Sharing: Kasih Karunia

Kasih Karunia

Lukas 2:19
19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

Apa yang Maria renungkan?

Lukas 1:26-30
Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, 27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. 28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” 29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. 30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

Apa arti salam itu? Apa artinya dikaruniai atau beroleh kasih karunia? Apa keuntungannya beroleh kasih karunia?

Atau sebelumnya kita musti bertanya mengapa Maria? Apakah Maria lebih baik dari yang lain? Apakah Maria lebih suci? Apakah Maria lebih special dari yang lain?

Grace is not about what you have done, it is the gift of God.

Efesus 2:8-9
8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Grace is the unmerited favor of God!

continue

Tetapi apa artinya beroleh kasih karunia? Mari kita lihat apa yang terjadi kepada Maria?

Lukas 1:31-37
31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki- laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada- Nya takhta Daud, bapa leluhur- Nya, 33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama- lamanya dan Kerajaan- Nya tidak akan berkesudahan. “34 Kata Maria kepada malaikat itu:” Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? “35 Jawab malaikat itu kepadanya:” Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki- laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. 37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil. "

Maria mengalami perjumpaan dengan malaikat Gabriel. Siapa yang pernah ketemu malaikat?

Maria mendapat berita bahwa ia akan mengandung seorang anak laki-laki… bukan dari Yusuf tunangannya tetapi dari Roh Kudus. Fyi: Maria masih seorang gadis perawan. It took a great faith to accept it and to carry the baby.

Pada saat mungkin Maria berpikir, kalau ini dari Tuhan pasti semuanya lancar dan Tuhan akan sediakan segalanya, kemudian ketika waktunya Maria melahirkan keadaannya tidak semulus yang ia sangka.

Lukas 2:6-7
6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 7 dan ia melahirkan seorang anak laki- laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

Kalau anak ini dari Tuhan mengapa tidak disediakan tempat penginapan? Apa malaikat Gabriel lupa booking? Katanya anak ini akan menjadi raja, koq malah dipalungan?

Mungkin belum selesai Maria berpikir, ia dikejutkan dengan kunjungan dari para gembala yang Maria sama sekali tidak kenal. Dari mana para gembala ini tahu tentang kelahiran Yesus, bayi Maria?

continue

Lukas 2:8-12
8 Di daerah itu ada gembala- gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 9 Tiba- tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. 10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

Lukas 2:13-17
13 Dan tiba- tiba tampaklah bersama- sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: 14 “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada- Nya.” 15 Setelah malaikat- malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala- gembala itu berkata seorang kepada yang lain: “Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.” 16 Lalu mereka cepat- cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. 17 Dan ketika mereka melihat- Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.

Lukas 2:18
Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala- gembala itu kepada mereka.

Para gembala tersebut kemudian mendengarkan choir dari bala tentara sorga, nyanyian malaikat entertaint mereka dengan luar biasa. Can you imagine how excited they were? Mereka tidak perlu cari-cari ke rumah sakit mereka cukup mencari siapa yang punya palungan.

Rupanya malaikat tidak lupa utk booking hotel atau rumah sakit. Tidak ada yang terluput dari malaikat Tuhan. Ada maksudnya Yesus dibungkus dengan kain lampin dan terbaring dipalungan. Sebagai TANDA buat para gembala bahwa itulah bayi yang dimaksud.

Dalam kasih karunia tidak ada yang terlewatkan oleh Tuhan. Kalau Anda beroleh kasih karunia Tuhan, tidak ada yang terlewatkan oleh Tuhan.

Sesuatu diijinkan terjadi karena Tuhan punya maksud.

continue

Lukas 2:20
20 Maka kembalilah gembala- gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Bukan hanya itu… kemudian:

Matius 2:1-2
1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang- orang majus dari Timur ke Yerusalem 2 dan bertanya- tanya: “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang- Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”

Sekelompok orang-orang Majus, para ahli ilmu bintang yang melihat ada sesuatu yang berbeda di dunia perbintangan. mereka melihat bintang-Nya di Timur, suatu tanda sudah lahirnya raja orang Yahudi.

Matius 2:7-11
7 Lalu dengan diam- diam Herodes memanggil orang- orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. 8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal- hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia.” 9 Setelah mendengar kata- kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. 10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. 11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu- Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada- Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Maria kembali kedatangan tamu tak dikenal, menemukan mereka dengan cara yang ajaib. Ada berapa banyak orang yang pernah diantar GPS bintang Timur? Dan bukan hanya itu tetapi orang-orang Majus ini mempersembahkan emas, kemenyan dan mur.

Emas adalah tanda kebangsawanan, Yesus sebagai raja. Kemenyan sebagai tanda keilahian-Nya, dan mur, tanda dari penderitaan yang akan Dia alami.

continue

Kalau Anda sebagai Maria, bagaimana perasaan Anda? Bingung, overwhelmed? Happy, amazed? Kejadian demi kejadian terjadi secara beruntun dan ajaib.

Maybe she was thinking: how can I be so blessed? Who am I? Why me?

Apakah ini artinya beroleh kasih karunia? Menemukan keajaiban demi keajaiban? Seolah-olah tangan Tuhan ikut merancang perjalanan hidup Maria sehingga bertemu dengan hal-hal yang sepertinya tidak mungkin, yang tidak biasa atau diluar batas normal.

Efesus 2:10
Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Semuanya dimulai dari:
Lukas 1:38
Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Hidup Maria berubah secara luar biasa sejak ia menerima kasih karunia Tuhan, mungkin juga Maria berpikir: Siapa aku sehingga layak mengalami semua ini?

Semuanya ini dimulai dari kemauannya menerima kasih karunia. Sebab bisa saja Maria menolak, tidak bersedia. Tetapi Maria mau, Maria mungkin tidak mengerti mengapa dan bagaimana rencana Tuhan akan terjadi, tetapi Maria mau mengikuti rencana Tuhan, Maria mau menerima kasih karunia.

Hari ini kita merayakan Christmas secara sederhana. Yesus datang ke dunia karena kita semua berharga di mata-Nya.

Christmas ada karena kasih karunia Tuhan ditawarkan kepada kita melalui Yesus Kristus.

Bukan karena apa yang (perlu) Anda lakukan tetapi karena pemberian Tuhan. Karena kasih-Nya kepada saudara dan saya.

Would you be willing to accept His love, His grace through Jesus Christ? Stay in His Grace.

Sumber, JPCC - Jakarta Praise Community Church

Pemberian/anugerah Tuhan itu bisa diterima atau ditolak,
Yoh. 3:16 . . . . . supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa . . . .
mau percaya boleh, tdk percaya juga boleh
GBU

Panggilan yang sempurna & membahagiakan:
28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." (Matius 11:28-30)

Siap untuk memberikan nilai plus:
Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku (Wahyu 3:20).

Kasih Karunia-Nya sudah diberikan terlebih dahulu kepada kita, mau atau tidak itu keputusan masing-masing,
yang pasti, KasihNya melebihi dari apapun