Siapa Kepala Gereja: YESUS atau Paus?

Kepercayaan Roma Katolik tentang Paus dalam New York Catechism:

"The pope takes place of JESUS CHRIST on earth … By divine right the pope has supreme and full power in faith and morals over each and every pastor and his flock. He is the true vicar of CHRIST. He is the infallible ruler, the founder of dogmas, the author of and the judge of councils; the universal ruler of truth, the arbiter of the world, the supreme judge of heaven and earth, the judge of all, being judged by no one, God himself on earth"

Ini jelas jelas sudah melanggar Firman Tuhan karena :

  1. Satu-satunya kepala gereja adalah Tuhan YESUS sendiri (Ef 4:15) dan Ia tidak pernah memberikan jabatan itu kepada orang lain.

  2. Kitab Suci tidak pernah mengatakan adanya hamba Tuhan atau bahkan rasul yang superior / lebih tinggi dari yang lain.

  3. Yesuslah yang menjadi Hakim Agung manusia bukan Paus

4.YESUS,ROH KUDUS dan Kitab Sucilah ‘ruler of truth’ bukan Paus.

5.Hanya Kitab Suci lah “infallible ruler” bukan Paus

Salam

inilah yang dipertengkarkan murid-murid ketika Tuhan Yesus masih ada. Sudah diselesaikan oleh Tuhan Yesus sendiri, namun diungkit kembali setelah Tuhan Yesus naik ke surga (yang dilakukan pastinya bukan oleh para murid, if you know what I mean).

tadi kamu nyambat infalibilitas, sekarang kamu nyambat vicar kristus…
jadi yang mana yang mau dibahas, dan OOT semua disini… :mad0261:

emang kamu ngerti artinya…?
btw, kamu copas darimana bukit…?

WOW …

serius nih. ck ck ck

bisa memberhentikan lumpur Lapindo menyemburkah?

Itukan hanya ajaran yang ecek ecekan saja,mosok nggak ngerti fren ?

Siapakah kepala Gereja : Yesus atau Paus . Jawab saya dua duanya kepala gereja. Yang satu Kepala Gereja bagi pengikut Yesus dan yang satunya kepala gereja Kepausan ( Roma )

Kepala Gereja di BUMI yang kita manusia masih berziarah adalah : PAUS BENEDICTUS

Paus BENEDICTUS di BUMI sebagai wakil KRISTUS.

Kalau Kepala Gereja di dunia akan datang : YESUS KRISTUS

Lebih tepatnya Paus adalah Administrator gereja di Bumi.

Salam Damai

Tuhan Yesus berkata :

Joh_14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Joh_6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Namun ada seorang yang seolah-olah berkata:
Jangan kalian percaya, Yesus terlalu jauh bagimu. Berdoa lewat orang mati karena Kristus jauh, Dan akulah Vicar Kristus -mu di dunia ini.

terbukti iman Katolik banyak menghasilkan manusia suci sesuai dengan FT contoh Bunda Theresa.

Joh_6:56 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, [b]ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia[/b].
Ekaristi dalam Misa .......... benar benar TUBUH KRISTUS. diterima saya setiap Minggu.
Mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, [b]Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman[/b]."
sampai saat ini Tubuh KRISTUS ada dalam Ekaristi.
Namun ada seorang yang seolah-olah berkata: Jangan kalian percaya, YESUS terlalu jauh bagimu. Berdoa lewat orang mati karena KRISTUS jauh, Dan akulah Vicar KRISTUS -mu di dunia ini.

oh… itu katamu… …aku …oh dak bisa… :azn:

mana yang protes - tan

Yesus tidak pernah berubah . Dia juga kepala gereja dari awal sampai akhir ( selamanya ) !
Yesus Kristus tak pernah membuat perwakilan, Kata wakil bisa berarti pengganti. Yesus tak pernah perlu pengganti. Kalau ada yang mengganti berarti kudeta
GBu

[quote author=nembakmanuk link=topic=43592.msg684892#msg684892 date=1338824151]
terbukti iman Katolik banyak menghasilkan manusia suci sesuai dengan FT contoh Bunda Theresa.

Manusia suci .Itu kriteria dari mana? Kalau seperti Bunda Theresa sih benyak juga dari orang non Kristen
Kriteria orang suci menurut Alkitab adalah orang yang beriman pada Yesus dan menuruti segala perintah Allah ( Why 14 :12 ). Bagaimana Bunda Theresa disebut orang suci, sedangkan dia pasti buat / punya patung dan sujud menyembahnya ? Itu kan berdosa, sebab definisi dosa adalah pelanggaran hukum Allah ( 1 Yoh 3:4 )
GBU

Sebagai anggota Tubuh Kristus, setiap org percaya dpt saling menegur/mengingatkan tdk ada superioritas, semuanya agar Kristus sbg Kepala Gereja ditinggikan.
Petrus pernah ditegur di depan umum dengan keras oleh Paulus (Gal 2:11-14).
Padahal Roma Katolik mengakui Petrus sebagai bishop Roma / Paus yang pertama!

Galatia2:11 Tetapi waktu Kefas datang ke Antiokhia, aku berterang-terang menentangnya, sebab ia salah.
2:12 Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan saudara-saudara yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan saudara-saudara yang bersunat.
2:13 Dan orang-orang Yahudi yang lain pun turut berlaku munafik dengan dia, sehingga Barnabas sendiri turut terseret oleh kemunafikan mereka.
2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?
GBU all

oh itu kata kamu … … bagiku oh dak bisa.

dalam dunia ini harus ada wakil Kristus untuk menterjemahkan Sabda sabda.

Salah satu contoh adalah : masalah aborsi , kontrasepsi ,bayi tabung dan kloning… gak ada di Alkitab.

Kalau tidak punya seseorang yang punya otoritas tertinggi , bagaimana kita akan mengerti itu boleh atau tidak.

Satu contoh saja (yaitu Bunda Theresia) koq dibilang banyak, to mas ? :cheesy:
Tokoh legendaris seperti itu adalah contoh pengabdian yang tinggi pada kemanusiaan, dimiliki oleh agama lain. Kita ambil contoh yang jauh misalnya Budha.

Komentar seperti itu sama sekali tidak ada kaitan dengan postingan :

kita adalah domba2nya YESUS. dan yesus gembalanya:

Yohanes 10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;
Yohanes 10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
Yohanes 10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

namun YESUS juga memberi perutusan pada Petrus:

[i]Yohanes 21:15 Sesudah sarapan YESUS berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Yohanes 21:16 Kata YESUS pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Yohanes 21:17 Kata YESUS kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena YESUS berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya: "Gembalakanlah domba-domba-Ku.[/i]

yg kemudian diteruskan secara apostolik kepada para Paus (karena domba2Nya harus digembalakan hingga akhir jaman) dan kemudian juga ditiru, atau juga pakai juga konsespsi perutusan penggembalaan petrus ini oleh bapak2 pendeta di gerejamu itu…

dan tunggu dulu…
alkitab juga mengatakan bahwa selain YESUS adalah Gembala, YESUS juga adalah anak domba
[i]
Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat YESUS datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yohanes 1:36 Dan ketika ia melihat YESUS lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!”

1 Korintus 5:7 Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu KRISTUS[/i]

lanjut bawah…

nah… gimana tuh nyambunginnya?
satu sisi anak domba, satu sisi Gembala? ada yang tau?

konsepsi relasi antara KRISTUS, paus dan jemaat…
paus dan jemaat adalah domba KRISTUS, namun paus sebagai domba KRISTUS juga mendapat tugas kepercayaan untuk menjadi gembala juga… sebagai pemimpin dan gembala diantara sesama domba KRISTUS yang masih berziarah di dunia… maka dari itu Paus disebut Vicar KRISTUS. karena penggembalaan Paus hanyalah atasnama (diutus) dan didalam KRISTUS yg adalag gembala Agung.

YESUS yang adalah anak domba Allah, juga menjadi Gembala dari domba2 yang lain… maka dari itu YESUS juga sering disebut sebagai anak sulung dari sesama anak2 Allah.
sama seperti paus yg menjadi pemimpin diantara sesama domba2 KRISTUS.

maka ada tertulis:
Yohanes 20:21 Maka kata YESUS sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Lukas 10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

nah… memang ada konsepsi demikian kan? wakil mewakili? utus mengutus?
yesus anak domba Allah dan Gembala, demikian juga Petrus (Paus) yg adalah domba kristus dan juga gembala.

indahya Firman Tuhan dalam apostolik itu… :smiley:

jadi protestanisme itu dari rasul yang mana?? :smiley:
jika anda ortodox, baru anda layak bicara tentang primasi petrus… tapi jika cuma “protestannya” petrus… ya rasanya ngga perlu bicara primasi petrus :smiley:

jadi konsepsi Gembala itu ada… dan sejarah protestanisme hanyalah berasal dari jemaat yg digembalakan petrus… :slight_smile:

jika mengira katolik ngajarin seperti itu, maka itu adalah kebodohan belaka… :slight_smile:

Paus melayani semuanya…
Paus hamba Allah, domba KRISTUS… yang diutus mengajar Firman Tuhan. yang melalui Gerejalah alkitab itu bisa kita baca sekarang ini. Paus dan Gereja hamba Tuhan, alat Tuhan. Tuhanlah yang memakai dan mengutsnya… not else… :smiley:

ya, tapi kitabsuci yg di layankan oleh Gereja… (terjamin)

“Di pihak saya, saya tidak percaya akan injil kecuali digerakkan oleh otoritas Gereja Katolik.” — St. Augustinus (354–430)

jadi segala sesuatu itu baiknya di teliti dulu, dimengerti, setelah sedikit yakin, baru dibicarakan… bukan sebaliknya… :smiley:

@fantioz n Katolikers

Bila demikian, dalam dogma Katolik, Kepala Gereja adalah Yesus?

Yang benar ni mas, Administrator atawa Vicar. Lain loh mas…