Siapakah Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Al-Kitab(Maleakhi 4-5)?

Saudara2 mohon tanggapannya ya soalnya saya msh krng paham. :idiot2: :ashamed0004:

kaiaknya udah pernah dibahas neh

kaiaknya cocok om Sarapan Pagi deh…tungguin aja yah :stuck_out_tongue:

Full Life : MENGUTUS NABI ELIA KEPADAMU.
Nas : Mal 4:5
Maleakhi menubuatkan bahwa Elia akan datang dan melayani sebelum hari Tuhan tiba; PB mengungkapkan bahwa nubuat ini mengacu kepada Yohanes Pembaptis (Mat 11:7-14), yang “dalam roh dan kuasa Elia”
(lihat cat. → Luk 1:17),
[atau ref. Luk 1:17]
mempersiapkan jalan bagi Mesias. Beberapa orang juga percaya bahwa Elia akan datang kembali selama masa kesengsaraan dan akan menjadi salah satu dari dua saksi yang disebutkan dalam Wahyu
(lihat cat. → Wahy 11:3).
[atau ref. Wahy 11:3]

Sekedar melengkapi:

Ada catatan bahwa Yohanes Pembaptis menolak anggapan bahwa ia adalah “Elia” ketika orang menanyakan hal itu kepadanya:

* Yohanes 1:19-21
1:19 Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: “Siapakah engkau?”
1:20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”
1:21 Lalu mereka bertanya kepadanya: “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Dan ia menjawab: “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Dan ia menjawab: “Bukan!”

Para imam dan orang Lewi datang kepada Yohanes Pembabtis dan bertanya kepadanya apakah ia adalah Elia?. Tuhan berfirman melalui nabi Maleakhi bahwa Ia akan mengirimkan Elia kepada orang-orang Israel pada suatu saat tertentu.
Orang Yahudi sedang menanti-nantikan kedatangan seorang “Mesias yang dijanjikan”, dan “nabi yang akan datang”. Oleh karena itu sebagai orang-orang yang menantikan kedatangan Elia, maka wajar saja mereka bertanya kepada Yohanes seperti itu.

Yohanes berusia sekitar 30tahun ketika hal itu ditanyakan, dan kedua orangtuanya sudah meningal, dan dialah anak satu-satunya Iman Zakharia. Jadi ketika ia ditanya apakah ia Elia yang naik ke Surga 878 tahun sebelumnya, jawabannya tentu saja “Bukan, aku bukan Elia”.

Agaknya ini akan bertentangan dengan pernyataan Yesus Kristus yang merujuk bahwa Yohanes Pembabtis adalah Elia :

* Matius 17:11-13
17:11 Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu
17:12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.”
17:13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
17:14 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,

Betulkah kedua ayat diatas bertentangan?

Matius mencatat perkataan Yesus yang menyatakan bahwa Yohanes Pembabtis adalah Elia yang akan datang, sedangkan Yohanes sendiri menyangkalnya. Namun, hal ini tidak bertentangan.

Yohanes menyangkal bahwa ia adalah Elia karena kalangan Yahudi mengharapkan kedatangan Elia secara fisik. Yesus Kristus pun tidak mengatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah Elia secara fisik. Hal ini tampak ketika Yesus mengatakan bahwa Yohanes lebih besar dari semua orang yang pernah lahir, termasuk Musa dan tentu saja Elia. Bila Yohanes Pembabtis lebih besar dari Elia, tentu saja ia bukan Elia.

* Matius 11:11
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Jadi, apa maksud Yesus dengan menyebut Yohanes sebagai “Elia yang akan datang”?. Malaikat Gabriel (Jibril) berbicara kepada Iman Zakharia mengenai anaknya, Yohanes belum lahir. Katanya, “dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya” (Lukas 1:17).

Perhatikan ungkapan "berjalan, dalam roh dan kuasa Elia". Jika ada seseorang berjalan dalam “roh” dan “kuasa” Yesus Kristus, apakah ia dapat disebut sebagai Yesus Kristus secara fisik?. Maka demikianlah yang berlaku juga kepada Yohanes Pembabtis, bahwa memang dia bukan Elia secara fisik.

Apa yang dicatat Lukas dalam Lukas 1:17, disini Malaikat menunjuk kepada dua buah Nubuat, yaitu Yesaya 40:3-5 :

* Yesaya 40:3-5
40:3 Ada suara yang berseru-seru: “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
40:4 Setiap lembah harus ditutup, dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran;
40:5 maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama; sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya.”

Kemudian, perhatikan Lukas 3:4-6 untuk melihat bagaimana hal ini berlaku bagi Yohanes Pembabtis :

* Lukas 3:2-6
3:2 pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.
3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
3:4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
3:5 Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,
3:6 dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.”

Kemudian bandingkan Kitab Maleakhi 4:5-6 yang menyebutkan :

* Maleakhi 4:5-6
4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Gabriel tidak salah dengan menyebutkan bahwa Yohanes Pembabtis adalah “Elia yang akan datang” seperti yang difirmankan Allah melalui Nabi Maleakhi

Jadi, apakah Yohanes adalah Elia? Tentu saja “Bukan”.
Tetapi jika saja tadinya para imam dan orang Lewi bertanya, “Apakah engkau yang dikatakan Nabi Maleakhi sebagai Elia?” Yohanes Pembabtis tentu akan mengiyakannya.

Yesus Kristus dalam Matius 17:11-13 mengatakan bahwa nubuat Nabi Maleakhi itu benar, tetapi Elia telah datang sebelumnya. Yesus menyamakan Elia dengan Yohanes Pembabtis dalam arti rohani. Ia mengatakan bahwa “Elia” menderita, sama seperti diriNya, akan menderita, “Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis” (Matius 17:13). Oleh karena itu, jika kita mengerti konteks ayat ini, maka jelas bahwa Yohanes Pembabtis bukanlah Elia secara jasmani, tetapi ia adalah Elia dalam arti rohani yang dinubuatkan oleh nabi Maleakhi, yaitu salah seorang utusan yang mempersiapkan jalan bagi Mesias, yaitu Yesus, “Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yohanes 1:29)

Blessings,
BP

TS ga nanggepin nih :stuck_out_tongue:

Syalom Bro2…
Hari Tuhan yg di nubuatkan dlm Kitab Nabi Maleakhi Hari Tuhan yg seperti apa? :ashamed0004: :char17:

* Maleakhir 4:5-6
4:5 LAI TB, Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
KJV, Behold, I will send you Elijah the prophet before the coming of the great and dreadful day of the LORD:
Hebrew,
הִנֵּה אָנֹכִי שֹׁלֵחַ לָכֶם אֵת אֵלִיָּה הַנָּבִיא לִפְנֵי בֹּוא יֹום יְהוָה הַגָּדֹול וְהַנֹּורָא׃
Translit, HINEH 'ANOKHI SYOLE’AKH LAKHEM 'ET 'ELIYAH HANAVI LIFNEY BO YOM YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) HAGADOL VEHANORA

4:6, Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

Tuhan YESUS memahami bahwa nubuat Maleakhi tentang perihal Allah mengutus “nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu” (Maleakhi 4:5) berlaku untuk Yohanes Pembaptis (Matius 11:14; Matius 17:10-13; Markus 9:11-13).

Dalam PB Hari TUHAN itu ditegaskan kembali dan disebut sebagai:

  1. Hari terakhir (Matius 7:22; 1 Tesalonika 5:4),
  2. Hari Allah (2 Petrus 3:12),
  3. Hari murka (Roma 2:5-6), dan
  4. Hari Tuhan YESUS KRISTUS (2 Korintus 1:14; Filipi 1:6, 10).

Dan ungkapan ‘Hari Tuhan YESUS KRISTUS’ atau yang sama dengan itu terdapat dalam 1 Korintus 1 :8; 5:5; Filipi 1:6,10 ; 2:16; 2 Tesalonika 2:2. Hari itu tak diduga-duga (1 Tesalonika 5:2; 2 Petrus 3: 10), tapi harus lebih dulu terjadi tanda-tanda tertentu, dan ini harus dikenal oleh orang Kristen (2 Tesalonika 2:2 dab). Dampaknya terhadap alam semesta akan menyertai Hari itu (2 Petrus 3:12 dab).

Kitab terakhir dalam Alkitab menambahkan bahwa roh Elia akan muncul kembali sebelum kedatangan KRISTUS yang kedua kali

* Wahyu 11:3-6
11:3 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.
11:4 Mereka adalah kedua pohon zaitun dan kedua kaki dian yang berdiri di hadapan Tuhan semesta alam.
11:5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.
11:6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.

Reff: http://www.sarapanpagi.org/hari-tuhan-hari-minggu-kuriake-hemera-vt564.html#p1116

Jikalau mmng demikian berarti Yohanes Pembaptis bkn Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Maleakhi dong sebab Yohanes Pembaptis muncul di dunia ini pd saat sebelum Kelahiran Sang Mesias sdngkan nubuat di Kitab Malaekhi di situ tertulis pd Hari Tuhan atau Hari turunnya Sang Mesias ke dunia ini untuk ke 2 klnya bkn?
Kitab Wahyu yg berjudul 2 saksi Allah tdk ada yg menyinggung2 kata Nabi Elia?!

kalau 2 orang saksi Tuhan pada akhir zaman…???

IMHO, 2 Saksi dalam Wahyu 11:3 adalah Patriarch dan Paus… :smiley:

@St_Yopi : Darimana anda bisa menyimpulkan dua saksi Allah adalah Patriakh (siapa ini?) dan Paus?

Karena ada tertulis mengenai Kerasulan (Apostolik) dalam Wahyu :smiley:

Patriarch (GKO)

Pope (GKR)

Wah, karena saya Kristen Protestan saya nggak mudeng dengan ajaran2 Katolik. Jadi saya kurang percaya.
Sampai saat ini masih dipertanyakan siapa sesungguhnya kedua saksi Allah itu. Kapan mereka muncul? Setelah rapture atau sebelum rapture? Apakah benar mereka akan muncul di tengah2 masa aniaya besar? Kalau benar, dimana ayat2nya?
Mohon bantuan…

Mengenai Rapture dan Wahyu silahkan lihat disini:

syalom semuanya…
adakah ayat2 dlm Al-Kitab yg menjelaskan bahwa Yohanes Pembaptis adalah Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kita Malaekhi? bagi yg ingin menjawab tolong di sertakan alasan2 yg kongkrit.
mengenai Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi jls2 tdk ada hubungannya dlm Kitab Wahyu mengenai 2 Saksi sebab tdk ada satupun ayat yg menyinggung kata Nabi Elia lalu mengenai 2 Saksi yg di nubuatkan dlm Kitab Wahyu memangnya benar bahwa ke 2 Saksi tersebut adalah Patriakh dan Paus? tolong di beri jawabannya berserta alasan2nya secara jelas. :idiot2: :ashamed0004: :wink:

&

syalom…
Apakah benar bahwa Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN adalah Yohanes Pembaptis? jikalau mengacu kpd Al-Kitab dlm Kitab Injil Lukas yg berjudul Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis memang di situ jg trdpt kata Elia dan kata untuk membuat hati bapa2 berbalik kpd anak2nya namun Yohanes Pembaptis tdk terlahirkan(muncul ke dunia ini) pd Hari TUHAN yg bsr dan dahsyat sebagaimana yg di nubuatkan Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN akan tetapi Yohanes Pembaptis terlahir(muncul ke dunia ini) menjelang hari kelahiran Tuhan sebagaimana yg tertulis dlm Injil Lukas yg berjudul kelahiran Yohanes Pembaptis hingga Injil Lukas yg berjudul Kelahiran YESUS bahwa di situ tlh di nyatakan bahwa Yohanes Pembaptis terlahir(muncul di dunia ini) menjelang kelahiran YESUS lagi pula Yohanes Pembaptis terlahir ke dunia ini dlm rangka berjalan mendahului Tuhan dlm roh dan kuasa Elia untuk mmbt hati bapa2 berbalik kpd anak2nya dan hati orng2 durhaka kpd pikiran orng2 benar dan dngn demikian menyiapkan bg Tuhan suatu umat yg layak bgNya sedangkan Nabi Elia yg kelak akan di utus ke dunia ini yg sebagaimana di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi dlm rangka pengutusan Tuhan maka ia akan membuat hati2 bapa2 kpd anak2nya dan hati anak2 kpd bapa2nya supaya jngn Tuhan dtng memukul bumi sehingga musnah jadi PB tdk mengungkapkan bahwa nubuat tntng Nabi Elia dlm Kitab Malaekhi tersebut mengacu kpd Yohanes Pembaptis di PB dlm Kitab Injil Lukas tersebut hny menggunakan kata yg sama seperti dlm Kitab Malaekhi yaitu Elia dan kata hati bapa2 berbalik kpd anak2nya sdngkan sosok pribadi yg di nubuatkan di dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN jelas berbeda dngn sosok pribadi yg terdapat dlm Kitab Injil Lukas yg berjudul pemberitahuan ttng kelahiran Yohanes Pembaptis dan aku pikir yg mengungkapkan tntng nubuat Nabi Elia yg terdapat pd Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN ialah anda bkn PB.
Dan lg dlm Kitab Injil Matius pasal 17 ayat 11 sampai ayat 14 yg tertulis ayat 11 ‘‘memang Elia akan dtng dan memulihkan segala sesuatu’’ ayat 12 ‘‘dan Aku berkata kpdmu: Elia sdh datang,tetapi orng tdk mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian jg Anak Manusia akan menderita oleh mrk’’ ayat 13 ‘‘Pd wkt itu mengertilah murid2 YESUS bahwa Ia berbicara tntng Yohanes Pembaptis’’ dlm ayat2 tersebut memang menyinggung kata Elia tetapi apakah yg di Sabdakan Sang Mesias itu ialah Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN? jawabannya jls tdk sebab sebagaimana yg tertulis dlm ayat2 tersebut apalagi dlm ayat ke 13 yg tertulis ‘‘Pd wkt itu mengertilah murid2 YESUS bahwa Ia membicarakan tntng Yohanes Pembaptis’’ jd sosok Elia yg di sebutkan Sang Mesias bkn sosok Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari Tuhan melainkan sosok Yohanes Pembaptis. :huh: :char17: Bahkan saudara menambahkan ayt yg ke 14 yg tertulis ‘‘Ketika YESUS dan murid2Nya kmbl kpd orng bnyk itu,dtnglah seorang mendapatkan YESUS dan menyembah’’ mksdnya apa ya pdhl ayat ini sngt jls tdk menyinggung nubuat Nabi Elia dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN bahkan menggunakan kata Elia pun tdk ada???
Jd mksd saya di sn secara persamaan arti kata Elia ialah Yohanes Pembaptis bisa di artikan sebagai Elia namun bkn Nabi Elia yg di nubuatkan dlm Kitab Malaekhi yg berjudul Hari TUHAN.

Ngomong apa neh? :rolleye0014: :mad0261: