Siapa yang disebut sebagai Kristen?

Ada beberapa jawaban yang mungkin diberikan:

  1. “Kalau sudah dibaptis dalam nama Bapa, dan Anak, dan ROH KUDUS” (tipikal jawaban Katolik dan Orthodoks).
  2. “Yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi” (tipikal jawaban kaum Injili).
  3. “Siapapun, aliran manapun, kalau setuju dengan doktrin ini atau doktrin itu, berarti dia Kristen” (pendapat beberapa aliran Protestan konservatif).
  4. “Kami lah Kristen yang benar, yang lain palsu” (seperti Saksi-saksi Yehuwa, menurut mereka yang bukan termasuk mereka adalah Kristen “palsu” atau “Babel”).
  5. “Kalau ditanya agama apa, jawabannya ‘Kristen’, ya dia Kristen.” (definisi petugas sensus dan pegawai kelurahan yang mengurus KTP).
  6. “Orang Barat = Nasrani” (pandangan beberapa Muslim dan Yahudi).

Jadi sebenarnya, apa definisi “Kristen” sesungguhnya?

menurut TS sendiri siapa?

ikut ah…

imo…
Kristen adalah siapapun yang mengimplementasikan Nilai-nilai (values) dan Teladan Yesus Kristus dalam kehidupannya sehari-hari

Dalam berdiskusi, yang baik adalah menjawab pertanyaan bukan menanya balik. Kecuali kalau minta penjelasan tentang pertanyaan yang diajukan.

Saya ungkapkan latar belakangnya saja. Saya merasa bahwa saya orang Kristen dan apa yang saya pahami tentang kekristenan adalah benar. Akan tetapi dalam interaksi dengan orang lain yang sama2 mengaku Kristen, terkadang timbul perbedaan pendapat, bahkan ada kalanya saling mengatakan yang lain sesat. Hal ini tampak forum ini sendiri.

Dampaknya juga bagi mereka yang tidak mengaku Kristen. Mereka bisa dibingungkan dengan berbagai versi kekristenan. Maka itu saya bertanya, siapa yang disebut Kristen? Apa definisi atau kriteria seseorang disebut Kristen?

Sejak semula,
Sebutan Kristen itu kan disematkan kpd org2 yg mengikut Yesus dan memiliki gaya hidup spt Yesus

siapa yang menyematkan sih mas?

ketahuan gak tahu Alkitab
kalo kamu musti nujuk2in bahwa kamu katolik kan?
btw, katolik itu kristen apa bukan ya?

asal mula Kata : “Kristen” dicetuskan, yaitu:

Kis11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

sperti Sabda Yesus:

Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. "

jadi siapa saja yang telah dibaptis dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus dan melakukan apa yang diperintahkan Tuhan Yesus, ialah lah yang disebut Kristen, sama sperti jemaat mula2 yang berkumpul bersama sebagai pengikut Kristus : yang diclaim jemaat mula2 sebgai : “kristen”

iya mas…
saya JELAS memang TIDAK MUNGKIN TAHU ALKITAB kok…

makanya saya nanya kepada YANG SUDAH TAHU ALKITAB…

siapa sih yang menyematkan?

jika ada perbedaan pendapat: para rasul pun telah mengalaminya…

mulai dari Paulus menegor keras Petrus, tentang hak2 manusia yang tidak taher didalam Kristus, juga perpecahan jemaat…

1 Kor 1:10 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

1:11 Sebab, saudara-saudaraku, aku telah diberitahukan oleh orang-orang dari keluarga Kloe tentang kamu, bahwa ada perselisihan di antara kamu.

1:12 Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus.

1:13 Adakah Kristus terbagi-bagi? Adakah Paulus disalibkan karena kamu? Atau adakah kamu dibaptis dalam nama Paulus?

1:14 Aku mengucap syukur bahwa tidak ada seorangpun juga di antara kamu yang aku baptis selain Krispus dan Gayus,

1:15 sehingga tidak ada orang yang dapat mengatakan, bahwa kamu dibaptis dalam namaku.

1:16 Juga keluarga Stefanus aku yang membaptisnya. Kecuali mereka aku tidak tahu, entahkah ada lagi orang yang aku baptis.

1:17 Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itupun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

perpecahan sperti ini telah dialami terdahulu…

dulu saya, sering POST DI NONTRI… tidak serta merta saya suka menghambur2kan perkataan saya: “KAMU SESAT”

saya paling anti untuk mengatakan itu… sebab kesalahan manusia yang lebih sering dan banyak kuantitasnya adalah: “KETIDAK TAHUAN”

bahkan Yesus juga terakhir meminta pengampunan kepada Bapa dengan Reason: “ampuni mereka sebab mereka TIDAK TAHU apa yang mereka perbuat”.

saya setuju dengan mas dude…

kalo engga salah ada Firman Tuhan lagi yang cukup pas untuk beberapa gelintir oknum yang hobi men-sesat-sesat-kan atau men-tidaktahu-tidaktahu-alkitab-kan orang lain, atau me-bukan-Kristen-bukan-Kristen-kan orang lain…

kalo gak salah bunyinya:
Siapa meninggikan diri akan direndahkan dan siapa merendahkan diri akan ditinggikan…

nah lho…
siapa menganggap dirinya saleh karena mencap orang lain sesat maka akan … (isi sendiri)
siapa merasa dirinya sok paling Kristen karena mencap orang lain bukan Kristen maka akan … (isi sendiri)
siapa merasa dirinya paling PAHAM ALKITAB maka akan … (isi sendiri)

hehe…

nah… bagi yang hobi meminjam mulut Tuhan…
biasanya habis ngutip ayat, spt di atas… bisa ditambahkan…
ITU TUHAN SENDIRI LHO yang NGOMONG… bukan karangan saya sendiri…

heheehehehe…

mereka yang telah menaklukkan ego

Kalau Saksi-saksi Yehuwa, apakah termasuk Kristen? Bagaimana dengan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (a.k.a Mormon). Kedua aliran non-Trinitrianisme ini diakui sah keberadaannya di Indonesia sebagai lembaga Kristen.

Kriten itukan asalnya dari kata Kristus
Kristus itu Allah yg berinkarnasi menjadi manusia
kalau tdk mengakui Kristus sng Allah maka tdk layak disebut sbg Kristen

Kristus, yang bentuk asli dalam bahasa Yunaninya “Kristos”, artinya “yang diurapi”, kata Yunani yang digunakan untuk menerjemahkan kata Ibrani “Masiyakh”.

Baik Kristos dalam bahasa Yunani maupun Masiyakh dalam bahasa Ibrani, pada dasarnya tidak bermakna “Allah yang menjadi manusia”

PS: saya pribadi percaya bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia.

mengacu ke Yoh. 1:1, 14 Yesus adalah Allah
sebutan/gelar itu tdk seluruhnya dpt menerangkan siapa Yesus

Menurut KBBI Kristen adalah, Kris·ten (n): agama yg disampaikan oleh Kristus (Nabi Isa)

Jadi Kristen itu adalah agama.

Menurut KBBI Agama adalah, Aga·ma (n): ajaran, sistem yg mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kpd Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yg berhubungan dng pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Jadi agama itu adalah sistem yang diajarkan.

Menurut KBBI System adalah, Sis·tem (n):
1 perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas.
2 susunan yg teratur dr pandangan, teori, asas, dsb
3 metode

So, jika kita sudah tahu arti bahasanya, kita tidak lagi meraba-raba dan menafsirkan seenaknya sendiri. Jadi siapa yang pantas disebut Kristen, dari nomer 1-5 semua benar kecuali 6, itu cuman anggapan saja. Karena Kristen adalah agama yang merupakan sistem sosial dimana didalamnya mengatur segala hal secara teratur, berkaitan dan menyeluruh. Katholik, Injilli, Protestan, Saksi Yehowah, Saksi antabranta lainnya dan orang kecamatan, kelurahan dan catatan sipil semua benar mendefisinikan sesuai bidangnya masing-masing.

Siapa saja bisa memeluk agama Kristen dengan bebas, meninggalkan agama itu kalau sudah bosan, tetapi hanya milik kepunyaan Allah saja yang akan diselamatkan, yaitu mereka yang memiliki iman yang tulus iklas, dari hati nuraninya yang murni. Banyak orang bisa belajar ilmu alkitab, bisa share ayat apalagi jaman digital ini, tetapi tidak semua menghidupi ayat-ayat tersebut. Dari perbuatannya kita mengenali bukan dari bicara atau tulisannya kalau disini.

Jadi kalau menurut KBBI ya jawaban nomor 5 yang paling tepat. Siapapun yang mengaku Kristen adalah orang Kristen. Mau saksi Yehuwa, Mormon, Adventis, Katolik, Ortodoks, atau apapun, adalah Kristen. Apakah rajin ke gereja atau cuma 4 kali ke gereja (waktu baptis bayi, peneguhan sidi, pemberkatan kawin, dan sebelum tutup peti) adalah orang Kristen. Baik orang baik, maupun residivis, tetap orang Kristen, selama masih mengaku demikian. Bahkan atheis sekalipun kalau masih mengaku Kristen (karena lahir dari keluarga Kristen dan secara kultural Kristen) tetap orang Kristen.

Iya betul,
soalnya Kristen atau bukan itu mengacunya harus ke Alkitab
bukan mengacu ke KBBI atau yg lain