Serba susah dengan sola scriptura (OOT ria)

Tidak bingung kok

kalau alkitab + maria, itu baru bikin bingung.

:smiley:

Wuihhh…

Gereja hasil reformasi MERDEKA DARI RECOKAN PEMIKIRAN MANUSIA …??

HA HA HA…

Ngga sadar tuh yg diomongin…?

Memangnya PARA PENGEMBANG ajaran reformasi itu bukan MANUSIA ??

ha ha ha…

HANYA BERSANDAR PADA FIRMAN ALLAH ???

Tentu saja kami tidak keberatan…

Memang itulah yang seharusnya.

Tapi FIRMAN ALLAH TIDAK HANYA TERTULIS…

mengerti bro ??

Let me know if you STILL do not know what I’m talking about…

Iman kalian itu bukan bersumber murni pada alkitab.
Tetapi murni pada TAFSIR ALKITAB MILIK PENDETA KALIAN.

Jadi stop berkata :HANYA ALKITAB SUMBER KEBENARAN,… jika masih mendengar tafsir pendeta (atau tafsir diri sendiri).

Amen ??

Let me know if you still don’t get it…

Pantas saja ada denom protestant bernama SSY mengartikan YESUS bukan TUHAN.

Memang sederhana koq isi alkitab…

aduh petra petra…

Yaahh benar apa yg saya khawatirkan…

tampaknya si brow ini belum mengerti tentang apa yg dimaksud BErIMAN. ha ha ha‚Ķ weleh‚Äďweleh‚Ķ

Hai bro…

Jika Kepausan berkata ajaran ‚ÄúADA PURGATORY‚ÄĚ, maka‚Ķ saya nih brow‚Ķ ngga perlu lagi nyari-nyari di alkitab untuk membuktikan bahwa ajaran itu benar.

BUAT APA ??

Saya selalu percaya bahwa ajaran yg keluar dari kepausan itu BENAR…

Saya selalu percaya bahwa PAUS LEBIH BENAR DARI SAYA

Bagaimana kalau ternyata paus salah ??? yaaa matilah saya …masuk neraka sama paus…

Itu namanya beriman…

he he he…gampang kan…?

Ibarat nya kita berada di dalam suatu ruangan GELAP PEKAT GULITA dan menggunakan penutup mata sehingga tak bisa melihat apa-apa.
Lalu kita berpenganan pada seorang pemandu yg bisa melihat di dalam gelap.
Kemana saja dia bawa,… kita manut saja… pokoknya aman…

Pernah naik pesawat ???
Sang PILOT itu adalah paus.
Penumapang itu umat nya.
Penumpang percaya penuh pada pilot dalam hal menerbangkan pesawat.

Amen ?

Karunia ROH yg diberikan BERBEDA-BEDA…

Ada yg dikaruniai banyak mengenai hal tafsir alkitab,… ada jg yg sedikir.

Anda bro pet,… tahu apa soal alkitab ?? paling cuma bisa baca alkitab bahasa indonesia, sudah.

Apa anda tahu latar belakang apa yg membuat Paulus menulis surat ke korintus, roma, dll…
Apa anda berpikir seperti jackson123, yang membedakan antara kata ‚ÄúPETROS‚ÄĚ dengan ‚ÄúPETRA‚ÄĚ dalam alkitab‚Ķ

Apa anda mengerti strong concordance ? greek lexicon… latin vulgate… gaya bahasa, budaya yahudi, sejarah dll dll dll…?

Kalau saya tidak tahu akan hal itu semua,… jadi saya BERGANTUNG PENUH (BACA : BERIMAN) pada paus.

BERIMAN = PERCAYA PENUH 100% TANPA KERAGUAN.

Mungkin ngga ajaran paus salah ?

jawab kami : TIDAK MUNGKIN !

kalian boleh berkata : Mana mungkin manusia tidak mungkin salah ?

Kami jawab : YA ITULAH IMAN KAMI!
Kami BERIMAN bahwa TUHAN LAH YANG SELALU MEMBIMBING KEPAUSAN DALAM MENGELUARKAN AJARAN-AJARAN.

BERIMAN = 100% percaya,… bukan 99.999%

mengerti brow ?

Let me know…

emang om atau nenek anda yang tinggal di gunung kidul harus jago tafsir bro ?

anda aja yang berlebihan. kelihatannya ada yang salah deh. kesederhanaan berita Kitab Suci tidak usah diperumit tanpa alasan.

berita yang begitu sederhana. TUHAN yang menjadi manusia, TUHAN yang transenden berbicara dalam bahasa perumpamaan agar nelayan2 sederhana sanggup menjadi Rasul.

bagian mana dari kesederhanaan Kitab Suci Kristen yang anda tidak pahami bro.

ada pepatah payah berkata ‚Äúkalo bisa dipersulit mengapa dipermudah?‚ÄĚ ‚Ķ hehehehe

mujurnya, itu bukan pepatah orang Kristen, tetapi pepatah orang Indonesia.

salam

Saya sangat setuju bro… :afro:
pesan saya, harus sabar sama petra… :smiley:
saya pernah disuruh pindah dari FK ke forum sarapanpagi, karena menurut petra di FK hanya utk amatiran… ;D ;D

mungkin amatiran yang berniat terus jadi amatiran… ;D

kalo masing2 orang Kristen bikin denom kamu setuju nga…?

kalau Firman Tuhan yg bagaimana aja kalian belum pasti, bagaimana mengimaninya…

kata kuncinya adalah KEPASTIAN…

katolik:
FT itu bicara apa? bicara A 100%! maka berimanlah umat katolik tentang A 100%

protestan:
FT itu bicara apa? bicara X karena ngga infallible, maka seyakin2nya masih punya kemungkinan salah… katakanlah 80% lah…
maka jadilah protestan beriman tentang X 80% saja… itu pun kelak bisa saja keimanan akan ajaran X itu bisa menjadi 0% alias sudah berubah keyakinan.

artinya, umat protestan tidak pernah mendapat kepastian ajaran, tidak pernah mendapatkan kepastian tentang FT, tidak pernah mendapat jaminan kepastian ttg scriptura itu sendiri… ribuan denom adalah salah satu manifestasi fenomena tersebut… :slight_smile:

lagian, solascriptura itu kan bahkan tidak ada di FT? :smiley:

anda memotong kata saya bro. itu tidak fair.

saya bilang ‚Äúrecokkan pikiran manusia yang tidak berdasar pada Kitab Suci‚ÄĚ.

Pengembang Ajaran Reformasi jelas mereka sama dengan Paus anda sama-sama manusia Kristen yang baik.

Bedanya, mereka mengembangkan pikiran teologis mereka DENGAN MENCARI LANDASAN DAN SOKONGAN dari ayat-ayat Kitab Suci.

jadi kalo diskusi jangan suka motong kalimat ya … ups :slight_smile:

dan orang sederhana ini juga dapat salah, dapat sesat, atau jadi korban penyesatan.

FT itu bukan hanya YESUS adalah Tuhan… karena setan pun tau itu…
dan para sarjana theology itu juga sangat mungkin tersesat dalam memahami FT.

jadi anda pasti muter lagi… :slight_smile:

ayat A ditapsir oleh X menjadi OSAS
ayat A ditapsir oleh Y menjadi bukan OSAS.

jadi, kunci dari ajaran iman itu ada di penapsirnya…

penapsir salah, maka apapun alkitabnya, seberapapun benarnya, akan tetep menghasilkan iman yg salah!

prinsipnya untuk dapat pasti, akitab plus interpreter resmi dari yg mengeluarkan produknya.
bukan interpreter ilegal… :smiley:

dan satu2nya yg menjamin infallibilitas adalah Si sumber infallibilitas, yaitu Allah sendiri.
Infallibilitas itu anugrah dari Tuhan untuk jemaatNya.

janji Tuhan ‚Äúbahwa alam maut tidak menguasainya‚ÄĚ :slight_smile:

tidaK SALAH nuduh ya ?

mengapa anda sebutkan protestan mengatakan alkitab = 80% benar ???

btw, alkitab tidak pernah tuh nyuruh buat patung maria. dan di doa doain segala. Dari mana ajaran ini ???

hehehehe masih dendam ya suhu. :slight_smile:

dendam mah tidak, tapi berharap kamu belajar terbuka dalam melihat…

silakan kamu jawab pertanyaan saya, apakah kamu keberatan jika setiap orang Kristen mendirikan denom sendiri dan ajaran sendiri berdasarkan Alkitab…???

Jika ada 3 Milyar orang Kristen => Ada 3 Milyar juga ajaran2 yang berbeda…

apa protestan punya ajaran yg infallible?

TULIP misalnya, infallible? :smiley:

kalau ngga infallible berarti ngga seratus persen. paling hebat 99,9999%. masih ada kemungkinan salah.

alam maut tidak menguasainya bukan untuk petrus, apalagipaus.

itu tentang Krstus, sang Batu Karang sejati

yang tidak bisa salah, adalah Firman Tuhan , bukan manusianya, apalagi paus.

DI scriptura bagaian mana, yg mengangkat maria menjadi ratu sorga ??? ini ajaran dari mana sih ???

Kalo Tiang Penopang dan dasar Kebenaran [1 Tim 3:15]…?

Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran.

tiang penopang itu adalah Tuhan yang hidup, bukan manusianya.

Firman Tuhan ngga bisa salah, kalau interpretasinya salah? hayo…

misal menginterpretasikan ayat alkitab menjadi OSAS dan TULIP.

kan reform sama kitabnya to dengan anda? :smiley: