Sidi dan Baptis Selam apa perbedaannya?

Saya dari bayi sudah di baptis di Hkbp, saya dr umur 5 thun-10 thn di bethani dan saya baru masuk HKBP(umur 11 thn) hanya 1 tahun saja yaitu tahun 2005-2006, dan saya tahun 2006-2012(umur 12thn-18 thn) pindah ke karismatik dan saya bertekad ingin baptis selam tapi ibu saya menyuruh belajar sidi,kira kira solusinya apa nih? :’(
Tolong dibantu ya friends :slight_smile: . God Bless You All :slight_smile:


Aye’ jawab pake’ gaya Betawi ya Bang…HORAS dulu ah !
1, 2, 3 dan 4…Bang Jonves kek KUTU LONCAT aja deh…bukankah semua yg Abang NEMPLOK itu (HKBP, BETHANY, Khaeismatik) emangnya ALKITAB nya BEDA2 ? Biasannya sih yg DICARI para Kutu Loncat adalah Khotbah dan Suasana yg NYAMAN dan MATCHING ama Jiwa kita…HKBP …ya ORTHODOK dan KALEM2 gaya Ibadahnya, BETHANY…ya RAME’ an sedikit pake’ Tepok Tangan…Kharismatik…itu mah SEPUPU annya Bethany, Bethel, Baptis…
Bang…Baptis Selam atau Baptis Percik…iTU mah SAMA AJA Tujuannya yg BEDA cuma CARA nya…Lagian Tuhan Allah kita itu memeriksa HATI bukan memeriksa CARA BAPTISAN yg kita lakukan ! Tahu enggak apa yg diperiksa di HATI kita semua ? Udehan punya ROH KUDUS apa kagak ??? Semua yg sudah di BAPTIS, apapun CARA nya PASTI memiliki ROH KUDUS didalam hatinya karena ITU adalah Meterai Legalisasi Allah Bapa sebagai Jaminan kita adalah MILIK-Nya dan di Adopsi jadi Anak2-Nya ! Jadi jangan kepancing Trik Promosi para Denominator atuh Bang !
Efesus 1 :
13 Di dalam Dia kamu juga–karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu–di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu. 14 Dan ROH KUDUS itu adalah jaminan … Kartu GARANSI sebagai Visa Permit masuk ke Rumah Bapa bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Nah BUNDA Abang udeh BENAR abang DISURUH ikut PELAJARAN SIDI agar si Abang itu jadi BENAR2 TAHU bahwa IMAN yg si Abang PILIH dan DAPAT benar2 IMAN yg MENYELAMATKAN bukan sekedar Agama Warisan Nang Boru semata ! Sehingga dengan PENGERTIAN dan PEMAHAMAN yg BENAR…si Abang juga BERANI BERSAKSI membagikan Injil Keselamatan bagi mereka2 yg BELUM TAHU Jalan Pulang ke Rumah Bapa…itu yg BAPA kita di Sorga ingini dari kita, Orang2 Percaya !

Yakobus 1 :
5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit–,maka hal itu akan diberikan kepadanya.
6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. 7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. 8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

9 Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah bermegah karena kedudukannya yang tinggi, 10 dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.
12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia. 13 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun.
14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. 15 Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
16 Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat! 17 Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. 18 Atas kehendak-Nya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan-Nya.

Bersambung …

Sambungan …
19 Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; 20 sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.
21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. 24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. 25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.
26 Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya. 27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.

Nah ITU lah Tujuan si Abang KUDU harus SIDI agar DEWASA dalam IMAN !! :coolsmiley: :happy0062: :happy0025:

Menurut saya sihhh… pelajari dahulu apa sih arti dari baptisan… dan bila anda ingin melaksanakannya lagi… lakukanlah apa yang menurut anda yakini…

saya setuju dengan sobat ibmagi, sebaiknya pelajari dulu deh apa arti babtisan sebenarnya baru ambil keputusan.
Yang perlu juga dipertanyakan dalam diri sobat adalah, kenapa mesti pindah2 gereja?yang pada akhirnya terjadilah kebingungan tsb. Cobalah yakinkan dulu hati sobat sebenarnya saya nyamannya di gereja mana,dan coba anda dalami lg Firman Tuhan sehingga menjadi mengerti mana sebenarnya yang BENAR dan mana yang tidak.
demikian…

Saya jg setuju dengan ibmagi
kasihsukacitaku: bukan saya pindah2 saya dulu disuruh nyokap saya ke HKBP tapi saya ga mau jd saya pilih bethani, dan setelah kelas 6 SD saya coba ke HKBP untuk turutin apa kata nyokap saya ternyata saya tidak nyaman, ya saya pindah ke karismatik kelas 1 SMP-3 SMA karna saya nyaman disana, TAPI KELUARGA SAYA AMA NYOKAP SAYA GA SETUJU SAYA IKUT KARISMATIK KATANYA KARENA WAKTU KECIL SAYA DIBABTIS DI HKBP, DAN SAYA BENAR2 BERTEKAD UNTUK TETAP DI KARISMATIK DAN BERTOBAT DAN DIBABTIS SELAM BIAR BISA FOKUS MELAYANI TUHAN :frowning: Dan sebelum dibabtis selam saya perdalam lagi apa mkna dari babtis selam :frowning:

Saya sebenarnya sudah cari referensi antara SIDI dan Babtis Selam, hanya saja saya ingin lebih tahu banyak informasi lewat forum ini dengan minta pendapat aja dari teman2 semua agar saya bisa mengerti apa yang harus saya lakukan, dan apa itu sudah benar menurut Tuhan :slight_smile: . GBU :slight_smile:

Tuh BENAR kan apa kata saya, bahwa yg anda cari adalah ke NYAMAN an karena anda merasa COCOK dan MATCHING “KLOP” di Kharismatik…jadi terusin aja Bro ditempat dimana anda merasa NYAMAN ASAL SAJA anda menjadi “BERBUAH BANYAK” melalui Tanah Gembur dan Subur di Kharismatik.
Rasanya terlalu meng ada2 karena kecilnya di BAPTIS di HKBP lalu anda harus TETAP di HKBP yg buat anda pribadi GAK NYAMAN…malahan lingkungan yg GAK NYAMAN bisa membuat anda tidak hidup subur dan berbuah banyak !
Dalam hidup kekeristenan yg BENAR malahan saya menganjurkan HIDUPLAH diatas DENOMINASI karena semua Denominasi itu yg membuat PERPECAHAN padahal di Sorga sono gak ada tuh DENOMINASI ! Denominasi itu buatan manusia jadi terlalu SONTOLOYO kalau ada UMAT yg terjebak dan membangga banggakan Denominasinya.

Saya sebenarnya sudah cari referensi antara SIDI dan Babtis Selam, hanya saja saya ingin lebih tahu banyak informasi lewat forum ini dengan minta pendapat aja dari teman2 semua agar saya bisa mengerti apa yang harus saya lakukan, dan apa itu sudah benar menurut Tuhan :) . GBU :)
Sebenarnya TUJUAN SIDI itu adalah Pengakuan Iman kita secara DEWASA istilahnya Pengakuan dihadapan para Jema'at atas KETEGUHAN IMAN yg saat anda kecil di PAKSA atau di TANAM kan pada diri anda lalu anda IKRAR kan dihadapan para Jema'at yg HADIR bahwa anda secara DEWASA, MATURE dan MATANG tetap berpegang pada Iman yg akan MENYELAMATKAN anda dari Kutuk Dosa Asal yg adalah MAUT itu ! Makanya terkadang suka dikatakan bahwa SIDI itu adalah [u][b]Baptisan Dewasa [/b] [/u] meskipun anda gak di PERCIK2 atau di SELAM lagi yg diminta adalah IKRAR dari mulut serta hati anda setelah DEWASA ! Arti BAPTIS sendiri sebenarnya SELAM lalu muncul lagi keluar dari dalam air.......makanya ada beberapa Denominasi NGOTOT LIAR meminta umatnya yg di Denominasi Lama baru di Baptis Percik HARUS diulang lagi dengan Baptis Selam. Kata mereka kalau yg dipercik cuma JIDAT nya maka entar yg naik ke Sorga cuma JIDAT nya doang.......makinan GELO kalau ada Rohaniwan yg SOK TAHU dan berani berkata seperti ITU ! Padahal MAKNA SELAM adalah menenggelamkan SIFAT dan HARKAT Diri kita yg TERKUTUK lalu saat kita keluar dari air, kita memunculkan HARKAT DIRI kita yg telah di KUDUS kan dan di LAYAK kan ( Telah LAHIR BARU) sehingga nanti di Acherat kita LAYAK dan KUDUS masuk ke Hadirat Yang Maha Kudus itu ! Rasul Paulus dalam salah satu Suratnya SUDAH menuliskan soal Baptis percik maupun Selam yg SAMA saja HASIL ACHIR nya yaitu para pelakunya SAMA2 TETAP di SELAMATKAN UTUH karena saat RAPTURE yg diberikan adalah TUBUH MULIA yg UTUH gak sepotong2 kek kata2 Khotbah Sesat itu Rohaniwan GELO ! Kita diajarkan oleh Kristus bahwa hanya yg DIBAPTIS dengan [b]Air dan Roh [/b] yg akan diselamatkan, bukan yg dibaptis dengan air saja! Maknanya dengan BAPTISAN yg berdasarkan pada PERCAYA bahwa kita memuat Dosa Asal dari moyang kita yg akan membawa kita ke Neraka, maka lalu kita membutuhkan Maha Karya Penebusan Allah untuk melunturkan/membersihkan kita dari Kutuk Maut akibat Dosa Asal itu .......... lalu kita di SEGEL pakai [u][b]Meterai Sorgawi [/b] [/u] yg disebut [b]Roh Kudus [/b] ! Itu lah PERJANJIAN KEKAL yg kita buat dengan Allah. Allah menawarkan Maha Karya Penebusan-Nya yg menyelamatkan dan kita meresponse dengan MENERIMA nya maka terjadilah DEAL dan hasilnya kita [u][b]PASTI SELAMAT ![/b][/u]

Baptis bayi anda itu kalau di Kharismatik tdk ada, yg ada penyerahan anak.
Sebabnya krn seseorg bisa dibaptis/mengaku percaya Yesus ketika sdh bisa memilih & memutuskan.
Memang beda denom akan beda pula doktrin & aturannya.

Kalau anda berniat tetap di denom sekarang, pastilah kamu akan disuruh baptis ulang (lihat perbedaan di atas).
Utk mengikuti Baptisan Air ini biasanya diwajibkan mengikuti tahap yg disebut pra baptisan dlm beberapa sesi.
Pada tahap ini calon baptisan akan diberikan pengetahuan dasar mengenai apa itu dosa, pertobatan, baptisan, apa perlunya dsb, shg akan siap utk dibaptis dan bukan sekedar basah krn dibaptis.
Itu saja sharing ku, seoga dpt memeberikan pencerahan.
GBU

Nah dalam HAL INI maka Katholiklah yg mempelopori adanya Baptis Bayi karena menurut Buku Para Santo, ada salah satu Santo yg mendapat Penglihatan untuk melakukan Baptis Bayi agar sejak kecil , ia sudah mendapat Meterai Roh Kudus dan PASTI masuk Sorga…bregitu kisah kapan dimulainya Baptis Bayi yg dulu TIDAK ADA.
Juga di Katholik ada yg namanya Sakramen Komuni Pertama dimana sejak usia 8 tahun ia wajib melakukan Sakramen itu dan mulai mendapat HOSTI Pertama meskipun ia BELUM DEWASA serta belum mengerti secara PENUH apa makna BAPTISAN itu !!
ITU yg gue’ lihat dalam keluarga gue’ (Istri ama anak2 gue’ Katholik semuanya, gue nya yg Protestan !)…jadi sedikit banyak kan gue’ juga sering HADIR di Kathedral mengikuti Sakramen ama Ekaristi yg mereka lakukan !

yup :afro:
di karismatik tidak ada baptis anak.

ketika masih kanak kanak hanya ada penyerahan anak

Sidi BUKAN BAPTIS, jadi memang berbeda.

Mereka yang mengikuti sidi sudah pernah dibaptis, biasanya waktu masih bayi. Jadi sewaktu masih bayi, orangtuanya menyerahkan anaknya untuk dibaptis, dengan mengucapkan janji untuk membimbing anak tersebut menuju kedewasaan iman. Setelah dewasa, anak tersebut kalau sudah merasa cukup maka ia akan mengaku imannya dihadapan jemaat. inilah sidi. Sidi = Pengakuan Iman.

Banyak juga yang mengatakan Sidi adalah kelanjutan dari baptisan bayi. sebab waktu bayi ia dibaptis, tetapi ia belum mengetahui apa-apa. waktu dewasalah sesudah ia mengetahui makna baptisan, ia mengakui imannya.

betul sekali

Maaf teman2 semua maksud saya penyerahan anak, maklum saya agak bingung karena kata nyokap saya itu namanya dibabtis wktu kecil :slight_smile:

Wah hebat berarti kamunya, kamu yang kristen protestan sendiri :slight_smile:

Benar bgt bro kata-kata u :slight_smile: . Pengalaman ya?

Terima kasih pencerahannya :slight_smile: . GBU too

mungkin yang dimaksud nyokap anda adalah baptis dengan percikan air. . .
dilakukan oleh bukan kharismatik

kalau babtis, itu namanya selam.

alkitab memberi contoh, dimana mereka dibabtis dengan cara di selam
Yesus juga memberi perintah, agar yang percaya untuk di babtis

babtis percik, tidak layak untuk di sebut sebagai babtisan.
karena dibabtis sendiri artinya kita mati dikubur bersama sama dengan Kritus dan bangkit bersama sama dengan Kritus

tidak mungkin seseorang dapat dikubur dengan segelas air.

bs jd :slight_smile:

betul banget :slight_smile: :afro:

Baptisan sesuai alkitab :

Cara cara yang terdapat dalam alkitab :

  1. Matius 3 : 6 lalu dibaptiskannya mereka itu di dalam Sungai Yarden, sambil masing-masing mengaku dosanya (terjemahan lama)
  2. Yoh. 1 : 28 Segala perkara itu telah jadi di Baitani, di seberang Sungai Yarden, di tempat Yahya membaptiskan orang (terjemahan lama)
  3. Yoh. 10 Lalu pergilah Ia pula ke seberang Yarden, ke tempat Yahya mula-mula membaptiskan orang, lalu tinggallah Ia di situ (terjemahan lama)

Mengapa di kerjakan didalam sungai ??

  1. Yoh. 3 : 23 Tetapi Yahya ada juga membaptiskan orang di Ainun dekat Salim, karena banyak air di situ, maka datanglah orang, lalu dibaptiskannya

Mengapa butuh air??

Matius 3 : 16 Setelah Yesus dibaptiskan, naiklah Ia dari dalam air itu dengan segera, maka terbukalah langit, lalu dilihat-Nya Roh Allah turun seperti seekor burung merpati datang ke atas-Nya

Tuihan Yesus keluar, naik dari dalam air, inbi berarti ia di celup seluruh tubuhnya kebawah permukaan air, lalu keluar dan naik dari dalam air, bukan naik keluar dasri sungai. Tuhan Yesus sendiri perlu didalam air yordan, mat. 3 : 14 Tetapi Yahya menolak kehendak-Nya sambil berkata, “Patutlah hamba ini dibaptiskan oleh Tuhanku, masakan Tuhanku datang kepada hamba!”
3:15 Tetapi Yesus menyahut serta berkata kepadanya, “Biarkanlah, karena demikianlah patut bagi kita menggenapi segala syarat agama.” Lalu diturutnya. Apalagi kita. Apakah ada orang yang terlalu mulia sehingga tidak layak “dibegitukan”?
Kalau naaman menghina untuk di celup dalam sungai yordan, ia akan kehilangan berkat yang paling besar seumur hidupnya. Untung ia bertobat dan membuang kesombongan, merendahkan diri untuk dicelup dalam Yordan seperti orang lainnya dan ia mendapat berkat surgawi yuang paling besar, ia berobah menjadi baru sama sekali. Begitu pula dengan “dicelup” dalam baptisan air, kalau sudah mengerti kebenaran ini, janganlah menghina tetapi bertobat seperti Naaman.
Kis 8 : 36 Maka di dalam berjalan itu, sampailah keduanya kepada suatu tempat yang berair; maka kata sida-sida itu, “Di sini ada air, sapakah yang menggendalakan aku daripada berbaptis?”
8:37 Maka jawab Pilipus, “Jikalau Tuan percaya dengan sebulat-bulat hati, bolehlah.” Maka ujarnya, “Sahaja percaya bahwa Yesus Kristus itulah Anak Allah!”
8:38 Lalu ia menyuruhkan kendaraan itu berhenti; maka keduanya pun turunlah ke dalam air, yaitu Pilipus dan sida-sida itu; lalu Pilipus membaptiskan dia.
8:39 Tatkala mereka itu naik dari dalam air, maka Roh Tuhan pun meraibkan Pilipus, dan sida-sida itu tiada lagi nampak dia, lalu ia berjalan pulang dengan sukacitanya sepanjang jalan.

Jadi dibutuhkan banyak air, supaya seluruh badan orang itu dicelupkan, yaitu “dikuburkan”. Jadi cara baptisan dalam alkitab adalah dengan mencelup seluruh orang itu kedalam air.
Dalam bahasa Yunani, baptisan berasal dari kata bapto = todip = dicelup (Vine’s expository of new testament words). Kalau upacara ini dari semula sudah diberi nama “dicelup” itu berarti dicelup ke dalam air.
Ditinjau dari arti rohaninya baptisan air adalah penguburan hidup yang lama
Roma 6 : 4 Demikianlah kita dikuburkan serta-Nya oleh baptisan itu ke dalam maut, supaya sebagaimana Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, sedemikian itu juga kita ini pun dapat berjalan di dalam suatu hidup yang baharu
Untuk mengubur dibutuhkan lobang yang cukup dalam dan seluruh mayat ditutup tanha. Baptisan dengan mencelup seluruh badan ke dalam air itu tepat sekali menggambarkan penguburan.
Pernahkah ada seorang yang meninggal dikuburkan sebagian sehingga leher dan kepalanya nongol di luar??

Demi nama siapa??
Nama ini penting. Baptisan Yohanes itu sama seperti baptisan yang dsiperintahkan Tuhah Yesus, tetapi tanpa nama. Justru karena itun harus diulangikarena nama Tuhan Yesus Kristus sudah dinyatakan.

Kisah 19 : 3 Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.”
19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.
19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Jadi harus dibaptis dalam nama Tuhan Yesus
Kisah 2 : 38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
Jadi harus dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
Matrius 28 : 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus

Menolak baptisan air berarti menolak Allah. Allah juga akan menolak mereka. (orang parisi dan fakih menolak kehendak Allah atas dirinya sendiri.)
Menerima baptisan air tanpa nertobat, itu menipu Allah dan penipu tidak akan masuk kerajaan sorga.
Menerima baptisan air berarti mengambil keputusan untuk mau menjadi hamba dan tuan kebenaran yaitu Firman Allah.
Karena itu baptoisan air harus diikuti oleh ketaatan setiap hari, terus menerus berjalan dipimpin ROH, sehingga HIDFUP BARU menjadi pengalamanmasing masing kita dengan kemuliaan kesucian Allah yang lebih hari lebih meningkat terus.