Sempat Dilarikan Ke RS, Kondisi Billy Graham Sudah Membaik

Penginjil Amerika Serikat yang telah berkeliling ke puluhan negara di dunia, Billy Graham, Rabu (11/5) pagi waktu setempat, dirawat di Rumah Sakit Asheville, North Carolina, karena menderita pneumonia (radang paru-paru).

Graham, 92, dilarikan oleh pihak keluarga ke rumah sakit setelah malam sebelumnya beliau mengalami kesulitan bernapas. Pulmonologis yang selama ini merawat Graham, Dr Shaw Henderson, mengkonfirmasi Kamis pagi bahwa ayah dari Franklin Graham tersebut mengalami pneumonia.

Cucu Graham Jonathan Lotz, putra dari Ann Graham Lotz, mengatakan Kakeknya “dalam kesehatan dan rohani yang baik.”

Billy Graham bahkan mampu merilis pernyataan hari Kamis melalui juru bicaranya.

“Terima kasih atas dukungan indah Anda dan doa untuk pemulihan saya,” katanya. “Saya melakukan yang lebih baik dengan setiap jam yang lewat, dan saya berterima kasih atas perhatian Anda, dan mengirimkan kembali penghargaan saya dan cinta untuk kalian semua.”

Billy Graham jarang muncul di depan umum sekarang ini. Usianya yang sudah tidak muda lagi dan gangguan kesehatan akibat hal itu membuatnya lebih banyak menghabiskan hari-harinya di rumahnya di North Carolina bagian barat.

“Tentu saja untuk seseorang yang telah berusia 92 tahun dengan semua masalah kesehatan yang dia miliki, semua jarak tempuh, semua tahun padanya, saya akan mengatakan dia melakukan cukup baik dan kami hanya mengawasi,” kata Lotz.

Istri Billy Graham, Ruth Graham Bell, meninggal pada tahun 2007. Teman dari keluarga Graham, Glenn Wilcox mengatakan sang penginjil itu sangat merindukan belahan jiwanya.

“Aku tahu dia sudah siap dan dia ingin pergi ke surga bersama Ruth, tapi dia mengatakan ‘Saya tidak perlu pergi sekarang juga,’” kata Wilcox.

Berdasarkan hasil pengujian klinis rumah sakit, keadaan hati pendiri Billy Graham Evangelistic Association (BGEA)normal dan stabil.

“Sungguh menakjubkan kepada saya bagaimana tajam pikirannya dan bagaimana ia bisa bicara dengan cerdas tentang banyak hal,” tambah Wilcox.

“Tubuh fisik-Nya hanya lelah,” katanya tentang Billy Graham, yang juga dirawat di rumah sakit pada tahun 2008 setelah jatuh di rumah.

Dr Lucian Rice, dokter utama Graham, mengatakan belum menetapkan tanggal kapankah Billy Graham boleh diperkenankan keluar, tetapi yang pasti saat ini pihaknya masih memantau keadaan pasiennya dan membuat sang pasien nyaman.

“Meskipun kondisi ini tidak mengancam nyawa, kami yakin tuan Graham dan keluarganya akan menghargai doa-doa Anda,” ujar juru bicara Billy Graham dalam pernyataannya di media-media setempat.

Teman dan keluarga dekat mengatakan hamba Tuhan senior Internasional tersebut telah menonton televisi dan bercanda dengan staf rumah sakit.

Source : cbn.com