Siapakah yg sesuai firman apakah pdt. Ir Nico atau pdt. Stephen Tong ?

Seperti yg sudah viral di sosmed kedua hamba Tuhan itu membuat heboh umat Kristen sampai menjalar ke pendeta yg lain seperti pdt. Gilbert Lumoindong, pdt Esra Soru, pdt Pariadji, dll. Supaya tidak membingungkan tolong diberi pencerahan.


Mengatakan manusia jaman ini bisa mendengar suara Tuhan menunjukkan doktrin yang keliru karena :

  1. Setiap perkataan Tuhan adalah wahyu yang mengikat semua manusia

  2. Jabatan Nabi dan Rasul sbg sumber wahyu Tuhan sudah tidak ada

  3. Alkitab sudah lengkap dan sempurna sehingga tidak perlu ada jilid 2 atau wahyu baru

  4. Alkitab sudah selesai ditulis dan kalau mau tahu apa kehendak Tuhan baca Alkitab dan renungkan siang dan malam

  5. Kalau masih bisa berkomunikasi dengan Tuhan buang saja Alkitab karena untuk apa kalau manusia bisa seetiap saat bertanya kepada Tuhan apa kehendaknya

  6. Semua prinsip kebenaran sudah lengkap didalam Alkitab sehingga manusia bisa sepenuhnya mengetahui semua rencana atau tindakannya apakah didukung oleh prinsip kebenaran Tuhan didalam Alkitab

  7. Orang yang mengaku menerima perintah langsung dari Allah lalu bernubuat dan berusaha melakukan mujizat tetapi tidak terjadi apapun maka jelas manusia tsb adalah Penyesat yang membuat Jemaat jengkel dengan ulahnya.

  8. Setiap pimpinan ROH KUDUS didalam diri orang percaya selalu Roh bekerja secara harmonis dengan Firman Tuhan yang tertulis yg diinspirasikan sendiri oleh-Nya maka tidak akan pernah keluar dari kebenaran Firman yang tertulis

  9. Tidak ada satupun saksi yang bisa menguatkan klaim seseorang bahwa dia mendengar suara Tuhan,ibarat seseorang keluar sendiri dari Gua lalu mengaku dirinya Nabi dan mendapat wahyu langsung dari Tuhan. Tanpa saksi makan rawan klaim palsu yang menyesatkan !

Mendengar suara Tuhan

Klaim mendengar suara Tuhan pasti menimbulkan polemik apakah benar Tuhan masih berbicara secara audible setelah Alkitab yang sempurna sudah selesai ditulis seperti dijaman para Nabi dan Rasul masih hidup ?

Bagaimana kalau katanya suara Tuhan itu bertentangan dengan kebenaran Alkitab,yang mana yang harus dipercayai ?

Siapakah saksi akan peristiwa Tuhan berbicara itu,bagaimana kalau Iblis yang berbicara bukan Tuhan ?

I Korintus 11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

Kalau ada Pendeta mengkotbahkan ajaran yang salah maka demi kebenaran siapapun patut memperingatkannya karena kebenaran jauh lebih tinggi nilainya ketimbang persatuan.

Sangat pantas siapapun memperingatkan kalau ada ajaran yang bisa menyesatkan umat Tuhan Yesus dengan mengaku mendapat wahyu langsung dari Tuhan.

II Timotius 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Bahaya Gereja adalah perusakan doktrin dari dalam Gereja bukan dari luar Gereja.

Materi yang dipersoalkan bukan soal makna Kharisma tetapi semua fenomena praktek doktrin yang sudah jauh melenceng dari kebenaran Alkitab !

Atas dasar apakah seorang Pendeta dapat dibenarkan bertindak mempertuhankan diri atau seolah olah menjadikan diri sebagai Nabi yang menerima perkataan langsung dari Tuhan !

Ulangan 19:15 "Satu orang saksi saja tidak dapat menggugat seseorang mengenai perkara kesalahan apa pun atau dosa apa pun yang mungkin dilakukannya; baru atas keterangan dua atau tiga orang saksi perkara itu tidak disangsikan.

Apalagi sudah mengaku disuruh Tuhan dan apa yang dikatakannya tidak terjadi,sungguh sangat mempermalukan Kekristenan.

Apalagi kalau tidak ada saksi sama sekali ,itu tidak ada bedanya dengan ada seorang yang keluar dari sebuah Gua lalu mengaku mendapat wahyu dari Malaikat Jibril dan mengangkat dirinya sendiri menjadi Nabi !

Nanti saja kl kita semua jemaat gereja Tuhan sudah bisa ibadah dg normal, barulah dilanjutkan tanggapannya.
Skrg bukan saat yg tepat (at least buat saya).

Tanggapan saya ditulis disini

semoga bisa MENGHENTIKAN kita dari perdebatan

Banyak sekali mukjizat yg dialami bangsa Israel, khususnya Yahudi
Ada ribuan kesembuhan, ribuan pernah makan mukjizat 2 ikan 5 roti
Kuping Malkus yg copot dilekatkan kembali, tapi tak tercatat ada iman

Tercatat gak lebih dr100 org setia di Golgota
Murid2-Nya pun pd kabur sebelum penyaliban
Yohanes setia menyaksikan penggenapan Kasih

Jadi membuat org beriman bukan dgn mukjizat
Iman bukan datang dr penglihatan/rasa mukjizat
Iman hanya datang dr pendengaran firman Tuhan

Itu menurutku!

Salam Damai!

Pdt Stephen Tong bukan menyerang tapi mengkritik sesama hamba Tuhan, dgn berkata di akhir kotbahnya mengatakan, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat (Lukas 23:34) kritik & protes dgn penuh kasih sdh menjadi ciri khas Protestan.

Sebagai seorang Katolik, satu hal yg saya lihat tidak dimiliki oleh saudara2 Protestan baik umatnya ataupun para gembalanya adalah kurang memiliki keutamaan KERENDAHAN HATI. Jika para gembala Protestan saling menyerang bagi kami yg katolik tidaklah heran. Buah dari kurangnya kerendahan hati adalah seperti yg tampak sekarang di youtube dan menjadi viral. Memprihatinkan melihat perseteruan terbuka antara mereka yg menyebut diri gembala.Tidak seharusnya ini terjadi, tapi ya sepertinya itu adalah hal lumrah dalam gereja protestan.

Ijinkan saya membagikan sesuatu kepada saudara2 Protestan,di dalam Katolik kami memiliki buku doa yg berisikan doa-doa Katolik. Hal yg oleh Protestan dituduh sebagai doa itu harus spontan gak boleh dihafal. Di bawah ini ada doa yg mungkin bermanfaat bagi saudara2 Protestan

Doa Mohon Kerendahan Hati

Tuhan, yang lemah lembut dan rendah hati, dengarkanlah aku.

Dari keinginan untuk dihargai, dipuji, dan dihormati;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.
Dari keinginan untuk terangkat martabatku;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.
Dari keinginan untuk dimintai nasihat dan jadi terkemuka;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.

Dari ketakutan untuk dihina, direndahkan, dan diabaikan;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.
Dari ketakutan untuk dijelekkan namaku;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.
Dari ketakutan untuk dilupakan, diejek, dinodai, bahkan dituduh;Bebaskanlah aku, ya Tuhan.

Semoga orang-orang lain lebih banyak memperoleh penghargaan daripada aku.
Ya Tuhan, berilah daku rahmat untuk mengharapkannya.
Semoga mereka mendapat jalan yang lancar, sedangkan aku tersisihkan.
Ya Tuhan, berilah daku rahmat untuk mengharapkannya.
Semoga mereka bertambah besar di mata dunia, sedangkan aku terbelakang.
Ya Tuhan, berilah daku rahmat untuk mengharapkannya.
Semoga mereka mendapat pujian, sedangkan aku diabaikan.
Ya Tuhan, berilah daku rahmat untuk mengharapkannya.
Semoga mereka mengatasi aku dalam segala hal.
Ya Tuhan, berilah daku rahmat untuk mengharapkannya.

(dari Madah Bakti )

bagus sih kalimat dalam doa ini bro,
tapi diakhir kalimatnya, sangat disayangkan, tidak ditutup dengan kalimat…

di “Dalam Nama Yesus kami panjatkan doa ini, Amin!!!”

kurang spesifik alamat doa yang dituju,
:slight_smile: :slight_smile: :slight_smile:

salam
TYM

Iya bisa ditambahkan. Kita semua pasti percaya akan kekuatan doa lebih dari sekedar rajin membaca kitab suci.

silahkan dibaca apa yang sy tulis broh

Saya bukan bilang ga boleh kritik atau sejenisnya

tp kalau mau dilakukan janganlah di mimbar yang harusnya hanya dipakai untuk menginjil

negur pun Firman Tuhan jelas berkata 4 mata dulu
apakah sudah dilakukan?

Matius 18:15 (TB) "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

Semoga bisa dimengerti

Alkitab sudah wanti2 bahwa dijaman akhir akan banyak ajaran sesat dan Guru sesat oleh karena itu kita harus waspada dan tidak boleh hanya berdiam diri melihat bahaya ajaran sesat yang bisa menyesatkan banyak jemaat awam yang mudah terpancing akan penyesatan.

Matius 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

Menegor saudara seiman yang ajaran dan “praktek keagamaannya” sudah keluar dari ajaran Alkitab adalah perintah dari Tuhan sendiri walau didalam keadaan apapun karena penyesatan akan membinasakan jiwa manusia didalam kekekalan yang tidak mungkin bisa diampuni lagi,dan doktrin api pencucian serta Surat Pengampunan Dosa itu hanyalah hoak belaka tidak alkitabiah.

II Timotius 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.

Khusus untuk poin ini. Poin ini didapatkan berdasarkan pengamatan dari sebuah kondisi atau situasi, bukan dari penafsiran atas ayat-ayat dalam Alkitab.

Kalau ada yg mengaku diperintahkan oleh Tuhan tetapi ternyata apa yg dikatakannya tidak terjadi jelas itu hanya nabi palsu !

Ini pandangan saya sebagai Katolik melihat perseteruan antar pendeta.

Ini sesuatu yg seharusnya tidak perlu terjadi kalau masing masing kita memiliki Kerendahan hati.Banyak menjangkit di dalam diri umat Kristen suatu Kesombongan Rohani, yg ia sendiri tidak sadari bahwa itu adalah kesombongan. Tidak hanya para pendeta, di forum ini banyak sekali yg terjangkit hal itu. Merasa diri diterangi ROH KUDUS sehingga mau menjadi guru bagi yg lain. Kadang mau menjadi hakim atas pedapat orang lain. Sebelum kita menghakimi seseorang hendaknya melihat ke dalam diri kita dahulu, sudah pantaskah kita menjadi hakim bagi yg lain? Mengapa tidak kita menjadi hakim atas diri kita lebih dahulu sebelum menghakimi yg lain?

Kesombongan adalah dosa tertua, karena ingin menyamai Tuhan Adam dan Hawa makan buah di taman Eden. Dosa mereka yang sesungguhnya adalah kesombongan. Semua dosa-dosa lain berasal darinya.kesombongan, adalah panah yang merusak Lucifer, yang paling elok dari antara para malaikat agung, dan mengubahnya menjadi iblis mengerikan dari jurang neraka.

Seorang yang rendah hati memahami dan mengampuni, bahkan jika dia menderita karena rasa sakit yang diterima. Seorang yang sombong tidak mengampuni. Dia sombong juga karena dia tak dapat menundukkan kepalanya dan berkata: ‘Bapa, aku telah berdosa, ampunilah anak-Mu yang bersalah dan malang.’

Kesombongan yg teramat dahsyat sebenarnya adalah menambahi wahyu Tuhan dengan berbagai macam tradisi yg menyimpang darinya ,serta klaim infallibilitas menyamakàn diri dgn Allah ditambah peninggian2 manusià yg tidak wajar.

Menegor saudara yg salah adalah kewajiban kristen ,sama sekali bukan kesombongan.

Pendapat ini tidak merubah pandangan saya. Bahwa tidak adanya lagi jabatan nabi dan rasul bukan berasal dari dalam Alkitab, melainkan pemahaman yang didapatkan dari pengamatan atas suatu situasi / kondisi.

Tidak pernah ada nabi maupun Rasul baru setelah Yesus naik ke Surga ,kalau ada silahkan buktikan ketimbang hoak

Para rasul tidak menjelaskan bahwa jabatan/karunia rasul dan nabi telah berakhir ketika Yesus naik ke Sorga.

Jika menurut Anda ada sebuah ayat ataupun perikop dalam Alkitab yang menyatakan ataupun dapat ditafsirkan bahwa jabatan rasul dan nabi telah berakhir, silahkan kemukakan.

Anda katakan tidak ada rasul baru setelah Tuhan Yesus naik ke sorga? Apakah Paulus bukan seorang rasul?

Paulus adalah Rasul terakhir yang dipilih oleh Tuhan sendiri dan semua Nabi dan Rasul adalah ditunjuk oleh Tuhan sebagai juru bicara-Nya dan menulis Alkitab Firman Tuhan dan Alkitab sudah lengkap dan tuntas pada tulisan kitab terakhir Rasul Yohanes yaitu Kitab Wahyu makanya tidak ada lagi jabatan Nabi dan Rasul yang bisa menambahi wahyu Tuhan.