Siapakah azazel dan siapakah melkisidek ??

Ajaran musa apakah kompromi dengan agama setempat ??, hal yang membingungkan bagi saya adalah ketika musa mengorbankan dua kambing domba , satu dipersembahkan buat tuhan dan satu lagi buat azazel, siapakah azazel itu (dewa dari bangsa manakah dia ?)

Im. 16:8 dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.

Im. 16:10 Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.
Im. 16:26 Maka orang yang melepaskan kambing jantan bagi Azazel itu harus mencuci pakaiannya, membasuh tubuhnya dengan air dan sesudah itu barulah boleh masuk ke perkemahan

Hal yang kedua siapakah Melkisidek itu ? didalam diskusi perpuluhan yang pro perpuluhan bilang bahwa melkisidek adalah Jesus juga, tapi saya tidak setuju karena Jesus baru datang kedunia dalam wujud manusia baru sekali saja, dan kedatangannya kedua sedang kita nantikan bukan ??
jadi siapakah sebetulnya melkisidek itu ??
Adakah bro /sis/ yang mengetahuinya ???
mohon pencerahannya

GBU

עזאזל - AZAZEL - THE SCAPEGOAT

* Imamat 16:8
LAI TB, dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah bagi undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.
Darby,And Aaron shall cast lots upon the two goats: one lot for Jehovah, and the other lot for Azazel.
BBE, And Aaron will make selection from the two goats by the decision of the Lord, one goat for the Lord and one for Azazel.
Jewish Publication Society Tanakh (JPST), And Aaron shall cast lots upon the two goats: one lot for the LORD, and the other lot for Azazel.

Naskah Bahasa Asli :

Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels,
וְנָתַן אַהֲרֹן עַל־שְׁנֵי הַשְּׂעִירִם גֹּורָלֹות גֹּורָל אֶחָד לַיהוָה וְגֹורָל אֶחָד לַעֲזָאזֵל׃
Translit. interlinear, VENATAN {dan ia memberikan} 'AHARON {Harun} 'AL-SYENEI {ke atas dua} HASE’IRIM {kambing jantan itu} GORALOT {undi-undi} GORAL {undi} 'EKHAD {satu} LAYEHOVAH {kepada TUHAN} VEGORAL {dan undi} 'EKHAD {satu} LA’AZA’ZEL {kepada Azazel}

Septuaginta (LXX) :
και επιθησει ααρων επι τους δυο χιμαρους κληρον ενα τω κυριω και κληρον ενα τω αποπομπαιω
Translit., kai epithêsei aarôn epi tous duo khimarous klêron hena tô kuriô kai klêron hena tô apopompaiô

LAI TL, Maka hendaklah Harun membuang undi atas kedua ekor kambing djantan itu: seundi bagi Tuhan dan seundi bagi kambing jang hendak dihalaukan.
KJV, And Aaron shall cast lots upon the two goats; one lot for the LORD, and the other lot for the scapegoat.
NIV, He is to cast lots for the two goats—one lot for the LORD and the other for the scapegoat.
New American Standard Bible (©1995) , "Aaron shall cast lots for the two goats, one lot for the LORD and the other lot for the scapegoat.

Mungkin para penerjemah LAI-TB menemukan kesulitan untuk menerjemahkan kata Ibrani עזאזל - 'AZA’ZEL, 'ayin-zâyin-'âlef-zâyin-lâmed. Kata ini hanya muncul dalam hubungannya dengan upacara hari pendamaian, tidak ditemukan lagi dalam bagian Alkitab lainnya.

Dari segi etimologi, kata עזאזל - 'AZA’ZEL berasal dari kata עז - 'EZ, 'ayin-zâyin, yang berarti kambing (Kejadian 15:9, 27:9, 16, 30:32-33, 35, 31:38, 32:14,37:31, dan lain-lain), dan kata kerja אזל - 'AZAL, 'âlef-zâyin-lâmed, pergi, memindahkan.(Ulangan 32:36 lenyap, 1 Samuel 9:7 habis, Ayub 14:11 menguap, Amsal 20:14, pergi).

Jadi, עזאזל - 'AZA’ZEL bermakna kambing yang disuruh pergi, atau dengan perkataan lain “kambing pengangkut dosa” (scapegoat).

Barangkali penerjemah LAI menganggap bahwa kata 'AZA’ZEL itu merupakan nama. Alasan pemakaian ini – lagi-lagi barangkali – adalah kenyatakan bahwa 'AZA’ZEL tampaknya menjadi lawan dari YHVH (TUHAN). Tetapi jika sebutan itu adalah nama suatu roh jahat yang terkenal dari padang gurun, atau nama untuk setan, aneh sekali bahwa sebutan itu hanya muncul di sini di seluruh Alkitab. Dan jika sebutan itu menunjuk kepada roh jahat yang ditakuti Israel, yang pengaruhnya besar sekali atas mereka sehingga perlu diredakan, maka sukarlah untuk dimengerti mengapa tekanan harus diletakkan pada jauhnya tempat dari tokoh yang mengancam ini, makin lama makin jauh, sedangkan Israel berjalan ke Kanaan. Ada juga pendapat bahwa 'AZA’ZEL adalah iblis yang tinggal di padang pasir, menurut footnote Alkitab CEV, tapi saya rasa sulit berterima, kambing yang pertama dipersembahkan kepada TUHAN, koq yang kedua dikirim kepada setan-setan?

Maka, yang paling masuk di akal, nama 'AZA’ZEL itu ditujukan kepada sang kambing itu sendiri seperti pengkajian menurut asal-usul kata (etimologi) di atas.

Akhirnya, kita lihat bagaimana menurut terjemahan Septuaginta, terjemahan Tanakh Ibrani ke dalam bahasa Yunani, yang usianya jauh lebih tua dari naskah Ibrani sekarang ini?

Septuaginta menulis “αποπομπαιω - apopompaiô” yaitu gabungan dari preposisi απο - apo, keluar (menjauh) dari, plus kata kerja πεμπω - pempô, mengirimkan sesuatu ke tempat lain. (Reff. Septuaginta interlinear, Levicitus : http://portal.sarapanpagi.org/sp-download/old-testament “scapegoat”)

Dengan demikian Septuaginta pun mendukung pendapat bahwa עזאזל - 'AZA’ZEL ditujukan kepada sang kambing.

Dan memang dari ayat inilah asal-usul istilah “kambing hitam” atau “the scapegoat”, utamanya untuk menunjuk “pihak-lain” (yang sebenarnya innocent) yang dijadikan ‘sasaran kesalahan’.

http://www.itmimg.org/images/magazines/scapegoat.jpg

Sumber :

  • Yohannes/ Biblika
  • WH Gispen, “Azalel”, Orientalia Neerlandica, 1948, p 156-161
  • GS Driver, Jurnal of Semitic Studies, 1956, p 97.

KEIMAMAN MELKISEDEK ADALAH TYPOLOGY KEIMAMAN YESUS KRISTUS

Melkisedek adalah manusia biasa, bukan YESUS KRISTUS, ataupun jelmaan YESUS KRISTUS.

Apa yang ditulis dalam Kitab Ibrani itu adalah mengenai : TYPOLOGI KEIMAMAN MELKISEDEK MENGGAMBARKAN KEIMAMAN TUHAN YESUS KRISTUS.
Melkisedek adalah manusia biasa, bukan YESUS KRISTUS, ataupun jelmaan YESUS KRISTUS.

MELKISEDEK DALAM KITAB IBRANI:

Kitan Ibrani, sesuai nama kitabnya, kitab ini ditujukan kepada orang Ibrani.

Suatu kebiasaan orang Ibrani, mereka selalu menyertakan “silsilah” dari seseorang untuk mengetahui asal-usul orang tersebut, perhatikan Injil Matius dan Lukas yang juga menulis silsilah YESUS KRISTUS. Demikian juga tiap-tiap tokoh penting Israel, senantiasa ditulis darimana ia berasal, siapa ayahnya dan/ atau siapa ibunya.

Melkisedek bukan bangsa Israel (meskipun kemungkinan besar ia orang “Sem” atau bangsa/ras “semitik”), maka ia tidak harus mempunyai kebiasaan seperti orang Israel yang menulis silsilahnya.
Melkisedek sezaman dengan Abraham sedangkan Israel adalah bangsa yang lahir dari keturunan cucu Abraham.
Disamping itu pula, tidak ada rujukan dalam Perjanjian Lama yang menyatakan bahwa Melkisedek adalah Allah.
Beberapa kalangan Kristiani biasanya ‘bingung’ dengan ayat dalam Kitab Ibrani ini sehingga menduga Melkisedek itu titisan Allah atau bahkan Melkisedek itu sama dengan Allah.

* Ibrani 7:3
LAI TB, Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.
KJV, Without father, without mother, without descent, having neither beginning of days, nor end of life; but made like unto the Son of God; abideth a priest continually.
TR, απατωρ αμητωρ αγενεαλογητος μητε αρχην ημερων μητε ζωης τελος εχων αφωμοιωμενος δε τω υιω του θεου μενει ιερευς εις το διηνεκες
Translit. interlinear apatôr {tidak berbapa} amêtôr {tidak beribu} agenealogêtos {tidak bersilsilah} mête {tidak juga} arkhên {awal} hêmerôn {hari} mête {tidak juga} zôês {hidup} telos {akhir} ekhôn {memiliki} aphômoiômenos {dijadikan sama} de {tetapi} tô huiô {Anak} tou theou {Allah} menei {tetap} hiereus {imam} eis {sampai} to diênekes {terus-menerus}

Dalam bahasa asli ditulis ‘apatôr amêtôr’ yaitu kata ‘peter’, “ayah” dan kata “meter” plus negatif pertikel “a” di depannya. Hal itu tidak berarti bahwa ia tidak memiliki ayah dan tidak memiliki ibu tetapi maksudnya adalah seorang yang “ayah dan ibunya tidak ditulis” (dalam silsilahnya).

Demikian pula istilah Yunani lain ‘alogos’, “tidak punya logos”, diterjemahkan “tidak berakal” padahal masih punya akal.
Orang yang kurang imannya terkadang ditulis tidak beriman,‘apistos’, padahal punya iman sedikit (Matius 17:20)

Jadi, ‘apator’ atau “tidak berbapa” biasanya ditujukan kepada seseorang yang tidak memiliki ayah, kehilangan ayahnya atau seorang “yatim”, seseorang yang lahir setelah kematian ayahnya sehingga ayahnya tidak dikenal, demikian pula halnya dengan ‘ametor’, “tidak beribu”.
Seorang filsuf Yunani, Philo menulis bahwa Sara, istri Abraham (Ibrahim) adalah ‘ametor’ karena ibunya tidak ditulis dalam Alkitab.

Coba bandingkan dengan terjemahan “bebas” ala Alkitab dalam bahasa sehari-hari:

Mengenai Melkisedek ini tidak ada keterangan di mana pun bahwa ia mempunyai bapak atau ibu atau nenek moyang; tidak ada juga keterangan tentang kelahirannya, ataupun kematiannya. Ia sama seperti Anak Allah; ia adalah imam yang abadi.

Penulis Arab (In Hottinger. Smegma Orientale, l. 1. c. 8. p. 269, 254) mengatakan bahwa ayah Melkisedek bernama Peleg dan ibunya bernama Elmasinus. Peleg ini masih ada dalam silsilah Abraham, putra Eber, dan saudara Yoktan, masih banyak lagi tulisan tentang keluarga Melkisedek, dalam bahasa Inggris:

“they who say Melchizedek had neither beginning of days, nor end of life, and argue from the words of the Apostle Paul, asserting the same, do not rightly understand the saying of the Apostle Paul; for Shem, the son of Noah, after he had taken Melchizedek, and withdrew him from his parents, did not set down in writing how old he was, when he went into the east, nor what was his age when he died; but Melchizedek was the son of Peleg, the son of Eber, the son of Salah, the son of Cainan, the son of Arphaxad, the son of Shem, the son of Noah; and yet none of those patriarchs is called his father.
This only the Apostle Paul means, that none of his family served in the temple, nor were children and tribes assigned to him. Matthew and Luke the evangelists only relate the heads of tribes: hence the Apostle Paul does not write the name of his father, nor the name of his mother.” (Smegma Orientale, p. 305, 306, 254).

Sahid Aben Batric sebagaimana dikutip dalam Mr. Gregory’s Preface to his Works menulis “MALKI-TSEDEG BEN PA’LEQ”; Catena, seorang Arab, dalam buku yang sama menulis bahwa Peleg adalah ayah dari Heraklim, ayah dari Melkisedek, selengkapnya:

“Melchizedek was the son of Heraclim, the son of Peleg, the son of Eber; and his mother’s name was Salathiel, the daughter of Gomer, the son of Japheth, the son of Noah; and Heraclim, the son of Eber, married his wife Salathiel, and she was with child, and brought forth a son, and called his name Melchizedek, called also king of Salem: after this the genealogy is set down at length. Melchizedek, son of Heraclim, which was the son of Peleg, which was the son of Eber, which was the son of Arphaxad, till you come to, which was the son of Adam, on whom be peace.”

Siapakah ibu Abraham?
Abraham pun dapat ditulis ‘ametor’, “tidak beribu” alias ibunya tidak ditulis dalam silsilahnya.


Perhatikan juga dalam ayat diatas yaitu ungkapan “dijadikan sama”

Kita baca terjemahan Ibraninya (HABRIT HAKHADASYA) untuk ungkapan “dijadikan sama”:

“BELO’-AV BELO’-EM BELO’ YAKHAS VE’EYN LO HAYAMIM VE’AF LO’ QETS VEDOMEH LEVEN-HA’ELOHIM HU’ 'OMED KOHEN LE’OLAM”

Note:
‘VEDOMEH’, “diserupakan”, “dijadikan seperti”, “disamakan” adalah kata kerja Ibrani ‘DAMAH’, “serupa”, “seperti” (bandingkan dengan Mazmur 89:7, 102:7, 144:4, Kidung Agung 1:9, 2:9, 17, 7:7, 8:14, Yesaya 14:14, 40:18, 25, 46:5, dan lain-lain).

* Yesaya 40:18
“Jadi dengan siapa hendak kamu ‘samakan’ Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?”
BHS Translit., “VE’EL-MI TEDAMEYUN 'EL UMAH-DEMUT TA’ARKHU LO”

“Ia dijadikan sama dengan Anak Allah”, 'aphômoiômenos de tô uiô tou theou
Dijadikan sama, bukan berarti 2 pribadi itu identik.
Subjek adalah Melkisedek, “dijadikan sama” ini diibaratkan dengan ‘photocopy’.

ada beberapa typologi lain yang menggambarkan pelayanan YESUS di Perjanjian Lama, Misalnya :

Musa → Ulangan 18:15-18 ungkapan ‘(seorang nabi) sama seperti aku’ mengandung arti, typology pelayanan Musa menggambarkan pelayanan YESUS. Tetapi Musa tidak sama dengan YESUS.

TENTANG PERSEPULUHAN KEPADA MELKISEDEK:

Suatu kebingungan yang lain, mengapa Abraham memberikan persembahan?
Dalam tradisi Ibrani (Israel) “Seorang yang menerima persembahan” adalah seorang IMAM. Seorang yang “menerima persembahan” menggambarkan bahwa kedudukannya ‘lebih tinggi’ dari yang memberi persembahan. Dalam tradisi Ibrani seorang IMAM adalah seorang yang dari keturunan LEWI. Sedangkan Melkisedek bukan orang Lewi.

Siapa Melkisedek? apa peranannya?

“Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.” (Kejadian 14:18, Ibrani 7:1 )

Ibrani 7:1-10 → Subject-nya adalah imam seperti Melkisedek
→ YESUS KRISTUS adalah Imam!

Persamaannya :

Melkisedek bukan dari kalangan Lewi, sama seperti KRISTUS bukan dari keturunan Lewi (tetapi Yehuda). Dalam Alkitab, Baik KRISTUS maupun Melkisedek diakui sebagai imam

Pada Ibrani 7:3 kita melihat perbandingan antara KRISTUS dengan Melkisedek dengan mengacu kepada Mazmur 110:4 “Engkau adalam Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek”.

Dalam tradisi Israel, sebelum YESUS KRISTUS, tidak ada imam lain menurut cara Melkisedek, maksudnya tidak ada IMAM dari kalangan lain selain dari kalangan Lewi.
Kita dapat menarik ungkapan (nubuat) yang ditulis oleh pemazmur itu bahwa nanti akan ada seorang imam seperti Melkisedek, yaitu seorang yang bukan dari kalangan Lewi namun menjabat sebagai imam (lihat Ibrani 7:15).

Dengan ini penulis Ibrani menuliskan perbandingan KRISTUS dengan Melkisedek, sbb :

KRISTUS adalah Imam abadi. Seperti juga Melkisedek dimana gelar keimamannya adalah selama-lamanya.

Unsur yang penting yang diungkapkan dalam Ibrani adalah kenyataan bahwa Melkisedek memberkati Abraham dan bahwa Abraham memberikan sepersepuluh dari barang-barang rampasan perang kepada Melkisedek. Maka kedua hal ini menunjukkan ‘keunggulan’ Melkisedek yang “memberkati” Abraham, moyangnya Israel.

Karena Lewi dan semua imam keturunan Lewi adalah keturunan Abraham, dengan demikian posisi imam-imam Lewi ada dibawah Melkisedek (ayat 4-10).

Dengan mengacu pada Mazmur 110:4 diatas. Suatu nubuat yang akan diungkapkan kelak yaitu “akan ada seorang Imam seperti Melkisedek, yaitu imam yang lebih unggul daripada imam-imam Israel”, Dia adalah KRISTUS!

KESAMAAN :

Baik Melkisedek maupun KRISTUS lebih besar daripada imam-imam Lewi, sebab para imam Lewi melakukan hal-hal yang jahat dimata Tuhan (baca Maleakhi pasal 1 & 2, dan kelakuan para imam-imam yang memusuhi YESUS).

Dalam Kitab Ibrani, Kesimpulan yang ingin diungkapkan oleh penulis Ibrani disini adalah “telah ada seorang imam ‘seperti’ Melkisedek”, yaitu Pribadi yang lebih besar daripada seimam-imam Lewi. Dia adalah KRISTUS.

Tetapi, YESUS KRISTUS tidak identik dengan Melkisedek!

Keimaman Melkisedek hanyalah typology keimaman YESUS KRISTUS.

seperti halnya kenabian Musa adalah typology kenabian YESUS
kepahlawanan Yosua adalah typology kepahlawanan YESUS
juga tahta Daud merupakan typology tahta KRISTUS, dimana YESUS adalah Raja dari Israel rohani (orang-orang percaya)
Peristiwa Abraham mengorbankan anaknya yang tunggal, merupakan typology dari YESUS sebagai Anak Domba Allah.

Walaupun Melkisedek dan para nabi menggambarkan pelayanan KRISTUS (typology pelayanan KRISTUS) tentu saja mereka tidak boleh disamakan dengan KRISTUS.

Lebih lanjut, orang-orang percaya juga dijadikan imamat-imamat yang kekal, walaupun kita bukan keturunan Lewi :
Baca 1 Petrus 2 : 9 & Yohanes 3:16

Amin.

Semoga menjadi jelas.

Blessings in CHRIST,
BP

Artikel terkait :

Terima kasih atas penjelasannya ,yang sangat mencerahkan saya terutama mengenai penulisan dalam naskah naskah aslinya,baik yang ibrani maupun yang yunani.
tetapi bolehkah saya bertanya lagi, bukan sebagai bantahan tapi ingin lebih lagi mengerti :
Jika yang dimaksud dengan azazel adalah kambing itu sendiri (scapegoat) mengapa ditulis BAGI azazel bukankah itu sama dengan “Jeruk makan Jeruk”
Persembahan kepada hewan yang di illahkan bukankah itu berasal dari agama bangsa lain (misalnya kepada lembu )
pada ayat 26 ; orang yang melakukan harus mencuci dulu sebelum masuk kemah " mengkonotasikan sesuatu yang kotor atau najis atau haram tapi mengapa dilakukan juga ?
bukankah itu berarti mentoleransi atau bahkan mengadopsi kepercayaan bangsa lain ? mohon pencerahan.
GBU
hanhalim

Tidak ada “peng-illahan” bagi Azazel. Dan perlu dipahami bahwa di dalam Perjanjian Lama ada banyak sekali tipologi2, simbol2 yang pada akhirnya digenapi dalam Perjanjian Baru, dan simbolisme2 Perjanjian Lama tidak berlaku kembali.

Untuk pengampunan dosa, di dalam Perjanjian Lama diberikan ketentuan2 adanya korban penghapusan dosa dengan perncurahan darah binatang:

Hukum Taurat adalah “hukum dosa”, dan poin terbesar dalam hukum Taurat adalah PENGAMPUNAN DOSA DENGAN DARAH. Dalam Hukum Taurat terdapat ketentuan-ketentuan pengampunan dengan darah dengan pengorbanan darah binatang. Penebusan dosa dengan darah sudah diperkenalkan sejak zaman PL.

Ketentuan Korban penghapusan dosa/kesalahan/pelanggaran keseluruhannya adalah dengan “menumpahkan darah”. Dalam Kitab Imamat dicatat macam-macam korban sbb :

  • Korban bakaran (Imamat 1:1-17); darah
  • Korban Sajian (Imamat 2:1-16) ; tepung/ minyak
  • Korban Kedamaian/keselamatan (Imamat 3:1-17) ; darah
  • Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; darah
  • Korban Pelanggaran (Imamat 5:1-13) ; darah, (orang miskin boleh memakai tepung dibakar diatas korban “darah” binatang orang lain).
  • Korban penebus salah (Imamat 5:14-19; 6:1-7) ; darah

Di dalam Perjanjian Baru ketentuan-ketentuan di atas disinggung dalam ayat ini :

* Ibrani 9:22,
LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.
TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσις
Translit, kai skhedon en haimati panta katharizetai kata ton nomon kai khôris haimatekkhusias ou ginetai aphesis

Korban-korban diatas, sudah digenapi oleh darah YESUS KRISTUS yang telah tertumpah pada kematianNya di kayu Salib. Darah tersebut adalah darah “Anak Domba Allah” sebagai korban sempurna penggenap HUKUM TAURAT.

Perhatikan, sistem pengampunan dan penyucian adalah hanya dengan darah, TAURAT-pun mengajarkan bahwa dosa tidak dimaafkan karena perbuatan-perbuatan amal ibadah, melainkan melalui korban-darah. Prinsip diatas selaras dengan Misi KRISTUS datang ke dunia, Ia menyediakan darahNya sebagai KORBAN TEBUSAN :

* Ibrani 10:5
LAI TB, Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki – tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.
KJV, Wherefore when he cometh into the world, he saith, Sacrifice and offering thou wouldest not, but a body hast thou prepared me:
TR, διο εισερχομενος εις τον κοσμον λεγει θυσιαν και προσφοραν ουκ ηθελησας σωμα δε κατηρτισω μοι
Translit, dio eiserkhomenos eis ton kosmon legei thusian kai prosphoran ouk êthelêsas sôma de katêrtisô moi

Dia datang ke dalam dunia karena selain dari Dia tidak ada juruselamat.

* Yesaya 43:11
LAI TB, Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
KJV, I, even I, am the LORD; and beside me there is no saviour.
Hebrew,
אָנֹכִי אָנֹכִי יְהוָה וְאֵין מִבַּלְעָדַי מֹושִֽׁיעַ׃
Translit, 'ANOKHI ‘ANOKHI YEHOVAH VE’EIN MIBAL’ADAI MOSYIA’

Datangnya Allah dalam manusia YESUS yang menyediakan darah bagi pengampunan, adalah selaras dengan prinsip TAURAT, dan benar Dia sedirilah yang menggenapinya.


Kembali pada persoalan AZAZEL, yang biasa dilakukan oleh orang2 Yahudi pada upacara Hari Perdamaian adalah suatu simbolisme bahwa DOSA DIPINDAHKAN DARI MANUSIA DAN DIBAWA KE ALAM MAUT:

* Mikha 7:19
Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.

Dan dalam simbolisme ini TIDAK DINYATAKAN bahwa korban itu diserahkan kepada Jin/ roh-roh:

* Imamat 17:7
Janganlah mereka mempersembahkan lagi korban mereka kepada jin-jin, sebab menyembah jin-jin itu adalah zinah. Itulah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi mereka turun-temurun.

Jadi peran “Azazel” adalah sebagai simbolisme saja.

Saya kurang jelas dengan yang Anda maksud, apakah mencuci itu adalah “wudhu” sebagaimana lazim bagi umat muslim?

Saya kurang jelas dengan yang Anda maksud, apakah mencuci itu adalah “wudhu” sebagaimana lazim bagi umat muslim?
[/quote]
1)Maaf, sekali lagi maaf , bukan sebagai bantahan tapi saya ingin memperjelas pertanyaan saya :
kata BAGI bukankah itu berarti (buat, untuk ) sehingga ketika scapegoat dipersembahkan BAGI azazel menjadi jeruk makan jeruk ?
2) dengan dilepaskan kehutan bukankah berarti tidak ada “Darah” atau “Tepung” yang tertumpah ??
3) tentang “Mencuci” bukankah berarti ada sesuatu yang "yang kotor atau Haram atau Najis " yang perlu dicuci ??
jadi kemungkinan persembahan BAGI azazel adalah " haram " karena men"dua"kan Allah ?? tetapi kenapa dilakukan juga kalau sudah tau "haram "?

Mohon pencerahannya
terima kasih
GBU

Wah ga’ usah pake maap2 berkali2 lah, namanya juga diskusi…


Sudah dijelaskan di atas bahwa tidak ada kata “persembahan” pada Imamat 16:8, yang dituliskan adalah suatu “undi”.
Dan undi “kepada” Azazel (kambing itu) bukan berarti persembahan kepada illah lain. Tetapi suatu simbolisme bahwa DOSA DIPINDAHKAN DARI MANUSIA DAN DIBAWA KE ALAM MAUT.

Di dalam Perjanjian Lama terdapat banyak sekali simbolisme2 yang kadang sering disalah-artikan. Misalnya, peninggian Ular Tembaga pada zaman Musa, sebagian orang juga memaknakan seolah2 hal tersebut “memberhalakan” ular tembaga itu. Padahal peristiwa itu adalah suatu tipologi dimana ular (tembaga) melambangkan dosa yang akan ditanggung dalam Tuhan YESUS yang ditinggikan (di kayu salib).

GAMBAR AZAZEL


Shalom Bro sarapan pagi,
Saya dapat keterangan dari teman saya kalau AZAZEL itu adalah Malaikat yang jatuh dan membawa teman temannya dia adalah pemimpinnya cuma namanya bukan Lucifer melainkan Azazel
trus katanya Azazel itu kepercayaan orang mesir kuno , dandomba (scape goat ) yang dilepaskan dihutan itu akan dikembalikan lagi oleh azazel (akan balik lagi ), apakah memang ada cerita semacam itu ???
mohon pencerahan

Meski ada yang berpendapat bahwa “Azazel” adalah malaikat yang jatuh/ nama iblis/ sejenisnya. Namun dengan mempelajari Imamat 16:8 dalam Septuaginta, kata “Azazel” tidak dianggap sebagai nama/ oknum malaikat-jatuh:

Bro Sarapan pagi, Diluar dari pengertian Septuaginta,
apakah di Mesir kuno apakah ada atau tidak ada upacara /oersembahan bagi azazel ?
jika ada apakah itu bawaan orang Israel atau sudah ada sebelum perbudakan Israel ?
mohon pencerahan

Imamat pasal 16

Im. 16:8 dan harus membuang undi atas kedua kambing jantan itu, sebuah undi bagi TUHAN dan sebuah bagi Azazel.

Im. 16:10 Tetapi kambing jantan yang kena undi bagi Azazel haruslah ditempatkan hidup-hidup di hadapan TUHAN untuk mengadakan pendamaian, lalu dilepaskan bagi Azazel ke padang gurun.

20 Sesudah mengadakan upacara penyucian Ruang Mahasuci dan bagian-bagian lain dari Kemah TUHAN serta mezbahnya, Harun harus mempersembahkan kepada TUHAN kambing yang hidup yang dipilih bagi Azazel.
21 Ia harus meletakkan kedua tangannya di atas kepala kambing itu sambil mengakui semua kesalahan, dosa dan pelanggaran bangsa Israel. Dengan demikian semua kesalahan bangsa Israel dipindahkan ke atas kepala kambing itu. Lalu seorang yang ditugaskan harus mengusir kambing itu ke padang gurun.
22 Kambing itu membawa semua dosa bangsa Israel ke daerah tandus yang tidak didiami dan ia harus dilepaskan di padang gurun.

23 Sesudah itu Harun harus masuk ke dalam Kemah, membuka pakaian imam yang dipakainya waktu masuk ke Ruang Mahasuci, dan meninggalkan pakaian itu di sana.
24 Lalu ia harus mandi di suatu tempat yang dikhususkan dan memakai pakaiannya sendiri. Sesudahnya ia harus keluar dan mempersembahkan kurban bakaran untuk pengampunan dosanya sendiri dan dosa bangsa Israel.
25 Lemak binatang untuk kurban pengampunan dosa harus dibakar di mezbah.
26 Orang yang melepaskan kambing bagi Azazel di padang gurun harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan.
27 Sapi jantan dan kambing untuk kurban pengampunan dosa, yang darahnya dibawa masuk ke Ruang Mahasuci untuk pengampunan dosa, harus dibawa ke luar perkemahan dan dibakar. Kulit, daging dan isi perut kedua binatang harus dibakar semuanya.
28 Orang yang membakarnya harus mencuci pakaiannya dan mandi sebelum pulang ke perkemahan.

Bro Hanhalim, menurut saya, apa yang dilakukan bangsa Israel dalam Imamat pasal 16 adalah ritual yang berasal dari YHWH, kambing yang diserahkan kepada Azazel adalah kambing yang memuat dosa dan kutukan manusia, dan pembuangan dosa-dosa Israel kepada kambing disaksikan didepan YHWH.

Selanjutnya kambing yang penuh muatan dosa dan kutukan dilepaskan bagi Azazel, dalam hal ini Azazel harus menerima dosa manusia dan berbagai kutukan, sebagai yang menerima beban dosa atau menanggung dosa manusia.

Oleh karena kesalahan/dosa Azazel sehingga manusia jatuh dalam dosa, oleh sebab itu setiap dosa yang dilakukan oleh manusia dan bilamana manusia itu ingin diperdamaikan kepada ELOHIM, maka beban dosa manusia harus dibebankan kepada Azazel, karena semua dosa adalah milik Azazel.

Henokh 10:9 melalui pekerjaan-pekerjaan yang diajarkan Azazel: semua dosa adalah miliknya.

Siapakah Azazel ? Azazel adalah salah satu dari malaikat-malaikat YHWH yang jatuh dalam dosa;
Azazel adalah salah satu anak-anak ELOHIM yang mengawini anak-anak perempuan manusia dibumi dan lahirlah raksasa-raksasa dibumi. (Kejadian 6:1-4).

Mudah-mudahan Bro Hanhalim dapat menangkap pendapat saya. Mungkin bro HanHalim belum memiliki kitab Henokh ? Di Ethiopia, Kitab Henokh adalah termasuk Perjanjian Lama di Alkitab Ethiopia, namun Alkitab LAI tidak mencantumkannya.

Shalom Aleikhem Beshem Yahshua Hamasiakh.

Henokh 8:1-3
1 Dan Azazel mengajar manusia untuk membuat pedang, dan pisau, dan perisai, dan baju zirah dan mengajarkan kepada mereka logam-logam dari tanah dan cara mengolahnya, dan kalung dan hiasan-hiasan dan penggunaan antimon dan cara menghias kelopak matata dan segala jenis batu mulia.
2 dan segala ramuan pewarna. Dan timbullah perbuatan-perbuatan tak ber-Tuhan, dan mereka melakukan perzinahan dan mereka menjadi tersesat.
3. dan tercela dalam seluruh cara-cara mereka. …

Henokh 10:4-7
4 … Dan lagi YHWH berkata kepada Raphael: ikat kaki dan tangan Azazel, dan lemparkan dia ke dalam kegelapan: dan gali lubang
5 dipadang pasir (gurun), yaitu di Dudael, dan lemparkan dia ke dalamnya.
6 Dan tempatkan dia diatas batu yang kasar dan tajam, dan selimuti dia dalam kegelapan, dan biarkan dia disitu selamanya,
7 dan tutupi wajahnya sehingga ia tak dapat melihat cahaya. Dan pada hari penghakiman besar, ia akan dilemparkan ke dalam api. Dan sembuhkan bumi yang telah dikotori para malaikat, dan umumkan penyembuhan bumi…

Henokh 13:1-3
1 Dan Henokh pergi dan berkata: Azazel, kau tak akan mendapatkan damai: sebuah hukuman berat telah dijatuhkan
2 atasmu untuk mengikatmu: Dan kau tak akan mendapatkan ampunan atau pengabulan permintaan bagimu, karena kejahatan yang telah kau ajarkan, dan karena semua pekerjaan tak ber-Tuhan
3 dan kejahatan dan dosa yang telah kau tunjukkan kepada manusia. …

Kurasa penjelasan dan ayat-ayat tentang Azazel cukup bukan ? Dan selanjutnya akan saya jelaskan siapakah Melkisedek ?

Shallom Aleikhem Beshem Yahshua Hamasiakh.

Thanks sis atas keterangannya,
Cuma aneh juga kalau Tuhan Allah mau berbagi domba dengan AZAZEL apakah betul kalau kemudian Domba itu akan dikembalikan lagi oleh azazel ( di mbah gogle ada cerita demikan) sedangkan saya tidak tahu kalau ada alkitab pakai kitab henoch
kalau boleh saya tahu siapakah penulis kitab henoch itu ?
apakh musa juga ? dan apakah henoch yang dimaksud adalah henoh yang intim dengan tuhan lalu menghilang itu ?

Tuhan Yesus Memberkati
Han

@sarapan pagi
thanks banget atas penjelasannya yang sangat jelas dengan mengambil dari kitab-kitab yang di kanon kan

@endang
apakah kitab henokh bisa diambil sebagai penjelasan untuk azazel ini? btw kenapa kitab henokh kenapa gak masuk kanon ya ? kitab henokh termasuk kitab pseudograph bukan?

Han: Cuma aneh juga kalau Tuhan Allah mau berbagi domba dengan AZAZEL apakah betul kalau kemudian Domba itu akan dikembalikan lagi oleh azazel ( di mbah gogle ada cerita demikan)

Endang: Jadi bukan TUHAN mau berbagi korban dengan Azazel! Tetapi kambing yang dipilih buat Azazel adalah sarana untuk membuang dosa dan melemparkan tanggung jawab dosa manusia kepada Azazel.
Domba dan kambing beda. Kambing tersebut dibiarkan lepas di padang gurun, dimana YHWH telah menyuruh malaikat Raphael memenjarakan malaikat Azazel di padang gurun.
Mbah Google jangan dipercayai 100% karena sang penulis mbah google tidak semuanya orang Kristen dan tidak diilhami oleh Roh Kudus.
Pernah dengar kasus “orang pinter” didaerah Gresik/Tuban yang mampu memindahkan penyakit pasiennya kepada kambing ???

Han:sedangkan saya tidak tahu kalau ada alkitab pakai kitab henoch

Endang: saya saja juga baru tahu bulan-bulan ini, menurut buku pelajaran theologia, Kitab Henokh ditolak masuk Alkitab dan digolongkan Apokrip, namun pada kekristenan mula-mula Kitab Henokh masuk dalam Alkitab yang diberi nama Alkitab Vulgatta.
Di Ethiopia, Kitab Henokh ini masuk ke dalam kanon Alkitab, sehingga Alkitab Ethiopia mencantumkan kitab Henokh di bagian Perjanjian Lamanya.

Han: kalau boleh saya tahu siapakah penulis kitab henoch itu ?
apakh musa juga ? dan apakah henoch yang dimaksud adalah henoh yang intim dengan tuhan lalu menghilang itu ?

Endang: Saya belum selidiki, kemungkinan penulis adalah Henokh atau keturunannya. Benar, Henokh yang dimaksud adalah Henokh yang intim dengan YHWH lalu naik ke sorga, sedangkan tubuh jasmaninya hilang, kemungkinan besar tubuh jasmaninya diubah menjadi tubuh kemuliaan oleh YHWH.

Pertanyaan perihal kitab Henokh, lebih baik masuk topik: “Ada yang tahu atau membaca Kitab Henokh ?” yang diposting pertama kali oleh Flux.

Ini linknya: ada yang tahu atau membaca kitab henokh??? - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Kitab Henokh, janganlah dijadikan referensi iman anda, pakailah sebagai referensi pengetahuan saja!

Shallom Aleikhem Beshem Yahshua Hamasiakh.

apaka horang pintar yang di TV itu ?
mungkin ideanya dari alkitab kisah Jesus yang pindahin setan legion ke babi’
tapi tarif orang pinter itu mahal juga, kata teman saya waktu itu tarrifnya enam juta katanya sih buat bayar pendoa (syafaat) nya yang banyak itu

kok nama malaikatnya (RAFAEL ) mirip dengan yang ada di kitab katolik ya/ apa kitab katolik juga bagian dari kitab henoch ?
mungkin inilah sebabnya kitab nabi nabi berlaku sampai zaman yohanes karena banyak ajaran yang engga tau ujung rimbanya,dan harus di pilih pilih lagi
Tuhan Jesus memberkati
Han

@ Bro Hanhalim, sebenarnya semua ilmu-ilmu, kesaktian-kesaktian itu adalah milik YHWH yang sebenarnya adalah rahasia sorga yang dibocorkan oleh sebagian malaikat kepada manusia.

Nanti saya berencana mempostingkan topik Malaikat dan seputar Malaikat.

Buat apa bayar orang pinter, bukankah TUHAN kita memberikan semuanya gratis !

Kalau saya membaca response Bro terhadap Katolik, kok seakan-akan Katolik itu bukan Kristen ?

Dulu Kitab Henokh membingungkan orang-orang Kristen pada abad lampau, sehingga Kitab Henokh dikeluarkan dari Alkitab. Tetapi sekarang ilmu pengetahuan bertambah dan kemapuan analisis serta dat-data jauh lebih baik daripada jaman dahulu, sehingga Kitab Henokh bisa diterima sebagai referensi pengetahuan.

TIDAK SEMUA ISI ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH DAN TIDAK SEMUA FIRMAN ALLAH TERTULIS DALAM ALKITAB

Begitu khan Bro ??? He He He…

saya tunggu postingmya

Dia sudah coba yang gratis gratis (KKR) dan semacamnya ,tetapi gagal karena penyembuhannya bersifat sugestif tanpa ada “kuasa” sehnigga penyakitnya tambah berat.
maka ketika ada penyembuhan alternatif dicobanya juga supaya tidak menyesali diri.

Katolik itu ya Kristen juga malah lebih Kristen daripada yang non katolik
yang rada mirip katolik ya protestan
cuma saja Kristen katolik beda sendiri kitab sucinya kalau engga salah di kitab Tobit ada cerita tentang malaikat rafael jadi seperti yang anda bilang dalam kitab henoch juga ada malaikat rafael

ada satu juga yang saya mau tanyakan: hamba hamba Tuhan di berbagai denom sering berkotbah bahwa malaikat yang memberontak bernama lucifer, kira kira dari kitab mana mereka mengambilnya dan apakah kitab itu juga di akui sah ?

Ya, kalau itu termasuk diperjanjian lama itu lebih mudah, tinggal di “USANGKAN” oleh PB, dan dinyatakan berlaku nya sampai zaman Yohanes (sekarang sudah bukan zamannya jadi sudah tidak berlaku lagi ) jadi kalau PL hanya dipakai sebagai sejarah saja tidaklah mengandung resiko lagi :slight_smile:

Tuhan YESUS memberkati
Han

Sabar ya, pertanyaan anda tentang malaikat yang bernama Lucifer nanti akan saya jawab di topik Malaikat.
Lagian saya masih mencari dan menunggu satu buku lagi untuk referensi topik Malaikat.

Saat ini saya lagi sibuk posting topik: Siapakah Antikristus ? Siapakah Roh Antikristus ? mari bro bergabung di pendalaman Alkitab.

Shalloom Aleikhem Beshem Yahshua Hamasiakh.