Sidi dan Baptis Selam apa perbedaannya?

:afro: jannet :smiley: demikianlah sepatutnya kita menggenapi kehendak TUHAN

Ada 2 comment:

  1. Kalo saya dibaptis percik (saya sudah percaya Yesus sungguh2), dan tidak dibaptis selam, apakah saya tetap bisa masuk surga.
  2. Kayaknya contoh tentang Naaman gag bisa disetarakan dgn baptisan deh. Unsur tujuan dari masuknya dia ke sungai beda, unsur pertobatannya juga nggag jelas.
    Mohon pencerahan.

Saya sarankan TS masuk ke gereja protestan aja, karena pembelajaran alkitabnya lebih detail kecuali ts tertarik dengan janji mujizat2 dan bahasa roh. Semuanya cukup imani saja tanpa pembelajaran firman secara detail.

Reformed adalah gereja terbaik untuk belajar Firman Tuhan, karena setiap ayat dibahas dengan detail sampai ilmu filsafat agama lain juga dipelajari.

baptisan tanda pertobatan, meninggalkan ‚Äúpola hidup lama‚ÄĚ dan menjadi lahir baru.
setelah menjadi ‚Äúlahir baru‚ÄĚ teruslah bertumbuh dalam iman dan percaya kepada KEBENARAN FIRMAN TUHAN, jangan tetap tinggal di ‚Äúposisi lahir baru‚ÄĚ aja.

apakah yang dilakukan olen Naaman ??
dia disuruh oleh Elisa unguk menceburkan dirinya dalam sungai yordan, karena dia mengidap sakit kusta.

2 Raja 5 : 10 Elisa menyuruh seorang suruhan kepadanya mengatakan: ‚ÄúPergilah mandi tujuh kali dalam sungai Yordan, maka tubuhmu akan pulih kembali, sehingga engkau menjadi tahir.‚ÄĚ

2 raja 5 : 14 Maka turunlah ia membenamkan dirinya tujuh kali dalam sungai Yordan, sesuai dengan perkataan abdi Allah itu. Lalu pulihlah tubuhnya kembali seperti tubuh seorang anak dan ia menjadi tahir.

Jadi baptis selam ato percik gag masalah dunk selama kita sudah lahir baru dan terus ‚Äúmengerjakan keselamatan kita‚ÄĚ
Jadi contoh tentang Naaman gag ada kaitannya dgn baptisan dunk? Kan Naaman nyemplung duluan baru percaya. Sedang kita kan percaya duluan baru nyemplung Gitu?

Yesus di baptis di sungai yordan,
apakah dia di percik ?

naaman gak ada hubungan dengan baptisan.
naaman mencelupkan dirinya sampai 7 kali sesuai perintah Elisa. kemudian terjadilah kesembuhan yang ajaib.

silahkan kamu baca :

sidi berbeda dgn baptis selam…
baptis selam maupun percik sama saja…
baptis percik sudah sesuai dengan alkitab…

Nah INI contoh seorang Penafsir SONTOLOYO yg hanya melihat kata BAPTIS/SELAM cuma dalam bentuk FISIK saja bukan dalam bentuk ROHANIAH…
Tuhan Allahku mah gak pernah mau melihat CARA BAPTIS yg diterima anak anak-Nya tetapi meneropong jauh kedalam Hati dan Batin manusia…makanya pada Hati dan Batin manusia juga Ia menulis dan meletakkan Taurat-Nya !

Yeremia 31 :
33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

:tongue:

Bro LILIPUT ngelihat secara ROHANIAH pegimana?
Semedi dulu yeh…

Ha ha ha elo mah hatinya SOMPLAK gak UTUH sih seperti gambar avatar yg elo pakai ! Makanya elo kebingungan bagaimana yg dimaksud dengan ngelihat secara Rohani…elo pernah dengar istilah Telinga Rohani, Mata Rohani,…
Apalagi kalau pakai cara SEMEDI segala…gak lama elo jadi DUKUN deh sambil mulut komat kamit terus sembur2 air… :happy0062: :happy0062:
Bukankah gue udeh nulis HAL ITU secara panjang lebar dan dimengerti oleh TS nya dan ditulis ulang di Halaman sebelum yg ini di Reply 12, sbb…gue Ungguh sedikit sesuai yg elo ingini, bro…

Arti BAPTIS sendiri sebenarnya SELAM lalu muncul lagi keluar dari dalam air…makanya ada beberapa Denominasi NGOTOT LIAR meminta umatnya yg di Denominasi Lama baru di Baptis Percik HARUS diulang lagi dengan Baptis Selam. Kata mereka kalau yg dipercik cuma JIDAT nya maka entar yg naik ke Sorga cuma JIDAT nya doang…makinan GELO kalau ada Rohaniwan yg SOK TAHU dan berani berkata seperti ITU !
Padahal MAKNA SELAM adalah menenggelamkan SIFAT dan HARKAT Diri kita yg TERKUTUK lalu saat kita keluar dari air, kita memunculkan HARKAT DIRI kita yg telah di KUDUS kan dan di LAYAK kan ( Telah LAHIR BARU) sehingga nanti di Acherat kita LAYAK dan KUDUS masuk ke Hadirat Yang Maha Kudus itu !
Rasul Paulus dalam salah satu Suratnya SUDAH menuliskan soal Baptis percik maupun Selam yg SAMA saja HASIL ACHIR nya yaitu para pelakunya SAMA2 TETAP di SELAMATKAN UTUH karena saat RAPTURE yg diberikan adalah TUBUH MULIA yg UTUH gak sepotong2 kek kata2 Khotbah Sesat itu Rohaniwan GELO !
Kita diajarkan oleh Kristus bahwa hanya yg DIBAPTIS dengan Air dan Roh yg akan diselamatkan, bukan yg dibaptis dengan air saja! Maknanya dengan BAPTISAN yg berdasarkan pada PERCAYA, … bahwa ubuh kita memuat Dosa Asal dari moyang kita yg akan membawa kita ke Neraka, maka lalu kita membutuhkan Maha Karya Penebusan Allah untuk melunturkan/membersihkan kita dari Kutuk Maut akibat Dosa Asal itu … lalu kita di SEGEL pakai Meterai Sorgawi yg disebut ROH KUDUS !
Itu lah PERJANJIAN KEKAL yg kita buat dengan Allah. Allah menawarkan Maha Karya Penebusan-Nya yg menyelamatkan dan kita meresponse dengan MENERIMA nya maka terjadilah DEAL dan hasilnya… kita PASTI SELAMAT !

Begitu Bro yg gue tahu dari Alkitab …!!

MazacK & liliput

biar adil & adem kalian berdua berenang saja dulu ya… ngga usah semedi2an

:smiley:

Saya nulis tentang Naaman karena ada yang posting tentang Naaman, setelah saya cari2 lagi kok gag ada ya. Apa saya salah baca?
Yesus memang dibaptis di sungai Yordan, tapi kan bukan berarti kita harus dibaptis di sungai (apalagi di sungai Yordan :slight_smile: )
Rasanya kok gag ada bukti bahwa waktu Yesus itu dibaptis itu diselam ya. Bisa saja kan Yesus cuman berdiri di sungai setinggi pinggang lalu disiram oleh Yohanes pake cawan. Kayak diurapi gitu lho. Mungkin gag ya?

inilah makna rohaninya :

Dalam bahasa Yunani, baptisan berasal dari kata bapto = todip = dicelup (Vine‚Äôs expository of new testament words). Kalau upacara ini dari semula sudah diberi nama ‚Äúdicelup‚ÄĚ itu berarti dicelup ke dalam air.
Ditinjau dari arti rohaninya baptisan air adalah penguburan hidup yang lama

Roma 6 : 4 Demikianlah kita dikuburkan serta-Nya oleh baptisan itu ke dalam maut, supaya sebagaimana Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, sedemikian itu juga kita ini pun dapat berjalan di dalam suatu hidup yang baharu
Untuk mengubur dibutuhkan lobang yang cukup dalam dan seluruh mayat ditutup tanha. Baptisan dengan mencelup seluruh badan ke dalam air itu tepat sekali menggambarkan penguburan.
Pernahkah ada seorang yang meninggal dikuburkan sebagian sehingga leher dan kepalanya nongol di luar??

Setahu saya kok asal kata baptis itu kok ‚Äėbaptiso‚Äô ya, apa saya salah belajar ya?
Kalo saya baca konteks Roma pasal 6: 1-3 terutama ayat 3, disitu Paulus (menurut saya) gag cerita tentang prosedur ‚Äėbaptisan secara fisik/upacaranya‚Äô, tapi makna rohani dari baptisan. Jadi kata kunci ayat 3 bukan ‚Äėdibaptis‚Äô tetapi ‚Äėdalam Kristus‚Äô yang kemudian diterangkan lagi dgn ‚Äėdalam kematian-Nya‚Äô. Sehingga ayat 4 menerangkan tentang ‚Äėdibaptis dalam Kristus dalam kematiannya‚Äô, bukan tentang ‚Äėprosedur baptisnya‚Äô tetapi makna rohani dari baptisan yang diumpamakan dgn ‚Äėkematian lalu kebangkitan‚Äô. Gimana, setuju gag?

Susah ya Bro…kalau nemu orang yg udeh Keracunan Ke Sesat an.…bawaannya NDABLEG terus deh ! Dibilangin TETAP NGOTOT gak mau belajar dan BERUBAH …padahal ber kali2 Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk meninggalkan Hidup yg Lama dan masuk ke Hidup yg Baru…
Disini kita nemu ada 2 Orang yg kek gitu tuh… :mad0261: :coolsmiley:

baca :

Roma 6 : 1 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?
2 Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?
4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

silahkan anda renungkan dengan baik baik. . . . .

Ya betul, ayat ini kalo bagi saya ini berarti kalo kita menerima Yesus kita dibaptis dlm Yesus (bukan tentang upacara) sehingga kita dibaptiskan dalam kematiannya,dst. Jadi tidak menerangkan tentang prosedur upacara baptisan.
Untuk membantu saya, bisa gag anda memberi referensi 2, 3 ayat yang menggunakan kata ‚Äėbapto‚Äô ato ‚Äėbaptiso‚Äô , dimana ayat itu mendukung arti bahwa baptis itu sama dengan ‚Äėselam‚Äô. Tq.

Baptisan sesuai alkitab :

Cara cara yang terdapat dalam alkitab :

  1. Matius 3 : 6 lalu dibaptiskannya mereka itu di dalam Sungai Yarden, sambil masing-masing mengaku dosanya (terjemahan lama)
  2. Yoh. 1 : 28 Segala perkara itu telah jadi di Baitani, di seberang Sungai Yarden, di tempat Yahya membaptiskan orang (terjemahan lama)
  3. Yoh. 10 Lalu pergilah Ia pula ke seberang Yarden, ke tempat Yahya mula-mula membaptiskan orang, lalu tinggallah Ia di situ (terjemahan lama)

Mengapa di kerjakan didalam sungai ??

  1. Yoh. 3 : 23 Tetapi Yahya ada juga membaptiskan orang di Ainun dekat Salim, karena banyak air di situ, maka datanglah orang, lalu dibaptiskannya

Mengapa butuh air??

Matius 3 : 16 Setelah Yesus dibaptiskan, naiklah Ia dari dalam air itu dengan segera, maka terbukalah langit, lalu dilihat-Nya Roh Allah turun seperti seekor burung merpati datang ke atas-Nya