Sharing: "Protect Yourself At All Times."

Protect yourself at all times.

Kecewa, tidak tau apa yg diharapkan, punya pengharapan yang keliru.

Banyak orang percaya yang tidak sadar akan reality of life. Mereka pikir kalau menjadi orang Kristen semuanya akan berjalan lancar, berkat Tuhan akan terus mengalir, dan tidak ada lagi problem dan persoalan.

AR.Bernard menerangkan selama kita hidup di dunia ini kita akan mengalami ketegangan, tarik-menarik (tension) antara ideal dan realitas, antara yang baik dan yang jahat, antara sehat dan sakit, kaya dan miskin.

Roma 7:21

Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku.

Romans 7:21

I find then a law, that, when I would do good, evil is present with me. KJV

Kalau kita mengerti bagaimana merespons dengan baik apa yang sedang kita hadapi maka kita akan mengalami kehidupan yang berkemenangan tetapi kalau kita tidak mengerti maka kita tidak dapat merespons dengan baik, yang mengakibatkan kita menjadi kegagalan.

Itu sebabnya kemudian kita dapati dikalangan orang percaya (di gereja) ada dua macam ekstrim: Ada yang mengatakan bahwa kita harus menjauhkan diri dari dunia, sehingga mereka tidak lagi lihat TV, tidak lihat film di bioskop, tidak boleh pergi ke cafe atau ke tempat tempat hiburan, tidak boleh tattoo, tidak boleh minum minuman ber-alkohol dll.

Di lain pihak ada yang mengatakan semua itu boleh, hajar saja! Kita kan orang yang sudah dimerdekakan.

Christianity is more about having relationship with God through Jesus than just rules of do’s and don’ts.

1Korintus 10:23-24

“Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap- tiap orang mencari keuntungan orang lain.

Jadi bukan juga kita lakukan apa saja yang kita mau tetapi kalau apa yang kita lakukan tidak menguntungkan orang yang ada di sekitar kita maka lebih baik kalau kita tidak melakukannya.

Kata orang, “Kita boleh berbuat apa saja yang kita mau.” Benar! Tetapi tidak semua yang kita mau itu berguna. “Kita boleh berbuat apa saja yang kita mau”-- tetapi tidak semua yang kita mau itu membangun kehidupan kita. BIS.

continue

Yesus dalam Yohanes 17 berdoa sesuatu yang menarik untuk kita pelajari.

Yohanes 17:15

Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

Doa Yesus ini menjelaskan bagaimana seharusnya hidup kita sebagai orang percaya. Suatu kehidupan yang seimbang, tidak mudah namun penuh dengan tantangan dan hal-hal yang menarik.

Dunia = Kosmos = social (family), political, economy, spiritual (gereja/agama), educational order of things. The arrangement or order of things. Media plus art and entertainment.

Pemerintah-pemerintah di dunia ini berusaha untuk membuat order di dunia ini, melalui berbagai macam cara, baik dengan cara demokrasi, liberal, komunis, dll.

Pergilah ke seluruh dunia = masuk ke tatanan sosial saat ini/masuk ke tatanan masyarakat saat ini.

Jadi, pada saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat bukan berarti kita kemudian terus harus jadi full-timer (atau berpikir bahwa itu adalah pekerjaan yang lebih mulia).

Barangsiapa di dalam Kristus, dia adalah milik Kristus, artinya dia bukan lagi milik dunia ini, kita bukanlah produk dari system dunia ini. Tetapi, Yesus berdoa supaya miliknya ini tidak di ambil dari dunia bahkan diutus ke dalam dunia.

Tujuannya adalah untuk menjadi terang dan menjadi garam buat dunia ini, karena Yesus percaya kepada bahwa kita bisa! Namun, Yesus berdoa agar kita dilindungi dari yang jahat!

Banyak orang kemudian berada di dunia (market place) mencoba untuk menjadi kesaksian, menjadi berkat, menjadi terang dan garam tetapi tidak sedikit pula yang terhanyut dan tenggelam di dunia, yang tadinya mau menjadi berkat malah menjadi batu sandungan. Mengapa?

Yohanes 17:16-18.

Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman- Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri- Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Ilustrasi:
Utk dapat bertahan di air kita harus menggunakan baju khusus bahkan harus membawa tabung oksigen.
Utk dapat melakukan aktifitas dikala musim dingin seseorang harus memakai baju dingin.

Show picture!

Kita harus memakai perlengkapan untuk melindungi kita dari pengaruh dunia ini. Tanpa perlengkapan tersebut maka kita akan mati, tidak akan kuat menghadapi pencobaan dan godaan yang ditawarkan dunia ini. Ini adalah percobaan bunuh diri.

Semakin dingin udara diluar semakin banyak peralatan yang digunakan dan semakin tebal baju yang dipakai. Bukan hanya supaya hawa dingin tertahan diluar tetapi juga supaya hawa panas tersimpan didalam pakaian.

continue

Jadi yang diperlukan adalah insulate not isolate! Protect yourself!

Perlindungan apa yang kita perlukan?

  1. Tertanam di gereja lokal.

Mazmur 92:13-16

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada- Nya.

Ditanam —> bertunas —> (pada masa tua, a sign of longevity) masih berbuah, gemuk & segar.

There is something powerful about the house of God. Jesus wants to build the house.

Matius 16:18

Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat- Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

… on this rock I will build My church,… (Matthew 16:18 NKJV)

Involve in what Jesus is doing is the best thing you can do in life.

Bukan cuma sekadar ke gereja tetapi tertanamlah. Commit yourself, terlibat, masuk ke dalam kelompok kecil dimana diri Anda diketahui, untuk dapat didoakan, ditegur, diberi arahan, diperingatkan, di support, dikuatkan, dll. Ikut melayani, bawa persembahan Anda ke rumah Tuhan.

Ada orang-orang yang memerlukan talenta yang Anda punya. God gave talents not for you to keep, but for you to share it with other.

Ibrani 13:17

Taatilah pemimpin- pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga- jaga atas jiwamu, sebagai orang- orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

Benar Tuhan dapat melindungi Anda tetapi jangan lupa bahwa Tuhan selalu memakai orang lain untuk melaksakan kehendak-Nya. Dengan tertanam Anda mendapatkan covering.

  1. Punyailah dasar yang kuat.

Matius 7:24-27

“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya.”

Bukan sekadar covering dari atas tetapi juga Anda harus mempunyai dasar Firman Tuhan, menjadi pendengar dan pelaku. Iman timbuk dari pendengaran akan Firman Tuhan!

It’s a dangerous world out there. Anda harus mendasar di dalam kebenaran, kenali Firman Tuhan dan lakukan. Terjun ke dalam dunia tanpa dibekali oleh Firman Tuhan akan membuat kita menjadi sasaran empuk si jahat.

  1. Stay on purpose.

Yohanes 4:34

Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Yesus datang ke dunia ini namun Dia senantiasa sadar bahwa Dia bukanlah bagian dari dunia ini dan Dia datang untuk satu maksud yaitu melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan itu.

Kita harus belajar dari Yesus, selalu ingat bahwa kita bukan lagi bagian dari dunia ini. Kita memang masih di dunia ini tetapi kita merupakan bagian dari Kerajaan Allah.

Sumber dan pengharapan kita bukan dari dunia ini tetapi sumber dan pengharapan kita datangnya dari Tuhan kita Yesus Kristus. Prinsip kehidupan yang kita pegang bukanlah dari dunia ini tetapi dari kebenaran Firman Tuhan.

Ex: spy, under cover operation.

Iblis akan menggoda kita dengan semua yang kelihatannya baik, menjanjikan dll.

Matius 4:8-9

Dan Iblis membawa- Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada- Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 9 dan berkata kepada- Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada- Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”

continue

Tidak ada keraguan sedikitpun bahwa seorang yang tertanam di gereja lokal dan punya dasar Firman Tuhan yang kuat, menjadi pelaku, maka dia akan hidup berhasil. Terang tidak diletakkan di bawah tetapi diletakkan di atas!

Tetapi berkat yang sesungguhnya bukanlah promosi tetapi kalau apa yang ada di hati Anda masih lebih besar dari apa yang ada di tangan Anda.

Closing: Jadi, tanamkan diri Anda, buat suatu komitmen untuk berjemaat di gereja local, get involved (don’t be a loner), punyailah dasar Firman Tuhan yang kuat dan jangan pernah lupa bahwa Anda disini untuk membuat perbedaan dengan jalan melakukan kehendak Bapa.

Sumber: JPCC - Jakarta Praise Community Church
Tema: Life Style

banyak macam jenis Gereja2 zaman sekarang,
Jakarta Praise Community Church (JPCC),
sepertinya khusus untuk orang2 kaya,
JPCC web http://www.jpcc.org
i will visit someday,