Siapa yang dimaksud Orang yang dapat ditelan oleh setan oleh Rasul 1Petrus 5:8 ?

1 Petrus 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum
dan
mencari orang yang dapat ditelannya.

Siapa dimaksud oleh Rasul Petrus : Orang yang dapat ditelan oleh iblis ?

a. Orang pilihan sejak dunia belum dijadikan ?
b. Orang yang bukan pilihan sejak dunia belum dijadikan ?

Silahkan berkomentar.

Terimakasih. GBU.

Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu. (1 Petrus 1:1-2)

Petrus menulis surat itu untuk mereka, orang pilihan artinya orang beriman termasuk kita juga. Demikian juga pesan yang dikutip oleh anda, adalah pesan untuk mereka yang menerima surat tersebut, demikian juga kita.

Ditelan bukan secara hurufiah, tetapi seorang yang kehidupan rohaninya dicabik-cabik oleh Iblis. Petrus pernah sekali saat Yesus memperingati, “Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.” (Lukas 22:31-32)

Menampi dan ditelan adalah dua hal yang sama dengan menggunakan analogi yang berbeda. Mengapa dikaitkan dengan kata berjaga-jaga? Sebab Petrus tertidur, saat Yesus mengingakatkan Petrus, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.” (Markus 14:38).

Demikian dalam kesadarannya, Petrus atas ilham ROH KUDUS, menuliskan pesan kepada semua orang beriman, agar selalu berjaga-jaga agar jangan kita jatuh dalam pencobaan yang dibuat oleh Iblis untuk menampi atau menelan kita bulat-bulat. Demikian kita mendapati pesan tersebut dalam banyak bagian tulisan-tulisan Petrus, seperti dalam 1 Petrus 4:7, “Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.” Penting dalam menghadapi cobaan Iblis adalah berjaga-jaga dan berdoa agar kita tidak jatuh karena Iblis itu seperti singa yang mengaum-ngaum berjalan keliling mencari orang yang dapat ditelannya. Petrus pernah mengalami dan sekarang ia menasihati kita.

Inikah maksud anda ?

[center]1 Petrus 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum
dan
mencari orang yang dapat dicabit-cabitnya.

Pinter juga ! Kalau dicabit cabit singa kelaparan, apa akibatnya ? apalagi ditelan ?

Lalu Ibr6:4-6 ? bukankah itu juga achirnya ditelan oleh iblis ? atau suatu peringatan atau mencabit cabit juga ?

Ah Firman Tuhan jangan dibuat lelucon-lelucon ! sekalian bilang " Metapora Allah aja yang hobi diungkapan oleh rekan anda @Ratna dalam diskusi Allah menyesal !

Apakah saya menulis Singa Mencabik-cabik? atau saya menulis Iblis Mencabik-cabik?

Iblis seperti singa yang menelan orang dalam 1 Petrus 5:8.

Singa menelan orang adalah gambaran dari Iblis yang mencabik-cabik kehidupan rohani.

Sebenarnya keduanya sama maksudnya, tetapi jika anda hendak bergurau dengan kata-kata, saya akan layani, dan jelaskan sekali lagi sama seperti posting saya sebelumnya diatas yg tidak anda pahami dengan baik. Bahwa Iblis itu seperti Singa yang menelan orang, maksud kata itu adalah Iblis mencari orang untuk docabik-cabik kehidupan rohani. Apakah IBLIS MENELAN ORANG??? Karena itu saya tidak menyebut seperti iblis menelan orang.

Jika anda beranggapan demikian, seperti apa kehidupan orang yang ditelan oleh Iblis, dikunyah dan dimasukan perutnya? menurut anda??? (saya tunggu penjelasan anda)

Tentang kehidupan rohani yang dicabik-cabik Iblis saya sudah memberikan contoh Petrus sendiri yang menuliskan surat tersebut, bahwa hidupnya sempat dihancurkan Iblis saat ia menyangkal Yesus sampai tiga kali, beruntung ia tidak berakhir seperti Yudas.

Ini bukan perumpamaan yang baru, sejak dahulu Allah sudah memakainya, perhatian salah satunya.

Yeremia 5:6 Sebab itu singa dari hutan akan memukul mati mereka, dan serigala dari padang yang kersang akan merusakkan mereka. Macan tutul akan mengintai di pinggir kota-kota mereka, setiap orang yang ke luar akan diterkam. Sebab pelanggaran mereka amat banyak, dan kesesatannya besar sekali.

Seperti apa singa memukul mati orang? pakai tinjunya??? Gambaran tentang iblis yang akan menghancurkan anak-anak manusia dalam dosa, menerkam dan mencabik-cabik hidupnya sering kali dianalogikan dengan binatang buas, entah singa, macan, serigala atau beruang. Jika kita terpaku dengan kalimat, telan, tinju, terkam, cabik, cekik maka kita akan terjebak dalam tipu daya Iblis yang selanjutnya berujung pada penafsiran yang berantakan.

Sekali lagi tentang gurauan anda, silahkan dijelaskan maksudnya.

Ah anda bagaimana sih menafsirkannya ?

1. Kalau dicabit belum tentu bisa ditelan ! Kalau bisa ditelan ( Orang itu mendurhagakan atau menyalibkan / menghina lagi di Ibrani6:6-4-5 ) tentu sangat mudah dicabit ! Kalau dicabit susah membrontak ( Orang itu bergumul minta pengampunan ) maka telannya juga sangat susah.

2. Dibuat supaya orang itu murtad yakni mendurhagakan atau menyalibkan / menghina disepan umum lagi itulah ditelan / dikunyah kedalam perut iblis alias yak sama-sama pergi keneraka, jangan aku ( iblis ) sndirian entar aku ( iblis ) kesepian dineraka, maka aku ( iblis ) berpengharapan sangat untuk barengin aku ( iblis ) ramai-ramai keneraka disanalah kita-kita ( iblis bersama yang tidak percaya dan tidak taat yang diadilin oleh Tuhan Yesus ) itu bersenanglah iblis karena didampingi oleh telanannya ( telannya sedih tapi terlambat ! ) !

3. Itu Petrus dicabit tapi ia bergumul, karena ia insaf akan kesalahannya dan ingat perkataan Yesus dan kembali ( bertobat ) padaNya, maka ia lolos dari ketidaktaatannya ! kalau Yudas lain soal lagi, walau ia menyesal tapi tidak mau kembali kepada Yesus, maka cara pintas bunuh diri !

Sudah, mau tanya lagi, silahkan tanya sepuasnya asal jangan berkomentar seenaknya senidiri spt dilakukan oleh @Rita Ratina dkk.

GYBU.

Jadi menurut anda dicabit-cabit oleh Iblis itu tidak masalah (bisa bangun lagi) dari pada ditelan oleh Iblis? Bisa menyertakan dasar ayat-ayatnya untuk menguatkan doktrin anda bahwa dicabit dan ditelan Iblis itu berbeda arti.

[b]2.[/b] Dibuat supaya orang itu murtad yakni mendurhagakan atau menyalibkan / menghina disepan umum [b]lagi[/b] itulah ditelan / dikunyah kedalam perut iblis alias yak sama-sama pergi keneraka, jangan aku ( iblis ) sndirian entar aku ( iblis ) kesepian dineraka, maka aku ( iblis ) berpengharapan [b]sangat[/b] untuk barengin aku ( iblis ) ramai-ramai keneraka disanalah [b]kita-kita[/b] ( iblis bersama yang tidak percaya dan tidak taat yang diadilin oleh Tuhan Yesus ) [b]itu[/b] bersenanglah iblis karena [b]didampingi oleh[/b] telanannya ( telannya sedih tapi terlambat ! ) !

Ini artinya menurut anda ditelan (pakai dikunyah) oleh Iblis, artinya sama-sama diajak ke neraka.

[b]3[/b]. Itu Petrus dicabit tapi ia bergumul, karena ia insaf akan kesalahannya dan ingat perkataan Yesus dan kembali ( bertobat ) padaNya, maka ia lolos dari ketidaktaatannya ! kalau Yudas lain soal lagi, walau ia menyesal tapi tidak mau kembali kepada Yesus, maka cara pintas bunuh diri !

GYBU.

Ini artinya menurut anda dicabit-cabit oleh Iblis seperti Petrus? Sekedar diganggu tetapi tidak dibinaskan Iblis. Lalu menurut anda Yudas itu ditelan atau dicabit-cabit Iblis?

Apa maksudnya Yesus mengakatakan dalam Lukas 22:32, “tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.”

Bagaimana jika tidak didoakan Yesus, apakah imannya akan gugur, jadi jika demikian apakah artinya setelah dicabit-cabit Iblis lalu dikunyah dan kemudian ditelan masuk perut, begitukah maksud anda?

Mohon dijelaskan, yang penting dasar anda harus didukung ayat-ayat Kitab Suci, mohon dibantu pencerahannya.

Cabit, Kunyah, Telan…???

  1. Emangnya surat Petrus itu tertulis dicabit ? Ngawur !

  2. Ayat2 yang berhubungan ditelan oleh Iblis dengan cukup komplik di :

Baca dan sanggahlah di Teka teki : Apa salahnya doktrin TULIP ? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Anda bisa bersama tuh dengan @Arompist supaya kompak deh ! ditunggu ya.

GJBU

Bakso ditelan ? ya seluruh bakso ditelan kemulut singa dong !

Roh ditelan ? Ya seluruh roh dan tubuh rela bersama setan dong !

Kalau cabit ? bagaimana caranya ya ?

yang jelas yg bisa di telan iblis …yang tidak doyan makanan rohani yi Firman Tuhan

Paling tepat yang tidak mau didalam kemurahanNya ( Roma11:22 ) maka baru iblis bisa menelannya !

mas… maap ya…
ijin nanya dikiiiit aja…

itu “paling tepat” nya menurut versi mas Tegas…
ataukah “paling tepat” menurut Tuhan sendiri?

maap lho…
cuma pengen belajar dari temen2 yang sudah mampu paham pikiran tuhan…

Tapi kalau BELUM BERANI menjawab ya engga papa kok…

Paling tepat itu tafsiran saya yang sangat mendekat FT di Roma11:22.

Kebenaran adalah menurut Alkitab di Roma11:22.

Ok ! gak ada masalah apapun.

Itu org2 yg tdk pakai selengkap senjata Allah
org2 yg cm mengandalkan ajaran2 palsu manusia yg disetarakan dgn ajaran FT

Jawabannya GAMPANG kok, yaitu mereka yg LENGAH dan Imannya TERTIDUR zzzzzzzz !
Makanya SOLUSI nya :

1 Petrus 5:8
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum

Iman mana bisa tertidur ? Iman murtad ya sesuai Alkitab di Ibr6:4-5 !