Saya sering mengalami ini... Apakah saya kesurupan atau pertanda?

Shalom,

saya cerita sedikir ya…
Saya sering setelah bangun dari mimpi itu gak bisa BERGERAK, tangan kaku begitu juga kaki mulut gak bisa ngomong padahal saya ketakutan mau teriak begitu, tapi gak keluar… Bulu kuduk berdiri semua… Saya sering tidur dengan posisi miring saat itu pasti saya kaya tertekan dari atas gitu…
Itu semua terjadi setelah saya bermimpi buruk…
Nih mimpi yang masih saya ingat…
1, yang ini singkat karna pas saya tidur tiba2 kaya ada yang lari kesaya lalu kaya ngambil sesuatu dari muka saya… Dan terjadilah gejala gak bisa bergerak yang diatas…
2. Saya bermimpi kaya disuatu tempat… Ada cewek seksi pake kaya dress sepaha yang ketekan gitu warna item, dan mereka juga punya sayap… Terekam jelas di pikiran saya … Saya melihat mereka sedang bercanda tiba2 ada satu cewek kaya malaikat gitu menyentuh air, dan terasa punggung saya kaya ada yang nyentuh tiba2 bangun… Dan terjadilah gejala gak bisa gerak kaya diatas…
3. Dan yang baru saya alami tadi ini … Saya bermimpi ditegor sama temen cewek yang muslim, kalo saya baru diliatin sama guru cwek muslim juga… Dan berpesan “Boja… Jangan begitu…” dan terjadilah gejala itu…

Sebener’a saya kenapa sih??

Mungkin itu yang namanya tindihan.
Dulu pernah ada penjelasan dari member forum yang punya latar belakang kedokteran, cuma saya lupa di mana.

Salam

jika anda telah menjadi milik Kristus maka iblis tidak akan rela dan dia melakukan cara-cara tidak kekanak kanakan seperti dalam mimpi kamu.

berdoalah sungguh-sungguh sebelum tidur dan minta Yesus menjaga kamu dan jika kamu sedang diganggu berdoa dalam nama Yesus usir tuh setan tidak perlu teriak cukup dalam hati.

lakukan terus berulang-ulang jika setan-setan itu muncul kembali

jangan menyerah

Gak kenapa-napa, hampir semua orang pernah ngalami mimpi tapi tidak bisa bergerak. Bahkan kadang bisa mendengar ucapan orang di sekitar, tapi tidak bisa bangun dan tidak bisa bergerak.

GBU

Apakah kamu pernah terlibat dgn ritual2 kuasa kegelapan?
Apakah kamu senang dgn kisah2 mistery?
Kamu harus sangat hati2, karena Iblis itu roh dpt memaki media2 tsb.
kamu harus berdoa sungguh2 & menyerahakn hidupmu kedlm perlindungan Tuhan Yesus
Setiap kali sebelum tidur berdoa sungguh2 minta perlindungan Tuhan Yesus., sehingga dlm keadaan tidurpun kuasa-Nya melingkupi kamu.
Kalau kamu pernah terlibat ritual kuasa kegelapan, sebaiknya kamu minta tolong utk dibantu pelepasan dari kuasa Iblis kpd pdt di gerejamu.
GBU

Secara kedokteran disebut “sleep paralysis” keadaan psikologis dan biologis yang membuat seseorang kehilangan “koneksi” dari otaknya ke bagian-bagian tubuhnya sehingga menimbulkan pengalaman yang menakutkan.

Secara mudah dicerna, silahkan baca artikel Kompas disini http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/01/22/ketindihan-ketika-tidur-mitos-atau-ilmiah-58571.html

Lebih detil silahkan baca http://en.wikipedia.org/wiki/Sleep_paralysis

katanya kondisi kejiwaan juga mempengaruhi Tubuh demikian sebaliknya saling mempengaruhi…

mimpi juga kadang mewakilkan kondisi kejiwaan dan perasaan kita sebenarnya, dan diwakilkan cerita yang ada didalam mimpi, mungkin cerita yang sulit dimengerti dan emosi dan perasaan nya pas dan persis…

kadang emosi dan perasaan itu tidak bisa terluap dalam KONDISI SADAR 100%, sehingga dilampiaskan dalam mimpi. dimana kondisi kejiwaan tidak berada dalam kontrol kita scara penuh…

kalau saya lihat sih, (walau kamu kurang lengkap bercerita) kamu berada dalam kondisi ketakutan, ketakutan itu selalu mendera kamu dan berusaha keluar dan bisa muncul dalam sadarmu, namun kesadaranmu menekannya habis untuk tidak keluar dalam alam tidak sadar kamu…

menurut saya kamu harus memperbaikinya…

kamu harus jujur kepada diri kamu sendiri akan perasaan perasaan yang terjadi dalam diri kamu sendiri…

kamu harus memperbaikinya.

yang paling ribet, kalau kita dalam kondisi sadar, kita masih bisa mengontrol diri kita, nah kalau kita tidak sadar? ribet… kita bisa dibawa kemana2 ketempat atau perasaan yang kita tidak mau merasakannya (sebab terlalu sakit mungkin),

Penjelasan Ilmiah Mengenai Sleep Paralysis

Pernahkah anda merasa seperti tertindih sesuatu yang sangat berat, dicekik, dada sesak, tak mampu bergerak maupun berteriak, saat menjelang atau bangun tidur? Dalam istilah kesehatan disebut sleep paralysis.

Ini merupakan kondisi ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak, berteriak pun tidak mampu. Kejadian ini biasanya disertai halusinasi, yaitu seperti melihat sosok di sekitar tempat tidur, dan dapat berlangsung dalam hitungan detik hingga menit.

Fenomena ini kerap dikaitkan dengan hal mistis. Sebab, bentuk halusinasi yang muncul bisa menyerupai sosok sahabat, kerabat yang telah meninggal, bayangan hitam, atau hantu, tergantung latar belakang kebudayaannya.

Di Barat, fenomena ini sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada pula yang melaporkan melihat agen rahasia asing atau alien. Pada banyak lukisan abad pertengahan dapat kita lihat sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan, sehingga ia dalam ketakutannya merasa sulit bernapas.

Malafungsi tidur

“Tindihan paling sering terjadi pada orang yang kurang tidur. Bisa juga dipicu oleh kelelahan, stres, cemas berlebihan,” kata Dr. Andreas Prasadja, RPSGT, sleep technologist dari Sleep Disorder Clinic, RS Mitra Kemayoran.

Seorang peneliti sleep paralysis, Al Cheyne dari University of Waterloo berpendapat, sleep paralysis adalah sejenis halusinasi karena adanya malafungsi tidur dari tahap rapid eye movement (REM).

Dijelaskan Dr. Andreas, tidur dibagi menjadi beberapa tahap berdasarkan gelombang otak, yaitu tahap N1, N2, N3, dan R. Urutan tidur biasanya dimulai dari N1-N2-N3-kembali ke N2-R-kembali ke N2-N3-kembali ke N2-R-kembali ke N2-N3 dan seterusnya.

N1 adalah tahap tidur paling ringan, sering kita masih setengah sadar. N2 merupakan tahap tidur yang lebih dalam, sedangkan N3 paling dalam. R adalah REM. Pada tahap ini mimpi terjadi.

Gelombang otak mimpi mempunyai frekuensi mirip gelombang otak sadar. Ini menjelaskan kenapa orang bisa merasa berada dalam alam kesadaran lain ketika bermimpi.

Kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur sering membuat gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Dari sadar ke N1 lalu melompat ke R (mimpi). Yang khas pada mimpi ini timbul halusinasi munculnya sosok lain dan lumpuh (paralysis), sehingga tubuh tidak dapat bergerak atau mulut kelu.

Posisi telentang

Tindihan dapat terjadi pada pria dan wanita. Usia rata-rata orang mengalami tindihan pertama kali 14-17 tahun. Diperkirakan setiap orang pernah mengalami tindihan setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Tindihan dapat disebabkan hal yang tidak dapat dikontrol hingga memicu stres dan terbawa dalam mimpi.

Kondisi lingkungan kerja juga berpengaruh. Contohnya, mereka yang bekerja dalam shift lalu kekurangan tidur dan memiliki pola tidur yang tidak teratur. Juga sering terjadi pada individu yang tidur dalam posisi telentang, wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur. Karena itu, mengubah posisi tidur dapat mengurangi risiko terserang tindihan.

Tindihan bisa muncul pada penderita sleep apnea walaupun jarang karena selalu berada dalam kondisi kurang tidur akibat henti napas. Kurang tidur inilah yang memicu tindihan.

Gejala depresi

Meski biasa terjadi, tindihan patut diwaspai karena bisa merupakan gejala penyakit, misalnya narcolepsy, sleep apnea, kecemasan, depresi, atau kurang tidur. Ada baiknya penderita membuat catatan mengenai pola tidurnya selama beberapa minggu, untuk membantu mengetahui penyebab tindihan.

Setelah mengetahui faktor pemicu, cara ideal menghalaunya tentu menghindari pemicu. Jika tindihan sebagai akibat terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

Jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Catatan yang sudah dibuat akan sangat membantu ketika penderita memeriksakan diri ke dokter.

Dokter perlu mengetahui kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Juga jenis obat yang pernah atau sedang digunakan. Orang yang susah tidur bisa diberi obat penenang untuk mempermudah tidurnya.
“Kurang tidur tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah terlalu berat. Itu membutuhkan evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur.

Sumber : Historia Vitae Magistra

baca Firman banyak 2 krn itu yang menguatkan rohmu
banyak nyembah Tuhan dan doa…
jadi dlm keadaan tidur …rohmu tetap bisa menyebut nama Yesus saat hal tersebut terjadi .

Re: Saya sering mengalami ini... Apakah saya kesurupan atau pertanda?

IMHO:

  • bro conscious pada waktu mengalami itu… bro aware what happened pada diri bro… jadi jelas bro nda kesurupan.
  • “pertanda” = pertanda atas apa yang akan terjadi dimasa depan ==> BUKAN.
    Sebab saat bro mengalami hal itu “this what happenend to me RIGHT NOW, i wanna get out of this state (paralyzed)”
  • “pertanda” kalo bro disayang Allah ==> YES.
    Walau dengan cara “tindihan”. Allah ingin bro lebih berserah dan menggantungkan diri bro sepenuhnya pada-Nya, lebih mendekatkan diri pada-Nya… :slight_smile:
    1 hal, yakinlah…
    4:8 (4-9) Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.

Sekedar melengkapi teori dari sudut medis yang telah dipaparkan sis/bro sebelumnya…
Adapun apapun teori dari segi medis, itu hanyalah tentang anatomi, cara kerja otak, hormon, chemical malfunction, etc… dan penyebab sebenarnya dari “tindihan” belum diketahui 100%.

  • Sebab walaupun orang sudah jaga kesehatan, sudah mengikuti petunjuk dokter dalam hal mencegah “tindihan”… tetap saja masih bisa terjadi.
  • Sebab walaupun ilmuwan dengan usahanya mampu membuat dirinya being conscious while sleeping (LUCID DREAM), awaken paralysis… namun yang mereka ketahui hanyalah FASE2 tahapan saja dari fase sadar menuju fase tidur… dan mereka masih mampu menguasai dirinya sendiri… sehingga yang mereka alami bukan MURNI “TINDIHAN” (fenomena gaib yang berbeda2).

A. ILMIAH.
Semua orang yang tidur itu selalu mengalami “sleep paralysis”, namun kondisi mereka dalam fase tidak conscious lagi… tubuh relax… ==> hal itu agar orang tidak melukai dirinya sendiri dan orang lain.

  • Contoh 1; mimpi ada pria kurang ajar, sy tampar… kalo “natural body function” sy yang sedang tidur nda “paralysis” maka tangan sy akan bergerak nampar… kalo nampar angin sih ga masalah, nah kalo yang sy tampar suami sy kan berabe…
  • Contoh lain;sy mimpi lagi jalan… kalo “natural body function” sy yang sedang tidur nda “paralysis”, maka sy akan sleep walking… (sleep disorder)

Yang jadi masalah adalah, ketika “natural body function” kita yang “paralysis” masih belum waktunya bangun, namun consiousness kita sudah balik awake terlebih dahulu mendahului proses alami FASE tidur menuju bangun… maka akan berakibat “TINDIHAN”

Nah, penyebab sebenarnya KENAPA bisa awake duluan itulah yang diluar kemampuan ilmuwan/reseacher
untuk menggalinya, sebab ilmuwan itu testing full awake dari FASE bangun menuju tidur sampe bangun lagi.
Bukan dari FASE unconsious menuju awake… jadi beda casenya.

B. CONTOH2 “TINDIHAN” (personal experience saat kecil)

  • Mata terbuka, sudah bangun tapi tubuh nda bisa digerakkan… mendengar suara persis diujung telinga
    Suara itu sy tahu dan kenali adalah suaranya orang2 yg sudah wafat IRL(in real life)… berisik banget; ada yang jerit2, ada yang ketawa ngikik, ada yang ngerumpi tapi sy nda jelas ngomong apa…

  • Mimpi dikejar setan, mau lari rasanya langkah berat banget… kayak slow motion… jantung deg2an… tapi sy aware bahwa itu mimpi, sy berusaha bangun… dan buka mata… dalam kondisi merasa sudah bangun, setan itu persis didepan muka sy menyeringai… nda ada mata, hidung… cuma lidah terjulur sambil nyengir… ketika itu sy merasa sudah bangun total… jadi setan yang nampak didepan sy tersebut benar2 real setan dialam nyata… langsung sy merem teriak “DALAM NAMA TUHAN YESUS KRISTUS”… byar mata terbuka… barulah sy benar2 dialam awake… dan sadar pengalaman yang tadi “mimpi didalam mimpi”.

Bersambung ayat yang sy TAFSIR berkenaan dengan “tindihan” (please CMIIW kalo ternyata diluar konteks)

C. TAFSIRAN DARI ALKITAB yang masih bersifat asumsi pribadi - belum pasti kebenarannya (CMIIW)

Ayub 4.

4:1 Maka berbicaralah Elifas, orang Teman:
4:12 Suatu perkataan telah disampaikan kepadaku dengan diam-diam dan telingaku menangkap bisikannya,
4:13 waktu bermenung oleh sebab khayal malam, ketika tidur nyenyak menghinggapi orang.
4:14 Aku terkejut dan gentar, sehingga tulang-tulangku gemetar.
4:15 Suatu roh melewati aku, tegaklah bulu romaku.
4:16 Ia berhenti, tetapi rupanya tidak dapat kukenal. Suatu sosok ada di depan mataku, suara berbisik-bisik kudengar:
* Setan yang mana Allah mengijnkan si Setan untuk mencobai ayub dengan segala cara termasuk lewat saudara2, teman2nya asalkan jangan ambil nyawa ayub atau suara malaikat?

4:17 Mungkinkah seorang manusia benar di hadapan Allah, mungkinkah seseorang tahir di hadapan Penciptanya?
* Jika Tuhan yang bicara, tentunya akan berkata: “dihadapan-Ku” ; so asumsi sy, roh (kapital kecil ayat 4:15) tersebut adalah setan yang membisiki teman elifas untuk mengalahkan iman ayub. (PLEASE CMIIW)

4:18 Sesungguhnya, hamba-hamba-Nya tidak dipercayai-Nya, malaikat-malaikat-Nyapun didapati-Nya tersesat,
4:19 lebih-lebih lagi mereka yang diam dalam pondok tanah liat, yang dasarnya dalam debu, yang mati terpijat seperti gegat.
4:20 Di antara pagi dan petang mereka dihancurkan, dan tanpa dihiraukan mereka binasa untuk selama-lamanya.
4:21 Bukankah kemah mereka dicabut? Mereka mati, tetapi tanpa hikmat.

5:1 Berserulah–adakah orang yang menjawab engkau? Dan kepada siapa di antara orang-orang yang kudus engkau akan berpaling?
* ketika kita “ketindihan” ataupun dicobai iblis, pada siapa kita berpaling; menggantungkan diri sepenuhnya pada siapa; TUHAN YESUS atau siapa untuk menolong kita ?

betul brow, orang Menado bilang itu “ketindisan”, artinya tertindih sesuatu …

sy juga udh pernah ngalamin mimpi yg kt org ketindihan itu…critanya gini sbenarnya udh lamaaaaa skali kjadiannya tp smp skarang msh ingat…dulu wkt ngajar sekolah minggu anak2 spt biasa slalu ada ayat hafalannya trus saat itu ayatnya dari Roma 10:13 “Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.” ngajarnya kan pagi waktu malamnya lagi tidur gitu tiba2 sy mimpi ada tangan spotong ga tau ya itu tangan kiri ato kanan tangan soalnya ga di cek dulu :cheesy: tp panjangnya smp elbow…warnanya hitam kelam bersisik n berdarah pokoke serem deh trus datangnya dari arah salah satu jendela di kamar sy…udh gitu tangan itu melayang tepat brenti didepan sy yg lagi terbaring gitu ga bisa bangun ga bisa buka mata trus saat itu tangan itu terjulur mau buka n ambil jantung saya saat itu sy panik krn ngeri skali trus saya berseru dalam hati (krn 'kan ga bisa ngomorg) TUHAN YESUS TOLONG saat itu tiba2 pikiran sy teringat ayat hafalan itu baru aja sy pikirin ayat itu langsung deh bisa bangun…puji Tuhan. Jadi kalo percaya sungguh n milik Tuhan Yesus biarpun di serang gitu anak2NYA pasti slalu menang!!!

Ceuk basa Sunda na mah eureup-eureupan.

saya juga pernah mengalami kejadian seperti itu,mata sedikit terbuka sudah sadar tapi ga bisa gerak2,disitu saya berteriak dalam nama Yesus,dalam nama Yesus …terus sambil berusaha menggerakan tangan kaki kepala juga badan untuk digerakan sedikit,supaya ada gerak,tapi tetap saya selalu berseru ke Tuhan Yesus,Tuhan Yesus tolong saya,walau dalam mimpi buruk setengah sadar ga bisa gerak,tetap dalam nama Yesus,dalam nama Yesus Kristus,itu saya ucapkan terus,sejak saya berteriak2 memanggil nama Tuhan,saya terlepas dan bebas dari itu tidur tidak bergerak.
nama Yesus Kristus penuh kuasa,Nama diatas segala nama.percayalah untuk selalu berseru ke Tuhan,serukan namaNya memohon pertolonganNya.

saya juga pernah mimpi buruk setan/iblis itu berusaha menakut2in,mencabik2 tubuh saya,rasanya seperti ngilu+ sakit,pokoknya ga enak,saya berusaha menghindari tapi setan itu terus menyerang,sampai saya berteriak dalam Nama Yesus,dalam Nama Yesus enyahlah kau setan,itupun belum pergi2…dalam mimpi,masih terus nyerang,sampai akhirnya saya berserah Tuhan tolong aku.akhirnya bebas dari mimpi itu,terbangun. udah agak lupa2 de ceritanya,cuma selalu klo mimpi buruk itu sebut nama Tuhan,itu sangat baik sekali buat kita anak2Nya.

gw juga sering begitu bro tp cuma sampe badan gak bisa bergerak aj , ada penjelasaan kedokterannya deh jadi bisa dibilang banyak yang ngalamin klo soal mimpi gw kgak tau bro .

Kalo cuma sampe tahap tubuh nda bisa gerak, dan nda mengalami penglihatan/pendengaran aneh plus perasaan DITEROR, kengerian, perasaan yang sangat tidak mengenakkan… itu body disfunction.

Sedangkan tindihan, BUKAN DISEBABKAN tubuh nda bisa bergerak MAKA muncul penglihatan/pendengaran aneh plus perasaan DITEROR, kengerian, perasaan yang sangat tidak mengenakkan… MELAINKAN fenomena aneh, perasaan nda enak tersebut MENDAHULUI dan TERUS BERLANGSUNG saat tubuh nda bisa digerakkan.

Ciri2:

  • Kita nda bisa mengontrol penglihatan/pendengaran/fenomena apa yang akan terjadi… menginginkan untuk melihat nenek, etc saat tindihan.
  • Perasaan diteror… namun sejak dalam fase tidur, sudah aware… LUCID… contoh: kalo dalam mimpi itu kita ingin lari, maka kita bisa lari… tapi terhambat larinya seakan ada yang menguasai kita…
  • Nah sewaktu terbangun, tubuh nda bisa gerak, fenomena itu terus berlangsung dalam fase awake…
    perasaan mencekam, tidak berdaya, putus asa KARENA fenomena teror itu.

Dalam keadaan PUTUS ASA, TAK BERDAYA itulah, pada siapa kita mau beriman memohon pertolongan…
Kalo atheis ya mungkin sebut “tom cruise, tom cruise”… lalu normal lagi merasa itu kejadian biasa…

Padahal imho tujuannya agar manusia menyadari bahwa dirinya itu tidak berdaya, agar manusia menyadari bahwa manusia hendaknya bergantung sepenuhnya pada Tuhan Yesus Kristus dalam Bapa saja… agar manusia jangan memegahkan diri atas hal2 fana yang manusia miliki (mind,etc) melainkan tunduklah pada Allah.

Kalau aku kok ngalaminya kok pas demam tinggi ya.
apa ini juga di sebut sleep paralysis / tindihan ya?

Shalom,
Masing2 Daerah telah memberi nama hehehe ;D kalau di JerMan namanya Rep-Repan yaitu ketika antara mau tidur kita mengalami tertindih bahkan kita sadar bisa melihat sekitar kita , mungkin udah berteriak minta tolong tapi yang keluar paling ahah uh uh aja hehehe :smiley: secara Medis sudah coba diterangkan diatas juga secara Rohani udah :afro:
Pokoknya Bro / Sis , Pegang bahwa Nama YESUS adalah Nama diatas segala nama ! Praktekin aja minta tolong berseru pada Tuhan YESUS ( bukan Yesus yang lain yah ) mau itu Gondoruwo, wewegombel, peri jin muslim ataupun problem kejiwaan apapun PASTI HILANG ! ( saatnya kita Praktekin Iman Percaya kita bukan cuma pengakuan dimulut ! ) saya Jamin PASTI Hilang ! karena bukan orang beriman pada kristuspun ketika Berseru minta Tolong pada Tuhan YESUS juga ditolong kok ! kuncinya PERCAYA SAJA ! abis lepas tindihannya silahkan panjatkan Pujian Syukur pada Tuhan YESUS maka Bablas Penyakit"e/ Setan"e ! ;D :smiley: selamat membuktikan Sis / Bro Bojanoela. TYM

Berarati " peristiwa ketindihan / ketindisan waktu tidur " pastilah proses alami dan pernah dialami setiap orang, bahkan saya sendiripun pernah mengalaminya…Disitu yang saya tau saat itu bahwa saya tidak berdoa saat mau tidur. karena mungkin didera kelelahan yang amat sangat seharian bekerja di luar maximal dng kekuatan fisik saya…

Jika saat itu dikatakan mengalami suatu kejadian supra natural…?? pasti iya…karena alam bawah sadar manusia kita yang dominan berperan saat itu… Dan fungsi sysraf diotak terganggu pada situasi frequensi yang ter interferens, karena proses alam disekitar kita tidur…baik dari alam fana maupun alam maut…Ada disitu suatu distorsi dua dimensi…yang terpicu oleh kondisai tubuh yang tanpa sengaja kita ciptakan…Sehingga semacam halusinasi timbul dialam pikiran kita manusia. waktu kita tertidur tsb…kemudian kita lantas menterjemahkan sesuai mitos mitos yang sudah berkembang di kultur budaya kita sebelum-sebelumnya sudah ada…

Salam…