Share status FB pak Henney, salah seorang tokoh Orthodox Syiria

BULAN MARIA. Klo perjuangan R.A. Kartini saja diperingati tiap tgl 21 April dan tokoh2 biasa seperti Martin Luther dan Calvin begitu dipuja oleh gereja-gereja Protestan, mengapa ya Maria Bunda Sayidina 'Isa Almasih kurang mendapat tempat dan penghargaan dalam teologi maupun ibadahnya? Karena pengorbanan dan teladan hidup kudusnya, Maria Sang Perawan, Bunda Sayidina 'Isa Almasih itu, maka terlahirlah Juruselamat Dunia bagi kita umat manusia. Be wise!

Anda Katholik atau bukan???

Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah diperingati setiap tanggal 1 Januari

Sama seperti 21 April, hari R.A. Kartini, hanya diperingati di Indonesia, tidak di Australia atau China, demikian Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah hanya diperingati oleh umat Katholik seluruh dunia.

Sebagai catatan tambahan, hari raya untuk memperingati Santa Perawan Maria bukan hanya satu kali, tetapi dalam setahun ada tidak kurang dari 30 kali, sepuluh diantaranya hari raya besar seperti 25 Maret, 15 Agustus dan lain-lainnya.

Bagi saya pertanyaan atau pernyataan anda sungguh aneh jika anda seorang Katholik…

Masalah tanggal aja kok refot2. Tenang aja…

IMO. Tidak ada yang aneh, orang Orthodox Syiria itu mengkritik mereka yang tidak menempatkan Maria dalam kehidupan kekristenan dan teologinya :

..... mengapa ya Maria Bunda Sayidina 'Isa Almasih kurang mendapat tempat dan penghargaan dalam teologi maupun ibadahnya?

Kalau RA. Kartini saja yang “hanya” pahlawan nasional diperingati minimal setahun sekali. Tentu bagi Maria seharusnya lebih dari RA Kartini yang hanya setahun sekali. Saya menangkap maksud penulis seperti itu.

Shalom Aleikhem!

Mereka yang dimaksud siapa?

Jika semua orang Kristen pada umumnya, seluruh denominasi, maka betul kata id CosmicBoy, “Masalah tanggal aja kok refot2. Tenang aja…”

Meneladani Maria, bukan satu-satunya jalan dengan menetapkan tanggal HARI RAYA dan mengadakan litrugi. Tetapi menghormati Maria adalah menjadikannya teladan dalam kehidupannya, baik telandan dalam iman, ketaatan dan sikap hidupnya. Itu jauh lebih mulia dari pada sekedar hari raya peringatan dengan bumbu upacara keagamaan.

Sudah jelas ditulis juga di status itu, siapa yang dimaksud “mereka” :

..........dan tokoh2 biasa seperti Martin Luther dan Calvin begitu dipuja oleh gereja-gereja Protestan,....

IMO penulis hanya memberikan analogi saja, peran Kartini dan Maria. Dan saya kira tidak seluruh gereja Protestan tidak memperingati / mengingat Maria. Bisa saja dengan cara yang seperti Anda katakan dengan keteladanan.

Misalnya gereja Lutheran masih memperingati Visitation (kunjungan Maria ke Elizabeth):

http://www.peacealma.org/sermons/feast_of_the_visitation_2011

Juga gereja protestan episcopal (Anglican) yang memperingati dalam beberapa peringatan :
http://www.netplaces.com/virgin-mary/seasons-of-salvation/mary-in-anglicanism.htm

The Major Feasts of the Virgin Mary in the Anglican Church

The Purification of Saint Mary, February 2
The Annunciation, March 25
The Visitation, May 31
The Day of Saint Mary (known in the West as Assumption and in the East as the Dormition), August 15
The Nativity of Mary, September 8
Our Lady of Walsingham, October 15
Mary’s Conception, December 8

Jadi menurut saya anggapan si penulis ini tidak seluruhnya benar.

Visitation day, beda tanggal antara di Lutheran, Anglican, Orthodox. Bener kata bro Cosmic, tidak masalah dengan tanggal.

Shalom Aleikhem

Anda sendiri bilang penulis tidak benar, jadi ya mengapa harus membahasnya kalau memang sudah tahu tulisannya tidak benar…

Namanya juga share, sudah saya beri pengantar di judul thread. Terserah pembaca untuk menyikapi.

Saya katakan penulis tidak seluruhnya benar. Mungkin dia hanya melihat protestan yang ada di sekitarnya dimana membicarakan maria dalam konteks perannya dalam kekristenan saja jarang kedengaran.

Kalau mau melihat protestan di luar, ternyata masih banyak yang tidak seperti itu, seperti link-link yang saya berikan.

Shalom