saudara katolik,toling bantu sy

Sy sedang dlm dilema,di dalam pergumulan iman, sy dr kecil katolik, bisa di kata kan katolik ktp, sy tdk tau soal kitab lain seperti yg sering di bicarakan di forum ini,selain PL dan PB, sy hanya tau soal doa aku percaya,salam maria,bapa kami dan kemuliaan, itu yg sy hapal di luar kepala, selebih nya sy tdk begitu peduli karna bagi sy percaya pada bapa dan putra dan roh kudus sdh cukup! Saat ini sy sedang mengikuti ajaran Kristen, dan sdg galau antar katolik atau Kristen?karna saat di katolik sy juga tdk begitu nakal, hanya kdg minum wine,ke pub dan tdk berpuasa, sdg kan di Kristen sy sdh tdk minum wine dan mulai rajin beribadah,org2 yg mengenal sy rata2 terkejut dan tdk percaya karna mereka menganggap saya seorang katolik yg kuat,knp bisa tiba2 ganti aliran? Sy punya sebuah perasaan di gereja baru seperti perasaan berada di tmpt saya semesti nya,dan setiap saya berdoa minta jawaban sy seakan merasa bahwa ada panggilan bahwa sy di butuhkan di sana, sdg kan untuk ibadah saya masih kaku,karna sdh biasa di katolik. Tolong pencerahan dr tmn2 katolik, sy ingin mengetahui lbh jauh apa yg tdk sy ketahui…hiks galauuu bgt neh :’(

Sis Lily,

Jika anda memang merasakan anda bisa lebih tumbuh di gereja Protestan, maka silahkan anda pindah gereja.
Tetapi, kalau anda masih merasa memiliki iman Katolik, maka sebagai referensi, anda bisa coba lihat lihat situs Katolik yang banyak sekali terdapat di internet. Mulai dari www.katolisitas.org ; www.ekaristi.org ; www.newadvent.org dan masih banyak lagi.

Syalom

Ini lah yg membuat saya bingung karna di satu sisi sy msh memiliki iman katolik tetapi di sisi lain sy merasa Bertumbuh di gereja Kristen (bkn Protestant)

Kurang lebih sama dengan saya :slight_smile:

Ikuti saja kata hatimu, yang terpenting didalam semuanya itu kamu menemukan Tuhan, dan mengikut Tuhan secara pribadi, bukan karena ikut2an orang.

Tentang kaku pas ibadah jalani aja lama2 juga biasa

Gimana klo kmu ibadahnya dua kali ? :happy0025: hari sabtu ke gereja katholik, hari Minggunya ke gereja protestan. Atau, kamu pilih aja gereja protestan yg gaya ibadahnya gak jauh dari liturgi katholik ? Misalnya, gereja kesukuan, ato GKI :coolsmiley:

Kristen apalagi yang anda maksudkan kalau bukan Katolik atau Protestan? Orthodox?

Ada pengalaman ya? Bisa cerita bagaimana saudara keluar dari pergumulan ini dan mendapat jawaban ?

Rasa nya seperti menduakan Tuhan… tambah galauu lagi . Mau kuliah,kerja trs hrs ke gereja di dua tmpt… :’( :’( sy gak tau gereja Kristen yg mirip liturgi katolik

Maaf sy tdk bisa mengatakan kristen aliran mana, karna sy tdk ingin ada comments yg oot dan membuat sy semakin bingung.

Karena, di dunia ini Kristen HANYA ada Katolik, Protestan, dan Orthodox.
Kalau anda katakan bukan Katolik dan bukan Protestan, kalau bukan Orthodox ya saya gak tahu lagi.
Kecuali anda anggap SSY adalah ‘kristen’

Ya dulunya saya dididik secara Katolik, papa dan mama Budha namun saya tak dekat dengan mereka, keluarga saya broken, papa pergi waktu saya SD, mama tertekan sehingga keluar masuk RSJ

Ada kakak saya yang masih Katolik sampai saat ini namun hubungan kami baik

Karena itu saya besar dalam iman Katolik, teman-teman main dulu juga kebanyakan Katolik semua, kebetulan SMP juga Katolik (SD kristen tapi ga inget lah pernah ke gereja haha) jadi pertama kali saya ke gereja itu ya ke gereja Katolik, sampai2 nyolong ikut perjamuan kudus karena pengen tau rasanya (ngaku2 udah dibabtis :D)

Namun ya itu segala teguran yang ditujukan kepada saya untuk sungguh2 bertobat tak pernah mempan, karena saya dulu selalu beranggapan orang yang bisa ke gereja dan bilang Tuhan itu baik, pasti tak pernah mengalami apa yang saya alami, saya punya keluarga hancur, mau jajan aja harus minta temen dulu.

Sampai suatu saat diajak ke gereja Kristen, itupun saya mau setelah 1 tahun kemudian, kenapa saya mau juga saya heran… Pokoknya seperti ada panggilan kalau harus kesana… anehnya, saya datang sendiri tanpa ada orang yang nganterin, bisa dibayangin ga? Sampai sana juga cengo, bingung mau ngapain, nanyi2 ga tau lagunya, doa juga ga ngarti apa itu doa. Orang yang ngajak saya aja juga udah lupa kali pernah ngajak :smiley:

Namun disitulah saya pertama kali dijamah Tuhan, seumur hidup hati saya keras, ga mungkin nangis walau disakiti kaya apa juga, saya sering berantem sama orang yang rese, bagi saya harga diri segala2nya, dan cowok ga boleh nangis cengeng seperti cewek. Namun disana saya nangis kayak anak kecil yang dipeluk papanya dan papanya bilang “Aku sayang kamu” satu hal yang tak pernah saya dengar dari papa jasmani saya, sampai sekarang.

Disanalah saya mulai percaya bahwa Tuhan itu benar ada, dan bahkan sangat baik, Dia menerima saya apa adanya dengan semua keadaan dosa saya, Dia tak suruh saya merubah diri dahulu baru Dia bisa menerima saya.

Dari situlah saya mulai ingin tertarik lebih jauh mengenal Dia secara pribadi, mulai untuk baca alkitab, ikut persekutuan doa, dan berusaha melakukan FirmanNya, sampai saat ini tak terhitung kasih karunia yang sudah Dia berikan untuk saya.

Jadi saya ini bertobat karena dijamah Tuhan, bukan karena dikotbahi, soalnya dikotbahi ga mempan2 haha

Percayalah sis, kalau kamu sungguh2 mengikut Tuhan, Tuhan pasti buka jalan, kamu salah jalan pun asal hatimu melekat kepada Tuhan, Tuhan sanggup memperbaiki jalanmu. Kita ini mengikuti gembala yang baik, yang tak akan membiarkan domba2nya tersesat, bahkan rela mati demi domba2nya.

Thanks atas kisah nya… jd terharu :’( Sy percaya berkat Tuhan pasti berlimpah untuk km.

Yg pasti bkn ssy, oy…bukan kah ssy tdk punya gereja,(yg sy tau dari om Google, tuh…kan jd oot :rolleye0014:

Dugaan saya …gereja yang diikuti oleh Sis Lily ini merupakan denom baru ya …protestan bukan…ortodox bukan …ssy/adventis/mormon/cog bukan … :smiley: …ini hanya dugaan saya aja … :slight_smile:

SSY tu punya gereja, tapi mereka menyebutnya dengan istilah lain… lupa aku namanya… :mad0261: :ashamed0004:

Enggak menduakan Tuhan kok… khan Tuhannya tetep sama ? :azn: Emang klo hari Sabtu ama Minggu kamu enggak off alias libur :huh: Kmu di Indonesia apa luar negeri ya ? Klo di Indonesia ya… seperti yang saya contohkan. Gereja kesukuan macam HKBP, GKJ, GMIT, dst.

ga usah bingung, ngalir aja, kenapa takut ? Tuhan ga akan mempermasalahkan kondisi anda saat ini kog
itu proses alamiah

Sabtu ma mgu libur seh tp kan capek juga,kl hrs kedua tmpt yg berbeda,kl sabtu ke gereja katolik perasaan suka sedih,terharu, tapi plong,trs hr mgu ke gereja Kristen perasaan gemBira and plong juga, sy d luar negri di sini yg ada gereja Baptist, Methodist, Presbyterian, Lutheran, dan gereja dgn nama aneh2

Ooh… begitu ya… :happy0062: hmmm… jika demikian masih ada solusi lain. Minggu ini, kmu di gereja katholik. Minggu depan, kmu ke gereja yg lain. Masih capek juga ? :char11: Bukannya gereja Presbyterian, Lutheran, dan Methodist gaya ibadahnya mirip2 Katholik ? Napa bingung atuuh… :coolsmiley:

Thanks…

Sy tidak ingin terbelah~belah, sy hanya ingin ke satu gereja saja, tapi sy bingung memutuskan karna iman katolik sy trs bergumul, oya :ashamed0004: sy tdk tau kl gereja Presbyterian, Methodist dan Lutheran itu mirip katolik, karna gak pernah masuk dan ikut kebaktian gereja nya.btw thanks atas saran2 nya