saya harus mengaku dosa ke Pastur atau ke Tuhan?

saya mau mengaku dosa nih…
udah 2 tahun ga pernah ngaku dosa lagi…
kira2 saya harus mengaku dosa ke Pastur atau langsung ke Tuhan?
Masalahnya dosa2 saya ini sangat privasi dan tidak mungkin saya share ke org2 yg ga kenal sama saya, termasuk Pastur sekalipun. Kira2 dosa saya lebih diampuni kalo saya mengaku dosa ke Pastur atau langsung ke Tuhan? Lebih efektif mana?

Ke Tuhan lah lee. . .
Asli
Mengaku, minta ampun, jgn ulangi ya leee

Mengakunya ya ke Tuhan.
Pastur juga manusia
Jangan takut buat akui semua kesalahan anda ke Tuhan

Dalam tata ajaran Katolik kan ada tuh tradisi yang namanya pengakuan dosa. nah itu ngaku dosanya ke pastur. disisi lain saya mikir, kalo saya ngaku dosanya ke Tuhan langsung, berarti saya tidak mengikuti tata cara ajaran katolik dong? nanti Tuhan bilang saya dosa lagi… gimana ya… saya jadi makin bingung, kacau, dan gila pikirannya… :mad0261: :mad0261: :mad0261:

Shalom,

1 Yoh 3:4
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

Krn itu, akuilah dosa kepada Tuhan

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Langsung ke Tuhan boleh, ke Tuhan melalui Pastor juga boleh.

Salam

Mengaku dosa harus kepada Tuhan langsung

kalau kpd manusia memangnya dia Tuhan ? kalau di zaman Taurat bisa dirajam orang spt itu sebab bertindak spt Tuhan dalam mengampuni dosa manusia.

Berdoa pun tdk boleh kepada patung walaupun itu patung orang yg dianggap suci spt Maria sebab itu artinya berhala dan dimurkai Tuhan.

Jesus bless you

Tradisi itu ada baiknya, supaya maksudnya orang setelah ngaku dosa bisa dibimbing sehingga tidak berbuat dosa yang sama lagi.

Namun jangan kehilangan esensinya, ngaku dosa itu ke Tuhan, soal lewat mana itu sesuai iman masing2, ada yang bisa langsung ke Tuhan, ada yang perlu dibimbing dan dipulihkan.

Jangan sampai tradisi manusia menghilangkan esensi sebenarnya.

Akhirnya yang ditunggu2 datang juga.
Inilah jawaban yang masuk akal.

Shalom,

Yang ditunggu jawaban yg masuk akal ya Bro?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Salah !! Harus kepada kedua-duanya, ke-Tuhan dan ke Pastor.
Agar anda tidak malu, carilah pastor yang tidak mengenal anda, anda boleh mengakukan dosa kepadanya.

Yak 5 :14-16
14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.
15 Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

memang pastor tidak dapat mengampuni dosa, namun pastor akan berdoa agar dosamu diampuni.

Coba cek di ayat 16 : di situ ada kalimat “karena itu hendaklah kamu SALING mengaku dosamu…”

Kalo pengertian bebasnya sih, baik orang yang ngaku & orang yg didatangi, dua-duanya “dianjurkan” saling mengaku dosa setelah itu saling mendoakan. Pertanyaannya sekarang adalah : Apa mau?

Shalom,

Ayat 16, saling mengakuinya bukan dgn pastor. Klu saling mengakui dgn pastor, yg duluan mengaku salah pastornya?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Yesus sendiri yang memberikan kuasa kepada Gereja yang dilaksakan oleh para imam. Mari sekarang kita melihat apa yang dikatakan oleh Yesus sendiri sebelum Dia naik ke Surga di dalam Yohanes 20:21-23 yang menjadi dasar untuk Sakramen Pengampunan Dosa.

  1. Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.” 22)Dan sesudah berkata demikian, Ia menghembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus. 23)Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Shalom,

Itu kan ttg saling mengampuni Bro, bukan saling mengaku dosa.
Saling mengampuni itu bukan antara pastor dan orang, kecuali mereka bermasalah.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Tolong dibaca dan dihayati lagi, saya bold merah agar anda mudah mengerti :

  1. Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
    22)Dan sesudah berkata demikian, Ia menghembusi mereka dan berkata: “Terimalah ROH KUDUS.
    23)Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”
    [/quote]

Yup itu benar, bahwa orang yang menerima Roh Kudus bisa mengampuni dosa sebagai perpanjangan tangan Tuhan di dunia ini.

Namun tidak ada tertulis bahwa supaya dosa diampuni harus minta ampun ke Tuhan dan ke manusia yang penuh Roh Kudus. Disana hanya dipahami bahwa manusia dapat mengampuni, jadi kalau ada orang yang bilang dosamu diampuni itu tidak sesat.

Jadi tak harus lakukan dua-duanya, pilih salah satu juga udah cukup, mau lakukan dua-duanya juga boleh aja.

Kalau harus saling, nanti gantian pastornya yang mengaku dosa ke umat :slight_smile:

Salam

Hati-hati, yang masuk akal belum tentu benar, dan yang benar belum tentu masuk akal lho :slight_smile:

Salam

paling dosa yang gak jauh2 dari percabulan dan onani :coolsmiley:

gak usah pengakuan tapi harus menjauhkan diri dari dosa tsb