sesuai Firman Tuhan atau hanya doktrin manusia..

kita semua mengakui bahwa YESUS KRISTUS adalah Tuhan… :afro:

pemahaman yg sdh kita ketahui adalah sbb… :ashamed0004:

** penganut Oneness/Sabellis mengatakan, YESUS adalah Allah Bapa yg menjadi Manusia… dan YESUS adalah Tuhan Allah itu sendiri…

** penganut Tritunggal mengatakan, YESUS adalah Firman/Allah yg menjadi Manusia… dan YESUS adalah Tuhan Allah (Substansi Allah)…

** penganut saksi Yehova mengatakan, YESUS adalah malaikat Mikhael yg menjadi Manusia… dan YESUS bukan Tuhan Allah…

** Zxcvbn dan Dons mengatakan, YESUS adalah Firman Allah yg menjadi Manusia… dan YESUS bukan Tuhan Allah…

Siapakah YESUS KRISTUS yang sebenarnya.. :coolsmiley:
apakah YESUS KRISTUS adalah Allah, atau malaikat Mikhael atau hanya manusia biasa.. :mad0261:

mari kita diskusikan utk mencari kebenaran berdasarkan Firman Tuhan… :happy0025:
di larang : menggunakan kata-kata hujatan spt sesat, bidat, bebal, bodoh dsb… :knuppel2:

lho… kok pada ga percaya dgn keyakinannya masing masing… :’(

Siapakah Yesus menurut anda… ? :coolsmiley:

“APA KATAMU, SIAPAKAH AKU INI ?” tanya YESUS kepada umat manusia.

YESUS bersaksi tentang YESUS ???

Shalom.

wah… baru dapat pelanggan, langsung bikin bingung… :’( krn pelanggannya cantik, saya kasih hadiah… :love0072:
kalo Yesus adalah Mesias, udah pada tau fren… :char11:

yg mana diantara 4 penjelasan saya yg anda percaya fren… :coolsmiley:

Kenali yang palsu, maka engkau tahu yang benar.

Yohanes 6:42
Kata mereka: ‘‘Bukankah Ia ini Yesus, anak Yusuf, yang ibu bapa-Nya kita kenal? Bagaimana Ia dapat berkata: Aku telah turun dari sorga?’’

Shalom.

jawabannya ga jelas fren… kalo yg ini… :smitten: … jelas ga fren… :char11:
jadi menurut anda… apakah YESUS adalah Tuhan Allah… :coolsmiley:

ELOHIM itu ESA.

Berikut saya ringkaskan pandangan saya mengenai Keesaan Tuhan.

Tuhan Yang Esa dengan Tiga Maha Karya:

Mencipta, dipanggil sebagai Bapa
Menyelamatkan, dipanggil sebagai Putra
Menghibur dalam diri orang percaya, disebut ROH KUDUS

Mengapa digunakan istilah “Keesaan Bapa, Putra, dan ROH KUDUS?”. Pertama, istilah Keesaan adalah istilah yang firmaniah dan secara literal tertulis dalam TaNaKh dan Kitab Perjanjian Baru. Ortodoksi Yudaisme, sebagai akar Kekristenan mendasarkan pada “Shema (Shema Yisrael, YHWH Eloheinu YHWH Ekhad” yang artinya, “Dengarlah Israel, YHWH itu Tuhan kita, YHWH itu Esa”,Ul 6:4)
Rabbi Hayim Ha Levy Donin, memberikan keterangan: “The Shema is declaration of faith, a pledge of allegiance to One God, an affirmation of Judaism. It is the first prayer that children are taught to say” (To Pray As A Jew, Basic Books, p.144)

Dalam Kitab Perjanjian Baru, YESUS kembali mengutip “Shema” (Mrk 12:29). Berulang kali, dalam suratnya, Rasul Paul mengungkapkan sebutan Bapa, Putra, ROH KUDUS bersamaan dengan kata Esa (1 Tim 1:17, 1 Tim 2:5-6, 1 Kor 8:5-6, Gal 3:20), demikian pula Rasul Yohanes menyebutkan mengenai keesaan (Yoh 5:45) serta rasul Yudas (Yud 1:25). Secara literal, istilah “Keesaan” adalah Firmaniah atau Scriptural. Kedua, makna Keesaan dalam sudut pandang Scriptural adalah bahwa orang beriman harus menyembah kepada satu-satunya Tuhan yang benar, yaitu Bapa, Putra dan ROH KUDUS serta bukan kepada Tuhan yang lain. Hanya Dia lah fokus ibadah (Ul 6:13), fokus kasih (Ul 11:1), fokus doa (Mzm 143:1), fokus pujian (Mzm 66:2).

Jadi, kata “Ekhad”, bukan bermakna aritmetis semata namun bermakna metafisik. Tuhan yang mengatasi ruang dan waktu dan yang satu-satunya berhak menerima penyembahan. Ketiga, baik Bapa, Putra dan ROH KUDUS adalah sehakikat, setara dalam kekekalan. Bapa, Putra dan ROH KUDUS, keluar dari hakikat Bapa (Yoh 8:42, Yoh 15:26).

Tuhan yang Esa, yang dalam zaman hidup nabi-nabi di Perjanjian Lama, dikenal dengan nama YHWH (Yahweh, Kel 3:15), maka dalam Perjanjian Baru telah menyatakan diri-Nya kepada manusia(Ibr 1:3), melalui Firman-Nya yang menjadi manusia (Yoh 1:1,14) serta mengambil rupa manusia (Fil 2:7) yang bernama, YESUS (Mat 1:21) serta mengajar manusia melaluii Roh-Nya yang berdiam dalam diri orang beriman (Yoh 14:16-17). YHWH disebut sebagai Bapa Surgawi (Yes 64:8, Mat 6:9) dan Pencipta Langit serta Bumi (Yes 40:28, Mzm 121:1-2). Yahshua disebut sebagai Putera Tuhan (Mat 16:16). Roh Bapa atau Roh YHWH, disebut juga ROH KUDUS atau Roh kebenaran (Yoh 14:26, Yoh 15:26). Baik YHWH, Firman dan Roh bukanlah tiga melainkan satu. Karena Firman dan Roh berdiam bersama dalam kekekalan bersama YHWH (Yoh 1:1). Bukanlah tiga melainkan satu, karena Firman keluar dan datang dari hakikat Bapa (Yoh 8:42). Demikianpula Roh keluar dari Bapa (Yoh 15:26).

Bukanlah tiga melainkan satu, karena Firman tidak diciptakan, melainkan menciptakan dan menyebabkan adanya ciptaan (Mzm 33:6, Yoh 1:3, Kol 1:16). Demikian pula ROH KUDUS yang menyebabkan semua ciptaan menjadi hidup dan bernafas (Ayub 34:14). Bukan pula tiga pribadi melainkan satu pribadi dengan tiga karya dan manifestasi kuasa.

Mengapa satu pribadi ? Bapa, Putra dan ROH KUDUS (YHWH, Firman-Nya, Roh-Nya) adalah satu pribadi dalam kekekalan, karena yang satu tidak ada dan diadakan lebih dahulu oleh yang lain. Kata “satu” dalam ulasan ini bukan bermakna aritmetik melainkan ontologik, karena kita sedang membicarakan Tuhan yang mengatasi dan berada didalam segala sesuatu yang Dia ciptakan.

Saya tidak menolak ESSENSI Bapa, Anak, ROH KUDUS yang setara, sehakikat, sederajat dalam kekekalan. Dalam kekekalan Tuhan telah bersama Firman dan Roh-Nya (Kej 1:1-3). Yang saya sangkal adalah TERMINOLOGI/ISTILAH Tritunggal yang dapat menimbulkan bias pemahaman khususnya pada penalaran Muslim.

Tentu saja Sang Putra dalam Pra Ada sebagai Firman terlibat dalam penciptaan bahkan Dialah perantara terjadinya ciptaan (Kej 1:3, Mzm 33:6, Yoh 1:3). Namun terminologi “pribadi” yang dilekatkan pada masing-masing predikat Bapa, Anak, Roh Kudus, tentu saja dapat menyesatkan nalar mengenai adanya “tiga keilahian” dalam kekekalan. Jika memang ada “tiga keilahian”, lalu bagaimana menjelaskan ucapan Yesus sbb: “Aku keluar dan datang dari Tuhan” (Yoh 8:42).

Lalu bagaimana menjelaskan pernyataan bahwa: “Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa” (Yoh 15:26). Jika
“Sang Putra” dan “Sang Roh Suci” KELUAR dari Bapa, itu tandanya hanya SATU SUMBER dan SATU PRIBADI dan tidak lebih. Baik Tuhan, Firman dan Roh (Kej 1:1-3) adalah SATU bukan tiga.

Rasul Paul pun mengatakan demikian: “namun bagi kita hanya ada satu Tuhan saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Junjungan Agung saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup” (1 Kor 8:6). Kata Yunani EK artinya KELUAR DARI.

Jadi Bapa adalah sumber segala sesuatu. Didalam diri Bapa yang bernama Yahweh telah ada Firman dan Roh-Nya dalam kekekalan. Sekalipun bersifat trinitaris namun Yesus dan para rasul tidak pernah menyebutkan Tuhan itu Tritunggal melainkan ESA adanya.

Jelas khan Bro, bahwa Yeshua ha Masiakh adalah Elohim.

tx atas penjelasannya fren… :afro:
berarti anda percaya ajaran Sabellisme ya fren… :happy0025:

Yesus itu adalah Firman Bapa yang menjadi manusia… :smiley:
perkataan A itu adalah perwujudan dr si A itu sendiri

Yesus adalah Tuhan.
bingung juga dengan point 4 saudara don???

padahal Tuhan itu ndak buat kita bingung loh

benar…
saya bingung dengan point ke 4 saudara don

buat saya pribadi Yesus adalah Tuhan^^

Bro @Don,kalau boleh tau point yg ke 4 itu anda dan bro @zbn adalah aliran Mormon kah??,
Salam

wah… saya bukan penganut aliran atau sekte ataupun doktrin fren… :ashamed0004:
kalo anda cermat isi alkitab, di sana jelas sekali perbedaan Allah Bapa dgn Tuhan Yesus… ga ada itu yg namanya Allah dijadikan Substansi Tritunggal… itu cuma prakiraan manusia doang fren, bukan tertulis di alkitab… :ashamed0004: kalo ga sesuai isi alkitab, siapapun bisa menafsirkan seenaknya dong… :char11:

ya benar fren… Yesus Kristus adalah Tuhan… dan itu mutlak dan pasti, krn Allah Bapa sendiri yg menetapkan demikian… :happy0025:
tapi… apakah Yesus adalah Allah… ? :coolsmiley:

kalo perkataan si A adalah wujud si A itu sendiri… maka si A membelah diri dong fren, krn si A ada 2 Oknum tuh… :ashamed0004:

Prakiraan manusia yg dipimpin Roh Kudus untuk dpt menafsirkan dan mencermati isi Alkitab,fren
Salam,

semua org juga bisa mengaku menafsirkan dipimpin oleh ROH KUDUS fren… termasuk yg pada berdebat di sini lho… :ashamed0004:
kalo memang benar begitu, kenapa para Rasul tidak menuliskan sama sekali ttg Allah Tritunggal fren… apakah mereka tidak dibimbing ROH KUDUS… :mad0261:

saya tanya ya fren… :ashamed0004:
apakah YESUS adalah Allah… ? :coolsmiley:

gak ada yang tahu dengan sempurna siapakah Yesus itu sebab, Dia adalah Tuhan yang melebihi dari pikiran manusia… otak kita yang kecil gak mungkin bisa memahami Tuhan itu seperti apa…, jadi banyaklah timbul penerjemahan Alkitab lewat sudut pandang yang berbeda-beda…, kalo kita ingin tahu yang sebenarnya yang di maksud Allah yang Esa, Tritunggal , atau Firman yang menjadi manusia itu seperti apa? nanti jika kita telah benar - benar melihat Bapa itu di sorga…
jadi, bertindaklah sesuai imanmu…

1 kor
13: 9.Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

1 kor
13:12 Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

gb… :happy0025: