Siapa sih Pemimpin Jemaat Mula-Mula Kristen di Jerusalem ??

Fk-ers…

Banyak yang Mengklaim Petrus sesuai dengan FT di Injil

Mat 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

Apakah FT di Matius 16:18 tersebut tersirat Tuhan Yesus mengatakan bahwa Petrus akan menjadi Pemimpin di kemudian hari :coolsmiley:

Tapi setelah dibaca di kitab Kisah Para Rasul, justru yang dominan bukanlah Petrus ( Kefas )

NB : bukti2nya harus dari Alkitab ya :slight_smile:

sebagai pemanasan sist. :happy0062:

Mat 16:19 : Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Yesus memberikan kepada Petrus kunci Kerajaan Sorga. Ini adalah kunci simbolis yang menandakan autoritas tertinggi diantara para murid Kristus. Autoritas ini memberikan hanya kepada Petrus kekuasaan sebagai gembala yang terutama bagi semua Gereja.

Patut dicatat bahwa nama Petrus disebutkan 195 kali di dalam PB, lebih banyak daripada rasul-rasul yang lain bahkan bila digabungkan.

Namanya selalu disebutkan pertama kali. Keutamaan Petrus tidak dapat disangkal lagi. Yesus berkata kepada Petrus, Gembalakanlah domba-domba-Ku? Yoh 21:15-17.

Kis 15:7 : Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

Dalam ayat ini, setelah beberapa lama terjadi diskusi dan perdebatan, Petrus berdiri dan berbicara. Setelah ia selesai berbicara, orang-orang terdiam, mengindikasikan pengakuan terhadap autoritas Petrus;

Petrus telah menyatakan pendapatnya. Masalah sunat dan hukum Musa bagi orang-orang bukan Yahudi telah diputuskan oleh Petrus.

===

Kis 1:20 : "Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.

Ini adalah salah satu contoh seorang rasul yang diganti atau diteruskan oleh orang lain. Petrus (Pemimpin para Rasul) berdiri ditengah tengah orang banyak dan mengatakan bahwa posisi Yudas harus diisi.

Setelah berdoa kepada Tuhan supaya ditunjukkan kepada mereka siapa yang harus mengisi posisi Yudas, mereka membuang undi. Tuhan menjawab doa mereka dengan menjatuhkan pilihan pada Mathias.

iceng wrote : sebagai pemanasan sist. happy0062

Mat 16:19 : Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

YESUS memberikan kepada Petrus kunci Kerajaan Sorga. Ini adalah kunci simbolis yang menandakan autoritas tertinggi diantara para murid KRISTUS. Autoritas ini memberikan hanya kepada Petrus kekuasaan sebagai gembala yang terutama bagi semua Gereja.

apakah kunci kerajaan surga tsb hanya diberikan kpd Petrus saat itu
bukankah itu merupakan janji Tuhan kpd setiap anak2 Tuhan termasuk ke rasul lainnya spt Paulus,barnabas Yohanes, dll

bukankah ini simbol yang diberikan kpd kita semua :slight_smile:


ketika kita membaca Kisah para rasul, selalu dibedakan antara rasul2 dan penatua jemaat
Kisah 15:6-7
6 ¶ Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.
7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.

jadi petrus bukan termasuk penatua2 Sidang, dia hanya seseorang dari rasul
dan apa yang dikatakan petrus disitu bukan mengatakan dia dipilih sebagai pimpinan tertinggi

petrus disitu hanya menyatakan bahwa dia lah yang pertama kali mensahkah penginjilan kpd golongan tak bersunat ( penginjilan kpd kornelius )
klo penginjilan kpd gol tak bersunat malah bukan petrus yang pertama kali, just filipus ketika membabtis sida2 dari ethiopia

dan satu hal lagi ketika petrus keluar dari penjara dia menyuruh memberitahukan kpd yakobus, bukankah ini menyatakan bahwa yakobuslah pimpinan tertinggi penatua2 sidang

Kisah 12:17 Tetapi Petrus memberi isyarat dengan tangannya, supaya mereka diam, lalu ia menceriterakan bagaimana Tuhan menuntunnya ke luar dari penjara. Katanya: “Beritahukanlah hal ini kepada Yakobus dan saudara-saudara kita.” Lalu ia keluar dan pergi ke tempat lain.

dan sambungan dari perkataan petrus di Kisah 15:7 juga ada pernyataan yakobus akhirnya
Kisah 15:13-14
13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.

jadi jelas yakobus juga disitu dan menjadi yang terutama malah, disebutkan terlebih dahulu

ayat ini juga menyatakan bahwa yakobus merupakan yang terutama dari bebarapa sokoguru jemaat
Gal 2:9 Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, maka Yakobus, Kefas dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat dan mereka kepada orang-orang yang bersunat;

jadi lebih tepat jika yakobuslah Pimpinan penatua2 sidang

NB : yakobus disini bukan yakobus saudara yohanes yang adalah murid Tuhan YESUS
tapi yakobus saudara Tuhan YESUS
coz yakobus murid sudah mati dibunuh sebelumnya

Kis 12:2 Ia menyuruh membunuh Yakobus, saudara Yohanes, dengan pedang.

Tuhan YESUS memberkati :slight_smile:

Memang Yakobus anak Yusuf (saudara Tuhan YESUS) yang menjadi pemimpin jemaat di Yerusalem, sebab Rasul2 semua memberitakan Injil keluar israel …

di kalangan Orang Kristen Yahudi ia punya julukan “James the Just” … ralat … “James the Lesser” (yang ini tidak ada dlm kanon…)

Reflektif:
Gereja Yerusalem jalur Rasul Yakobus (bukan Anak Zebedeus) masih lestari hingga sekarang dibawah naungan Gereja Orthodox Timur. Jadi bagaimana harusnya sekarang? Haruskah tunduk pada Gereja Orthodox Timur karena Rasul Yakobus adalah Pimpinan Sidang Penatua seperti dalam Kisah Para Rasul?

Best Regard,
Daniel FS

Ada hal yg tdk jelas dlm penyampaian ayat Matius 16:18 tsb dlm bhs.Indonesai/Inggris.
Untuk lebih jelasnya silakan bandingkan dgn bahasa aslinya : Gereja didirikan diatas Petra/rock/Kristus (lih. I Kor. 10:4), dan bukan di atas Petros/Petrus:
Bandingkan juga dgn Yohanes !;42, dan I Korintus 10:4
GBU all


kalo ndak salah Yakobus ya???

Patriakh Yerusalem awal mula Yakobus.
1 Petrus
5:2 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

Hanya PETRUS yang memerintahkan GEMBALAKANLAH sebab PETRUS mendapat tongkat estafet dari YESUS untuk memimpin gereja di dunia. Dan sekarang estafet berlanjut kepada Paus Benedictus XVI

tolong cari 1 ayat yang menyatakan GEMBALAKANLAH oleh Rasul lain.

Kolose 1:24-26
Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan KRISTUS, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat. Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu, yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.

Menjawab Mat 16:18 “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”

Petrus adalah pemimpin dari para rasul setelah YESUS naik ke Surga dan ROH KUDUS turun atas mereka. Walau sebagai pemimpin para rasul, bukan berarti ia adalah wakil YESUS, sebab mereka terbentuk menjadi sebuah komunitas, bahkan dalam hal-hal tertentu Petrus juga dimintai pertanggung jawaban babtisan Kornelius, ditegur Paulus dengan sikapnya dan sebagainya yang mengambarkan ia bukan “pengganti” YESUS, tetapi sebagai pemimpin. Atas karya Petrus maka terbentuklah gereja Tuhan didalam Kisah Rasul 2:14-47, dikisahkan jemaat yang mula-mula. Petrus bersama teman-temannya termasuk juga orang pandai itu (Paulus) yang banyak menulis surat-surat di penjara mengemban tugas untuk membangun jemaat Allah. Lewat dasar pengajaran para rasul inilah maka gereja Tuhan dibentuk, hari ini kita memiliki doktrin dari Alkitab yang ditulis oleh para rasul yang dipimpin oleh Petrus (bukan Petrus sebagai wakil atau pengganti YESUS).

Tentang kepemimpinan Petrus tercermin dalam Kisah Rasul dimana inisiatif dan tindakan gerak mereka dimulai dari Petrus dan jemaat di diseluruh dunia merujuk pada keputusan di Yerusalem dimana Petrus melayani.

Bukan hanya Petrus, dalam membangun dan mengembalakan Jemaat Allah tidak dapat diemban oleh satu orang saja, tetapi dipikul oleh banyak orang dalam satu ikatan tubuh yang memiliki tugas, peran dan fungsinya masing-masing. Karena itu semua rasul-rasul dan murid-murid meraka juga bergerak mengikuti mandat KRISTUS dimana KRISTUS adalah kepala jemaat dan Petrus adalah ahli bangunannya.

Semoga mencerahkan.

Benarkah Petrus itu Paus Katolik yang pertama memimpin jemaat mula-mula?

Kalau yang mengangkat dan menganggap Petrus sebagai Paus pertama Roma Katolik itu gereja Roma Katolik, kita mau bilang apa?

Tetapi apakah benar rasul Petrus itu seorang Paus dan pendiri gereja Roma Katolik, inilah yang perlu kita pertanyakan. Sebab pola hidup Petrus kelihatannya pertentangan sekali dengan Kepausan Roma Katolik. Mari kita pelajari ini baik-baik;

 a. Petrus ini kawin dan selalu membawa serta istrinya kalau dia bepergian memberitakan Injil, sementara seorang Paus itu tidak kawin. Ada sumpah Celebacy-nya. 

     >> 1Korintus 9:5 Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

     Dan ajaran Celebacy ini adalah ajaran setan-setan; 

     >> 1Timotius 4:1  Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan 4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang  diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang   percaya dan yang telah mengenal kebenaran.    

  b. Nama agama yang Alkitabiah adalah Kristen, bukan Katolik. Katolik dari bahasa Yunani; 
      Khatolikos, yang artinya agama yang universal.  Nama Kristen harus ada dalam kenyataan kita sekarang ini sebagai penanda adanya mata rantai dengan gereja yang mula-mula. 
       >> Kisah 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

       >> Kisah  26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!"

       >> Roma  16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

       >> 1Korintus  9:5   Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

       >> 2Korintus  12:2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau— entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

       >> 1Petrus   4:16 etapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.
        c. Orang Kristen tak pernah melakukan penganiayaan dan pemaksaan keagamaan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Paus terhadap orang-orang Kristen selama 1260 tahun; 538 – 1798 
      Tarikh Masehi, dengan korban 50 juta jiwa lebih. Justru orang Kristen yang menderita aniaya, 
      termasuk TUHAN YESUS KRISTUS yang mati di hadapan Pilatus, raja Romawi. Yohanes Pembaptis dipenggal kepalanya oleh Herodes, raja Romawi. Demikian juga dengan Petrus dan Paulus mati syahid di zaman Nero, kaisar Romawi. 
    d. Petrus tidak mungkin mentolelir adanya gambar-gambar TUHAN, pemuliaan Maria, penyembahan patung-patung, doa dengan tasbih, penyalaan lilin-lilin, meditasi, kalung-kalung salib, dan lain-lainnya.

YA

Kalau yang mengangkat dan menganggap Petrus sebagai Paus pertama Roma Katolik itu gereja Roma Katolik, kita mau bilang apa?

YESUS sendiri yang menyatakannya di Alkitab …

Tetapi apakah benar rasul Petrus itu seorang Paus dan pendiri gereja Roma Katolik, inilah yang perlu kita pertanyakan. Sebab pola hidup Petrus kelihatannya pertentangan sekali dengan Kepausan Roma Katolik. Mari kita pelajari ini baik-baik;
 a. Petrus ini kawin dan selalu membawa serta istrinya kalau dia bepergian memberitakan Injil, sementara seorang Paus itu tidak kawin. Ada sumpah Celebacy-nya. 

     >> 1Korintus 9:5 Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?</blockquote>

itu dahulu, dahulu uskup romo boleh menikah… bukan sejak awal Uskup dan Romo harus selibat. Itu hanya peraturan Gereja.

  <blockquote>   Dan ajaran Celebacy ini adalah ajaran setan-setan;</blockquote>

YESUS selibat apakah YESUS memakai ajaran setan ? sebab sudah umur 30 tahun belum menikah juga.

Juga Rasul Paulus…

    <blockquote>>> 1Timotius 4:1  Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan 4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang  diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang   percaya dan yang telah mengenal kebenaran.    

  b. Nama agama yang Alkitabiah adalah Kristen, bukan Katolik. Katolik dari bahasa Yunani; 
      Khatolikos, yang artinya agama yang universal.  Nama Kristen harus ada dalam kenyataan kita sekarang ini sebagai penanda adanya mata rantai dengan gereja yang mula-mula. 
       >> Kisah 11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

       >> Kisah  26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!"

       >> Roma  16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

       >> 1Korintus  9:5   Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

       >> 2Korintus  12:2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau— entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya--orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

       >> 1Petrus   4:16 etapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama KRISTUS itu.
        c. Orang Kristen tak pernah melakukan penganiayaan dan pemaksaan keagamaan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh Paus terhadap orang-orang Kristen selama 1260 tahun; 538 – 1798 
      Tarikh Masehi, dengan korban 50 juta jiwa lebih. Justru orang Kristen yang menderita aniaya, 
      termasuk TUHAN YESUS KRISTUS yang mati di hadapan Pilatus, raja Romawi. Yohanes Pembaptis dipenggal kepalanya oleh Herodes, raja Romawi. Demikian juga dengan Petrus dan Paulus mati syahid di zaman Nero, kaisar Romawi. 
    d. Petrus tidak mungkin mentolelir adanya gambar-gambar TUHAN, pemuliaan Maria, penyembahan patung-patung, doa dengan tasbih, penyalaan lilin-lilin, meditasi, kalung-kalung salib, dan lain-lainnya.</blockquote>

Kristen yang mana yang ASLi dan benar dan dari Kristen Perdana …
… Baptis, Lutheran, Panthekosta, SSY, Mormon, Gereja kaum Homo, Lesbi ,… Reformed , Kharismatik, Calvin, Prebysterian … capek nyebutnya nya… yang mana adik manis…

Ada berapa rasul yang diganti namanya menjadi Petrus atau Kefas?
Di situlah kuncinya

Yang pasti bukan Paus.
Bukan juga Petrus.

maksudnya Dya gitu ;D ;D

Pemimpinnya adalah Roh Kudus.

Kepala gereja itu Kristus

itu mah anak TK juga tau ;D ;D

yang ditanya T/S itu orangnya siapa apakah Dya ?

amin tapi pertanyaannya pemimpin jemaat bro…bukan kepala Gereja …;D

Roh Kudus memang bukan orang :smiley:

Kalau ditanya siapa orangnya kagak ada mas

Act_14:23 Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Oh sadar juga toh jawaban kamu asal aja…

Act_14:23 Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

baca Mat 16 18 …hehe