Serangan Sekutu ke Libya Dapat Dibenarkan

Minggu, 20/03/2011 18:50 WIB Serangan Sekutu ke Libya Dapat Dibenarkan Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Meski menuai kecaman, tapi serangan pasukan sekutu terhadap militer Libya ternyata dapat dibenarkan. Bahkan ada payung hukum dan alasan untuk membenarkan aksi militer yang dimotori Prancis, Kanada, Italia, Inggris dan AS itu.

Demikian tanggapan Guru Besar Hukum Internasional FHUI, Hikmahanto Juwana, tentang serangan pasukan koalisi sekutu ke Benghazi, Libya. Tanggapan dia sampaikan melalui surat elektronik, Minggu (20/3/2011).

“Serangan oleh Prancis, Kanada, Italia, Inggris dan AS atas tentara yang loyal terhadap Khaddafi di Benghazi adalah untuk menghentikan serangan pro pemerintah terhadap demonstran, oposisi dan tentara yang tidak loyal pada Khaddafi,” kata Hikmahanto.

Alasan pertama adalah, masyarakat internasional dapat mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kejahatan kemanusiaan oleh rejim Khadaffi. Yaitu jatuhnya lebih banyak korban sipil Libya.

“Ini desebutkan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB 1973,” jelas dia tentang payung hukum yang mendukung aksi militer internasional.

Alasan ke dua, masyarakat internasional sudah sewajarnya melakukan aksi intervensi kemanusiaan atau melaksanakan hak untuk melindungi warga masyrakat suatu negara. Seperti dari ancaman kezaliman luar biasa dari pemerintahan negara yang bersangkutan.

“Krisis di Libya dapat mengancam perdamaian dan keamanan internasional bila terus dibiarkan dan tidak diambil tindakan,” papar Hikmahanto mengenai alasan ke tiga.

Namun tindaklanjut pasca serangan militer koalisi sekutu dia digarisbawahi benar. Bahwa serangan tidak boleh berkelanjutan hingga menjadi pelumpuhan pemerintahan rejim Khaddafi.

“Pelumpuhan rezim Khaddafi akan menjadi pelanggaran hak internasional seperti yang terjadi pada Irak di bawah Saddam Hussein,” sambungnya.

Dia menegaskan kepemimpinan di Libya harus diserahkan kepada rakyat Libya. Masyarakat internasional harus menghormati kedaulatan Libya dan tidak melakukan intervensi urusan dalam negeri negara tersebut.

“Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 2 ayat (7) Piagam PBB,” tegasnya.

semoga rakyat libya dapat segera hidup dengan damai…

begining of war

but to protect civillian in libya^^ get killed by their own goverment

benar bro exia, hajar si khadaffi aja :smiley:

tapi bunuh membunuh tetaplah dosa ^^

Sebab kalo pake kata2 gak mempan sih bro :smiley:

yup kalo di peperangan sih emang serba salah

Permainan politik bagaimana daerah timur tengah bisa serentak berontak. Dapatkah rakyat miskin berontak bareng2 tanpa ada yang mengorganisir?

pemanasan atmosfir bertambah dari arah sebelah timur dunia yang sudah panas daratannya…Global worning nambah lagi eskalasinya.
Khadafi merasa malu kalo mau membebek entok kepeda Hosni mubarakh.
Sifat Khadafi lebih radikal dari semua pemimpin pemimpin yang ada masih tesisa saat ini di timur tengah sono. Dibuktikan itu dng tidak mau menyerahnya dia dari tuntutan rankyatnya untuk lengser. Jadi prinsip yang dipake oleh sikhadafi sekarang adalah “BIAR TEKOR ASAL MASIH KESOHOR”…kalleee…?? hehehe

aneh juga ya kalo orang dah addict sama power???

si kadafi katanya pengawal nya itu dayang2 perempuan perawan make pistol. “berlindung di perempuan” :smiley: hahaha

aduh…tambah taun tambah perang…apa pada gk mikir apa ya…siapa yag akan paling banyak menderita akhirnya???ckckckckckck…

Masalah di Libya seharusnya diatasi oleh Afrika Union atau Liga Arab. Tetapi apa yang kalian bisa harapkan dari Afrika Union? Bukankah hampir semua sistem pemerintahan negara2 Afrika ini seperti pemerintahan Kaddafi malahan kebanyakan para pemimpim AU memiliki hubungan akrab/baik dengan Kadaffi karena kemasukan dana yang begitu banyak membuat mereka sangat terhutang budi.

Sebaliknya sebagian dari negara2 Liga Arab barusan pulih dari ketidakstabilan politik dalaman sehingga tidak mempunyai moral ground untuk meluruskan kesalahan Kaddafi.

Saya sih tidak setuju kalu negara2 Barat campurtangan dalam hal ehwal Libya…tetapi apakah saya sanggup melihat rakyat dengan begitu saja dibunuh? Jawapannya tidak! Makanya tindakan2 yang dilakukan Amerika dan NATO harus didukung namun kita juga harus berhati2 dengan sikap dan MO negara2 arab karena bisa back fire, sikap ‘talam dua muka’ (double face) para pemimpin arab bukan sesuatu yang baru…sementara mereka mendukung kuat partisipasi Amerika dan NATO untuk mengekang Kaddafi tapi di koran2 dan televisi2 sebaliknya, sentimen anti Barat dan anti Kristen dan anti Zionis/Israel dimain2kan oleh pers ini berhasil membakar hati rakyat seolah2 Amerika dan sekutunya sekali lagi mau memusnahkan org Islam spt yang berlaku di Iraq dan Afghanistan. Dengan berbuat demikian diharapkan rakyat mereka akan melupakan tindak2 salah (korupsi, hak asasi, kebebasan suara dll) sehingga agenda untuk mendemokrasikan negara2 arab/islam ini tidak lebih dari agenda tersembunyi zionisme atau Yahudi. That’s it.

banyak yang berkoar-koar memprotes intervensi militer sekutu di libya ini, tetapi semuanya hanya hanya bisa besar mulut tanpa bisa melakukan tindakan nyata menghentikan konflik di libya sebelum sekutu turun tangan.

kita sudah tau, bahwa inilah yang akan terjadi di masa - masa menjelang kedatangan Nya

ya
benar sekali
giliran masalah agama wiiih langsung kayak semut
apalagi orang Indonesia

sanggupnya memang hanya seputar isu-isu agama, dan berujung pada provokasi dan pembiakan teori konspirasi di dalam otak.
sekarang semuanya sudah terlambat, semoga saja motif intervensi sekutu murni untuk menghentikan konflik dan libya tidak berakhir seperti irak dan afganistan.

Hehehe…Khadafi = Nurdin Khalid ya…??
Ga ngerti apa artinya kalau posisi kedudukannya ditentang…ya…??
Padahal kalau mereka sadar sebagai manusia dan baca Alkitab di ayat seperti dibawah ini, MAKA DUNIA AKAN DAMAI adanya…

Pkh. 3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah
langit ada waktunya.

benar
sangat sangat mengkhawatirkan

apa beda intervensi bangsa asing dgn penjajahan?