Siapa yg membuat/menetapkan hukuman salib?apakah tercantum di PL?

saya ingin melanjutkan diskusi tentang Jesus, dimana saya dapat masukan dari peserta dialog bahwa Jesus itu adalah Firman, dan pembicaraan beralih ke kematian di salib. Sekarang untuk menambah pengetahuan saya mau tahu, apa yang dimaksud dengan hukuman salib, apa tujuannya, siapa yang menetapkannya, apakah ada tercantum di perjanjian lama atau torah, mudah-mudahan pembicaraan ini bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya, amin

pertanyaan saya ini sudah dibaca lebih dari 10 orang, tapi tidak ada yang menanggapi, apa karena tidak tahu, apa karena merasa percuma memberitahu saya tapi saya akan ngeyel saja, atau bagaimana ya? ms Jannet, pls comment dong…!!!

Penyaliban adalah salah satu bentuk hukuman yang diterapkan dalam Kekaisaran Romawi, dan orang yang paling terkenal karena hukuman salib oleh pemerintah Romawi adalah Yesus Kristus. Pada zaman Yesus, para pemberontak dan pelaku kriminal dihukum dengan cara disalib.

dalam PL juga ada bro,
karena Allah mau menimpakan KUTUK pada tubuh orang yg disalib

21:22 "Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
21:23 maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari itu juga, sebab seorang yang digantung terkutuk oleh Allah; janganlah engkau menajiskan tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu."

makanya YESUS yg tidak berdosa itu di salib agar segala KUTUK akibat dosa yg akan di timpakan bagi dosa itu di letakkan pada tubuh YESUS saat DIA berseru : ELOI ELOI LAMASABAHKTANI

jadi KUTUK itu sudah ditanggung oleh YESUS,
sekarang mau tidak anda menyerahkan KUTUK DOSA itu pada-Nya ?? :coolsmiley:

kalo tidak mau, yaa… terserah anda bro, tanggung sendiri ya KUTUK itu :tongue: :happy0062:

kalo belum ada yg jawab ya sabar lah bro, mungkin yg baca cuma guest jadi belum bisa menjawab,
jadi orang yg sabar ya bro :afro: ,
lagi pula topik ini baru saya baca, makanya langsung saya jawab biar si bro gak resah dan gelisah kayak lagunya marshanda itu tuh … ;D

apa karena merasa percuma memberitahu saya tapi saya akan [u][b]ngeyel saja[/b][/u], atau bagaimana ya?
jadi selama ini anda merasa cuma ngeyel saja atau tidak bro :coolsmiley: , kalo tidak ya udah.. lanjut yuk ... :happy0025:
ms Jannet, pls comment dong.....!!!
ohhh, jadi cuma miss Jannet ya yg di tunggu2 sama si bro ini, jadi ada kesan [u][b]gimana[/b][/u] gitu :love0078:

:monkeys54: resah dan gelisah… menunggu sis Jannet… di sebuah Forum…Forum Kristen namanya… dimanakah dirimu… oh sis Jannet yang JUTEK… ku rindu posting darimu

apa hubungan eloi eloi lamasabhtani dengan kutuk ditanggung oleh Jesus, gak nyambung…apa artinya eloi eloi lamasabahtani? coba terangkan terlebih dahulu, apa artinya “dengan ini kutanggung dosa manusia seluruhnya…” gitu bro artinya?

yah si bro, kalo kagak tau jangan asal NYOLOT :mad0261:
tanya donk bro, gini bro cara nanya yg TIDAK asal NYOLOT,

“truss apa hubungannya “Eloi, Eloi, Lamasabahktani” dengan Kutuk itu?”

itu tuh cara nanya yg TIDAK asal NYOLOT, kagak perlu ditambah2in pake “gak nyambung”, itu mah cuma menunjukan bahwa si bro ini SOK TAHU, (kagak tau tapi berlagak tau) :mad0261:

saat Sang INSAN KUDUS itu berseru seperti itu, maka saat itulah KUTUK itu di timpakan padaNya,
artinya gini bro :
Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku"

nah lihat baik2 itu kata MENINGGALKAN disitu,
saat ada kata MENINGGALKAN itu artinya saat itulah POSISI Yesus sebagai INSAN KUDUS di “singkirkan” untuk sementara agar KUTUK dan MURKA ALLAH itu di timpakan seluruhnya pada TUBUH TERKUTUK itu,

mengapa jadi tubuh TERKUTUK? karena INSAN KUDUS yang berdiam dalam diri Yesus sudah “di singkirkan” untuk sementara, saya balik2 biar bro kagak nanya lagi.

trus kalo bro mau nanya, wah kok bisa ya TUBUH Yesus berubah2 jadi Kudus dan TERKUTUK,
Jawab : itulah kemahakuasaan YESUS yg adalah ALLAH, tidak ada NABI yg seperti itu apalagi RASUL, hanya ALLAH saja yg bisa NAIK TURUN ke jurang maut maupun ke SORGA “sekehendak hati-Nya” sendiri, tidak ada yg bisa bro selain ALLAH, makanya bro YESUS KRISTUS itu TUHAN, bukan nabi. :afro:

lanjut ya… setelah selesai MURKA ALLAH dan KUTUK di timpakan pada Yesus, Insan Kudus itu kembali lagi ke hakikat-Nya, trus Dia berseru " SUDAH SELESAI " maka sudah selesailah MURKA ALLAH, sehingga segala UNEG-UNEG dosa manusia yg telah di PENDAM oleh Allah" tersalurkan" lah pada TUBUH TERKUTUK tadi,

gimana bro, masih ada bingung ??
monggo ditanya bro, tapi jangan SOK TAHU ya bro, biar gak kelihatan kalo bro ini Tiiiiitttttt (sensor) ;D

ooohh gitu ya kepercayaan anda? baik saya mungkin bisa memahami bahwa penjelasan anda itu sesuai dengan kepercayaan anda, tapi karena hal itu tidak dijelaskan oleh Jesus sendiri, maaf, saya masih menyangsikan apakah pernyataan anda benar atau tidak. Tapi yang pasti, Jesus saat disalib adalah manusia yang mempertanyakan nasibnya yang seakan-akanhendak ditinggalkan oleh ALOIH. Tapi apa benar begitu? bisa ada kemungkinan lain, kalau jeritan Jesus itu ternyata dijawab oleh ALOIH, dan Dia tidak meninggalkan Jesus bagaimana?Kalau kita lihat bagaimana Jesus tidak sampai dipotong kakinya, seperti dua orang yang sama-sama disalibkan dengannya, dan juga dia sempat dimasukkan ke gua oleh Yusuf arimatea, dimana sebelum dikafankan, Jesus diberi rempah-rempahan untuk mengobati luka, lalu akhirnya, Bunda Maria dan murid perempuannya mendapati goa itu akhirnya kosong dan orang yang tergeletak setelah diturunkan dari salib ternyata MASIHhidup, bahkan memperlihatkan tubuhNYA kepada murid-muridnya bekas luka ditanganNYA, saya lebih percaya bahwa Jesus itu SURVIVEdari penyaliban karena ALOIH tidak meninggalkanNYA seperti yang diduga Jesus sebelumNYA

maap bro, itu bukan TAFSIRAN saya, itu dijelaskan dalam Alkitab,
kalo mau cari sendiri aja bro, baca tuh kitab2 yg ditulis para Rasul-Nya,
saya cuma merangkumkan bagi anda yg tidak tahu, gitu loh bro, jadi sangat salah kalo anda bilang itu cuma kepercayaan saya, :tongue:

Tapi yang pasti, Jesus saat disalib adalah manusia yang [b]mempertanyakan[/b] nasibnya yang [b]seakan-akan[/b]hendak ditinggalkan oleh ALOIH. Tapi apa benar begitu? bisa ada kemungkinan lain, kalau jeritan Jesus itu ternyata dijawab oleh ALOIH, dan Dia tidak meninggalkan Jesus bagaimana?
yah gak mungkin lah bro, karena peristiwa salib itu sudah di-NUBUAT-kan para nabi ratusan tahun kebelakang, dan Yesus MENGGENAPI nya,
Kalau kita lihat bagaimana Jesus tidak sampai dipotong kakinya, seperti dua orang yang sama-sama disalibkan dengannya, dan juga dia sempat dimasukkan ke gua oleh Yusuf arimatea, dimana sebelum dikafankan, Jesus diberi rempah-rempahan untuk mengobati luka, lalu akhirnya, Bunda Maria dan murid perempuannya mendapati goa itu akhirnya kosong dan orang yang tergeletak setelah diturunkan dari salib ternyata [b]MASIH[/b]hidup, bahkan memperlihatkan tubuhNYA kepada murid-muridnya bekas luka ditanganNYA, saya lebih percaya bahwa Jesus itu [b]SURVIVE[/b]dari penyaliban karena ALOIH tidak meninggalkanNYA seperti yang diduga Jesus sebelumNYA
:mad0218: parah nih :2funny: kebanyakan nonton pilem deh kayaknya si bro ini ;D aduhhhhh sakit perut dah gua ngakakkkkkkk :2funny:

wong peristiwa itu sudah dinubuatkan para nabi bro, mosok masih ragu kalo Yesus betul2 mati, wahh… :mad0218:

baca ini bro :
nubuatan nabi YESAYA ratusan tahun sebelum Yesus disalib

53:4. Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

53:10. Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak

Ada hal yang tidak bisa mempersatukan Bapa dan Yesus pada saat itu.
Bapa adalah Yang Maha Kudus, tidak dapat bertoleransi sedikitpun terhadap dosa. Jika bertoleransi, maka predikat Maha Kudusnya akan terusik.
Pada saat penyaliban, seluruh kutuk dan dosa dunia dipikulkan atas-Nya. (baca ayat tentang Yesus yang akan mananggung dosa dunia). Keadaan najis pada diri Yesus ini tidanlah mungkin bersatu dengan Allah yang Maha Kudus.

mengenai nubuatan, sebenarnya Jesus lah yang sudah memberikan nubuatan atas masa depan yang akan Dia hadapi. Jesus mengatakan bahwa Dia akan bernasib seperti Yonah. Apakah Yonah mati dalam perut ikan? Yonah tidak mati, sehingga Jesus pun tahu dia akan melewati penyaliban tanpa harus mati diatasnya. (btw jangan ketawa melulu, mikir!!!)

Jadi Bapak dan anak gak akur, gitu? beda pendapat antara pemilik alam semesata? roh kudusnya mendamaikannya tidak? maaf, ada yang menertawakan saya terus, jadi terpaksa saya tanyakan apa yang saya pikirkan, maaf kalau sudah mulai oot

alkitab tidak pernah menuliskan nama ALOIH.

siapakah ALOIH yang kamu maksudkan itu ?

rupanya anda sengaja tidak mau mengerti penjelasan maswawan ?

itulah tipikal orang2 spt anda…

apa kamu pikir TUHAN yang asli, mau dekat bersama sama dengan dosa ?

Predikat atau hakekat dicampur aduk dengan pemikiran / pendapat.

Anda percaya ada orang jujur yang doyan berbohong ?
Jawabannya, tentu saja tidak ada, karena kalau berbohong berarti dia bukanlah orang jujur.
Adakah di dunia ini seorang yang jujur sekaligus pembohong ?

Hakekat Allah adalah Maha Kudus. Kekudusan Allah ini tidak memungkinkan untuk bisa menerima dosa sekecil apapun. Jika Allah mentoleransi dosa, apakah bisa dikatakan Allah Maha Kudus ?

Pada saat di atas kayu salib, seluruh dosa manusia berada bersama dengan Yesus untuk menerima penghukuman. Karena itu Yesus yang memikul dosa manusia tidak dapat menggapai hadirat Allah yang Maha Kudus.

mungkin di sebalah itu tidak dikenal konsep TUHAN YANG KUDUS

@ateism :

seperti yang saya katakan kemarin, tidak ada DOSA yang dapat mendekat pada BAPA

bahkan saat sang PUTRA sedang menanggung dosa manusia, BAPA bahkan meninggalkan ANAK sendirian diatas tiang salip.


demikian juga manusia lainnya yang berdosa, tidak mungkin bisa datang kembali pada BAPA, karena DOSA tidak dapat mendekat pada BAPA yang KUDUS.

seperti apa ya kira kira, ilustrasi DOSA dan TUHAN yang asli ?

pernah memegang magnet batang ? setiap magnet batang memiliki kutup Utara dan Selatan.
coba pegang dua buah magnet batang, dan coba dekatkan ujung kutup Utara dan Utara. Kedua ujung itu akan saling menolak.

kira kira seperti itulah.

Ilustrasi yang bagus…
Tapi nanti ditafsirkan salah, kutub utara magnet 1 berbeda pendapat dengan kutub utara magnet ke 2…

ingat magnet itu diciptakan oleh Tuhan, jadi mudah sekali menghapus medan magnet, seperti juga menghapus dosa manusia, Tuhan Maha Kuasa dan Maha pengampun, tak perlu ada tumbal.

Tuhan yang asli sanggup menghapus dosa, bukan mendekati dosa. Dosa bagi orang kristen seperti sesuatu yang tak terjangkau oleh Tuhan sehingga diumpamakan seperti dua kutub magnet yang berbeda. TUHAN SANGGUP MENGHILANGKAN DAYA MAGNET SEBUAH BATANG MAGNET, BAHKAN DIALAH YANG MEMBUAT MAGNET ITU, MAKA IA JUGALAH YANG SANGGUP MENGHAPUSNYA TANPA HARUS ADA TUMBAL