siapakah si miskin???

Filipi 3:2-3 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu,
karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.

siapa yg dimaksud dgn miskin

Miskin yang mana ya? Di ayat itu tidak ada kata “miskin”.

Salam

Betul…!!..Mungkin TS nya salah ngeklik kale ya broo…?? Dipikiran nya A tapi di tangannya B…

Apakah anjing-anjing sekarang diartikan sbg : miskin / si miskin…?? hehehe…

Tapi yang akan dibahas kayaknya menarik juga…nihh…

Hallo…TS…monitor…?? brek–brek…kek…!!

Salam…

jah slah ktik ane … sorr
Lukas 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku,oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin;dan Ia telah mengutus Aku

orang-orang miskin adalah:

  1. Org2 yg miskin secara jasmani yg biasanya ditolak dimana2
  2. Org2 yg miskin secara rohani karena mereka adalah org2 berdosa
    GBU

Yesus memang selalu berpihak kepada orang “miskin”, entah “miskin jasmani” maupun “miskin rohani”
contoh seperti ceritera Lazarus dan orang kaya dalam Luk. 16:22. Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham.

Kemudaian “miskin rohani” dalam Matius 5:3 berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.

Keduanya ayat tsb saling mendukung yang miskin jasmani maupun yang miskin rohani keduanya masuk dalam sorga, jadi orang seperti ini menyadari bahwa mengumpuklan harta jasmani sebanyak-banyaknya dalam dunia setelah mati kekayaan tidak menjamin masuk surga.

Demikina juga dengan kaya rohani dalam artian sombong rohani, seperti yang terjadi pada orang farisi dalam doanya menunjukkan karakternya yang sombong Luk. 18:9-12 dia menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang tanpa disadari dia memamerkan kebaikan dan kesalehannya kepada Tuhan!

disini ada perbedaan antara orang farisi dan pemungut cukai, dimana pemungut cukai setelah ia bertobat timbul dalam dirinya penuh dengan dosa ia memukul dirinya dan berkata: ya Allah kasihanilah aku orang yang berdosa ini. Luk. 18:13.

Yesus menerangkan maksud dalam pelayanannya utk meyampaikan kabar baik kepada orang miskin, yang menderita, yang hina, patah semangat, yang hancur hati dan mereka yang gentar atau yang takut akan Tuhan.

Dan menyembuhkan mereka yang meliputi segenap pribadi, baik jasmani maupun rohani. Dan utk mencelikkan mata rohani mereka yang dibutakan oleh dunia dan iblis agar mereka dapat melihat kebenaran kabar baik Allah.

Sebab Tuhan tidak mencari orang benar, namun cari orang yang berdosa, orang sehat tidak mungkin mencari tabib kecuali orang yang sakit memerlukan tabib.

[email protected]

Apa yang anda ceritakan benar…dan saya sepakat dng hikmat yang anda dapatkan dari Firman Tuhan tsb. Amin

Slam GBU…

bknny jasmani itu fisik miskin materi maksuud anda??

Yesus ditolak di Nazaret

Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

[b]4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

[/b]4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

4:22 Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: “Bukankah Ia ini anak Yusuf?”

4:23 Maka berkatalah Ia kepada mereka: “Tentu kamu akan mengatakan pepatah ini kepada-Ku: Hai tabib, sembuhkanlah diri-Mu sendiri. Perbuatlah di sini juga, di tempat asal-Mu ini, segala yang kami dengar yang telah terjadi di Kapernaum!”

jika mau membaca Alkitab, hendaknya membaca seluruh perikopnya…

jadi agar bisa mengerti, tidak berdiri sendiri…

pada saat Yesus ada dirumah ibadat di tempat Ia dibesarkan sebagai Manusia, (yang tentunya bertumbuh dari kanak2 hingga dewasa), ia diberikan Kitab Nabi Yesaya,

Yesus membacanya: 4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

setelah orang yang dirumah ibadat mendengar apa yang dibacakan Yesus, PADA SAAT ITU JUGA TERGENAPI NATS DARI KITAB YESAYA TERSEBUT…

DIGENAPI OLEH YESUS…

lihat isinya yang sama dengan Kitab Yesaya:

Yes 61:1
Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

kembali kepada pertanyaan anda (TS):
Bahwa Benar juga ayat tersebut adalah benar juga pernyataan Yesus, kalau ia hendak datang memberikan kabar baik bagi orang miskin…

bukankah selalu yang tertindas adalah orang miskin??

sperti yang di post sodara Scout, lazarus yang miskin, memungut remah2 dari meja orang kaya yang sering mungkin rebutan dengan anjing dari orang kaya tersebut…

atau si buta yang seumur hidupnya, atau janda miskin yang tertindas dan lain sebgainya.

Si miskin adalah orang yang boroknya di jilatin anjing seperti Lazarue

GBU

atau sperti yg dibawah ini? :smiley:


mngkin miskin secara rohani kah???

mngkin lebih cenderung ke situ tujuannya…

masa Yesus datang ke dunia cuman bwt org miskin doang?

ai don ting so… :wink:

Kalau yang itu bukanlah si miskin tapi [b] penyunat palsu {/b] sepertia pada ayat yang dikutip pada awal topic (ayat yang salah kutip itu !!!)
Jadi bukan kulup yang dipotong melainkan uang rakyat

GBU