Siapa Melkisedek?

Siapakah Melkisedek itu sehingga dalam Alkitab ia disamakan dengan Anak Allah?
Apakah Dia adalah Yesus sendiri?

Ibrani 7:3
Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Melkisedek bukan Allah atau Anak Allah. Dia hanya orang biasa yang adalah merupakan imam tinggi Allah dan juga Raja Salem. (Kejadian 14:18)

Walaupun arti Melkisedek adalah ‘Raja kebenaran’ dan Salem berarti ‘damai sejahtera’ (lihat Ibrani 7:1-3), kitab Kejadian 14 dengan jelas menunjukkan bahwa dia hanyalah seorang manusia dan Abraham pun tidak memberikan suatu petunjuk bahwa ia percaya kalau Melkisedek adalah Allah.

Jadi apa yg di tulis Ibrani 7:3 adalah untuk menekankan bahwa Melkisedek adalah simbol dari keimaman Kristus yang lebih tinggi dari imam-imam suku Lewi

Sekedar meramaikan…

Ibr 7:3

FAYH
Melkisedek tidak beribu dan tidak berbapa, dan tidak ada silsilah tentang nenek moyangnya. Ia tidak pernah dilahirkan dan tidak pernah mati, tetapi hidupnya seperti hidup Anak Allah, yaitu menjadi imam untuk selama-lamanya.

MESSAGE
Melchizedek towers out of the past–without record of family ties, no account of beginning or end. In this way he is like the Son of God, one huge priestly presence dominating the landscape always.

NKJV
without father, without mother, without genealogy, having neither beginning of days nor end of life, but made like the Son of God, remains a priest continually.

GWV
No one knows anything about Melchizedek’s father, mother, or ancestors. No one knows when he was born or when he died. Like the Son of God, Melchizedek continues to be a priest forever.

NET
Without father, without mother, without genealogy, he has neither beginning of days nor end of life but is like the son of God, and he remains a priest for all time.

NIV
Without father or mother, without genealogy, without beginning of days or end of life, like the Son of God he remains a priest forever.

NASB
Without father, without mother, without genealogy, having neither beginning of days nor end of life, but made like the Son of God, he remains a priest perpetually.

Amplified
Without [record of] father or mother or ancestral line, neither with beginning of days nor ending of life, but, resembling the Son of God, he continues to be a priest without interruption and without successor.

NLT
There is no record of his father or mother or any of his ancestors—no beginning or end to his life. He remains a priest forever, resembling the Son of God.

Young
without father, without mother, without genealogy, having neither beginning of days nor end of life, and being made like to the Son of God, doth remain a priest continually.

no one can compare to son of GOD

topik yang bagus, topik melkisedek emang udah jadi perdebatan yang cukup banyak. tapi bagi gw Melkisedek mungkin Tuhan Yesus. Ada empat kesamaan antara Tuhan Yesus dan melkisedek:
1.bukan berasal dari garis keturunan lewi.
2.lebih besar dari abraham
3. awal dan akhrinya tidak diketahui
4. Bukan hanya imam, tapi keduanya disebut sebagai raja kebenaran dan raja damai (king of salem).

pertanyaannya siapakah raja damai yang dimaksud?,mungkinkah gelar itu dipunyai 2 orang yang berbeda?

its just my analysis. :afro:

Siapakah Melkisedek itu?

Ada sebuah teori yang menyatakan bahwa dia itu adalah : Shem

Sekedar sebuah pemikiran

seorang hamba Tuhan pernah bilang
Melkisedek = Allah
(tentu saja Allah pribadi, bukan Allah dalam diri Yesus)
serius tidaknya beliau berkata seperti itu, saya ngga tau…

Spekulasi terkuat ttg Melkisedek adl bahwa Dia itu Yesus Kristus sblm inkarnasi.

Ia datang kpd Abraham dlm wujud Melkisedek sbg gambaran nubuat ttg pelayananNya kelak yg mjd Imam Besar bg smua orang pcaya.

Ia memberkati Abraham dlm nama El-Elyon.

Tp ini msh spekulasi.

Masih spekulasi…
Misteri Alkitab yang nampaknya masih belum jelas
tentang orang tsb…

Yang menarik adalah :

Gen 14:17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
Gen 14:18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.

Apakahh raja Sodom disini merupakan orang yang sama dengan raja Salem, yaitu Melkisedek?

Berdsarakan narasi Paulus (?), maka jawabnya adalah : Ya

Heb 7:1 Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.

Dari Kejadian 14:7, hanya ada seorang raja yang menyongsong Abraham, yaitu raja Sodom.

Ini bagian yang menarik…

Gen 18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.

Empat pasal kemudian, Tuhan hendak memnghancurkan Sodom

Why???

Mengapa Melkisedek yang adalah raja Sodom [dan atau Salem] dan seorang imam Allah memiliki negara dan rakyat yang kacau penduduknya?

Kemanakah Melkisdek?

Melkisedek adalah manusia yang lahir dari ayah dan ibu alami.
Tuhan Yesus sekalipun memerlukan rahim Maria agar IA dapat lahir ke dalam dunia.

Orang tua Melkisedek tidak ditulis karena "keimamatan"nya tidak berdasarkan keturunan (bloodline - ayah ke anak laki-laki).
Ia menjadi IMAM atas peneguhan Allah sendiri. Itulah yang membuat Abraham memberikan
persembahan persepuluhan kepada Melkisedek (Ibrani 7:2). Ia menjadi Imam sampai matinya (selama hidupnya).

Keimamatan Melkisedek berbeda dengan keimamatan Lewi yang diturunkan berdasarkan keturunan (dari ayah ke anak laki-laki).
Imam-Imam Israel haruslah keturunan dari Lewi.

Keimamatan Melksidek yang “ditetapkan” oleh Allah itu, menjadi model dari keimamatan Yesus.
Yesus bukanlah keturunan “manusiawi” dari Lewi, karena ia berasal dari suku Yehuda (garis keturunan Yusuf).
Namun Yesus adalah Imam Besar yang ditetapkan untuk selama-lamanya (Ibrani 7:24).

Blessings,

nah ini dia gw ketemu pertanyaannya.

kemarin2 mau nulis nie thread “siapa Melkisedek”

karena pernah gw pelayanan di luar , terus pendeta gereja itu mengatakan klo si Melkisedek ini adalah PRA INKARNASI dari Yesus Kristus

Bukan Allah
sekalipun dikatakan sebagai raja Salem

Ge 14:18 Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.

Heb 7:1 Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.

(r) kecil :afro:

Berbeda dengan apa yang tertulis dlm Yesaya

Isa 9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
(R) besar :afro:

Kalo hanya memberkati Abraham … bukan memberikan identitas sbg Allah, krn memang iman tugasnya medoakan (memberi berkat)

Melchizedek towers out of the past–without record of family ties, no account of beginning or end. without father, without mother, without genealogy, having neither beginning of days nor end of life, but made like the Son of God. In my opinion, we should praise him more than we praise Jesus cuz Jesus had a beginning and an end.

Yohanes 8 : 58 " Kata Yesus kepada mereka : “aku berkata kepada mu,sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada”

Yesus adalah perwujudan Firman Tuhan Bro itu berarti bahwa Yesus juga tak berawal dan tak berakhir

buktinya sampai sekarang Yesus masih hidup ^^

GBU

Penjelasan dari Roti Hidup cukup masuk akal tuh, coba dipertimbangkan.

pernah denger, Melkisedek raja Salem…
Salem itu katanya Yerusalem tua.

Shallom

daripada kita saling berdebat sesama tubuh Kristus, mending kita berbicara tentang melkisedek. siapa raja salem ini yang ditemui abraham di kejadian 14:17-24

GBU

emangnya dia kenapa?

siapa melkisedek itu? saya belum begitu paham