Setelah Mati Kita Kemana??

Sebagai umat kristen kalau sudah meninggal pasti masuk sorga…dan saya mau menganalisa sedikit…katakanlah ada orang kristen yang meninggal hari ini dia sangat cinta Tuhan dan perbuatannya ga ada yang tercela…secara otomatis dia masuk sorga dong nah masalahya khan ada hari penghakiman seperti tertulis dalam Alkitab apakah orang yang sudah berada disorga maupun di neraka akan mendapat penghakiman lagi setelah zaman penghakiman tiba padahal mereka sudah meninggal…atau apakah ada semacam tempat buat mereka yang meninggal sebelom zaman penghakiman?? atau apakah langsung kesurga atau neraka sebelom masa penghakiman?? :slight_smile:

Menurut saya,

Jika orang percaya dan berkenan hidupnya dihadapan Tuhan, setelah tubuhnya mati (saya menggunakan tubuhnya mati ketimbang dia mati), dia akan berada di pangkuan Abraham seperti yang diceritakan dalam cerita Lazarus dan orang kaya.

Lazarus (si pengemis itu) setelah meninggal langsung dibawa oleh malaikat ke pangkuan Abraham (Lukas 16:22). Mengapa dibawanya ke Abraham, dan bukan langsung ke Allah? Karena menunggu janji Allah yaitu keselamatan ketika penghakiman tiba. Orang percaya adalah keturunan Abraham. Dan Allah berjanji bahwa keselamatan akan diberikan kepada & lewat keturunan Abraham (orang percaya).

Saya percaya pangkuan Abraham hanyalah suatu perumpamaan, yang kalau saya tafsirkan, bahwa Allah menciptakan suatu tempat khusus bagi keturunan Abraham untuk menunggu keselamatan yang telah dijanjikan.


Setelah meninggal,

I. tubuh di kuburkan.

saatnya tiba, tubuh yang sudah meninggal akan bangkit.

bagi yang percaya Tuhan YESUS KRISTUS, :

  1. kebangkitan sudah terjadi ketika YESUS mati di kayu salib.

    Matius 27 : 50 YESUS berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.
    (52) dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.

  2. kebangkitan pada saat Nafiri Allah berbunyi :

1 Tes 4 : 16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam KRISTUS akan lebih dahulu bangkit;

bagi yang tidak percaya Tuhan YESUS KRISTUS, tubuh mereka akan bangkit juga :

Wahyu 20 : 12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
15 : Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu


II. Roh tidak mati, tetapi tetap hidup

hanya ada 2 tempat yaitu
Sorga atau Neraka.

  1. Orang Percaya

    Lukas 16 : 22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.

  2. Orang tidak Percaya :

Lukas 16 : 23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya.

Lu 23:43 Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

quexada : Reply #1 on: December 01, 2010, 12:44:24 PM »

Saya percaya pangkuan Abraham hanyalah suatu perumpamaan, yang kalau saya tafsirkan, bahwa Allah menciptakan suatu tempat khusus bagi keturunan Abraham untuk [u][b]menunggu keselamatan[/b][/u] yang telah dijanjikan.

klo pangkuan abraham suatu perumpamaan,
bisakah anda menunjukkan ayat alkitab, bawah orang percaya Tuhan Yesus Kristus, meninggal, masih menuggu keselamatan mereka??
mereka menunggu dimana?
berapa lama mereka menunggu?

banyak teman saya bilang kalau mreka akan msk surga, karna mreka adlah anak Tuhan, tp apakah betul mreka akan msk surga, kalau sifat mreka aja jauh dr perintah Tuhan???

bisa… kalo sebelum mati (saat napas tinggal itung waktu) Tuhan masih beri kesempatan bertobat :smiley:

ke Hades.

Best Regard,
Daniel FS

ada 3 macam penghakiman

PENGADILAN ALLAH

Manusia akan mati
Ibr. 9 : 27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,

Lalu menghadap pengadilan Allah, tidak ada yang bisa lolos.
Tuhan adalah hakim orang hidup dan hakim orang mati.

2 Tim 4 : 1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya:

Ternyata ada beberapa macam Pengadilan Allah, sesuai dgn keadaan orang yaitu :

  1. bagi orang hidup (manusia biasa) untuk masuk dalam kerajaan 1000 tahun melalui KURSI PENGADILAN RAJA

Mat. 25 : 31 Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.
2 Tes 2 : 8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.

  1. bagi orang yang mati

2 tim 4 : 1 Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh-sungguh kepadamu demi penyataan-Nya dan demi Kerajaan-Nya

a. bagi orang benar, untuk menerima mahkota / pahala yaitu lewat KURSI PENGADILAN KRISTUS
2 kor 5 : 10, mal. 3 : 16, roma 2 : 16, 14 : 12

b. bagi orang dosa untuk menerima hukuman yaitu lewat TAHTA PUTIH YANG BESAR

wahyu 20 : 11 – 15

Bagaimana cara terjadi pengadilan masing masing??

  1. KURSI PENGADILAN KRISTUS

  2. KURSI PENGADILAN RAJA

  3. TAHTA PUTIH YANG BESAR

  1. KURSI PENGADILAN KRISTUS

Kapan terjadi : Terjadi akhir 3,5 tahun ke II – sangkakala VII

Dimana : di Sorga

Bentuk tubuh : tubuh kebangkitan

Tipe orang yang diadili : mereka yang selamat

Dasar pengadilan perbuatannya

Perkara yang diadili :rahasia hati

roma 2 : 16, Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

2 kor 5 : 10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Hasil menerima pahala sesuai perbuatan

mat 16 : 27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.,

2 kor 5 : 10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

wahyu 6 : 9, Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.

wahyu 22: 12 Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

Tempat sesudahnya sorga

Buku buku hayat

Gw pernah baca kalau org2 yang mati sblum hari penghakiman, bakal masuk Hades… Itu kaya tempat menunggu sebelum penghakiman. bner ga?

  1. KURSI PENGADILAN RAJA

Kapan terjadi perang harmagedon

Dimana di bumi

Bentuk tubuh yang diadili tubuh nafsani

Tipe orang yang diadili : segala bgs, penduduk zaman antikris yang lolos

Dasar pengadilan : kambing / domba

Perkara yang diadili : cap antikris : ada atau tidak

Hasil : ada cap antikris : binasa
atau Tidak ada cap :masuk kerjaaan 1000 tahun

Tempat sesudahnya : mati atau Kerajaan 1000 tahun

Buku metrei antikris

  1. TAHTA PUTIH YANG BESAR

Kapan terjadi : sesudah kerajaan 1000 tahun dan kebangkitan II

Dimana dalam alam berzakh

Bentuk tubuh yang diadili : tubuh kebangkitan orang dosa

Tipe orang yang diadili : orang yang tidak selamat

Dasar pengadilan : kejahatannya

Perkara yang diadili : dosa

Hasil : semua menerima hukuman

Tempat sesudahnya : danau api (kematian II)

Buku buku buku

Buku buku yang dipakai dalam pengadilan ini :

  1. buku buku lain (maut) wahyu 20 12
  2. buku kehidupan mal. 3 : 16, wahyu 21 : 27

Alam berzakh

Dalam bahasa ibrani di PL disebut SHEOL dan berarti seluruh alam tidak nampak., belum dibagi bagi sebab pengertian pada waktu itu belum banyak terbuka.

Sheol ini dibagi dua yaitu bagian atas : Surga dan bagian bawah Neraka dan antaranya ada jurang yang besar

Luk 16 : 26 Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang

Dalam perjanjian baru neraka disebut Hades (bahasa Yunani). Saat ini iblis dan tentaranya masih diizinkan menyebrang jurang besar ini hingga pada wahyu 12 : 8 – 18, yaitu pada saat ia diusir dari Surga

setelah mati :

jasad di kuburkan → nantinya akan bangkit

roh tidak mati tetap hidup dan tempat nya :

sorga atau neraka.

thanks bro atas jawaban-jawabannya saya sudah bisa mengambil kesimpulan dari jawaban tersebut kalau kita adalah calon-calon penghuni
sorga setelah mati dan kita mengimani itu sebagai umat yang diselamatkan
oleh Tuhan Yesus Kristus …Jesus blees u all

Kurang tepat, Neraka itu Gehenna, Hades itu Dunia Orang Mati yang terdiri atas Firdaus dan Tartarus, LAI salah kaprah dalam menterjemahkan Hades dan Gehenna.

Best Regard,
Daniel FS