Sejarah dalam iman Kristen? Perlukah?

Komentar yang menarik,

Sejarah = apa yang telah di belakangku?

Jadi apakah sejarah itu tidak diperlukan dalam iman Kristen dan harus dilupakan begitu saja?

sedjarah jang dimaksoedkan paoeloes adalah apa jang ia telah alami, sehingga dia meoeliskan, akoe meloepakan apa jang telah di belakangkoe, dan selandjoetnja…

bokean dalam arit sedjarah peradaban…

djika kita meniliki dalam kisah jesoes, apa jang akan kamoe pertjai dari jesoes djika boekan dari apa jang jesoes telah dilaksanakan…

Bukan. Konteks perkataan Paulus bukan sejarah. Kalau mau memaksakan untuk menyebut sejarah, maksimal hanya sejarah pribadi. :smiley:

Perlu dong, karena dasar iman Kristen adalah Yesus yang historis, bukan Yesus yang fiktif. Kitab Perjanjian Lama saja sarat dengan sejarah. Jadi tidak mungkin dibuang seenaknya.

Salam

jadi intinye jawaban nye gimene nech? sejarah yang dimaksud disisni sejarah penulisan alkitab ato sejarah yesus seperti dalam gospel yang 4 ato sejara yang kayak gimane mas bro? :mad0261:

mohon pencerahan :angel:

SEjarah
adalah kisah masa lalu
kalau zaman nya sudah berlalu hanya tinggal kenangan

GBU

tidak bisa begitu, Kristus hadir dalam Sejarah ke Kristenan, apakah itu dijadikan kenangan saja?

Pastilah yang dimaksud bang roderick bukan sejarah Paulus, tapi terutama sejarah Petrus dan kaisar Konstantin. :afro: :smiley:

GBU

Yah sambil menunggu kedatangannya kedua kali , perannya di dunia digantikan oleh Roh penghibur (Roh kudus )
Kita tidak bisa maksa Yesus untuk kembali kedunia sebelum waktu yang ditetapkan Bapa tiba

GBU

lantas, peristiwa kehadiran Tuhan Yesus didunia dijadikan kenangan saja begitu?, bahkan apa yang ada di Alkitab adalah sejarah. bagaimana mungkin itu dijadikan kenangan? kalau menurut kamu adalah sejarah pribadi, silahkan kamu mau jadikan itu kenangan, itukan kenangan pribadi kamu.

dari sejarah kita bisa melihat asal Kekristenan, kemudian dimana masa perkembangannya harus kita lihat juga, itu akan menambah pengetahuan akan Iman kita.

Tergantung oranngnya sih bro…

Kalo bapak ibunya yang begitu wafat langsung dilupakan seperti bangkai…
saya rasa memang agak sulit untuk bisa menghargai Sejarah dan Jasa-jasa pendahulu sih…

mirip kucing saya…
anaknya sendiri aja dikawin karena dianggap sama-sama kucing dewasa…
dia lupa dan gak mau tahu Sejarah, bahwa kucing jantan itu adalah anaknya sendiri…

LSejarah berguna buat mengetahui silsilah dan asal usul,
tapi kita tidak bisa merubah sejarah ,
dan apabila zamannya sudah lewat maka segalanya cuma tinggal kenangan , apalgi bila hukumnya sudah di batalkan dan sudah habi masa berlakunya

Sekarang kita hidup di zaman perjanjian baru maka zaman Pb belum lewat , meskipun kita tiak menyaksikan kelahiran Yesus tapi kita mengimaninya , jadi Perjanjian baru bukan sejarah karena masa belum lewat

Nah kalau PL sekarang sudah SEJARAH karena masa berlakunya sudah lewat.
menurut lukas 16:16 ,kitab PL berlakunya sampai zaman Yohanes (kurang lebih 120 masehi
NAh Yang dimaksud sejarah itu ya PL bukan PB

PL masih berguna buat : mengenang masa lalu
dongeng kepada anak anak ,mempelajari silsilah

PL sudah tidak berguna buat : mengharapkan keselamatan
memakai aturannya , dan menanti ramalannya terjadi, karena smua sudah digenapi

GBU

Kenangan = sesuatu yang membekas dalam ingatan. ini memuat sebuah peristiwa atau sebuah kejadian. nah, saya tanyakan kepada bro, bahwa kalau Peristiwa Kehadiran Tuhan Yesus didunia anda katakan sebagai kenangan. karena peristiwa ini terjadi di ribuan tahun yang lalu. benar tidak?!?

kalau mau bahas perjanjian Lama dan baru, tidak tepat juga kalau kamu katakan sebagai kenangan. ingat 'The ten Commandments" , itu masih berlaku sampai sekarang dan itu bagian dari perjanjian.
atau jangan-jangan bro ini menjadikan “The ten Commandments” ini hanya sebuah kenangan???

@ mas gandrunk,
Apa pun itu, termasuk sejarah, sah-saha saja sepanjang sejarah tersebut benar (bukan sejarah bodong), dan tidak bertentangan dengan kitab suci :afro: :slight_smile:

GBU

mas dyavid…

Kok Sejarah yang asal TIDAK BERTENTANGAN dengan KItab suci sih mas???
gak mudeng ah saya…

  1. Kitab Suci kan emang BUKAN dokumen sejarah??
  2. Masa para Historian harus MENGORBANKAN Fakta Sejarah hanya demi gara-gara biar dianggap sesuai dengan Kitab Suci yang BUKAN dokumen sejarah itu?? → jadi bohong dong sejarahnya… ehehe…

Banyaklah,

Misalnya urban-legend, atau legenda-legenda bercampur mitos yang beredar dari mulut ke mulut dan kemudian didokumentasikan. Kadang dipercaya sebagian masyarakat sebagai sejarah

Saya gak bilang semua sejarah salah. Tetapi sejarah yang diakui pun belum pasti benar. Misalnya sejarah Indonesia tentang Supersemar, ternyata dibantah oleh para saksi mata dan pelaku sejarah misalnya mantan menhankam M Yusuf. Sejarah terkadang ditulis dengan mengakomodasi kepentingan tertentu karena sejarah erat kaitannya dengan politik.

Gak semua sejarah itu salah looo… tapi gak semua yang diklaim sebagai ‘sejarah’ adalah benar.
Sejarah yang bertentangan dengan kitab suci, misalnya kitab suci bilang A, sejarah tersebut mengatakan B. Gethooo… masak gitu aja susyah sich … :smiley:

GBU

ya bentul mas…
tapi kalo misal sejarah yang telah ter challenge secara akademis dan validitasnya cukup sahih, dan ternyata bertentangan dengan Kitab Suci…mosok mau dikalahkan, supaya dipaksa sesuai dengan kitab Suci…

Lha nanti bisa timbul banyak korban Galileo Galileo baru mas…
Untung Darwin muncul di tahun 1800 an… kalau lebih duluan… bisa ikut dipenggal juga dia… ehehe…

Inti dari post saya adalah:
Memposisikan Alkitab PADA TEMPATNYA…
wong BUKAN DOK. SEJARAH ya jangan dianggap sebagai Referensi Primer Sejarah dong… ehehe…

Sejarah Islam tidak cocok dengan sejarah yang diakui Kristen koq, keduanya punya versi masing-masing. Tetapi keduanya sah sebagai ilmu dan diajarkan di sekolah dan perguruan tinggi. :smiley:

Sejarah bukan salah satu dari ilmu exacta. Secara penggolongan ilmu saja sudah ditempatkan ke dalam golongan ilmu yang tidak exact di mana kebenarannya kagak pasti. Makanya jangan sembarangan percaya sejarah :tongue:

GBU

waduh mas…
sampeyan pendukung Galileo dipenggal ya mas?? ehehe…

Makanya gak semua sejarah betul.
Namanya juga bukan ilmu pasti, kebenarannya kagak pastilah. :smiley:

GBU

T :afro: :afro:

Termasuk kitab Pl

GBU