Sebenarnya orang kristen boleh merokok gak sih?

Saya mau tanya sebenarnya orang kristen boleh merokok atau tidak?
Kalo tidak boleh, apa alasannya?

Boleh.

kalau dari tulisan di pack rokok 'Merokok dapat mengebabkan kanker dan bla bla yang lain" dan ada juga ‘merokok membunuh’,…

maka…

merokok tidak boleh.

bukan karena saya tidak perokok,

tetapi merokok adalah pekerjaan sia-sia, dan itu seharusnya sangat tidak boleh.

Kalo merokok itu tidak boleh atau dosa, apakah si pengusaha rokok atau yang punya pabrik rokok itu berdosa juga jika si pengusaha tsb orang Kristen, walaupun dia sendiri tidak merokok.

krn sy tau… rokok itu meracuni manusia… maka …saya tidak mau: jual rokok, jadi pengusaha rokok bahkan bekerja pada pabrik rokok :smiley:

merokok tidak boleh, yang menyediakan tentu tidak boleh malah bisa jadi lebih jahat… itu linier atau mungkin logaritmik…

tidak pandang bulu… mau setan kek, mau kristen kek, merokok adalah pekerjaan sia-sia.

Kalau ditanya boleh atau nggak ya itu hak setiap manusia. Merokok boleh atau nggak? Boleh.

Kalau pertanyaannya merokok baik atau nggak? baru jawabannya bisa “Nggak baik”.

Segala sesuatu diperbolehkan? Benar. Tapi bukan segala sesuatu berguna.
Kecuali ada yg merasa punya hak atas hidup seseorang, baru bisa ngelarang “Nggak boleh!”, contoh: orang tua sama anaknya.

yup…manusia diberi kebebasan mutlak oleh Tuhan, bahkan untuk melawan Tuhan sekalipun. Tuhan menciptakan manusia yang sehat. Tuhan menciptakan sayur, buah dan makanan sehat yang lain untuk dikonsumsi. Tetapi Tuhan tidak bisa melarang manusia kalau manusia ingin merusak tubuhnya sendiri. Jadi kalau pertanyaannya, “Apakah orang kristen boleh merokok?” jawaban saya…silakan saja…tapi jangan salahin Tuhan kalau si perokok akan kena serangan penyakit.

Yang menyediakan? saya jadi inget petani2 tembakau yg mengantungkan hidupnya dari panen tembakau di Jawa sana. Kasian dibilang penjahat :slight_smile:

Peringatan “Merokok Dapat Menyebabkan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin”

Makan KFC kebanyakan juga bisa kanker, pake bra juga bisa Kanker, makan kambing bisa serangan jantung, makan durian juga bisa serangan jantung, stress kebanyakan kerja bisa impotensi, lagi hamil sering ke mall juga bisa gangguan kehamilan, piara anjing/kuncing bisa gangguan janin.

Jadi kesimpulannya: Makan KFC, pake bra, makan kambing, makan durian, stress, jalan2 ke mall lagi hamil, piara binatang, itu TIDAK BOLEH!

Begitukah? :slight_smile:

Kalau merokok saya lebih consider kepada sifat “ketergantungan” yg ditimbulkan, tapi lagi2 “ketergantungan” ini pun sifatnya psikologis & state of mind (kelenjar hormonal, CMIIW).

klo rokok jadi mengikat… g boleh… misal ada ibadah yang 4/5 jam nonstop bisakah kuat g ngrokok??? awal sejarah rokok adalah di suku2 pedalaman untuk menghangatkan diri… bkn kayak sekarang… jd mrk(suku2 pedalaman) g terikat dengan rokok… beda dengan sekarang.

begini mas:
Anda misalnya merokok, asap rokokmu itu bisa menyembabkan orang MATI bukan?,… kalau Anda membunuh emang boleh?

kalau orang petani hidup dari bertani untuk membuat rokok, alasan apa pula yang dimiliki WTS untuk menghidupi anaknya? Pseudo Tolerance adalah salah satu masalah yang membuat Indonesia berjalan ditempat…

merokok adalah perkejaan sia-sia, sangat tidak boleh.

klo ketergantungan disalahkan pada kelenjar… mending g usah ngmong deh :ashamed0004:… ketergantungan bs dilawan dengan usaha dan doa… bkn “karena salah kelenjar, jd gw g salah klo tergantung ma rokok”… :mad0261:

Bukan kekristenan yang melarang merokok tapi dokter yang melarang.dan ia berlaku untuk semua tanpa mengira dari agama apapun bahkan ateis sekalipun.

BRO AGEM: sebenarnya di Alkitab g ada ayat eksplisit ttg g blh merokok… karena sebenarnya pada awalnya rokok adalh baik… seperti tanaman Coca penghasil kokain yang sebetulnya digunakan untuk anestesi kuno… yang ada di Alkitab tu adanya larangan keterikatan dengan dunia ( kedagingan) yang melebihi Allah.

Apakah orang itu seketika mati? :smiley:
Anda pernah tau istilah “responsible smoker” ?
Mereka ini orang2 yang tau tempat kalau merokok, mereka tidak merokok di tempat umum atau ada orang disebelahnya.

Sama aja dengan kasus seperti ini, saya lagi nonton TV, lalu mama saya nyemprot2 baygon, padahal nyamuk juga ga banyak, mama saya jelas kalau sering2 melakukan itu bisa membunuh saya pelan2, sekaligus anjing saya (jika anggapan Anda asap rokok bisa membunuh orang lain, tapi saya yakin saya tidak akan mati karena asap rokok atau asap baygon :D). Apa sekarang mama saya pembunuh?

kalau orang petani hidup dari bertani untuk membuat rokok, alasan apa pula yang dimiliki WTS untuk menghidupi anaknya? Pseudo Tolerance adalah salah satu masalah yang membuat Indonesia berjalan ditempat....

Ya, kalau gitu solusi apa yg bisa Anda tawarrkan untuk mereka, jutaan petani tembakau di luar sana, silahkan berikan secara konkrit sebelum protes sama pekerjaan mereka :slight_smile:

Pseudo Tolerance, toleransi sama hal apa dulu, mana yg perlu di toleransi mana yg tidak, mengapa hal merokok ini seolah2 begitu penting sama kemajuan Indonesia. Bagaimana dengan negara2 maju lainnya & mereka membebaskan produksi rokok. Kemajuan suatu negara bukan dari toleransi sama rokok. Tapi lebih kepada atitude, pendidikan (pengetahuan), moralitas, sistem hukum, kehidupan bermasyarakat, etc

merokok adalah perkejaan sia-sia, sangat tidak boleh.

merokok adalah kebiasaan yg sia2 (untuk beberapa orang), boleh2 saja karena hak orang yg menentukan.

klo ketergantungan disalahkan pada kelenjar... mending g usah ngmong deh ... ketergantungan bs dilawan dengan usaha dan doa... bkn "karena salah kelenjar, jd gw g salah klo tergantung ma rokok".....

salah tangkap maksud saya ya sist. Maksud saya begini, yang saya kuatir dari rokok itu kalau menyebabkan ketergantungan. Tapi ketergantungan ini disinyalir hanya faktor psikologis, jadi seseorang bisa tidak tergantung dengan rokok jika punya kesadaran “untuk tidak tergantung”. Dan ketergantungan rokok ini juga karena ada hormon2 kenikmatan tertentu (dari otak or something, I dont really know) yg keluar, jadi pemberesannya cukup pake “state of mind” aja.

Jadi kekuatiran saya soal ketergantungan itu, jalan keluarnya sudah ada, sehingga tidak menjadi kekuatiran yg akut bagi saya. Gitu loh hehe :slight_smile:

Ini contoh pertimbangan yg baik, karena tidak memandang secara general, merokok setau saya pernah dianjurkan untuk orang2 yg punya alergi bersin2, karena kondisi hidungnya selalu basah oleh alerginya, untuk mencegah sinusitis atau polip, maka dianjurkan sesekali merokok agar hidungnya bisa kering sejenak.

bisa dibilang begitu.
karena ternyata dia menyemprot baygon secara sia-sia.
Merokok adalah pekerjaan sia2,… itu ajah dulu dibahas

Jangan membunuh.
itu solusinya.

gini mas…
50.000 misalnya bergantung hidupnya dari pertanian tembakau.
Karena alasan tertentu, bosnya yang korupsi tidak akan dipenjara.
Bos yang korupsi dipenjara akan mudah menyuap sana-sini… seterusnya
Penyuap tidak akan pernah melihat yang benar…
yang tidak benar banyak ditemukan di Indonesia…
makanya larangan merokok tidak pernah diindahkan karena memang pada dasarnya tidak benar.

Ya saya sudah kebeberapa negara, di negara maju rakyatnya merokok di tempat yang disediakan (walau ada juga yang berontak), tetapi Indonesia menjadi contoh yang sangat buruk.
KArena untuk suatu pekerjaan sia-sia (merokok) saja kita sibuknya bukan main.

Sekarang apa dasar Anda merokok boleh?

bagaimana kesia-sian buat seseorang tetapi tidak sia2 kepada orang lain
dengan kata lain, apakah Anda pernah diajari orang tua Anda untuk merokok?
saya kira tidak ada orang tua yang sejahat itu.

Tubuh kita adalah bait Allah, dan jangan sekali2 kamu merusak bait Allah. apalagi sampe ketagihan…,atw nyakao,…atw kecanduan,…atw apalah…yang penting nga bisa hidup tanpa rokok. karen itu sama saja dengan kita memberhalakan rokok itu.

dimalaysia juga kampanye 'tak nak merokok diperhebat oleh kerajaan tapi masih banyak yang ga mau mendengarkan.Dan rokok tetap dijual.Yang lucunya di kotak rokoknya juga ditulis larangan merokok.untuk apa?bukannya ada yang peduli.

itulah dunia…

karena rokok menghasilkan uang
dan uang dibutuhkan dunia

maka merokok yang nyata2 pekerjaan sia-sia, dilegalkan setengah2…