagipun, setiap orang berhak mendapatkan kesempatan 1, 2 dan seterusnya

Salam

@mbah sam
mbah sam kan di north america, tentu mbah bisa merasakan kalau us dan canada kliatan sekali terjadi pemisahan antara negara dan agama
lebih lagi tidak boleh ada diskriminasi

setiap orang bebas memeluk dan menjalankan kepercayaannya (termasuk tidak memiliki kepercayaan) asal tidak mengacau
istilahnya kalau si a percaya kucing adalah iblis selama si a cuma ngomong itu ga bakal diapa2in
tapi kalo si a turun ke jalan nembakin kucing dan membakar semua kalender majalah dan buku2 di toko2 yang gambar kucing baru polisi akan bertindak

saya pikir ga bisa dibandingin dengan di indonesia yang negara yang berketuhanan (tapi korupsinya juara)