siapakah "aku"..?

                       ..Siapakah "aku"..

1.>Amsal 8 :

  1. "TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya,sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
  2. Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelumbumi ada."
  3. Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada
    sumber-sumber yang sarat dengan air.
  4. Sebelum gunung-gunung tertanam, dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir ;
  5. Sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
  6. Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
  7. Ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
  8. Ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,

Apakah kata “aku” pada ayat2 diatas ini yang dimaksud oleh Yesus sendiri dalam Yohanes 8;56-58 berikut ;

  1. Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah telah melihatnya dan ia bersukacita.
  2. Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya; “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat telah melihat Abraham.?”
  3. Kata Yesus kepada mereka; “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”

Dan juga dalam Yohanes 17;5 berikut ;

“Oleh sebab itu, ya BAPA, permuliakanlah Aku pada-MU sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-MU sebelum dunia ada.”

Dan juga dalam Yohanes 17;24 berikut ;

“Ya BAPA, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah ENGKAU berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah ENGKAU berikan kepada-Ku, sebab ENGKAU telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.”

2.>Amsal 8 :

  1. Aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari

aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya ;
31. Aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

Apakah aku sebagai anak kesayangan pada ayat diatas adalah anak yang sama dalam Yohanes 1;18 berikut,

“Tidak seorangpun yang pernah melihat ALLAH ; tetapi Anak Tunggal ALLAH, yang ada dipangkuan BAPA, Dialah yang menyatakan-Nya.”

Apakah juga yang dimaksud oleh Yohanes Pembaptis dalam Yohanes 1;34 berikut,

“Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian ; Ia inilah Anak ALLAH.”

Juga apakah yang dimaksud oleh Suara dari Sorga dalam Matius 3;17 berikut,

“Inilah Anak-KU yang KUkasihi, kepada-Nyalah AKU berkenan.”

Juga apakah yang dimaksud oleh iblis dalam Matius 4;3 berikut,

“Jika Engkau Anak ALLAH, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.”

3.>Amsal 8 :

  1. Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku.
  2. Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak ; janganlah mengabaikannya.
  3. Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.
  4. Karena siapa mendapatkan aku, mendapatkan hidup, dan TUHAN berkenan akan dia.

Apakah ayat2 Amsal diatas masih sejalan dengan ayat2 dalam Matius 25;34-36 berikut,

  1. Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya : Mari, hai kamu yang diberkati oleh BAPA-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan.
  2. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan ; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum ; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan ;
  3. ketika Aku telanjang , kamu memberi Aku pakaian ; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku ; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.

4.>Amsal 8 ;

  1. Tetapi siapa tidak mendapatkan aku, merugikan dirinya ; semua orang yang membenci aku, mencintai maut."

Apakah juga masih sejalan dengan Matius 25;41-43 berikut,

  1. Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya : Enyah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk iblis dan malaikat-malaikatnya.
  2. Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan ; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum ;
  3. ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan ; ketika Aku telanjang , kamu tidak memberi Aku pakaian ; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku.

Apakah juga sejalan dengan Yohanes 15;23 berikut,

“Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga BAPA-Ku.”

Jika demikian, maka tentu saja tidak ada hidup yang kekal bagi manusia yang tidak mengasihi Yesus dan juga BAPA bukan…?

Jika anda telah membaca semua apa yang telah saya paparkan diatas, sekarang silahkan menjawab

pertanyaan berikut ;

  1. Apakah “aku” yang dimaksud dalam Amsal 8;22-36 adalah benar seorang Yesus…?
  2. Jika bukan, siapakah yang dimaksud “aku” dalam Amsal 8;22-36 tsb…?
  3. Sebelum menjawab ke 2 pertanyaan diatas, jujurlah pada diri anda sendiri…

salam damai dalam Yesus… :slight_smile:

@yosan bukan “versi lain” dari abadonic/follower/farrel b kan?

Soalnya hanya ada satu yang suka “ngotot” menyamakan hikmat dengan Roh Kudus, walau sudah dijelaskan berulang2

Komparasi Amsal 8 : 22 dengan Yohanes 8;56-58 adalah keluar dari konteks dan kontens

Amsal 8 : 22 bicara hikmat sedang Yohanes 8;56-58 bicara tentang Melkisedek yang menerima perpuluhan dari Abraham

Yohanes 17;5 itu bicara tentang kemuliaan Yesus yang adalah Alfa dan Omega

Yohanes 17;24 itu bicara itu bicara tentang murid2 yang Tuhan Yesus kasihi,

Kalau anda cermat memperhatikan

Amsal 8 : 22 :…. sebagai permulaan pekerjaan-Nya,sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala……

Sedang

Yohanes 8;56-58, Yohanes 17;5, Yohanes 17;24….sebelum dunia dijadikan…….

Begitu jelas perbedaannya, apakah anda jujur tidak bisa membedakannya bro?

Jelas beda, lihat penjelasan saya diatas

Sebenarnya pertanyaan anda bisa “pendek” saja namun karena diulang2 “kelihatan panjang”

Amsal 8 : 32-35 bicara hikmat, sedang Matius 25;34-36 itu bicara perwujudan kasih dalam kehidupan keseharian orang percaya

Amsal 8 ; 36 sekali lagi bicara tentang hikmat, sedang Matius 25;41-43 bicara tentang aplikasi atau aktualisasi kasih orang percaya

1.Bukan

2.Hikmat

3.Orang percaya selalu jujur pada dirinya dalam menjawab, karena setiap perkataan yang ceroboh dan tidak dapat dipertanggung jawabkan akan menuai sesuatu dalam hidup orang percaya

Semoga jawaban yang saya berikan bisa membukakan pengertian baru

:slight_smile:
GBU

Soalnya hanya ada satu yang suka “ngotot” menyamakan [b]hikmat[/b] dengan Roh Kudus, walau sudah dijelaskan berulang2

okay…jika bukan, apakah arti hikmat itu sebenarnya…?

2.>Amsal 8 : 30. Aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya ;Aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

apakah anda mau berkata bahwa hikmat yang berkata2 aku ini adalah bukan sesosok pribadi/roh…? dan lebih patut lagi untuk dipertanyakan bahwa jika hikmat ini bukan pribadi/roh tetapi kenapa bisa jadi anak kesayangan bahkan bisa bermain2…[amsal 8;30]

bahkan dalam amsal 8;22-29 hikmat yang berkata2 dgn kata “aku” ini adalah saksi bukan…?

22. "TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya,sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
23. Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada."

Amsal 8 : 22 :…. sebagai permulaan pekerjaan-Nya,sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala…..

Sedang

Yohanes 8;56-58, Yohanes 17;5, Yohanes 17;24….sebelum dunia dijadikan…….

Begitu jelas perbedaannya, apakah anda jujur tidak bisa membedakannya bro?

apakah dunia yg dimaksud adalah sebelum adanya bumi…?

  1. Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada."

apakah saya tidak jujur…? maaf kata kalo saya tidak jujur…
anda bagaimana…?

huruf a nya aja dh beda yg 1 kecil yg 1 besar :mad0261:

Amsal 8 : 22 bicara hikmat sedang Yohanes 8;56-58 bicara tentang Melkisedek yang menerima perpuluhan dari Abraham

Yohanes 8;56-58 berikut ;

  1. Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah telah melihatnya dan ia bersukacita.
  2. Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya; “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat telah melihat Abraham.?”
  3. Kata YESUS kepada mereka; "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

apakah maksud anda yang berkata2 “aku” dalam yoh 8;58 diatas adlah melkisedek yang dimaksud Yesus…? kalo begitu melkisedek adalah yesus dong yg inkarnasi…?

Kata YESUS kepada mereka; "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

apa ada yg salah ya dgn kata yesus dan aku diatas…? kok bisa jadinya melkisedek sih…?

@yosan

mengutip ayat dalam amsal
22. “TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya,sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
23. Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.”

Amsal pasal 22 itu bercerita tentang hikmat. Ada juga penafsiran yg mengatakan hikmat di sini merujuk pada Yesus.
maksud bro yosan mengutip ayat itu pasti ingin mengatakan bahwa Yesus adalah ciptaan.
Emang sih kalau di lihat sekilas tampaknya demikian jika berdasar pada alkitab kita. Tapi maksudnya lebih jelas dalam terjemahan bhs. inggrisnya

Pro 8:22 The LORD possessed me in the beginning of his way, before his works of old.
Pro 8:23 I was set up from everlasting, from the beginning, or ever the earth was.

8:22 The LORD possessed me in the beginning of his way, k before his works of old.

(k) He declares by this the divinity and eternity of this wisdom, which he magnifies and praises through this book: meaning by this the eternal Son of God, Jesus Christ our Saviour, whom John calls the Word that was in the beginning ( John 1:1 ).

8:23 l I was set up from everlasting, from the beginning, or ever the earth was.

(l) He declares the eternity of the Son of God, who was before all time, and ever present with the father.

@Yosan

Btw apakah anda adalah young partizan?

Yang mengirimkan PM kepada saya mengatakan bahwa anda orang Kristen?

Apa anda sudah tidak menjadi orang percaya lagi bro?

Kok anda bisa “bicara” soal kejururan?

Sedang anda “mengaku” sebagai orang Kristen di PM anda kepada saya?

Dengan mengatakan saya “bijaksana” mau “mengerti” bahwa anda sedang mengeksplorasi ?

Jika anda saja sudah terbukti tidak jujur pada saya

Untuk apa lagi anda bicara kejujuran?

Jujur pada diri sendiri saja tidak sanggup

Jika bukan?

Ow…ow…ow… anda berarti “adalah” @follower,yang “reborn” lagi @abadonic, sekaligus @young partizan?

Jadi ketika ID @follower terbongkar, maka ID “back up” @young partizan “maju”?

atau anda ingin “memancing di air keruh” dengan memanfaatkan ID @youngpartizan

siasat-siasat seperti ini, apa ada gunanya?

Mengapa suka “menyamar2”?

Kalau anda tidak mengerti kitab Amsal, Mazmur, Pengkotbah dan Kidung Agung, itu kitab yang berisikan bahasa2 puitis, memang wajar anda bicara seperti itu

Namun jika pada kitab Bilangan, anda dapat temukan kata2 puitis baru itu tidak wajar

Seperti kata2 srigala berbulu domba (bukan bermaksud menyindir yah)

Memang ada pernah diketemukan srigala ada srigala yang bulunya seperti bulu domba?

Memang kata2 srigala berbulu domba itu mau anda “telan” bulat?

Ayolah berpikir lebih jernih sedikit bro

Ini kalimat yang biasa digunakan @follower dalam berkelit dan mengelitkan diri sendiri

Zaman purbakala itu bagaimana bisa dikatakan zaman jika tidak berkaitan dengan bumi?

Anda hanya bisa membandingkan bahasa puitis dengan bahasa puitis

Jika anda membandingkan

“srigala berbulu domba” dengan srigala memangsa domba

“srigala berbulu domba” itu bahasa kiasan

srigala memangsa domba itu bahasa bukan kiasan

Itu bukan saja tidak relevan, melainkan sudah absurd…

Melkisedek itu sebutan YESUS sebelum YESUS KRISTUS datang ke bumi ini memenuhi misi-Nya, kalau anda tidak paham wajar

Sebutan YESUS itu ada banyak; Raja Damai, Anak Allah, Mesias, Anak Domba Allah,dsb…. bukan berarti YESUS itu banyak

Anda kan orang yang mengaku “Kristen” saja namun sebenarnya bukan, jadi wajar anda tidak paham, kecuali anda mau menjadi orang percaya sungguhan (tidak bohong2an), mudah sekali untuk mengerti hal seperti itu

Btw @Yosan, jika anda bisa merangkum respon anda dalam 1 postingan bukan anda pecah 3 postingan (supaya terlihat banyak) itu lebih efisien dan lebih cerdas, saran saya jangan suka bertele2 dalam memperpanjang pertanyaan yang sebenarnya sudah terjawab

GBU

Aku disitu adalah hikmat, bukan menunjuk kepada pribadi, amsal ditulis dengan gaya bahasa kebudayaan yahudi, kalo di Indonesia itu seperti sejenis pantun. Disitu mau menjelaskan mengenai hikmat dan sudut pandang hikmat. Untuk menggambarkan Tuhan menyukai hikmat, dan menceritakan hubungan Tuhan dengan hikmat.
Itu bukan gambaran mengenai Yesus.

he…he…koq lupa se :mad0261:

Kurang teliti jg ne orang, bro kurang teliti dalam membedakan antara kata ada dengan kata jadi, klo abraham jadi, maka Yesus telah ada dan tidak dijadikan.

Salam…

@Yosan

Btw apakah anda adalah young partizan?

Yang mengirimkan PM kepada saya mengatakan bahwa anda orang Kristen?

Apa anda sudah tidak menjadi orang percaya lagi bro?

Kok anda bisa “bicara” soal kejururan?

Sedang anda “mengaku” sebagai orang Kristen di PM anda kepada saya?

Dengan mengatakan saya “bijaksana” mau “mengerti” bahwa anda sedang mengeksplorasi ?

Jika anda saja sudah terbukti tidak jujur pada saya

Untuk apa lagi anda bicara kejujuran?

Jujur pada diri sendiri saja tidak sanggup

sory ton…bukannya YP sudah menjadi seorang martir dalam dunia maya ini…?

berbahagialah YESUS yang telah mati sebagai seorang yang Benar dalam Kebenaran Bapa-Nya…

[quote]Melkisedek itu sebutan YESUS sebelum YESUS KRISTUS datang ke bumi ini memenuhi misi-Nya, kalau anda tidak paham wajar[/quotee]lagi satu hal yg patut untuk dipertanyakan…adakah Tuhan itu harus tunduk menurut peraturan seorang hamba-Nya,Melkisedek…? jika iya, maka keTuhanan -Nya patut untuk dipertanyakan bukan…?
Melkisedek adalah manusia ciptaan-Nya Tuhan…tetapi Melkisedek telah menjadikan Tuhan-Nya itu seorang Imam Besar untuk selama-lamanya,menurut peraturan Melkisedek, yang hanyalah manusia ciptaan-Nya sendiri…dengan demikian,Apakah YESUS adalah Tuhan itu sendiri yg telah menjadi manusia…? hanya YESUS yg tahu saja…

Kok anda tidak bisa menjawab pertanyaan

[b]Btw apakah anda adalah young partizan?

berat untuk mengatakan ya atau tidak?[/b]

Seorang martir bagi orang percaya adalah kehilangan nyawanya untuk mempertahankan imannya kepada dan kebenaran TUHAN YESUS

[b]6 orang anggota World Vision yang baru2 saja menjadi martir di Pakistan sana adalah martir sesungguhnya, dengan niat membantu korban gempa, malah dibunuh dengan keji karena alasan agama mayoritas disana

jadi jangan “mengejek” tragedi martir dan darah serta nyawa yang terbunuh, jangan bermain-main dengan terminologi nyawa

itu perbuatan yang benar2 tidak menunjukan anda punya belas kasih dan hati[/b]

Jika berlawanan dengan itu, belum pernah tercatat sebagai martir bagi orang percaya

Mungkin bagi orang yang belum/tidak percaya anda dipihak mereka, karena untuk mengagalkan keTUHANan YESUS anda memihak mereka (anda seorang SY)

Dan terlalu berlebihan jika di banned karena melanggar peraturan dikatakan sebagai martir?

Lain halnya anda telah kehilangan nyawa anda karena ikut forum ini, berarti huruf2 ini siapa yang mengetik?

Darimana anda tahu Melkisedek adalah manusia ciptaan-Nya Tuhan?

Asumsi, persepsi atau imajinasi?

Mau mempertanyakan keTUHANan YESUS dengan imajinasi?

Imajinasi liar saya waktu itu juga meniadakan TUHAN sama sekali ketika saya menjadi atheis

Apa langung TUHAN menjadi NIHIL ketika imajinasi saya mengatakan demikian?

Btw subtansi bergeser lagi yah?

Dari siapakah “aku” menjadi “siapakah Tuhan YESUS?

Lihatlah cara2 anda dalam mempropagandakan suatu isu yang berdasarkan ketidakpahaman bisa berkembang kepada imajinasi
[b]
KETIKA PERTANYAAN SUDAH TERJAWAB, BERKEMBANG TANPA ALUR DAN DASAR YANG LOGIS MENJADI PERTANYAAN YANG TIDAK RELEVAN

MENURUT SAYA THREAD INI SUDAH DAPAT DILOCK DAN DILOKASIKAN KE THREAD TERJAWAB

Karena pertanyaan anda siapakah “aku” SUDAH TERJAWAB[/b]

dan pertanyaan penting buat anda, apakah seorang Saksi Yehova yang “menyamar” menjadi Kristen, itu suatu perbuatan yang terpuji?

:slight_smile:
GBU

Jadilah Moderator yang baik, jangan memaksakan jawaban anda untuk langsung diterima semua orang. :slight_smile:

Simple Logic

Jadilah anggota forum diskusi yang baik, jika pertanyaan siapakah “aku” sudah dijawab?

Apalagi yang mau ditanyakan dari pertanyaan “siapakah aku”?

selain pertanyaan yang tidak relevan lagi dari pertanyaan “siapakah aku”?

kecuali sang TS atau anda dapat menemukan mana pertanyaan dari “siapakah aku”? belum terjawab

mari tunjukan saja dengan bukti argumen, bukan dengan labelisasi “jadilah…”

Kalau mau bertanya tentang subtansi baru, silahkan buat thread baru

Logis kan?

Biasakan berdiskusi sesuai dengan subtansi, jika sudah mulai keluar subtansi, pertanyaan apapun yang diajukan tidak akan pernah terjawab

Apakah memang niat yang ada bukan bertanya untuk mendapatkan jawaban?

Melainkan bertanya untuk “memberi” jawaban versi dogma belaka?

karena itu pertanyaan adalah media untuk ruang penyampaian dogma kepercayaan tertentu?

:slight_smile:
GBU

Jadilah Moderator yang baik, jangan memaksakan jawaban anda untuk langsung diterima semua orang.

Simple Logic

Bro tonypaulo kan sekarang bukan moderator?

Best Regard,
Daniel FS

1. Apakah "aku" yang dimaksud dalam Amsal 8;22-36 adalah benar seorang YESUS..? 2. Jika bukan, siapakah yang dimaksud "aku" dalam Amsal 8;22-36 tsb..? 3. Sebelum menjawab ke 2 pertanyaan diatas, jujurlah pada diri anda sendiri..
  1. Ya, menurut tafsiran saya, itu YESUS KRISTUS, Sang Firman, ada masalah?

  2. Sudah jujur… lalu?

Kalau yang Anda masalahkan bahwa ternyata dalam Ams 8:22 bahwa Hikmat Allah (Firman) itu diciptakan, maka kita perlu lihat ke terjemahan aslinya,

Ams 8:22
22. YHWH qn-Ni rashith drk-u qdm mpholi-u m-az
22. YHWH telah memilikiKu (Inggris: Possessed Me=Aku berada didalamNya/Aku merasukNya) pada permulaan jalanNya, …

Lha kan memang benar bahwa YESUS KRISTUS (Firman) itu mulaNya ada didalam Bapa… hehehe…

Ams 8:23-25
23.Sudah pada zaman purbakala Aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada."
24.Sebelum air samudera raya ada, Aku telah lahir, sebelum ada
sumber-sumber yang sarat dengan air.
25.Sebelum gunung-gunung tertanam, dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit Aku telah lahir ;

Untuk ayat selanjutnya, mungkin yang dipermasalahkan adalah kata “dibentuk” dan “lahir”,

  1. “dibentuk” diterjemahkan dari bahasa aslinya “chullthi”, yang arti sebenarnya adalah “set up” atau “disiapkan”.

Ams 8:23-25
23.Sudah pada zaman purbakala Aku disiapkan, pada mula pertama, sebelum bumi ada."

  1. Dan memang Sang Firman itu “dilahirkan”/keluar dari (bukan diciptakan) sesuai Kredo Konsili Nikea,
    “Kami percaya pada satu Allah Bapa berkuasa, pencipta segala sesuatu baik dilihat dan tak terlihat. Dan dalam satu Tuhan YESUS KRISTUS, Putra Allah, satu-satu-Nya yang diperanakkan, diperanakkan dari Bapa, dari substansi Bapa, Allah dari Allah, cahaya dari cahaya, Allah sejati dari Allah sejati, diperanakkan dan tidak diciptakan, sehakikat dengan Bapa, melalui-Nya segala sesuatu dijadikan, baik yang di Sorga dan yang ada di bumi, bagi kita dan untuk keselamatan kita umat manusia, Beliau turun dan berinkarnasi, menjadi manusia, menderita dan bangkit sampai pada hari ketiga, naik ke Sorga, akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati. Dan di dalam Roh Kudus.”
    Source: http://danielcrusaderacademy.webnode.com/library/dokumen-konsili-gereja/konsili-nicea-turki-325-ad/

Jadi, tidak ada yang kontradiksi dari ayat-ayat tersebut meskipun ditafsirkan sebagai Sang Firman.

Best Regard,
Daniel FS

hehehe…

sedang ada yang senang “mengendus” ingin mencari2 siapa tahu saya bisa dipersalahkan bro…

karena tidak bisa terima bahwa kebenaran yang sudah disampaikan dihadapan beliau, namun sering diabaikan dan ditolaknya

biarkan saja… :smiley:

kan tipikal ketika sudah dijawab pertanyaan TS, menghadirkan pertanyaan yang jauh relevansinya dengan pertanyaan TS

sehingga yang sebenarnya bisa 1 hal bisa berkembang tidak karuan menjadi 30 halaman yang keluar dari subtansi TS

:slight_smile:
GBU

terimakasih daniel atas jawaban kamu…juga bayi imut…

kalo yang berikut bagaimana daniel…

2.>Amsal 8 :

30.Aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari
aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya ;
31. Aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

kalo dilihat dari kata2 yg dibold diatas…sepertinya “aku” ini bukanlah satu kesatuan dalam sosok TUHAN itu sendiri…?

tony…

Darimana anda tahu Melkisedek adalah manusia ciptaan-Nya Tuhan?

Asumsi, persepsi atau imajinasi?

jika melkisedek ini bukanlah ciptaan TUHAN maka dia pastilah seorang yg ada tanpa diciptakan…ada dgn sendirinya bukan…? sama dengan TUHAN…kalo begitu, bukankah patut disandingkan dgn TUHAN itu sendiri…?

kalo anda bertanya dari mana saya tahu melkisedek itu adalah ciptaan-NYA TUHAN…? karna saya percaya manusia/makhluk apapun dimuka bumi ini dan didalam sorga sana yang ada karna ada yang menciptakannya…dan saya percaya bahwa TUHAN itu esa/tunggal itulah yang yg menciptakannya…

kalo kamu tidak percaya berarti kamu percaya bahwa tuhan itu lebih dari satu…bukan begitu kesimpulannya…?