Sanggahan Darrel Bock dan Ahli Lain Terhadap The Gospel of Jesus' Wife

Kemaren saya memposting isu tentang penemuan fragmen kuno yang akhirnya dilock. Tujuan saya memposting itu bukan sebagai hujatan tetapi agar orang Kristen tahu isu terbaru dan bagaimana bisa merespon terhadap isu-isu semacam itu.

Ide tentang Yesus pernah menikah bukanlah ide baru. Dan Brown telah memakainya dalam novelnya yang terkenal. Tapi penemuan yang diklaim oleh seorang Professor dari Harvard yaitu Karen King baru-baru ini dan diakuinya teks itu didukung oleh rekannya dari Princeton mau tidak mau menarik perhatian para ahli Theologia untuk menanggapinya.

Seorang ahli PB dari Dallas Theological Seminary yaitu Prof. Darrel Bock (pernah datang di Indonesia) menanggapi klaim dari Karen King tentang fragmen kuno yang memuat kata-kata “Yesus berkata kepada mereka, istriku…”. Darrel Bock memberikan sanggahan seperti yang dilansir CNN sebagai berikut :

-Tidak ada indikasi Yesus pernah menikah
-Nuansa dalam teks itu memiliki kesamaan dengan Injil Gnostik
-Itu hanya teks kecil yang tidak memiliki konteks.

Tanggapan dari para ahli lainnya:

Stephen Emmel, seorang professor Coptology : “Ada sesuatu dalam teks ini termasuk grammarnya yang nampaknya tidak meyakinkan sama sekali.”

Alin Suciu, a papyrologist at the University of Hamburg : “Saya katakan bahwa itu palsu, naskah itu tidak terlihat asli jika dibandingkan dengan naskah papirus abad ke-4.”

Wolf-Peter Funk, seorang ahli bahasa Coptic sependapat dengan darrel Bock :“Teks itu terlalu kecil, tidak ada konteksnya.” Teks itu sendiri hanya berukuran 8 X 4 cm.

Hany Sadak, Direktur Museum Koptik : “Naskah ini tidak dikenal keberadaannya di Mesir”.

Para ahli arkeologi lalu mempertanyakan tentang etika akademis Harvard karena teks ini tidak dikenal jelas asal-usulnya tahu-tahu sudah dipubilikasikan secara luas. Apalagi ditambah pengakuan Karen King sendiri di mana ia masih belum mengadakan uji tinta untuk mengetahui apakah komponen yang digunakan dalam papirus ini cocok dengan zaman dulu (sesuai klaim tanggalnya yaitu abad ke-4).

Mudah-mudahan info ini berguna dan posting ini tidak dilock lagi :slight_smile: God bless you

Sumber :

http://www.huffingtonpost.com/2012/09/19/jesus-wife-papyrus-authen_n_1897169.html
Facebook Darrel Bock

Sumber yang dimaksudkan agar dicantumkan dalam posting adalah berupa link.
Silakan dilengkapi

OK, thanks buat infonya. Dua sumber utama sudah saya tampilkan linknya.