sedikit curhat tentang unek2 saya dan keluarga saya

syalom saudara/i terkasih
perkenalkan, saya pengguna baru disini. kebetulan saya memerlukan tempat untuk mencurahkan sebagian isi hati saya.
saya pria berumur 26 tahun, tinggal di bandung. saya anak adopsi di keluarga saya, dan pada umur 5 tahun orang tua saya bercerai. saya ikut dengan ibu saya, dan ketika saya berumur 10 tahun, ibu saya MBA dengan seorang pria yang kemudian menikah dengannya. sekarang mereka dikaruniai 2 anak laki-laki dan mengadopsi 1 anak perempuan. ayah saya yang pertama sekarang tidak mau peduli dengan urusan saya. saya tinggal bersama keluarga baru ini sampai saya berumur 20 tahun.
menjelang umur 21, banyak intrik2 yang semakin menjadi2 di keluarga saya. kami keluarga kristen, orang tua saya mewajibkan anak2nya ke gereja tiap minggu. mamah saya mengajarkan kasih kristus dalam hidup ini. namun, saya sedikit melirik kehidupan saya kebelakang.
dulu saat saya belajar, bila tidak bisa, saya dipukul oleh ayah tiri saya. sedangkan adik2 saya tidak pernah dipukul sama sekali. dulu saya mengalami yang namanya jam malam, namun adik2 saya dibebaskan tanpa jam malam. tak kuat dengan perlakuan ini, saya meminta kost diluar rumah dengan alasan untuk kuliah. beberapa tahun menjelang, kehidupan saya tidak semakin membaik. mamah saya selalu memaksakan kehendak, saya diberi target untuk lulus kuliah, belum selesai target itu, saya diharuskan mencari uang, membantu orang tua, dll. intinya 1 target belum selesai, muncul target lain.
suatu hari saya diajak ortu pergi berlibur keluar kota. malamnya adik saya pergi ke club malam dan pulang subuh2. saya marah dan adik saya balik marah, sampai akhirnya kita berkelahi. usai dilerai ortu saya, saya merasa salah dan ingin meminta maaf. setidaknya di pemikiran saya, ortu saya kan memberi penjelasan bahwa kami 2-2 nya salah. namun apa yang saya dapat? semua malah menyalahkan saya. dikatakan adik saya tidak puas dengan keadaan saya yang tidak membantu ortu dan lain sebagainya.
lewat forum ini, saya jadi ingin bertanya, inikah didikan kasih kristus yang saya peroleh? apa sih kasih kristus itu? apa benar kasih kristus itu pilih kasih? semakin saya tinggal dengan keluarga saya, semakin saya merasa kasih kristus itu palsu. motto mamah saya “kasih kristus adalah dasar hidup keluarga”. keluarga saya termasuk yang rajin ke gereja, bahkan saya suka dimarahi bila tidak ke gereja. apa yang harus saya lakukan? menghadapi keluarga saya sendiri, rasanya muak dan malu.

Bro, dari cerita anda, yang bisa saya simpulkan adalah:

  1. Orangtua anda bercerai karena ibu anda tertangkap basah selingkuh.
  2. Ayah pertama anda tidak mau peduli dengan dengan urusan anda karena anda adalah anak hasil perselingkuhan ibu anda dan bukan buah cinta ayah (atau orang yang anda anggap sebagai ayah) pertama dan ibu anda. Karena itu juga anda diserahkan kepada ibu anda dan bukan dibawa oleh ayah anda sekali pun penyebab perceraian adalah ibu anda.
  3. Sesudah ibu anda menikah lagi, anda menjadi “duri dalam daging” karena merupakan pengingat akan perceraian ibu anda. Ibu anda tidak pernah mencintai pria selingkuhannya yang menghasilkan anda, dia hanya menginginkan seks dengannya. Kelahiran anda adalah “kekhilafan” yang tidak bisa diterma ibu anda.
  4. Dari keseluruhan cerita anda dan ditambah ketiga poin di atas, satu hal yang harap anda sadari, ibu anda hanya memakai nama Kristus untuk membenarkan diri sementara semua kelakuan, perkataan, dan bahkan pikirannya jauh dari Kristus.

Kristus, yang jelas lebih tinggi atau lebih berkuasa dari kita manusia, bersedia mengorbankan diri untuk kita dengan mati di kayu salib sebagai “korban tebusan.”

Ibu anda – yang lebih tinggi atau lebih berkuasa dari anda – justru mengorbankan anda yang adalah anaknya (terlepas dari siapa pun ayah anda yang sebenarnya).

Dari fakta ini saja terlihat bahwa poin 4 di atas ada kebenarannya, bukan?

Sekali pun janji keselamatan diberikan secara khusus kepada Abraham, tapi keselamatan yang sama bisa diterma oleh siapa pun bahkan yang bukan keturunan biologis Abraham.

Sekali pun dari dua laki-laki yang berbeda, anda dan saudara-saudara tiri anda sama-sama pernah 9 bulan berada dalam rahim yang sama di dalam tubuh ibu anda.

Yang satu memberikan perlakuan yang sama kepada semua orang tanpa memandang rahim mana yang mengandung mereka, yang lain memberkan perlakuan yang berbeda kepada dua anak yang berasal dari satu rahim yang sama. Apakah keduanya merupakan hal yang sama? Tentu saja tidak.

Sekadar menyimpang sedikit: Pilihan nickname anda kurang tepat. "Outsider’ berarti orang luar sedangkan anda berasal dari rahim yang sama. Lebih tepat anda itu “Outcast” atau orang buangan.

Bro, anda hanya “orang buangan.” Dan karena itu anda tidak punya keluarga dan anda tidak punya rumah – yang saya maksudkan “rumah” di sini bukan sebuah bangunan tidak peduli dari bata dan semen atau dari jerami, “rumah” di sini adalah tempat di mana anda diharapkan, ditunggu kedatangannya, disayangi tanpa syarat. Ibu, ayah dan saudara-saudara tiri anda, mereka itu hanyalah kerabat anda.

Jadi, yang perlu anda lakukan adalah “membangun rumah anda sendiri” – sekali lagi, yang saya maksudkan adalah tempat di mana anda dinantikan dan disayangi tanpa syarat.

Jangan membuang waktu untuk membenci kerabat anda, jangan membuang waktu untuk menyesali nasib anda. Kerahkan energi dan waktu anda untuk membangun rumah anda sendiri.

Dalam hal ini, bro, anda membutuhkan bantuan YHWH. Sebab dalam kondisi anda sekarang, anda akan menabrak-nabrak mencari orang yang menyayangi anda, dan dengan begitu kemungkinan anda tertipu akan terbuka sangat lebar karena anda tidak bisa menilai hati manusia lain. Berdoalah, mintalah pendamping yang tepat karena mata anda tidak mampu melihat kebenaran. Kemudian pergunakan sisa waktu anda untuk menyiapkan apa yang menjadi tugas anda sebagai suami dan ayah kelak (Hidup bersama hanya mengandalkan cinta hanya ada dalam film, fiksi, dan lagu, bro. Pada kenyataannya hanya perempuan gila yang mau makan seminggu sekali asal bersama laki-laki yang dicintainya seumur hidup.)

Apapun yg anda alami, Kistus itu penuh kasih, buktinya DIA rela datang ke dunia.
Kebanyakan org hanya menganggap Kristus itu baik kalau semuanya berjalan mulus & lancar,
padahal tdk pernah ada janji Kristus spt itu, yg ada AKU akan menyertai selalu (dlm susah/senang).

Jangan heran dgn sikap mama anda, krn pd umumnya org yg mengaku Kristen itu cuma waktu tampil di gereja,
jadi jangan kecewa dgn sikap mama anda, krn itu merupakan tampilan secra umum dari keluarga Kristen.
Istilahnya mereka adalah Kristen TOMAT, kalau minggu tobat, hari berikutnya kumat. :slight_smile:
Jadi jangan pakai teladan mama sbg standard kasih Kristus, pakailah std Kristus yg rela mati bagi anda & saya.
Arahkan iman anda kpd Yesus, mintalah hikmat & kekuatan menghadapi masalah dlm keluarga anda,
Percayalah Yesus sangat mengasihi anda, percayakan hidup mu hanya kpd-Nya.
GBU

bro, saya coba bantu yah, saya juga sering melihat spt ini bro, jangan ngomong orang kristen deh, orang2 yg bukan kristen juga begini bro.

Bro tidak sendirian kok, banyak orang yg mengalami penolakan seperti ini, terutama dalam keluarga.

Sebelumnya saya kalo boleh bertanya, apakah bro sudah menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat pribadi? saya bertanya begini karena orang yg ke gereja belum tentu orang ini meneriman Tuhan Yesus sbg Tuhan dan juru selamat pribadi.

Kalau bro belom terima Tuhan Yesus sbg Tuhan dan juru selamat pribadi di dalam hidup bro, bro bisa berdoa sama Tuhan dan minta Dia masuk ke dalam hati bro…

Kalau bro sudah terima Tuhan Yesus, baru kita bisa ngomong cara2 untuk menghadapi ini.

Yang paling penting yg bro harus ingat adalah Tuhan Yesus juga mengalami penolakan, bahkan penolakannya sampai di kayu salib. Dia mengerti setiap masalah yang bro alami.

Ini ayat yg saya dapat utk menghadapi hidup ini:
Mat 16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Yang bro alami adalah memikul salib bro sendiri, jadi bro harus tanggung dan jalanin tetapi jangan takut, Tuhan Yesus akan selalu bersama2 dengan bro, jadi bro serahkan seluruh masalah bro, kehidupan bro ke dalam tanganNya.
Banyak ayat2 Firman Tuhan yg bilang bahwa Tuhan akan menyertai kita dalam setiap langkah kita. Dan banyak juga ayat2 yang bilang bhw Tuhan memberikan kekuatan dan sukacita.

Itu aja caranya, semoga dapat membantu bro

saya hanya berpendapat… apapun yang terjadi… sukses atau tidak hidup anda… ingatlah dimana dan oleh siapa anda dibesarkan… maafkanlah dan balaslah budi mereka… menurut saya… anda adalah yang ditunjuk untk memulihkan keluarga ini… hanya dalam prosesnya apakah anda cukup kuat dan bisa bertahan dengan didikan TUHAN ini…??? ada alasan mengapa anda ditempatkan di keluarga ini… cobalah renungkan… ada sesuatu yang harus anda perbuat… tidak usahlah pikirkan akan pilih kasihnya orang tua angkat anda… bersyukurlah pada TUHAN karena anda bisa hidup dan diberi kecukupan sampai sekarang ini… dekatlah selalu dengan TUHAN agar berkah yang menjadi hak anda akan anda dapatkan dan TUHAN berikan pada waktunya… tunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah… dengan begitu anda berada di jalan TUHAN…

Saya setuju dengan lbmagi,
bro minta maaf ke Tuhan kalo bro ada salah terhadap keluarga bro, trus bro lepaskan pengampunan ke keluarga bro dihadapan Tuhan.

Kalau ada kesempatan, bro minta maaf sama seluruh keluarga, mama, papa angkat dan sodara2 yg lain

Setelah itu serahkan semua ke dalan tangan Tuhan Yesus, doain keluarga bro terus, berkati mereka sampai mereka benar2 dimenangkan untuk Tuhan Yesus.

KASIH KRISTUS itu apa …
KASIH KRISTUS itu ialah …
KASIH KRISTUS itu adalah …
[b]

KASIH KRISTUS YESUS TUHAN JURUSELAMAT :

mengasihi semua manusia berdosa,
berkorban untuk tebus selamatkan manusia berdosa,
selamatkan manusia dari “hukuman dosa ke neraka”,
karuniakan “pengampunan dosa” pada yang tobat & percaya & hidup menurut kehendak NYA,
karuniakan “hidup kekal ke surga” pada yang tobat & percaya & hidup menurut kehendak NYA,


[/b]

Kristus yang sebenarnya… sangat berbeda dengan Kristus yang kamu ketahui sperti diatas…

kalau mau tau… ganti dah kebiasaan baca novelnya, atau baca buku filsafat nya dengan membiasakan membaca ALkitab…

pasti masbro akan menemui pengenalan Kristus yang sangat berbeda dengan postingan bro diatas…

syalom…

to: BJ Tan, pa_ul, stokbs, lbmagi, sucito, ¤dude¤
makasih banget untuk semua masukannya. saya jadi banyak belajar. terima kasih juga untuk waktu dan perhatiannya. saya sangat terharu ternyata masih ada tempat dimana saya bisa diterima, diharapkan, disayangi tanpa syarat. terima kasih, saya jadi memiliki motivasi baru dalam hidup saya.

Sama-sama, bro.

Sedikit cerita dari teman yang nasibnya kurang lebih sama seperti anda, dia bangkit dan melepaskan semua bebannya karena seseorang memberitahu dia bahwa:

“Kamu itu satu dari sedikit orang pilihan. Kalau hidupmu lebih berat dari orang-orang lainnya, itu karena hadiahmu juga lebih besar dari orang-orang lain. Seguci emas ada di ujung pelangi buat kebanyakan orang; tapi buat sedikit orang pilihan, mereka harus mendaki tebing yang terjal dan berliku bukan untuk mendapatkan seguci emas tapi sebuah tambang emas.”

YHWH mengasihimu, bro.

Bro outsider, Belajar apa itu kasih Kristus paling tepat pada Kristus sendiri lalu kita sebagai carang melekat pada pokok anggur yang benar dan akan berbuah, Buah roh itu kasih sukacita perdamaian dll.

Kita tidak mungkin berbuah/kasih kalau tidak melekat pada pokok anggur yang benar.

Apakah kasih itu? Kasih itu panjang sabar, tidak pemarah dll yang terdapat dalam I korintus 13. Jadi kalau bro menjumpai sikap yang tidak seperti dalam I Korintus 13 maka itu bukan kasih.

Saya yakin bro sedang dilatih Tuhan untuk menjalankan apa itu kasih. Tuhan memberi contoh walaupun dibenci dan disalib Dia masih berdoa ampunilah perbuatan mereka itu.

Demikian juga bro di minta meneladani Tuhan Yesus, walaupun di benci dan dibedakan diperlakukan tidak adil tetap mengasihi ayah tiri dan half brother bro. Dengan demikian tentu bro sendiri akan merasakan kedamaian.

Bagaimana kita bisa kuat melakukan hal itu masak diperlakukan tidak adil masih mengasihi?

Kita tidak akan kuat kalau tidak melekat pada pokok anggur yang benar. Bagi manusia hal ini mustahil untuk dilakukan, saya akui sendiri sayapun tidak akan mampu, untungnya Tuhan menjanjikan kalau kita melekat pada pokok anggur maka kita akan mampu berbuah kasih.

Ingat bro Paulus mengatakan mataku tertuju pada perkara2 diatas karena yang diatas itu kekal, dan yang kelihatan ini sementara. Yang sementara ini jangan dipikiri terlalu mendalam bro.

Ada orang pesakitan yang dipenjara beberapa hari karena melakukan kesalahan ringan.
Dia adalah tukang becak yang berpenghasilan rendah dan tiap hari bermandikan terik panasnya sinar matahari.
Dia tetap gembira dan suka cita dalam penjara, apa rahasianya? ternyata istrinya membawa kabar bahwa dia memenangkan lotre tujuh puluh milyard.

Oleh sebab itu dia sukacita sekali walaupun dalam penjara. Dia pikir beberapa hari lagi dia keluar dari penjara dan tidak akan jadi tukang becak lagi, dia akan meninggalkan rumah kontrakan kumuhnya dan membeli rumah bagus, mobil bagus dan hidup berkecukupan.

Kalau kita analisa darimana kebahagiaan orang ini, dengan gampang kita ketahui dari pengharapannya untuk meninggalkan hidup melarat menuju kemewahan.

Hidup didunia ini kalau dibandingkan dengan kekekalan disurga nanti itu sama dengan sedetik saja bro.

Waktu itu relatif tergantung situasi. Waktu saya harus menunggu andrian dokter selama dua jam saya anggap lama sekali. Tapi waktu saya dengar ada orang menyelesaikan Phd dari sma hanya dalam tiga tahun saja saya anggap cepat sekali. Karena biasanya menyelesaikan Phd dari smu sembilan tahun.

Dua jam bisa dianggap lama, sebaliknya tiga tahun bisa dianggap cepat tergantung situasi, dibandingkan dengan apa.

Hidup yang delapan puluh tahun didunia ini kalau dipotong umur kita yang sudah tiga puluh empat puluh, lima puluh atau enam puluh, tinggal berapa? limapuluh tahun lagi, atau sepuluh tahun lagi atau dua tahun lagi? dibanding dengan jutaan tahun di surga maka tidak akan ada artinya apa2 sepuluh tahun banding sejuta tahun jadi sebentar saja.

Oleh sebab itu kalau toh kita menderita tekanan2 batin, dalam waktu singkat, jangan sampai dipikiri. Belajar dari Tukang becak yang bahagia walaupun dipenjara, karena tahu waktu penderitaannya beberapa hari saja/singkat dan segera diganti dengan suka cita. Kalau ada orang Kristen takut mati harus diragukan imannya kenapa masuk surga kok takut apa sebenarnya tidak percaya bahwa kalau mati dia masuk surga?

kalo mau ditelaah, sebenernya ada point2 positifnya kog.

  1. mewajibkan pergi ke gereja
  1. diajarkan kedisiplinan

Ibrani
12:7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

  1. diajarkan tanggung jawab

sepupu saya yang kaya raya saja dibegitukan oleh orangtuanya. bayar kuliahnya sendiri karena tidak lulus sesuai jadwal. bukan karena benci, tapi biar si anak termotivasi untuk segera lulus.