Sejarah Bunda Maria ( Legenda yang turun - temurun )

Setelah beberapa kali melihat topik tentang “bunda maria”, saya mencoba menyajikan bahan cerita ringan, tentang sebuah “legenda” yang berkembang secara turun-temurun di kalangan Jemaat timur.

Sejarah Bunda Maria yang telah melahirkan Yesus, menurut pemikiran saya … tidak banyak diketahui oleh Jemaat Kristen di Indonesia ini, sehingga saya “tergelitik” untuk mencoba memaparkan legeda tentang sejarah tersebut, yang tidak dituliskan di dalam Alkitab.

Saya tidak tahu, apakah ceritra ini akan kembali menjadi suatu perdebatan atau dapat memberikan wawasan baru bagi forum disini, tetapi apapun alasan dan maksut tujuan saya menuliskan legenda ini, jangan terlalu ditanggabi secara alkitabiah, sebab legenda ini tidak tertulis dalam Alkitab.

Maria adalah anak dari sebuah keluarga yang sangat saleh dan yang taat pada Firman Tuhan, Ayahnya bernama Joachim dan Ibunya bernama Hanna. Peristiwa keluarga ini, sangat mirip dengan peristiwa Abraham dan Sarai, dimana Joachim dan Hanna, sampai pada usia tuanya, tidak memiliki seorang keturunan, sehingga Hanna telah dianggab “Mandul” oleh masyarakat sekitarnya dan sering sekali di permalukan ( Bagi para pembaca, sebuah keluarga yang tidak memiliki keturunan dalam Istiadat Yahudi, akan dipandang sangat rendah oleh masyarakat )

Namun, dalam kesalehan dan ketaatannya pada Firman Allah, Kedua orang tua Maria ini, tidak bosan-bosannya berdoa pada Allah, agar mereka diberikan Keturunan, dimana Joachim sering sekali berdoa menyendiri ke gunung sampai berhari-hari, untuk berdoa pada Allah, agar Allah memberikan keturunan kepada mereka, dan bahkan Kedua orang tua Maria bernazar pada Allah, dimana jika mereka diberikan Keturunan, maka anak yang akan lahir tersebut, akan dipersembahkan kepada Allah, untuk mengabdi bagi Bait Allah.

Suatu ketika, pada saat Joachim sedang beroa di Gunung, dan kemudian ia tertidur, dalam tidurnya ia dihampiri oleh Malaikat Gabriel, dan Malaikat Gabriel menyatakan kepada nya, bahwa ia akan segera memiliki keturunan, dan melalui keturunannyalah, Allah akan menyelamatkan umat-Nya.

Lalu ke-esokan harinya, Joachim bangun pagi-pagi subuh dan turun gunung dengan terburu-buru, untuk memberitahukan mimpinya tersebut kepada isterinya Hannah. Setelah hannah mendengar cerita dari suaminya Joachim, hanna sempat terdiam dan berkata … bahwa ia sudah tua dan mandul, tetapi ia berkata “Jadilah Kehendak Allah” dan ia percaya tiada yang mustahil bagi Allah., dan kemudian Hanna berdoa … Ya Allah, aku bersyukur, karena Engkau telah mendengarkan doa ku, jadilah kehendak Mu … sebab tiada yang mustahil bagi Mu, Ya Allah Aku juga bernazar, bahwa anak yang akan kulahirkan nanti, akan ku berikan untuk mengabdi pada Bait Mu…

Tidak lama setelah peristiwa itu, Hanna mengandung dan melahirkan seorang anak perempuan, serta memberikan nama Maria, dimana setelah Maria berusia 3 Tahun, maka saat Maria menjelang usia yang ke-4, kedua orang tua Maria, memenuhi nazarnya dan menyerahkan Maria kepada Bait Allah, dimana Maria menjadi Abdi Bait Allah sekitar 12 Tahun lamanya, sampai ia mulai beranjak dewasa.

Setelah Maria mulai beranjak Dewasa, maka berkumpulah tua-tua masyarakat disana dan juga Imam Bait Allah, merundingkan untuk menikahkan Maria, dan karena mereka mengetahui Riwayat Hidup Maria, maka tua-tua masyarakat dan Imam Bait Allah tersebut, berdoa pada Allah, agar Allah menunjukan siapa yang akan menjadi Suami Maria, kemudian mereka mengambil se-ekor burung merpati dan berdoa pada Allah, agar Allah menunjukan siapa yang akan menjadi suami Maria, melalui merpati tersebut, dimana dalam doa mereka kepada Allah, mereka meminta kepada Allah, agar dimana merpati tersebut hinggap, maka orang yang ada dirumah tersebutlah yang akan menjadi suami Maria.

Lalu dilepaskanlah burung merpati itu, dan kemudian merpati itu terbang dan memutari segenap desa tempat mereka tinggal, dimana para tua-tua dan imam, mengutus orang-orang untuk mengikuti merpati itu dan untuk melihat dimana burung itu hinggap, serta pada akhirnya … burung merpati itu hinggap diatas rumah Yusuf.

Kemudian orang-orang yang mengiktui merpati itu, pergi ketempat para tua-tua dan imam yang sedang berkumpul, serta menceritakan kepada mereka, bahwa burung merpati itu hinggap pada rumah Yusuf.

( bersambung ke halaman 2 …)

Wah enak… ada ceritanya dalam bahasa Indonesia … :char11:

Kayaknya ini Protoevangelium of James yah jess ?
Tak tunggu sambungannya ya…

:slight_smile:
salam.

Yusuf adalah seorang duda yang memiliki beberapa orang anak, karena ditinggal mati oleh isterinya, namun sejak meninggal isterinya, yusuf tidak pernah berniat untuk menikah lagi, dimana Ia setiap hari disbukan dengan pekerjaannya sebagai tukang kayu.

Kemudian, para tua-tua dan Imam datang menemui Yusuf dan mereka menceritakan kepada Yusuf, bahwa Allah telah memilih Yusuf untuk menjadi Suami Maria, Yusuf yang adalah seorang yang taat kepada Allah, pada awalnya meragukan keputusan orang-orang tersebut, tetapi karena ketaatannya pada Allah, maka pada akhirnya Ia menerima Maria untuk menjadi tunangannya.

Selanjutnya … seperti yang telah diceritakan di Alkitab, maka singkat cerita kita sampai pada peristiwa di Kayu Salib, dimana pada peristiwa di Kayu Salib, Yesus menitipkan Maria kepada Yohanes, agar Yohanes menjaga maria sebagai ibunya, karena Yusuf sudah meninggal dunia.

Kemudian, setelah Maria berumur 66 Tahun, maka Maria meninggal … dimana dalam peristiwa meninggalnya Maria, berkembang cerita legenda, bahwa Mayat Maria dibawa Malaikat Naik ke surga, dan seperti peristiwa kenaikan Yesus yang dilihat oleh banyak manusia, demikian juga pada peristiwa kematian Maria, dimana pada peristiwa tersebut, disaat orang-orang akan menguburkan maria, tiba-tiba datang Malaikat Tuhan dan mengambil mayat tersebut, serta membawanya ke Surga., Peristiwa ini menurut legenda, disaksikan oleh banyak orang-orang percaya.

Melihat kejadian tersebut, maka orang-orang percaya disana teringat akan bunyi Mazmur 45 : 10 … disebelah kanan Mu berdiri Permaisuri berpakaian emas dari ofir., dimana para orang-orang percaya tersebut mengaitkan ayat pada Mazmur itu pada Maria, karena Mayat Maria dibawa utuh naik ke Surga oleh Malaikat, seperti Yesus yang Naik ke Surga, dengan tubuh-Nya yang utuh, sehingga mereka berkesimpulan … bahwa Mayat Maria dibawa utuh ke Surga, karena Allah akan menghidupkan Maria kembali dan akan menjadi yang “Sangat Istimewa di Surga”. Dimana setelah peristiwa ini, berkembanglah kepercayaan, bahwa Maria akan dijadikan oleh Allah sebagai Ratu Surga., dan Faktanya adalah … sampai saat ini, tidak ditemukan kuburan dari Maria…, pada hal, sosok Maria adalah salah satu hal terpenting dalam ke-kristenan, sehingga adalah hal yang mustahil, jika para orang-orang percaya dan juga para murid, tidak menjaga Kuburan dari Maria tersebut., seharusnya … jika mayat maria tidak dibawa Malaikat ke Surga, maka Kuburan Maria itu harus ada dan dapat kita lihat saat ini.

Nah, terlepas dari benar atau tidaknya legenda tersebut, saya serahkan pada para pembaca di Forum ini, dan sekali lagi … ceritra tentang Maria ini tidak tertulis dalam Alkitab, dan hanyalah Legenda yang berkembang pada Jemaat di Timur.

Jadi, Keyakinan bahwa Bunda Maria diangkat sebagai Ratu Surga, didasarkan kepada apa yang tertulis dalam Mazmur 45 : 10 tersebut diatas…dimana Mazmur 45 : 1 -18, di yakini sebagai Nubuatan tentang Perjamuan Raya Anak Domba…

Salam …

Ya,
Perlu diketahui kawan-kawan Protestan bhw banyak hal menyangkut Bunda Maria itu diambil dari Tradisi Suci (tidak masuk dalam Alkitab).
Tradisi Suci yg dimaksud itu berdasarkan surat-surat peninggalan turun-temurun yg tidak dikategorikan dalam Kanon Alkitab.

Perlu diketahui juga bahwa banyak hal mengenai gelar Bunda Maria itu diyakini oleh Orthodox, Katolik Roma dan Bapa-bapa Protestan awal.

Kl saya pribadi krn mdasarkan pada scriptura, maka saya tidak sepakat dg bbrp gelar Bunda Maria sbgmn diyakini Gereja Katolik Roma, namun saya juga tidak gegabah judge bhw pandangan mreka pasti salah krn banyak hal dlm kekristenan masa kini yg mrupakan peninggalan dari Tradisi Suci.

Kebiasaan buruk Protestan itu adalah selalu mencela dan bahkan mencap sesat hal2 yang ngga ada didalam Alkitab

ya wajar saja soalnya Protestan hanya punya Alkitab, mereka ngga pernah belajar tradisi suci dan sumber lain diluar Alkitab pada umumnya

Tapi kalau yang ngga prinsipil sebenarnya ngga perlu dipermasalahkan
apalagi yang jelas2 tujuannya untuk memuliakan/melindungi Yesus

Legenda yang menarik.

Menyimak legenda ini, disebutkan Yusuf sudah punya anak dari istrinya sebelum Maria, kira2 umur berapa anak2 itu yah ?

Pertanyaan yang sangat menarik, karena jawaban saya akan berhubungan dengan permasalahan yang dibahas dalam banyak kesempatan pada Forum disini.

Berdasarkan Legenda tersebut dan beberapa bagian dari legenda itu, tentang saudara-saudara Yesus, pada dasarnya ada dalam Alkitab, dimana jika kita meneliti bahasa aslinya, maka disana akan jelas membedakan tentang makna saudara kandung dan yang bukan saudara kandung.

Yesus memiliki beberapa saudara “Se-ayah” dan lain ibu, sebab Yusuf ( Ayah Yesus ), seperti yang diceritakan pada legenda diatas, adalah seorang duda yang telah ditinggal mati oleh isterinya, dimana dari Isteri yang pertama tersebut, Yusuf dikaruniai 4 Putra dan 2 Perempuan ( tentang permasalahan ini, ada tercatat dalam alkitab ).

Nah, sehubungan dengan pertanyaan anda diatas, maka Yesus itu (berdasarkan budaya yahudi atau dunia ) adalah Anak Bungsu dari Yusuf, tetapi Yesus itu adalah Anak Tunggal dari Maria ( itulah sebabnya di alkitab dituliskan, bahwa Yesus itu adalah “Yang SULUNG”, tujuannya … agar manusia tidak keliru dalam memahami Eksistensi Yesus ).

Jadi, karena Yesus adalah “Anak Bungsu dari Yusuf” melalui Isterinya yang kedua, yaitu … Maria… maka saudara-saudara Yesus atau anak - anak Yusuf yang berasal dari Isteri Pertama, pastilah semuanya usianya diatas Yesus.

Nah, jika saudara-saudara Yesus tersebut lebih tua usianya dari pada Yesus sendiri, maka lahir pertanyaan besar, yaitu … mengapa Yesus menitipkan ibunya kepada Rasul Yohanes, pada hal … Yesus memiliki saudara tiri…?

Dalam legenda yang berkembang di Timur, perlu anda ketahui … bahwa saudara - saudara Yesus itu bertobat, setelah peristiwa “Kematian dan Kembangkitan Yesus”, artinya adalah … saudara-saudara tiri Yesus tersebut, pada masa hidup-Nya Yesus, tidak percaya pada Yesus dan bahkan mereka “sangat membenci Yesus”, sebab karena Ajaran-ajaran Yesus itu, maka saudara-saudara tiri Yesus itu dibenci oleh beberapa kalangan Yahudi pada masa itu.

Kemudian, di legenda juga diceritakan, bahwa Maria sangat mendukung Yesus, sehingga tindakan Maria ini, mengakibatkan saudara-saudara tiri Yesus, turut tidak menyukai Maria. Nah … melihat realita inilah, maka di Kayu Salib, Yesus “Menitipkan” Maria kepada Rasul Yohanes, dan kalau saya tidak salah ingat akan cerita legenda tersebut, maka Maria bersama Yohanes sekitar 14 Tahun, kemudian Maria meninggal dunia pada usia sekitar 66 Tahun.

Salam …

@Jesuit_DM,

makin menarik legendanya.
ketika Yesus dilahirkan termasuk juga dilarikan ke Mesir, di alkitab terkesan hanya 3 musketeer (Yusuf, Maria, Yesus), apakah ada cerita lain dimanakan 6 saudara se-ayah Yesus yang lain ?

Legenda menceritakan juga, dimana garis besarnya tidak begitu berbeda dengan apa yang dituliskan di Alkitab, namun ada beberapa hal yang akan saya jelaskan, mengenai anak-anak yusuf lainnya, yaitu … Yusuf adalah seorang keluarga miskin dan kemungkinan “sangat miskin”, sebab dalam budaya Yahudi, orang yang memiliki tingkat hidup yang layak, maka orang tersebut akan menjadi penggembala domba, tetapi yusuf memiliki pekerjaan sebagai tukang kayu, yang artinya adalah … kehidupan Yusuf itu sangat miskin sekali…

Nah, diceritakan oleh legenda … setelah kematian isteri pertama Yusuf, maka anak-anak Yusuf yang lainnya, tinggal bersama dengan paman-paman mereka, karena kemiskinan Yusuf tidak mampu untuk membiayai hidup anak-anak yang diperoleh dari isterinya yang pertama., Nah … dalam budaya Yahudi, paman itu “Setara” dengan orang tua kandung, sehingga seorang anak, dapat juga disebutkan sebagai anak pamannya ataupun dapat juga disebutkan sebagai anak Kakeknya. ( Hal ini dinyatakan juga di Alkitab, dalam Matius 13 : 56 … bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada BERSAMA KITA ? … ayat ini menegaskan, bahwa saudara-saudara tiri Yesus itu, tidak tinggal serumah dengan Yesus ).

Nah, dalam kaitannya dengan pertanyaan anda … maka legenda menceritakan hal-hal yang tidak berbeda jauh dengan apa yang dituliskan dalam Alkitab, tentang perjalanan Yusuf dan Maria., karena setelah perkawinan Yusuf dengan Maria, maka Yusuf dan Maria tinggal berdua di rumah gubuknya yang sangat kecil, sehingga pada waktu perjalanan menuju Betlehem, maka perjalanan itu dilakukan “hanya berdua” saja, yaitu oleh … Yusuf dan Maria…

Salam …

ok bro Jes, ceritanya dapat dipahami.

cerita2 legenda yg beredar dan dilestarikan dikalangan ortodox bisa didapat secara online tidak yah ?

Sebaliknya yang katolik/orthodox harusnya jujur, kalau memang sumbernya bukan alkitab akuilah terus terang. Memaksakan tradisi di luar alkitab seolah-olah ada di alkitab membuat diskusi jadi bertele-tele.

sebenarnya mereka bukannya tdk jujur bro :smiley:

Mereka / kalangan katoloik/orthodox, mengakui bhw sumbernya bukan alkitab,
namun mereka memandang bhw tingkat kebenarannya sejajar dgn Alkitab.

nah dari kalangan protestan paling tidak ada 2 golongan :

golongan protestan yg mempermasalahkan keyakinan katolik tersebut dan bahkan mengaggapnya sebagai sesat

dan

golongan protestan yg tdk mempermasalahkan keyakinan katolik tersebu, namun tdk meyakini hal tersebut.

Yg penting dikritisi saja sih Bro,
Kl sumbernya extra biblical, skrg ada banyak akses utk membaca sendiri sumber-sumbernya.

Yg pasti, tradisi pada awal berkembangnya Gereja adalah hal yg penting dan tradisi ini ngga semuanya tertulis di Alkitab (krn pd saat itu belum ada yg namanya PB).

Misalnya soal una-substantia-tres-personae alias satu hakikat tiga pribadi,
Itu mau diubek-ubek di Alkitab ngga akan ketemu ayat yg mnuliskan bhw Tiga Pribadi itu satu hakikat.
Bahkan ngga ada ayat Alkitab yg mjelaskan apa itu hakikat dan apa itu persona.

Pngajaran tsb dirumuskan oleh Bapa Gereja sblm secara resmi ada buku yg namanya Alkitab.
Kita myakini para Bapa Gereja (ssudah era rasuli) itu diinspirasi juga oleh Roh Kudus dalam perumusannya.
Pengajaran itu lalu mjadi tradisi sampai masa kini, tradisi yg kita pegang sbg kebenaran walau ngga ada tulisannya di Alkitab.

hush hush…ini lagi bahas legenda…bukan bahas ayat alkitab :smiley:

kalo ngga prinsipil percuma cape2 dikritisi
kalo tujuannya bagus ya sudahlah, ngapain ditentang2

kita nih bisa sok2 kritis2 karena kita ngga tahu persis gimana keadaan Kekristenan saat itu
bayangin aja dengan pengetahuan yang terbatas jaman itu, kita ngabarin injil kalo Tuhan datang jadi manusia
saya yakin akan sangat banyak orang yang mengcounter macam2

nah doktrin2 tentang Maria ini dibuat tujuannya tuh cuma satu, melindungi keTuhanan Yesus
dan memang mungkin juga saat itu diperlukan kita kan ngga tahu

untunglah @cipluk pake kacamata

Ada Apa Dengan kaCamata saya ? :coolsmiley:

sungguh luar biasa 2 pages ini…

menunjukkan kepada kita semua bahwa sebenernya mayoritas penganut kekristenan (katolik dan protestan) di indonesia adalah para pemeluk yang moderat, rasional, dan dewasa iman-nya…

cuma segelintir satu dua manusia aja yang memang engga rasional, dan ngebet jualan nyalah-nyalahin kelompok lain…
walaupun satu dua doang, tapi berisiknya minta ampun…
udah gitu berisiknya sok-sok ngutip alkitab pula…

sehingga berbahaya bisa menjadi batu sandungan iman bagi yang iman-nya belum kuat…
dikiranya memang “beriman nggilani” seperti itu SEOLAH-OLAH paling saleh dan persis tuhan, gara-gara DIKIT-DIKIT NGUTIP…

padahal itu sudah tertulis di alkitaab, bahwa:
“iblis itu menyamar sebagai malaikat terang”

tuhan sungguh luar biasa…
telah menunjukkan kepada kita semua bahwa: “penyamaran iblis” yang seolah-olah seperti malaikat terang itu…
hanya atas kuasa roh kudus dan pimpinan Tuhan boleh di-NYATA-kan kehadapan kita semua, sehingga kita semua tidak TERTIPU lagi…

salam…

Opo toh ini Bro Cadang tiba-tiba luar biasa aja, ckckckckck

dgn kaca mata itu,

hanya ciluk yg bisa melihat bhw topik ini tentang Legenda