Siapakah Isa sebenarnya?

asalamualaikum saudaraku semua?? Saya hanya ingin bertanya dan brtukar ilmu, pd saudaraku smua? Di muslim isa diakui sbagai nabi, tp bkn sbgai tuhan, atwpn anak tuhan?? Isa hanya diutus oleh allah sbagai pencerah dn pembingbing mnuju jaln kbenaran kpd kaum yang tersesat, pda zmannya, dn sm sperti nabi sblum dia? Pertanyaan saya,? Isa adalah tuhan yesus, anak dari allah? Ataw isa adlah, allah yg menjelma menjadi manusia? Atw isa hanya manusia biasa yg digelari nabi pemimpin umat yg mmbw kbnrn? Trimakasih

atret lage dah…! :onion-head41:

Siapa sih isa itu ???

Alkitab tidak pernah berbicara ttg isa.

Alkitab berbcara tentang Yeshua ha masiach

Demi kelancaran diskusi ini, anggaplah Isa itu Yesus, lagian Isa ialah loghat Arab Makkah manakala kata akarnya mungkin dari bahasa Aramiyyah (Arab Utara/Syam), Isho’ (ada bishop Kristen yg bernama Isho’, nama umum kalangan Kristen Aramiyyah). Isho’ ialah perkembangan dari nama Yesho yg senonim dengan nama Yesus dalam bahasa Ibrani, Yeshua har Masyiyah. Inget bro, Yesus berbahasa Aramiyyah, jadi tidak pernah disebut Yeshua (karena itu bahasa Ibrani), namanya dalam bahas Aramiyyah ialah Yesho yg dalam bahasa Yunani (hampir semua penginjilan oleh para rasul dan tulisan2 PB ditulis dalam bahasa Yunani), Iesous, dlm bhs Indonesia ditulis Yesus (dipengaruhi bahasa Yunani), jadi kalu mau nyebut2 Isa’, sah2 saja cuma tidak lazim maka tidak dianjurkan. Lagian org Kristen Arab menyebutnya Yaso’ yg lebih banyak dipengaruhi Aramiyyah ketimbang Ibrani atau Yunani.

Semoga infor ini membantu anda.

Thanks a lot cosmic

Yang saya maksudkan, bukan beda namanya.

Tapi berbeda pribadinya.

Apakah Yeshua/Yahshua/Iesous/Yesus = Isa ?

saya lebih percaya =/=

@ luthfi,

Anda menulis,

asalamualaikum saudaraku semua??

Syalom alaihem.

Saya hanya ingin bertanya dan brtukar ilmu, pd saudaraku smua? Di muslim isa diakui sbagai nabi, tp bkn sbgai tuhan, atwpn anak tuhan?? Isa hanya diutus oleh allah sbagai pencerah dn pembingbing mnuju jaln kbenaran kpd kaum yang tersesat, pda zmannya,, dn sm sperti nabi sblum dia? Pertanyaan saya,? Isa adalah tuhan YESUS, anak dari allah?

Tuhan YESUS bermaksud Lord JESUS. Dalam bahasa asalnya, kyrios Iesous yg dalam bahasa Arab disebut Al-Rabb’ Yaso’. “Tuhan” atau ‘kyrios’ atau ‘Lord" atau "Al-Rabb’" adalah kata2 sinonim yg membawa maksud Tuan yg disembah. Itu cuma gelaran dari jabatan-Nya.

Tuhan YESUS juga disebut “Anak Allah”. Dalam konteks teologia Yahudi abad pertama, istilah 'Anak Allah" membawa konotasi 'Pribadi yang mirip Allah, Kalam Allah!". Mengaku diri sebagai Anak Allah akan dihukum mati (baca Injil Markus 14:60-63). Karena YESUS mengaku diri-Nya Anak Allah, maka YESUS dihukum mati oleh para ulama Yahudi. Ulama2 Yahudi tahu bahwa “Anak Allah” bermaksud Kalam Allah. Kalam Allah tidak terpisahkan, tidak terceraikan dari Dzat Allah, Kalam Allah bukan makhluk karena itu tidak diciptakan, qadim dan qidam adanya. Jadi mengaku diri sebagai Anak Allah bermaksud tidak diciptakan, bukan makhluk, qadim dan qidam. Dari situlah ulama2 Yahudi menuduh YESUS org gila, mempersekutukan Tuhan dll sehingga akhirnya dijatuhkan hukuman mati. Jadi pengertian ‘Anak Allah’ bisa berarti Allah itu sendiri. Sama spt 'Anak Manusia" bermaksud manusia, demikian juga ‘Anak Allah’ bermaksud Allah! Simple faith.

Ataw isa adlah, allah yg menjelma menjadi manusia?

Ya betullllll, Isa/YESUS ialah Allah yg menjelma menjadi manusia. Begini, Kalam Allah tidak diciptakan, bukan makhluk, qadim dan qidam, berdiri pada hakikat Allah. Kalam Allah inilah yg turun ke dunia menjelma menjadi manusia. Namanya ialah YESUS. Tujuannya Kalam Allah ke dunia ialah untuk menyelamatkan manusia. Manusia tidak dapat menyelamatkan diri mereka sendiri, mereka menantikan2 Penyelamat yg sempurna dari surga. Dialah Kalam Allah itu. Dalam Islam, Al-Quran ialah Kalam Allah yg menjelma menjadi sebuah kitab tapi dalam Kristen, YESUS adalah Kalam Allah yg menjelma menjadi manusia sempurna. Dalam Islam, Kalam Allah menjelma menjadi sebuah kitab atau buku. Dalam Kristen, Kalam Allah menjelma menjadi seorang manusia sempurna yang berperan sebagai nabi dan rasul. Jadi tidak ada masalah menyebut YESUS seorang manusia atau nabi atau rasul tapi harus ditegaskan bahwa pada diri-Nya YESUS itu sungguh Kalam Allah yg menjelma.

Atw isa hanya manusia biasa yg digelari nabi pemimpin umat yg mmbw kbnrn? Trimakasih

Tidak, YESUS bukan hanya manusia tapi Kalam Allah dan manusia. Itu bukan YESUS selengkapnya. Itu pemahaman yg kurang lengkap! Islam memiliki Isa/YESUS yg kurang lengkap. Sekali lagi YESUS bukan hanya nabi. Tapi YESUS pada saat yg sama adalah Allah yg berperan sebagai seorang nabi/rasul tapi tidak tepat menyebut YESUS nabi saja! Karena nabi cuma peran tapi azali-Nya YESUS adalah Allah (Kalam Allah). Sila lihat ulasan saya mengenai Al-Quran sebagai Kalam Allah di atas.

Setuju, pribadi Isa ialah rekayasa Muhammad dan para pengikutnya (yg dipengaruhi oleh Waraqah).

Salam-syalom.

CB

Setuju, pribadi Isa ialah rekayasa Muhammad dan para pengikutnya (yg dipengaruhi oleh Waraqah).

silahkan sumbernya / datanya

Sila baca links:

http://www.answering-islam.org/Quran/Sources/waraqa.html
http://www.answering-islam.org/Responses/Saifullah/waraqa.htm
http://www.answering-islam.org/Index/W/waraqa.html

heheheh ;D

Tulisan Murtad: Waraqah
http://www.answering-islam.org/Quran/Sources/waraqa.html
http://www.answering-islam.org/Responses/Saifullah/waraqa.htm
http://www.answering-islam.org/Index/W/waraqa.html

:afro: :afro: :afro:

Setelah membaca link diatas, sekarang mengertilah saya apa yg terjadi pada masa dulu itu.

Mengapakah ada panggilan kata nasrani. Rupanya semua berawal dari waraqah, alias pengajar dari ajaran (menyimpang) Nosrania/nestorian.

Setelah mencari info lebih lanjut ttg apa dan siapa si Nosrania (nasrani ini seh) itu, yg dianut oleh waraqah, yg memiliki hub darah dgn kadijah.

coba googling, dan kettiikan kata kunci berikut dibawah ini :

      Nosrania

Liat apa saja yg di tampilkan oleh google

semua akan tampak menjadi jelas.

Coba anda cek tentang peringatan Al Quran pada kaum Nasrani dalam Al Quran, pasti kalian terkejut.

Google aja.

anda akan lebih terkejut lagi, karena Kristen bukan nosrania

nosrania adalah ajaran menyimpang dan anda salah alamat kalau mengira Kristen adalah nosrania

layangkan saja peringatan anda pada pengikut nosrania di timur tengah sana.

anda sudah jelas ?

kristen =/= nosrania

anda salah alamat ya jeng.

Kok malah ga nyambung sieh???

Kapan saya nyebut Kristen = Nosrania?

Kok malah ga nyambung sieh???

Kapan saya nyebut Kristen = Nosrania?

terus siapa dong si nasrani menurut anda ?

Bro, sila bedakan antara Nasrani dan Nestorian/Nasuriyyah.

Nasuriyyah ialah Kristen yg terpisah dari Gereja Universal karena mengajar (menurut Gereja Universal waktu itu) bahwa Maria ialah teotokos (Ibu kepada KRISTUS) dengan tujuan untuk mengangkat kemanusiaan-Nya lebih dari keilahian-Nya.

Mungkin dari Nasturriyah berkembang Kristen Nasrani (yg sedikit mirip Nasruniyyah khususnya menyangkut kemanusiaan YESUS).

Anyway tidak pasti siapa sebenarnya orang Nasrani. Pandangan para sarjana baik Kristen mahupun Islam varian. Ada yg mengatakan kelompok ini berasal dari kaum Ebionit yg punah pada abad ke-2 tapi sisa2nya masih terdapat di tanah Arab dengan sedikit sinkretisme. Ada yg mengatakan Nasrani berasal dari kata kota kecil Nasariyyah, tempat YESUS dilahirkan. Jadi para pengikutnya disebut Nasrani. Pendapat ini diragukan karena ajaran Nasrani yg ditulis Al-Quran jauh beda dgn ajaran para pengikut YESUS dari An-Nasariyyah (Nazaret). Pendapat lain ialah ia dari kata bahasa Arab, Nasara’ yg bermaksud penolong dan kebetulan YESUS mempunyai 12 penolong yg biasa disebut dalam Injil, rasul/apotolos atau murid/didaskalos. Pendapat lain lagi mengatakan Nasrani berasal dari kata Nazar dalam bhs Ibrani yg bermaksud kelompok yg mengabdikan diri untuk sessuatu tujuan. Tetapi melihat ajaran2 kaum Nasrani ini, justru membuat kita heran, kok spt itu ajaran Kristen, tidak makan babi, kearaban, mempercayai YESUS sebagai Anak Allah dalam pengertian literal, menyembah Tiga Allah (Triteisme) yakni Allah, YESUS dan Ibunya/Maria dll. Jadi Al-Quran saja, asal usul Nasrani tidak jelas mana mungkin mau percaya Al-Quran kitab yg lengkap. Yang pasti orang pengikut YESUS dsiebut dalam bahasa Arab sebagai Masehiyyah dab sebutan ini cukup kuno, sudah ada jauh2 sebelum Muhammad dan itulah panggilan untuk org Kristen Arab jadi jelas Masehiyyah sejati bukan Nasrani.

Menurut penelitian saya pribadi dari pembacaan2 ilmiah, saya dapati Nasrani ialah kelompok kecil yg insignifikan yg kebanyakan pengikutnya ialah org Arab, ciri2 ajaran ialah:

  1. Dipimpin oleh Waraqah.
  2. Muncul sezaman dengan Muhammad.
  3. Mungkin terpengaruh dengan sisa2 ajaran Ebinot.
  4. Sangat sinkretis, paduan ajaran2 alkitab kanonik, non kanonik, Yahudi dan paginisme Arab.
  5. YESUS adalah Anak Allah secara literal (ajaran ini ditolak Gereja Universal).
  6. Menyembah Tiga Allah/Trirteisme yakni Allah, Isa dan Maryam (ajaran ini ditolak Gereja Universal).

Ajaran Nasrani ini punah apabila kebanyakan pengikutnya masuk Islam pada zaman Muhammad.

Semoga infor ini memberkati anda.

nasrani = penganut yang mengikuti ajaran orang dari nashara/NAZARETH :smiley:

terus siapa dong si nasrani menurut anda ?

topiknya Siapakah Isa sebenarnya?

== TRINiTARIAN —> yesus adalah tuhan
== UNITARIAN ----> yesus bukan tuhan

tolong didamaikan dulu dua kutub ini … sebelum nuding yang laeen22
:smiley:

Konsili Nicea menjatuhkan hukuman pengucilan Arius dan uskup lainnya yang ikut dalam konsili tetapi menolak doktrin Trinitas. Tulisan-tulisan Arius dibakar, dan akan dimasukkan ke penjara dan disiksa habis-habisan bagi siapa saja yang kedapatan memiliki tulisannya.(Edward Gibbon, Decline and Fall of Roman Empire, vol.2, hal.693

@ bandeng,

nasrani = penganut yang mengikuti ajaran orang dari nashara/NAZARETH :D
terus siapa dong si nasrani menurut anda ?

Seperti anda tidak membaca kesimpulan saya tapi mengambilnya sepengal2. Statements yg anda kutip hanya satu pendapat dari sekian banyak. Tapi umumnya statements itu ditolak oleh kebanyakan sarjana.

topiknya [b]Siapakah Isa sebenarnya?[/b]

== TRINiTARIAN —> YESUS adalah tuhan
== UNITARIAN ----> YESUS bukan tuhan

tolong didamaikan dulu dua kutub ini … sebelum nuding yang laeen22
:smiley:

Keallahan Yesus sangat jelas dalam alkitab. Dengan membaca alkitab saja anda akan terkesan bahwa Yesus adalah Allah. Ajaran trinitarian hanya menguatkan apa yg sudah diajar dalam alkitab.

Konsili Nicea menjatuhkan hukuman pengucilan Arius dan uskup lainnya yang ikut dalam konsili tetapi menolak doktrin Trinitas. Tulisan-tulisan Arius dibakar, dan akan dimasukkan ke penjara dan disiksa habis-habisan bagi siapa saja yang kedapatan memiliki tulisannya.(Edward Gibbon, Decline and Fall of Roman Empire, vol.2, hal.693

Anda mengutip tulisan Edward Gibbon sepenggal2 bagi mempengaruhi para pembaca bahwa kaum Trinitarianlah yang menganiaya kaum Unitarian. Kenyataan sejarah membuktikan sebaliknya dan Edward Gibbon jujur dalam hal ini apabila dia menulis bahwa sewaktu2 Atanasius, tokoh gereja yg mendukung ajaran tritunggal jauh2 lebih banyak dianiaya kelompok Arius malah kaisar2 lebih memihak kepada Arius ketimbang Atanasius!

Baca links ini.
http://www.his.com/~z/gibbon.html#21caprice
[/quote]