Saya ingin melepaskan diri dari rokok. -_-

Perkenalkan Nama saya Imanuel. 18 thn
Tolong bantu
Mungkin sebelumnya krna saya belum terlalu mengenal secara baik ttg pendalaman kristiani hidup saya yg sebelumnya sedikit ancur lah.
Tapi krna brkat Tuhan kepada saya, skrg saya sadar bhwa gaya hidup saya yg lama itu bukanlah gaya hidup yg menyenangkan hati Tuhan.
Sekarang saya merasa lebih dekat dengan Tuhan, saya merasa tak ada masalah di dalam hidupku yang tdk bisa saya lewati jika saya berjalan bersama Tuhan. Intinya deh saya merasakan hati yang suka cita dan damai yang saya belum pernah rasakan sebelumnya.
Saya selalu berdoa, berterima kasih kepada Tuhan atas berkatnya dalam hidup saya namun sering kali saya menangis dalam pujian, penyembahan, baca alkitab, doa, mendengarkan firman dan kesaksian. Saya merasa kalo saya belum pantas di mata Tuhan karena sampai saat ini saya belum dapat melepaskan diri dari rokok… saya merasa tak pantas krna saya masih terus terjatuh di dosa yg sama :’( :’(
Sudah banyak cara saya lakukan agar saya dapat melepaskan diri tapi blm ada yg berhasil sampai sekarang… :frowning:

Saya sungguh terkejut waktu dikatakan jatuh ke dalam dosa, apakah merokok itu yang anda maksudkan?
Menurut hemat saya, merokok itu bukan merupakan dosa akan tetapi keterikatan itulah yang menjadi masalah.
Jadi karena kita bukan hanya bergantung kepada Allah akan tetapi kepada rokok.
Sebagai contoh saja, kalau dapat masalah akhirnya yang pertama adalah merogoh kantong untuk mencari rokok bukan mencari Allah, jadi akhirnya rokok itu yang menggantikan posisi Allah.
Saya tidak tahu cara apa saja yang pernah anda coba.
Ada pengalaman teman saya di Singapore, dimana ada ahli tusuk jarum dimana setelah teman saya ditusuk, rasa ingin merokok itu langsung hilang, akan tetapi ini hanya bertahan satu sampai dua minggu dan keinggingan itu timbul lagi jadi harus diulang dan seterusnya, jadi akhirnya kemauan sendirilah yang menentukan, apakah mau atau tidak.
Merokok itu hanya mempunyai dua pilihan, terus atau berhenti, tidak ada setengah-setengah.
Berhenti merokok menurut saya tidaklah terlalu sulit, yang paling sulit adalah tidak merokok selamanya.
Berhenti merokok itu harus total dan mulailah dari sehari demi sehari, jangan panjang-panjang, kalau sehari lewat bersyukurlah kepada Allah demikian seterusnya dan setelah lewat 14 hari, itu masa yang paling sulit, akan lebih mudah.
Setelah itu yang paling susah adalah tetap tidak merokok, karena nanti ada keinginan untuk coba-coba lagi, uah itu nanti malah makin menjadi, jangan sekali-kali mau merokok lagi biarpun sebatang.
Karena umumnya orang akan jatuh lagi dengan pemikiran ah hanya satu batang, atau beberapa hisapan saja.
Saya yang telah berhenti sembilan tahun saja masih timbul keinginan untuk merokok.
Sebetulnya kalau ditahan untuk tidak merokok maka keinginan itu akan menurun dan akhirnya hilang.
Jadi itulah kuncinya, kemauan diri yang kuat dan sebagai orang Kristen kita harus berpedoman kalau saya sendiri pasti tidak bisa tetapi bersama dengan Allah pasti bisa.
Ingat perikop orang kaya dimana waktu murid-murid bertanya, kalau begitu siapakah yang bisa masuk sorga, Yesus menjawab bagi manusia hal itu tidak mungkin akan tetapi bukan demikian bagi Allah.Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah.

Hmmm coba beli nicotine patch atau apa gt (kayak tempelan gt) buat ditempel kan di badan. Itu bisa bikin gak pengen merokok. Kan biasanya ada di apotik"…

Kalau udah mentok, ke psikiater aja…

Sebetulnya kalau ditahan untuk tidak merokok maka keinginan itu akan menurun dan akhirnya hilang.
Jadi itulah kuncinya, kemauan diri yang kuat dan sebagai orang Kristen kita harus berpedoman kalau saya sendiri pasti tidak bisa tetapi bersama dengan Allah pasti bisa.

Ingat perikop orang kaya dimana waktu murid-murid bertanya, kalau begitu siapakah yang bisa masuk sorga, YESUS menjawab bagi manusia hal itu tidak mungkin akan tetapi bukan demikian bagi Allah.Sebab segala sesuatu adalah mungkin bagi Allah.

Saya setuju dengan Bro widodohadinata, jujur dulu saya perokok/pelayanan lagi di gereja. tapi saya sekarang sudah berhenti untuk selamanya… Berhenti merokok merupakan pilihan Keinginan dari diri kita sendiri. dan sekarang saya kalau liat asep/bau rokok aja nyebelin banget, muakk… kalau mau berhenti jangan sekali-kali mencobanya kembali… JANGAN!!!

Semangat, saya bisa kamu juga pasti bisa… :happy0158:

@Imanuel ,

Sepertinya anda blm sungguh-sungguh bertobat dari kebiasaan / ketergantungan merokok. Bertobat yang benar adalah sungguh-sungguh meninggalkan kebiasaan jelek kita apapun itu baik sikap , tutur kata maupun perbuatan. kita harus merubah total cara hidup kita yang tidak berkenaan di hati Tuhan.

Memang tidak ada ayat alkitab yang secara tertulis mengatakan dilarang merokok , tetapi kebiasaan ini tidak bermanfaat bagi tubuh kita bahkan berdampak negatif. Jadi kalau gitu buat apa kebiasaan buruk itu dipertahankan. Lagian tubuh kita ini merupakan bait suci Allah ( 1Kor 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? ) yang harus kita jaga kesuciannya agar selalu layak dan berkenaan di hati Tuhan kita.

Jangan tanggung deh kalau mau bertobat dan mau menjadi anak Allah. Pilihannya hitam atau putih , jangan abu-abu karena Tuhan tidak suka yang setengah-setengah. Anda harus yakin dan percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan kita. Apa sih yang tidak bisa IA lakukan ? ( Mat 19:26 Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin. ") Sedikitpun jangan ada ragu di hatimu, berikan otoritas penuh bagi-NYA atas hidupmu maka DIA akan menjagamu setiap saat.

Tuhan Yesus memberkati. :angel:

Aku ga tahu caranya, tapi kalo dari pengamatan itu berasal dari diri sendiri, Ada kemauan dari dalam untuk berhenti rokok. Terus jauhi lingkungan yang ada rokoknya, and selalu berdoa minta pertolongan Roh Kudus… Jangan beli rokok. Jauhi orang yang menawari rokok. Itu aja dari aku. Semoga bisa berhenti addict nikotin dalam tembakau…

GAMPANG BRO ! KALO KAMU NGISAP ROKOK…YANG DITARUH DI BIBIRMU YAITU BAGIAN ROKOK YANG ADA APINYA !! HA…HA PASTI BERHENTI ROKOKMU… BRO KM MINTA ANUGRAH TUHAN …UNTUK BERHENTI MEROKOK…TARUH DIHATI N PIKIRANMU…MEROKOK ITU MERUGIKANMU N ORG" DISEKITARMU… INGAT SLALU KALO KAMU MEROKOK KAMU BERPOTENSI KENA KANKER !!! HAYOOOOO… AKU DAH ALAMI COIIIII…DULU AKU PEROKOK JUGA…BUT PUJI TUHAN NOW…NEVER !!! :cheesy:

:afro: bner coy, ane jg lgi mengalami hal yg sama…!!! binun nie, mau mulai dri mana, tp yg sedang dilakukan:

  1. berdoa, minta pertolongan tuhan
  2. berusaha memasukan anti pirus ke otak, yg isinya “ngeroko itu gag enak, pait, batuk, nyesek, nasap engapp”
  3. mengurangi quantity rokok per hari
  4. ini yg pling berat, tp hrus dilakukan : melawaaannnn…!!! paksaiinnn…!!! jgn merokok…!!!
  5. 3-5 hari setelahnya gw yakin pasti ngeroko dh gag enak, jdi mending berenti deee…

kamu harus tinggal di lingkungan (kota atau negara) dimana orang-orangnya anti rokok, nanti lama kelamaan kamu juga akan terbawa tidak merokok.

sebenarnya intinya cuma satu klo emg mw bener" mw berhenti.
yaitu niat!

1.Tulus betul2 ingin berhenti merokok
2.Meminta bantuan ROH KUDUS , agar ROH KUDUS mematikan daging kita (hidup dipimpin oleh Roh) ,Tanpa bantuan ROH KUDUS tidak mungkin kita bisa lepas dari rokok

Roma 8:2

8:2 Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam KRISTUS dari hukum dosa dan hukum maut.

Roma 8:13

8:13 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi[u] jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.[/u]

Galatia 5:16-17

5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

  1. Jika pergaulan sodara membuat sodara tidak bisa berhenti merokok “TINGGALKANLAH MEREKA”

Matius 5:29-30

5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.

Lebih baik dikatakan "cupu , culun , tidak gaul , sok suci " , daripada nanti sodara bersama2 dgn mereka dicampakkan ke neraka

1 korintus 15:33

15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

SImple aja…
pilihan ada di tangan kamu.
siapin permen di saku.:slight_smile:

merokok itu memang merugikan kesehatan, merugikan keuangan… intinya merokok itu tidak baik… walaupun merokok itu tidak menjadikanmu sebagai seorang yg najis dan hina dan berdosa.

jangan merasa berkecil hati… karena walaupun kamu masih merokok, Tuhan tetep menyayangi kamu…

berhenti merokok itu kuncinya hanya niat yg bulat dan kuat.
menurut penelitian: kamu bisa 90 hari tanpa rokok, maka hidup tanpa rokok akan menjadi “habbit”/kebiasaan kamu.

setelah berhasil 90 hari/3 bulan tanpa rokok, maka keinginan merokok mu itu akan hilang…

untuk mempermudah usahamu, usahakan kamu bergaul dengan orang yg tidak merokok.
jangan bertemu dengan teman perokok. isilah hari2 mu bersama teman2mu yg tidak merokok.
percayalah itu sangat membantu. lingkungan akan memberi pengaruh yg besar untuk mu.
sehabis makan, usahakan minum air putih banyak2, dan tutup dengan cemilan atau buah2han… untuk menghilangkan rasa masam di mulut.

kalau kamu peminum kopi, cobalah menikmati kopi tanpa rokok… mantab juga kok… :slight_smile:

dan, yg penting jangan lupa berdoa pada Tuhan untuk niat baikmu itu… juga mohon bantuan kepada keluarga, agar membantu menciptakan kondisi yg kondusif untuk tidak merokok.

saya 20 tahun sebagai perokok saja bisa, maka kamu pasti bisa! selamat mencoba…

Tuhan sertamu… :slight_smile:

wah sama bro, saya juga masih merokok ini :frowning:
susah, gimana yah… tiap nganggur pasti ingat si dia [rokok]

rokok itu ga seperti kebanyakan orang bilang “asal ada niat”
karena rokok mengandung zat addict. dan saat tidak merokok, ada sugesti2, ada rasa tidak nyaman di lidah atau mulut…

sama dengan hal nya orang addict minum kopi…

apalagi kalau sedang di depan komputer ya bro… sedang asik jadi player… :smiley:
ga afdol tanpa berasap… hahahaha…

berbahagialah orang yg masih merokok, karena dia masih sehat… #sesat.com

hahahaha…

tapi yg saya bingung, kenapa rokok di bilang berdosa sedangkan kopi tidak…
padahal kopi pun merusak jantung, dan ada efek addict…

haha, emang kopi ngerusak jantung ya? :cheesy: kalo minumnya berlebihan aja kali?? :cheesy:

tapi biasanya udah satu paket, ngerokok, juga ngopi… tapi yang ngopi belom tentu ngerokok. :tongue:

jadi pengen minum kopi ;D

seharusnya main ngegame juga dosa bro… karena addict dan merusak kesehatan mata… hahahaha…

hidup kok susah… asikin aja… yg penting ngga jahat… beriman pada yesus! beres! (pak brengos mode on)

makan kolesterol juga ngga dosa…
padahal lebih banyak orang mati karena kolesterol, dari pada karena rokok… ! ;D

orang mati muda sakit jantung, strooke, darah tinggai…
sisi lalin banyak aki2 yg masih ngebul, dan enjoy aja…

saya juga sedang berusaha berhenti merokok, sudah berjalan hampir 3 minggu, di mana seminggu pertama benar2 tanpa sebatang rokok, minggu kedua agak kendor sehari 1 batang rokok, skr memasuki minggu ketiga, semoga berhasil tanpa sebatang rokok.
rasanya tanpa merokok benar2 badan dan pikiran tidak dapat melakukan apapun, bisa dilihat di internet ttg topik berhenti merokok istilah ‘withdrawal’.
tapi itu semua harus dapat dilalui krn biar bagaimana kesehatan jauh lebih berharga, krn dampak dr merokok, mungkin secara urutan dapat mendatangkan penyakit, bronkitis, emphysema, kanker paru2.
jd bagi bro Imanuel selamat berjuang juga.
bg FKers yg ada pengalaman berhenti merokok semoga mau berbagi cerita.
GBU :happy0062:

Mudah koq bro, yang penting tekad, dan bangkitkan kebanggaan diri.
Lihat dan pandang sebatang rokok itu, begitu lemah, diremaspun sudah hancur dia.
Jadi, masa anda kalah dengan benda selemah itu.

Hal berikut yang harus anda lakukan adalah, jangan sediakan asbak di meja, jangan sediakan korek api, dan sudah pasti jangan sediakan rokok di rumah anda.

Syalom