Sangkal dirimu, panggullah Salib, ikutlah Aku, kata Yesus.

Ada orang bilang, orang yang menyangkal dirinya sendiri itu adalah orang yang tidak mempunyai kepribadian.

Ada juga yang bilang, orang yang dirinya sendiri disangkal itu adalah orang yang tak mempunyai harga diri !

Saya tidak tahu jelas, yang dimaksud menyangkal diri itu, bagaimana ?

Dapatkan teman-teman memberi contohnya.

Terima kasih.

Menyangkal diri maksudnya tidak meninggikan diri seolah olah dia itu Kristus dan Tuhan didunia ini !

Camkan ini baik2 : Jika seseorang tidak menyangkal dirinya sendiri maka dia tak dapat mengikut Kristus

Matius 16
24. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Contoh kongkritnya menyangkal diri :

  • dijahatin orang kan maunya jahatin balik? Firman Tuhan katakan tak boleh, harus mengampuni
  • dihakimi orang kan maunya ngehakimin balik? Kalau perlu skalian tonjok? Firman Tuhan bilang jangan menghakimi, tegorlah dalam kasih
  • ditampar pipi kanan maunya bales tonjok jidatnya lah ya? Firman Tuhan katakan berilah pipi kirimu
  • pada waktu berhasil bangkitin orang mati, sembuhin orang sakit, mengusir setan, maunya berbangga diri lah ya? Manusiawi toh? Firman Tuhan bilang segala kemuliaan untuk Tuhan saja.

Orang yang tak bisa menyangkal dirinya sendiri tak bisa membawa kemuliaan Kristus, yang ada hanya kemuliaan dirinya saja yang terpancar

Mgkn maksud nya Supaya kita bersungguh2 berjalan seiring sebagai satu tubuh di dalam kristus untuk saling mengisi dan bukan saling menindih, menyimpang atau malah bersebrangan. Sehingga sepertinya kita melayani Tuhan, padahal kita melayani diri sendiri namun dibungkus dan tertata rapi dengan mengatasnamakan Tuhan. mencoba belajar dimanapun Tuhan tempatkan kita, untuk menyangkal diri dan utamakanlah kehendak Tuhan diatas segalanya. Sekalipun hal itu menyakitkan dan kita tidak sukai.mgkn gitu ya… sy juga krg ngerti… syallom

sama sperti Petrus menyangkal Yesus adalah Gurunya dan Petrus pengikut Yesus. Demikian juga setiap orang harus menyangkal dirinya untuk menjadi hamba dari dunia ini. Sangkallah bahwa tidak betul manusia2 Kristen adalah pengikut kerajaan dunia ini yang memegahkan kedagingannya sendiri.

Dan Ikutlah Kristus yang rendah hati, walau dalam Rupa Allah, Ia tidak mempertahankan kesetaraan itu, namun ia telah menjadi sama dengan hamba. dan berlaku sebagai hamba.

Jika Tuhan saja, bisa merendahkan diri menjadi hamba, Tuhan yang penuh hormat, dan kemuliaan di perjanjian lama, Tuhan yang lekas2 tidak mau bersatu dengan kegelapan. mengapa manusia untuk menyangkal roti yang harusnya kepunyaan di ambil orang lain, manusia tidak mampu untuk menyangkalnya bahwa itu boleh menjadi milik orang lain?

Miliki Kristus didalam diri anda, dengan begitu anda mengikut Dia…

Terima kasih,

contoh-contoh yang bagus.