Sikap Jusuf Kalla Terhadap GKI Yasmin

Saya harap semua umat kristen membaca hal ini sebagai pertimbangan dalam pemilu.

Ini adalah sikap seorang salah satu wakil presiden Indonesia, Jusuf kalla, yang dikabarkan akan mencalonkan diri kembali sebagai calon wakil presiden di 2014 ini.

Inilah Sikap Tegas Jusuf Kalla Soal Gereja di Depan 700 Pendeta Ahad, 03 Mar 2013

JAKARTA (voa-islam.com) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla bicara soal toleransi 56.000 gereja, itulah tema sebuah kiriman Broadcast BlackBerry Messenger yang banyak tersebar dan diterima redaksi voa-islam.com.

Isi dari pesan tersebut mengisahkan Jusuf Kalla yang kini menjadi Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang menanggapi secara tegas pertanyaan tentang GKI Yasmin, Bogor di hadapan 700 ratus pendeta. Ia juga berbicara soal toleransi yang harus berasal dari kedua belah pihak. Berikut ini kutipan lengkap kisah Jusuf Kalla yang berani bersikap tegas di hadapan para pendeta.

Jumat sore kemarin (1/3/2013), Pak Jusuf Kalla memimpin rapat DMI. Sehabis Magrib beliau cerita bahwa baru saja ceramah di Makasar dalam konferensi gereja dihadapan 700 pendeta. Dalam sesi tanya jawab ada yang tanya tentang gereja di Yasmin (GKI Yasmin- red.) Bogor beliau menjawab: “Anda ini sudah punya 56.000 gereja seluruh Indonesia tidak ada masalah, seharusnya berterima kasih, pertumbuhan jumlah gereja lebih besar daripada masjid, kenapa urusan satu gereja ini anda sampai bicara ke seluruh dunia?”

“Toleransi itu kedua belah pihak, anda juga harus toleran. Apa salahnya pembangunan dipindah lokasi sedikit saja, Tuhan tidak masalah kamu mau doa di mana. Izin Membangun gereja bukan urusan Tuhan, tapi urusan Walikota,” begitu khasnya Jusuf Kalla dengan nada yang tinggi.

Kemudian Jusuf Kalla bercerita lagi, bahwa dalam konferensi gereja di hadapan 700 pendeta Pak Jusuf Kalla juga ditanya: “Mengapa di kantor-kantor mesti ada masjid?”

Dengan tegas JK menjawab: "Justru ini dalam rangka menghormati anda. Jumat kan tidak libur, anda libur hari Minggu untuk kebaktian. Anda bisa kebaktian dengan 5 kali shift, ibadah Jum’at cuma sekali. Kalau anda tidak suka ada masjid di kantor, apa anda mau hari liburnya ditukar; Jum’at libur, Minggu kerja. Pahami ini sebagai penghormatan umat Islam terhadap umat Kristen,” tegas Jusuf Kalla.

Tentu saja kisah Jusuf Kalla yang begitu berani mengambil sikap tegas itu jelas membuat kagum umat Islam yang mendengarnya. Namun demi memperoleh kebenaran cerita tersebut jurnalis voa-islam.com mengkonfirmasi ustadz Fahmi Salim yang turut serta dalam rapat DMI bersama Jusuf Kalla.

Wakil Sekjen MIUMI tersebut akhirnya membenarkan cerita Jusuf Kalla tersebut. “itu betul, disampaikan bapak Jusuf Kalla saat rapat di DMI Jum’at sore kemarin. Jadi beliau menceritakan apa yang disampaikan saat diundang oleh sinode gereja di Makassar,” kata ustadz Fahmi Salim, kepada voa-islam.com, Ahad (3/3/2013).

Semoga sikap bijak dan tegas Jusuf Kalla itu bisa dicontoh oleh para pemimpin, tokoh maupun negarawan yang lain. Jangan sampai demi meraih simpati minoritas seorang Muslim menanggalkan pembelaannya terhadap kepentingan umat Islam.

Sumber: hxxp://m.voa-islam.com//news/indonesiana/2013/03/03/23469/inilah-sikap-tegas-jusuf-kalla-soal-gereja-di–700-pendeta/

Yusuf kala sudah keluar dari radar Capres/Cawapres. Yg bersangkutan sudah menjadi bagian dari masa lalu serta akan ditinggalkan dan dilupakan. Apa pun sikapnya adalah hanya akan bersifat lokal/pribadi/kelompok saja, dan juga posisi sikapnya tdk lagi memiliki kekuatan hukum dan politis yg bisa membawa dampak ataupun mendorong angin perubahan.
.
Seandainya pun yusuf kala bersikap sebaliknya, kondisi gereja yasmin dan juga nasib kaum minoritas tetap saja tdk akan berubah keadaan dan statusnya. Jadi bukanlah suatu hal yg penting lagi soal apa dan bagaimana sikap seorang yusuf kala.
.
Yusuf kala saat ini hanya jadi penggembira dan pemanis saja di kancah percaturan politik indonesia saat ini, tak ubahnya seperti Rhoma Irama. Yang mana keberadaannya memang ada tetapi dianggap tidak ada oleh rakyat pemilih, dikarenakan fokus rakyat indonesia saat ini hanya tertuju pada tokoh2 muda dan baru, serta melupakan mereka2 yg telah menjadi bagian dari masa lalu.

Bagaimana kalau misalnya ada revival di partai itu?
Teruz memang ada capres/cawapres beneran anak.Tuhan (bukan kristen, tapi bener2 anak Tuhan)

Klo revivalis, dari Partai Golkar saya pribadi melihat belum ada atau benar2 dikatakan nggak ada yang nongol.

Cawapres yang beneran anak Tuhan ya cuma pak Hary Tanoe yang diusung ama Partai Hanura. Mksd Sista yang macam mana ? Anak Tuhan kok bukan pengikut Kristus ? Sy teh bingung dengan tulisan sodari…

justru bukan hanya Jusuf Kalla yang harus diwaspadai, tetapi juga partai yang pernah mengusung nya…

karena dengan begitu kita tahu, bahwa partai itu satu suara dengan Jusuf Kalla

Lucu, dia ga memasukkan mushola dalam perhitungannya, apa mushola juga ga bisa dikatakan sebagai tempat ibadah? dan wajar juga bila pertumbuhan gereja lebih besar daripada pertumbuhan masjid dll, itu karena jumlah masjid dll sudah mencapai titik jenuhnya. Well kalo masalah hari minggu, di ganti hari libur ke hari jumat juga ga masalah, tinggal pindah aja kebaktiannya ke hari itu

Saya tidak setuju dengan Anda. Tidak ada alasan historisnya jika kita pindah ibadah di hari Jumat. Sepertinya, itu masalah sepele. Setuju ibadah hari Jumat, bisa ditafsirkan kita setuju juga kalo hari Jumat tu hari yang sakral. Itu sama saja dengan tunduk pada budaya Kedar dan Nebayot. Kita harusnya tunduk pada kebiasaan rasul2.

Jadi hilang simpati ku pada beliau , ill fill
kalau hukum negara mengatakan boleh , kenapa sampai di daerah dilarang ??
ini negara kesatuan atau negara federasi atau negara kacau balau
yah eyalahhh sampai Internasional lah wong saudara2 sebangsa sudah tidak bersahabat kok , sampai Internasional aja tetep gak di gubris
ini negara hukum apa negara gerombolan ??

Kepada semua CALON2 telah banyak kita ketahui tentang sikap2 dan ceritanya namun yang paling penting AKSINYA itu MANA, MANA, MANA ?

Tidak jarang di sekolahan, kampus, perkantoran, dan tempat peristirahatan jalan tol ada masjid (bukan sekedar mushola) yang dibangun dengan megah. Apakah itu dibangun dengan prosedur perijinan sesuai SPB? Apakah harus ada 90 orang yang akan menggunakan masjid tersebut? Sudahkah minta persetujuan 60 orang warga sekitar? Kenyataannya, di masjid tersebut yang beribadah bukan warga sekitar. Apalagi yang di jalan tol, kebanyakan pengguna jalan tol yang sedang singgah beristirahat, bukan warga sekitar bahkan berasal dari luar daerah.

Saya mah sedih mengetahui beliau begitu naif. Saya yakin, beliau paham betul arti toleransi. Sebenarnya, toleransi yg dimaksudnya adalah kedok dari kekhawatiran yg tak berdasar, hanya opini yg bersumber dari ajaran.

kita berdoa, semoga gereja-gereja yang dalam penindasan oleh tokoh politik mana pun tetap bertahan hingga pada kesudahan nya dan tetap rindu mencari kebenaran Firman Tuhan di tengah gencar nya pekerjaan iblis menyusup dan menyesatkan gereja dengan ajaran nya yang terlihat rohani…

jadi kelanjutan kasus GKI Yasmin ini gimana ya??ada yg tau perkembangan terakhirnya?

mereka tetap tidak diperkenankan ber gereja di sana , setiap minggu nya mereka “numpang” ibadah di gereja tetangga , atau ibadah secara underground di tempat2 lain , sedih memang
tapi semakin ditindas pertumbuhan ke kristen an semakin pesat “penindasan” itu seperti “pupuk kandang” yang semakin menyuburkan ke kristen an >> sejarah

HIIII… APA sih yng menjadi menonjol dari JK ini…?? dari dulu ( sbg wakil pers ) dan sekarang sebagai warga sipil biasa ( yang berpolitik praktis )…?? Sama sekali tidak punya nilai khusus menurut hemat saya…Hanya beliau bisa ahli berperan pragmatis mencitrakan diri seperti apa bgitu…, sesuai yng diinginkan sikon. Tapi itu artinya beliau bisa bersikap dan berperilaku seperti bunglon…yaitu pandai memanfaatkan situasi. Apalagi jika beliau berdiri dalam komunitasnya dan diperhadapkan pada persoallan diluar komunitasnya, Maka disitu kita bis aangsung melihat belangnya dan Beliau berdiri membela siapa, pasti komunitasnya. Apa artinya ini…?? artinya seseorang demi keuntungannya sendiri dapat sudi berbuat ( tega ) demi mencari muka ( popularitas pribadi…maaf ) pada komunitasnya dan berbicara frontal menentang pandangan diluar komunitasnya. Itulah pada dasarnya kharakter pribadi pa JK menurut hemat saya selam ini saya amati sepak terjangnya di NKRI ini.

Soal integritas…??? hehehe…apalagi ini.??..sama sekali nilainya nol besar…Nihil nilainya untuk suatu konteks kesetiaan…Wong dari berbaju kuning pohon beringin saja , lhaa sekarang rela berganti baju menjadi pengikut cak imin gitu kok…ehhh demi berhasrat dan bermimpi menjadi RI 1 bgitu…hehehe

Yahh…itulah manusia indon yang masih berdiri hidup diranah politik…!!! Miskin kesetiaan…apalagi satria…?? NOL…
Yang penting berani ngomong besar berkoar saat di minta untuk tampil berbicara di muka forum…!!!

Jadi…?? manalah mungkin JK punya wacana yang baik dan suci jika berbicara masalah gereja…?? NON SEN…!!

So…?? jangan banyak berharap pada JK, karena dia hanya seorang manusia biasa…dan tidak punya kemampuan apa-apa…yng khususu dan lebih, jikapun dibandingkan dng SBY…Berharaplah KITA TERUS tetep pada Tuhan YESUS KRISTUS unt masalah Gereja Yasmin di Bogor dan yang lainnya.

Salam …

wew

wah Jusuf Kalla malah jadi cawapres Jokowi :frowning:

Dalam perpolitikan, bahkan dalam kehidupan pada umumnya, pilihan yang dianggap buruk akan tampak lebih baik apabila dibandingkan dengan yang lebih buruk.

Nah, tinggal pilih, Jokowi - Jusuf Kala, atau Prabowo - Hatta Rajasa, yang didukung oleh PKS, PBB, PAN, dan semua ormas Islam.

Pilihlah yang paling sedikit masalah, dibanding yang banyak masalahnya.
He he he he

[email protected]

Berarti sudah jelas bukan…?? mana yang harus anda pilih jika anda seorang KRISTEN…??

PILIH JOKOWI…yahh ada Jk yng menentang Berdirinya Gereja…

Milih PRABOWO…yahh ada PKS…yang anti Kristen…Hehehehe…lalu…???

Apakah disitu sebagai orang Kristen lantas anda merasa makan buah simalakama,saat PILPRES 2014 nanti…??

Jadi apa yang menjadi landasan anda bahwa anda harus ikut berkontribusi dalam PILPRES 2014 nanati…?? Jika anda menyandang atrubut sbg orang kristen…??

Salam GBU…