Sejuta Manfaat Kenanga

Masyarakat Indonesia kerap menggunakan kenanga sebagai bunga rampai untuk keperluan ritual upacara adat. Konon, wanginya mengingatkan pada wangi melati (jasmine). Selain itu, harumnya yang eksotis membuatnya mendapat julukan flower of flowers alias bunganya bunga. Para ahli kecantikan dan aroma terapi pun berbondong-bondong memanfaatkan ekstrak kenanga sebagai bahan dasar pembuatan parfum, aromaterapi serta massage oil. Bahkan parfum Channel No. 5 yang legendaris itu menggunakan bunga kenanga sebagai ingredient utamanya.

Sebagai aromaterapi, bunga yang juga dikenal dengan nama Ylang-ylang ini memiliki banyak kegunaan. Untuk terapi yang bersifat fisik misalnya, bunga kenanga dipakai untuk menurunkan tekanan darah, membantu menyeimbangkan hormon, dan meredakan stres. Campuran aromaterapi kenanga dengan melati atau mawar digunakan untuk membatasi masalah seksual, seperti impotensi dan kurang gairah. Malah ada juga yang memanfaatkannya sebagai aphrodisiac. Kenanga juga berkhasiat mengatasi PMS (Pre Menstruasi Syndrome) dan mood swing akibat menopause.

Sedangkan untuk terapi yang bersifat psikis atau emosional, aromaterapi kenanga mujarab memberi efek rileks dan mengurangi ketegangan pada tubuh. Tapi Anda harus tetap hati-hati. Sebab penggunaan yang berlebihan justru akan menyebabkan sakit kepala.

Kalau Anda pernah melihat rangkaian kosmetik yang mengunakan bahan dasar bunga kenanga, itu karena bunga ini memang baik untuk kesehatan kulit. Facial oil atau cream bunga kenanga dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum, dan cocok dipakai oleh Anda yang berkulit kering maupun berminyak. Kenanga juga ampuh memerangi bakteri penyebab jerawat. Orang Filipina biasa menggunakan bunga kenanga untuk membuat minya rambut, hair tonic serta salep yang digosokkan ke seluruh tubuh untuk ‘menangkis’ penyakit pada musim hujan serta untuk menangkal gigitan serangga dan ular.

Anda juga bisa mencoba membuat sendiri ramuan dari bunga kenanga. Untul sesak nafas, coba Anda ambil ½ genggam bunga kenanga dan ½ sendok gula putih. Rebus keduanya dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tersisa ½ gelas. Saring, lalu minum. Lakukan rutin setiap pagi dan sore. Lalu untuk bronchitis, resepnya 2 kuntum kenanga direbus dengan 1 gelas air sampai mendidih hingga tersisa ½ gelas. Saring, kemudian minum pagi dan sore. Cukup mudah, bukan?

Source : fit