Siapakah "Lilith" itu?

Shalom…

Sobat FK terkasih, saya pernah membaca di “wikipedia.org” mengenai Lilith. Dikatakan disitu, Lilith adalah iblis betina berasal dari Babilonia yang suka mencuri anak-anak manusia. Dalam Mitos Yahudipun nama “Lilith” dikenal. Bahkan Orang-orang Ibrani mengadopsi ini dan menganggap Lilith adalah istri pertama Adam yang sama-sama diciptakan dari tanah. Karena sama-sama dari tanah, Lilith menganggap posisinya setara dengan Adam. Adam menolak persamaan ini, dan Tuhan membuang Lilith jauh dari surga. Lilith bertemu dengan Lucifer dan dari hasil penyatuannya lahirlah jutaan iblis-iblis penggoda manusia.

Terus terang saya justru baru mendengar nama “Lilith” ini, adakah dari sobat FK yang bisa memberikan penjelasan mengenai “Lilith” ini? apakah dialkitab sendiri ada disebutkan baik secara implisit maupun eksplisit mengenai “Lilith” ini?

Meski dalam berbagai rujukan dikatakan ada setan perempuan/ iblis betina, mungkin dalam penampakannya saja.

Iblis itu adalah malaikat yang jatuh, dan malaikat tidak bergender sehingga dapat beranak-pinak.

* Yesaya 34:14
LAI TB, Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian.
ENDE, Marmut dan andjing hutan saling bertemu disitu, puaka memanggil satu sama lain; disitupun Lilit mengaso dan mendapat peristirahatan bagi dirinja.
MESSAGE, Wildcats and hyenas will hunt together, demons and devils dance through the night. The night-demon Lilith, evil and rapacious, will establish permanent quarters.
KJV, The wild beasts of the desert shall also meet with the wild beasts of the island, and the satyr shall cry to his fellow; the screech owl also shall rest there, and find for herself a place of rest.
NASB, The desert creatures will meet with the wolves, The hairy goat also will cry to its kind; Yes, the night monster will settle there And will find herself a resting place.
NIV, Desert creatures will meet with hyenas, and wild goats will bleat to each other; there the night creatures will also repose and find for themselves places of rest.
Jewish Publication Society Tanakh, And the wild-cats shall meet with the jackals, and the satyr shall cry to his fellow; yea, the night-monster shall repose there, and shall find her a place of rest.
Hebrew,
וּפָגְשׁוּ צִיִּים אֶת־אִיִּים וְשָׂעִיר עַל־רֵעֵהוּ יִקְרָא אַךְ־שָׁם הִרְגִּיעָה לִּילִית וּמָצְאָה לָהּ מָנֹֽוחַ׃
Translit, UFAGSYU TSIYIM ET-IYIM VESA’IR AL-RE’EHU YIKRA AKH-SYAM HIRGIA LILIT UMATSAH LAH MANO’AKH

Menurut Lexicon Ibrani :

לילית - “LILIT” atau LIYLIYTH atau LILITH, artinya :

  1. name of a female goddess known as a night demon who haunts the desolate places of Edom
    a. might be a nocturnal animal that inhabits desolate places
    b. a night spectre.
    c. screech owl (KJV)

“hantu” memang ada. Orang Yahudi – kecuali dari kalangan Saduki – percaya adanya “hantu”, namun “hantu” yang dimaksud bukanlah arwah orang mati melainkan setan dalam wujud seperti manusia.

Orang Yahudi – menurut Talmud Babilonia Megilla – dilarang menyapa temannya di malam hari karena kuatir kalau-kalau mereka menyapa לילית - “LILIT”, hantu ceweq alias kuntilanak yang biasanya nongol di malam hari. :slight_smile:

Lilith ini kalau ketemu tukang sate, pasti pesan sate 200 tusuk.


Dari penjelasan ayat diatas berarti sobat setuju atau ga sih bahwa lilith itu berjenis kelamin perempuan?

Darimana sobat tahu dia akan memesan 200 tusuk?bisa lebih lho, atau bahkan bisa kurang… :tongue: :tongue:

Kalau saya baca penjelasan sarpag di situ jelas di katakan iblis itu tidak bergender…

jadi njenengan belum pernah lihat film Lilith pesan 200 tusuk sate kepada tukang sate keliling ya?

Film Indonesia lama itu, era 80’an.

Saya pikir lilit itu nama sate… ;D

tulisan iblis betina buat ane ngakak bang… jadi teringat ame tetangga sebelah berantem 2 hari lalu, gara2 wil, sampe ade keluar ini: “dasar iblis betina lu yeee, beraninye rebut laki orang!” … ;D ;D ;D ;D ;D ;D

sorry OOT! ;D ;D ;D ;D ;D

Wah berarti sobat ini dah lebih dari 30an…mungkin 40 atau 50an…wekekeke…buktinya Film Indonesia era 80’an dah bisa dicerna ama beliau ini. Btw ceritanya seperti apa sob?jgn2 yg sobat mksd itu bukan “lilith” tapi "melilith"hahahaha ;D ;D ;D :ashamed0004:

wekekekekeke…ya emang…satu tp sebenarnya sebelum disate namanya “lilith”
;D ;D ;D ;D ;D ;D :onion-head30:

Neh…penjelasan yg ini

[b]Menurut Lexicon Ibrani :

לילית - “LILIT” atau LIYLIYTH atau LILITH, artinya :

  1. name of a female goddess known as a night demon who haunts the desolate places of Edom
    a. might be a nocturnal animal that inhabits desolate places
    b. a night spectre.
    c. screech owl (KJV)[/b]
    tuh berarti kan klo menurut lexicon ibrani lilith itu perempuan… wlpun dialkitab gada dijelaskan sama sekali jenis kelaminnya… :happy0062:

sejauh yang pernah saya baca… lilith adanya di kitab orang2 yahudi…
ceritanya hampir seperti itu kadang ada yang beda… dimulai dari menjadi pendamping pertama adam… lalu seperti lucifer merasa paling cantik akhirnya diusir dan posisinya diganti hawa…

tapi bila saya perhatikan kok jd bener2 lucifer yah… ^^
karena tidak sejalan dengan alkitab… hanya saya anggap sebagai cerita saja…

hahahaha…ya sob,terkadang hal2 begininih yg gada dialkitab tp secara tradisi ataupun kepercayaan mereka emang bener2 ada gt… :coolsmiley:

Lilith :smiley: mungkin itu penggalan sebuah puisi, Lilith/Lili yang ambisius dan tinggi hati… Lilith = Mawar Berduri
ini ada juga pendapat yang saya temukan saat nge google, tetapi tetap perlu diuji/dikaji ulang

Hmmm…ya betul tetep harus dikaji ulang ya kebenaran bahkan sumber dari web tersebut sob… :happy0025:

Leksikon itu bukan Firman Tuhan.
Kalo Firman Tuhan bilang Malaikat tidak bergender.

Tauu kalee kalo Lexicon itu bukan Firman Tuhan… :mad0261: :mad0261:

Apakah anda merujuk pada Matius 22:30, sehingga anda mengatakan Malaikat tidak bergender?? :huh:

hahaha, jadi malu kalau ketahuan sudah separuh baya.

tapi semangat dan kekuatan masih seperti 25 tahun yang lalu.

filmnya yang main suzanna, barry prima, HIM Damsyik, etc…

ada adegan lilith pesan sate 200 tusuk dan minum kuah bakso panas… ;D