sesuatu yang mengganjal dalam hatiku

pengen nanya nih
org yang beragama non kristen muslim bisa ikut perjamuan kudus tanpa ikut pengakuan masuk kristen dan baptis dewasa gak? :char12:

Perjamuan kudus itu sbg lambang persekutuan dgn Tubuh & Darah Yesus
Baptisan itu sbg pengakuan percaya & menerima Yesus dimuka umum
Jadi keduanya tdk bisa dilakukan oleh org2 nonK
GBU

aku punya temen ppgt, awalx dia islam tapi dia rajin ikut kegereja. kemaren kami pergi bareng trus pda saat perjamuan kudus dia malah ikutan pdahal dia blum pengakuan atwpun baptisan dewasa. waktu aku tanya dia malah bilang sprti ini " memangx ada yang salah kah?" trus dia hindari saya. jadi apa yang harus saya lakukan???

Barangkali teman Olivia itu sudah termasuk katagori “Warga calon baptisan, yaitu: anak warga jemaat yang belum dibaptis dan orang dewasa yang mau mengikuti iman Kristen serta sudah mengaku dihadapan jemaat atau Majelis Gereja, tetapi belum dibaptis.”…Sehingga dengan itu “merasa” berhak menerima pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus di gereja.

Yang perlu Olivia lakukan menurut saya, coba konsultasikan dengan pendeta atau kepada kakak yang sudah sidi mengenai bagaimana peraturan Perjamuan Tuhan ini supaya permasalahan menjadi terang, karena mendapat penjelasan dari orang yang tepat dan kompeten dalam gereja Olivia. Nah kalau sudah terang, baru dengan lemah-lembut Olivia berikan penerangan yang sejelasnya pada teman Olivia itu dan saya percaya…Apabila tujuan kita baik, kemudian kita menyampaikannya dengan baik-baik maka hasilnyapun tentu akan baik juga.

Barangkali sebelum ketemu dan bertanya sama pak pendeta, Olivia bisa baca-baca : Tata Gereja Toraja

Salam

sbnarx sudah pernah sya tanyakan kepada pak pendeta sewaktu sya mengikuti pembelajaran saat sidi, mmang waktu itu bapak pendeta bilang tidak boleh, sya sdah berulang kali bilang kedia klo mmang mau ikut perjamuan harus ikut pengakuan dan baptisan dewasa tapi dia selalu bilang belum siap. apa itu artix dia hanya ingin coba2 dlam mengikuti perjamuan??

Ya sebaiknya jangan berprasangka, namun kalau sudah pasti tidak boleh sedang teman Olivia masih bandel maka demi tata tertib sebaiknya dilaporkan kepada pembimbing ppgt mungkin atau kepada bapak pendeta atau orang yang dituakan di gereja, supaya melalui beliau-beliau itu boleh menegur/menasihati kepada yang bersangkutan dengan lebih baik. :slight_smile:

Salam

ya sebenarnya sih tidak masalah… dan perjamuan itu pun tidak akan membawa arti atau berkat apa2 buat dirinya… sebab bagi yang belum mengerti… perjamuan hanya sekedar makan roti dan minum anggur saja… ini berlaku bagi yang belum dan maupun yang sudah di baptis…

kak budi : ohh iya kak makasih :slight_smile:

kak magi : mksudx apa??

rasanya sudah sangat jelas… siapapun… termasuk yang sudah dibaptis… jika mengikuti perjamuan kudus dan tidak mengerti apa maksudnya… maka tidak akan berarti… dan itu sudah umum terjadi… yang menjadi fokus utama disini memberi pengertian apa arti sebenarnya dari perjamuan kudus … bukan melarang… sekarang yang menjadi masalah… apakah anda mengerti apa itu perjamuan kudus dan memberikan pengertian padanya…??? sudahkah anda bertanya padanya, mengapa dia suka/ingin mengikuti perjamuan itu…???

saya belum pernah bertanya mengapa dia suka melakukan perjamuan kudus :’(

tanya saja kenapa dia suka perjamuan ?

bisa saja… (kalo dia mau ambil… masakan gereja mau larang) :smiley:
ttp kalau tanpa diikuti dengan iman yang benar …ngga ngefek :slight_smile:

suka anggurnya…kali… :smiley: