"SIAPAKAH ORANG PILIHAN ALLAH ITU ?"

Ayat terbesar dan terpenting mengenai kasih Allah adalah apa yang Tuhan Yesus sampaikan di dalam Injil Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”.

Tawaran yang Tuhan Yesus sampaikan itu berlaku untuk semua manusia yang menghuni bumi ini, tanpa melihat garis keturunannya. Ayat ini rasanya membuat iblis gemetar, karena tdk ada janji penebusan bagi mereka (Iblis) yang sdh melawan Allah.

Umat Israel adalah umat pilihan-Nya, akan tetapi kita melihat bahwa ketika umat Israel keluar dari Mesir ada bangsa2 lain yang ikut dengan mereka. Mereka adalah orang2 yang percaya bahwa Allah bangsa Israel adalah Allah yang luar biasa. Mereka percaya karena mereka telah melihat dan mendengar bagaimana Allah melalui Musa dan Harun dpt mengadakan berbagai mujizat yang tdk dpt dilakukan orang2 lain di Mesir.

Kita juga tahu ada nama Kaleb bin Yefune, pemimpin Yehuda yg terkemuka. Dia sebenarnya adalah keturunan Elifas anak Esau, bukan keturunan Israel/Yakub. Dia bersama Yoshua adalah orang yg lahir di Mesir akan tetapi mereka diijinkan Tuhan untuk memasuki Kanaan. Kaleb termasuk orang pilihan Allah walaupun dia bukan orang Israel.

Ulangan 12:
37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.
38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.

Allah memang sangat mengasihi manusia sejak awal penciptaannya. Ketika manusia gagal merespon kasih Allah, dan memilih untuk tdk taat, Dia tetap menyiapkan jalan penebusan agar manusia dapat kembali kepada Allah yang adalah Bapa nya.
Ini tentunya selaras dengan Firman Tuhan bahwa Dia adalah Tuhan yang tdk memandang muka pada ayat2 dibawah ini
*Ulangan 10:17 Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap.
*KPR 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
*Roma 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.
*Galatia 2:6 Dan mengenai mereka yang dianggap terpandang itu – bagaimana kedudukan mereka dahulu, itu tidak penting bagiku, sebab Allah tidak memandang muka – bagaimanapun juga, mereka yang terpandang itu tidak memaksakan sesuatu yang lain kepadaku.
*Efesus 6:9 Dan kamu tuan-tuan, perbuatlah demikian juga terhadap mereka dan jauhkanlah ancaman. Ingatlah, bahwa Tuhan mereka dan Tuhan kamu ada di sorga dan Ia tidak memandang muka.

Dari fakta2 yg ada di Alkitab kita tahu bahwa Allah mengasihi semua orang dan tidak pernah memandang muka/memandang bulu. Keselamatan yang Dia tawarkan berlaku utk semua orang yg mau datang dan percaya kpd-Nya.

Jadi orang2 pilihan Allah adalah orang2 yang mau percaya kepada Allah (dlm PL) dan orang2 yg mau datang kepada Yesus dan mau menerima Dia sebagai Tuhan & Juruselamat (dlm PB).
GBU all.

Jika kita membaca ALkitab secara lengkap, maka banyak terdapat ayat ayat yang mengindikasikan, bahwa pada awalnya yang disebut umat pilihan Allah adalah bangsa Israel sebagai anak sulung.

Tetapi, dengan ketegaran tengkuk mereka, kita bisa baca begitu banyak ayat ayat yang mengindikasikan, bahwa berkat utama sebagai anak sulung telah dialihkan kepada seluruh umat manusia.

Sir 36:11 Kasihanilah umat yang disebut menurut nama-Mu, yaitu Israel yang telah Kausamakan dengan anak sulung.

Mat 22:3 Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu, tetapi orang-orang itu tidak mau datang.
Mat 22:9 Sebab itu pergilah ke persimpangan-persimpangan jalan dan undanglah setiap orang yang kamu jumpai di sana ke perjamuan kawin itu.

Mat 15:26 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”
Mat 15:27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”

Kis 11:18 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya: “Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.”

Syalom

Yaaapppp, SETUJU…diperuntukkan bagi orang2 yang mau MENYAMBUT Tangan Allah yg MENGULURKAN “Maha Karya Penebusan-Nya”

kalo mau lebih spesifik
pilihan Allah…
orang yg selalu mengandalkan Allah , orang yg hatinya mau dibentuk sebagai bejana Allah…
dan…

orang2 yg mau memakai “kuk” biar tidak “liar” :smiley:

Yaap SPESIFIK bagi seorang Gembala , Penjala Manusia !

berusaha dan berjuanglah sebagai orang2 pilihan ALLAH, supaya kita bisa berdiri sebagao seorang pemenang

Kalau SUDAH MEMILIH dan MENERIMA Maha Karya Penebusan Allah maka mereka adalah “anak anak Allah, Umat Allah, Umat Tebusan-Nya, Pewaris Kerajaan Allah”

Yesaya 62 : 12 ]
Orang akan menyebutkan mereka “ Bangsa Kudus, Orang orang Tebusan Tuhan “, dan engkau akan disebutkan “yang dicari” , “kota yang tidak ditinggalkan”

Amin !

Dari ayat2 ini :

Dan dari pernyataan khusus dari YESUS sendiri, yang menyatakan misi-nya datang ke dunia ini:

Maka ayat dlm Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
Mengandung arti bahwa orang pilihan-nya itu adalah2 org2 yg mau meresponi kasih Allah melalui YESUS.
Ini juga diperjelas oleh ayat
Efesus 1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh YESUS KRISTUS untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
Ayat dlm Efesus 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan . . . . > menunjuk ke ayat I Petrus 1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.

Dari fakta ayat2 Firman Tuhan di atas, maka berarti Allah memilih orang2 yg akan selamat itu sebelum dunia dijadikan berdasarkan ke-Maha-tahuan Allah/foreknow, bahwa Dia dpt melihat jauh kedepan siapa2 yang akan merespon & percaya keselamatan yg ditawarkan melalui YESUS. > Di dlm Dia (Ef.1:4); Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh YESUS KRISTUS (Ef.1:5); Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan (I Petr.1:20).> ayat2 ini semua menunjuk kpd YESUS.

Jadi kalau saat ini kita sudah merespon tawaran anugerah Allah melalui pengorbanan YESUS dgn freewill kita (Allah tdk pernah memaksa krn kita serupa dan segambar dgn Allah sendiri yg mempunyai freewill), maka kita sudah menjadi orang2 pilihan Allah, jangan sia2kan keselamatan itu, jangan sia2kan predikat org2 pilihan itu, karena kalau kita tdk memelihara keselamatan itu maka kita bisa murtad dan kehilangan keselamatan kita.
Selamat Paskah, Selamat berdiskusi, GBU all.

Jawabannya disini:

:smiley:

SETUJU, Bro !!

inti dari link tsb apa?saya tdk bisa menangkapnya

Foreknowledge,

sebenarnya ide foreknowledge ALLAH bukan ajaran Alkitab, tetapi ajaran yang dibangun teolog Kristen aliran tertentu untuk menjembatani agar KEBEBASAN MANUSIA masih memilik arti.

hal ini dikontraskan dengan ajaran PREDESTINASI dimana Kedaulatan ALLAH yang menentukan semuanya sehingga seolah-olah manusia tidak bebas lagi.

Jika secara bebas dan jujur memikirkan kedua ide di atas, maka sesungguhnya PREDESTINASI itu secara gamblang dan explisit difirmankan dalam ALKITAB, sedangkan foreknowledge lebih sebagai perumusan.

dan jika kita memikirkan lebih jeli dan detail sedikit, maka akan kelihatan bahwa ide foreknowledge sebenarnya tidak ada, karena ide tersebut masuk dalam 1 golongan saja dengan predestinasi. artinya foreknowledge sebenarnya ADALAH SEBUAH PREDESTINASI JUGA.


coba kita perhatikan ini :

FOREKNOWLEDGE itu, sesuai idenya, TERJADI PADA KEKEKALAN, ketika belum ada satupun yang jadi dari semua ciptaan dan dari semua peristiwa. di dalam input bagi keputusan foreknoledge itu HANYA MURNI DARI KEPUTUSAN ALLAH SENDIRI.

jadi secara hal tersebut tidak ada bedanya sama sekali dengan PREDESTINASI, yaitu bahwa segera setalah waktu dan tempat dan peristiwa terwujud maka RANCANGAN KEKAL KEPUTUSAN ALLAH lah yang terjadi.

yang beda hanyalah account Alkitab yang menjelaskan soal ini, yaitu penjelasan mengenai ALASAN ALLAH MELAKUKAN ITU. PREDESTINASI tercatat di Alkitab bahwa ALLAH memutuskan hal tersebut MURNI BERDASARKAN KEDAULATAN, TANPA BAHAN INPUT data dari masa depan.

Jadi ide foreknowledge lebih merupakan sebuah TEORI Teologia saja, sedangkan PREDESTINASI sekaligus Teori Teologia dan juga ALkitabiah.

salam

tidak usah diputar putar lagi

ajaran predestinasi baru muncul ketika calvin hidup. Sebelum calvin lahir kedunia, tidak ada ajaran predestinasi.

jadi jelas, predestinasi adalah produk manusia

=====

foreknow dan predestinasi, walaupu kelihtan mirip, tetapi sangat berbeda sekali

foreknow = Allah tidak memaksa manusia, manusia diberi kebebasan untuk memilih.

predestinasi = Allah memaksa manusia untuk masuk ke sorga atau neraka. Manusia tidak mempunyai pilihan, kecuali menjalani takdirnya, ke sorga atau takdir ke neraka

Pertanyaan buat Petra, Adi darma, dkk.

bagaimanakah Allah dapat disebut (ADIL dan sekaligus KASIH), jika sejak kekekalan sebelum bumi diciptakan, Budi tidak pernah dirancangkan untuk diselamatkan ??? Bahkan untuk waktu sedetikpun, Allah tidak pernah memberi kesempatan pada Budi untuk diselamatkan.

tolong dijelaskan pada saya dgn bahasa sederhana (tolong jangan mengcopy puluhan ayat spt kebiasaan seseoramg di FK ini).

Jika dipertajam pertanyaan itu jadi seperti ini :

Untuk apa Budi diciptakan agar binasa ?

;D

kemana kemana … dimanaaaa…
si petraaaa dan adhiiii … kemanaaaaaa …

kok gak dijawab ?

lol… :2funny:

dari dulu masih aja muter2, tempo hari kamu bikin ajaran gado2 [armenian diaduk2 dengan calvin], sekarang berani mengatakan freewill tidak Alkitabiah… ;D ;D ;D

petra… petra…
si saul dan yudas memang bukan freewill namanya…? ;D :2funny:

Matius 23:37"… Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, TETAPI KAMU TIDAK MAU."

hahahahaha :slight_smile:

bejo, bejo :smiley:

siapa bilang PREDESTINASI tidak ada di Alkitab, yang nggak ada itu teori foreknowledge :smiley:

hahahahaha,
cara sista “menghubungkan” foreknowledge dengan freewill aja sudah nggak nyambung.

mana ada ALLAH MENDASARKAN PADA FREEWILL wong segala ciptaan, manusia-manusia belum ada ??? jadi freewill siapa ???

maksudmu freewill TEORITIS ???

iya yang tepat memang FREEWILL TEORITIS !!! wong pada saat “foreknowledge” sesuai yang anda anut itu belum ada ciptaan sama sekali kok … jadi freewill siapa ??? ya freewill teorimu doang … hehehehe :smiley: :smiley:

iso mudheng tho sis :smiley:

salam

hahahaha,
kamu juga suhu yang sama aja dengan bejo2, menghubungkan FOREKNOWLEDGE dengan FREEWILL.

Freewill siapa ??? Freewill manusia teorimu, wong pada momen “foreknowledge” teorimu itu belum ada ciptaan kok, jadi freewill siapa ???

katamu saul dan yudas ???

apakah TUHAN harus menunggu saul dan yudas jadi manusia baru ngasih keputusan ???

hahahaha jadi apanya yang kamu maksud dengan kata FORE … :smiley: ngertos nggak arti kata FORE dalam bahasa enggris ?

wes mudheng to mas ited ???

salam

Afaik, semua teolog percaya bahwa Nubuat => Foreknowledge Allah… kenapa kamu katakan tidak ada…?? :mad0218:

dulu ada netter FK yang mengatakan di FK “ada Teolog, kemudian ada teololgila”… ;D