Seragam Kerajaan Surga

Dalam mengikut Tuhan ada harga yang harus dibayar. Kita tidak bisa semerta-merta mengatakan kalau kita ini adalah anak Tuhan atau hamba Tuhan, namun dalam kesehari-harian hidup kita cara hidup kita tidak mencerminkan bahwa kita ini adalah anak ataupun hamba.

“Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” Mat 8:34

Ayat diatas berisikan tiga persyaratan penting yang harus dipenuhi bagi yang mau mengikut Tuhan. Tiga persyaratan tersebut adalah harga mati yang tidak bisa ditawar apabila kita mengikut Tuhan. Keselamatan dari Tuhan Yesus memang diberikan secara cuma-cuma bagi kita, bukan karena perbuatan baik yang sudah kita lakukan. Sekali lagi! Itu adalah anugerah! Namun kita yang telah menerima keselamatan harus hidup layaknya orang yang sudah selamat, yakni menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Tuhan. Masih bingung? Ilustrasinya seperti ini; Ada seorang saudagar kaya yang memberikan beasiswa penuh bagi anak-anak untuk mengenyam pendidikan di sekolah yang tentu saja milik saudagar kaya tersebut. Beasisiwa ini diberikan tanpa pandang bulu dan warna kulit, dan tanpa pertimbangan baik atau buruknya kelakuan masing-masing anak, atau prestasi apa yang pernah dicapai oleh mereka. Anak-anak yang diberikan beasisiwa namanya sudah pasti terdaftar di sekolah tersebut, itu berarti anak-anak tersebut sudah bisa dibilang siswa dan siswi, dan berhak untuk mengikuti setiap kegiatan yang memang diperuntukan bagi mereka. Namun walaupun anak-anak tersebut sudah terdaftar dan secara legal berhak untuk mengikuti kegiatan belajar, ada 1 hal yang wajib dipenuhi oleh mereka apabila ingin memasuki gerbang sekolah. Apakah itu? Memakai seragam.

Keselamatan yang kita terima dari Tuhan adalah tiket gratis untuk masuk kedalam Kerajaan Surga. Kita yang sudah menerima tiket berarti juga sudah terdaftar sebagai penduduk Kerajaan Surga. Namun maaf, di dalam Kerajaan Surga “seragam” juga diberlakukan. Mereka yang menyangkal diri, memikul salib dan mengikut Tuhan, mereka yang seirama dengan Tuhan, adalah mereka yang seragam dengan Tuhan dan orang-orang kudus sebelum-sebelumnya.

Setuju…Keselamatan kita bukan gampangan tapi harus dikerjakan :afro: