SNMPTN, UI, OM JESZ, & STRES

:’(
" Maap sebelum nya … aku anak ABG plus ABABIL dari kota seberang mau curhat sikit2 :rolleye0014:"

Sebenernya sih butuh pendapat juga dari temen2 FK disini yang iman nya kuat…
Aku lagi di ombang - ambing. Udah lama sih, pokoknya dua kali natalan , taun baruan…rasanya hambar.
Aku juga orangnya agak perfeksionis … Sehingga kalau ada kesalahan yang aku lakukan dan ada yang mengecewakan buat aku .
Aku pun refleks … ingin memukul diri sendiri. Aku orangnya sadomasochism… <= Self Injury mental disorder
Tapi, puji tuhan akhir2 ini aku udah redam keburukan itu (SI)

Aku sekarang kelas 3 SMK jurusan perhotelan.
I was great and still, in academic. Tapi aku malah milih SMK abal-abal yang sekarang udah gak mungkin aku sesalin.

Sekarang aku menempuh ujian berat. (gak berat2 amat sih kalo dibandingin sama yang di kolong jembatan)
Mama ku gak di rumah, beliau kerja …(privasi). So, aku yang masak dan jadi Anak Rumah Tangga
Kedua , aku harus bisa lulus dengan nilai bagus “my own self’s instruction siih” – di UN SMK maupun Ujian Praktek
Ketiga, Aku les bimbel dengan biaya yang gak sedikit supaya bisa masuk ke PTN UNIVERSITAS INDONESIA
Keempat… The last thing but the most !!
I have no idea with my faith… I get lost contact with Om Jesz . dan emang udah sejak lama.

Aku coba kuat untuk berdiri sendiri… tapi gak bisa
Aku serahin diri ke Tuhan… bentaran nya udah lupa lagi … gak inget doa. dll
Aku inget … “helloo! Kuasa doa tuh keren dahsyat luar biasa kaleeee!” aku camkan dan aku imani hal itu didalam hati aku, tapi aku gak mau berdoa
karna aku ngerasa gak layak… The communication between me and God was very beautiful , dan entah karna apa … (PKL dan … kemalasan mungkin.) Dan aku juga gak mau berdoa… meskipun percaya hal itu. Aku pun menjauh dari Tuhan seiring berjalannya waktu

I do believe, that UI isn’t impossible for me.
Meskipun emang aku juga suka uring2an sama jadwal hidup ku yang berantakan… gak nentu dan (labil) kadang kebanyakan nyantai, giliran mepet SKS (Sistem kebut semalam)
Tiap kali aku males, kerjaan di rumah, sekolah, atau les gak beres … pasti aku nyesel dan uring2an
Belum lagi aku orangnya doyan ngaret …
Ya Tuhan…

GIMANA MUNGKIN AKU BISA MASUK UI …
KALAU JADWAL HIDUP KU GAK BERES…
KALAU FISIK KU NAIK TURUN GAK NENTU…
KALAU PELAJARAN ANAK SMA IPS GAK AKU KEJAR?? AKU BELAJAR PELAJARAN MEREKA YANG 3 TAHUN DALAM WAKTU 3 BULAN LAGI APA BISA???
KALAU AKU…
masih terus menjauh , makin menjauh , dan melanggar semua titah Mu

:ashamed0004: Tolongin ya temans … yang punya pendapat tolong pakai kata2 yang halusan dikit… jangan men-judge dan kalau perlu , bertanyalah…
Soalnya aku lagi berkecamuk, penuh emosi sama diri sendiri dan dipeluk2 setan melulu … Jadi bantu aku melawan mereka dengan kata2 yang teduh

Namaste

Seperti nya itu sudah menjawab? :stuck_out_tongue:

Aku baru tau loh kalau self injury termasuk S&M, ku pikir S&M kaitannya tntg kinky stuff in bed aja hehe.

Well, I cant really say much about your faith; Im still :s :s my self. Yang pasti ketika km merasa malas, coba diinget aja target mu / tujuan mu apa? Km sendiri sudah tau apa yg km mau, thats good yes. Tinggal dilaksanakan saja (bagian paling susah banyak godaannya :char11:).

Aku gak tau sih masalah melanggar titah ato apalah bisa bikin km jadi malas ngapa"in (atau cuman pembenaran aja nih haha). Tapi apapun yg terjadi semua itu tergantung diri mu. Km sendiri yg memutuskan bisa apa tidak, bkn orang lain Jeng… :slight_smile:

pergumulan melawan diri sendiri yahhhh… hmmm… yang bisa dan mengerti adalah diri sendiri juga… yang penting disini adalah… mau mengutamakan ego sendiri atau TUHAN…??? itu semua pilihan sis sendiri… bila ingin mengutamakan TUHAN… TUHAN akan menerima siapa saja tanpa kecuali… bila sis mau datang padaNYA… dari yang saya lihat… sis masih mengutamakan ego… dan ego adalah sangat bertolak belakang dengan kehendak TUHAN… sooo… apa yang bisa sis lakukan untuk memperbaikinya…??? komitmen adalah sangat penting… dan tidak boleh dilanggar…

Semoga bermanfaat …
TUHAN YESUS memberkati…

Setuju sama dua teman diatas saya :slight_smile:

Tuhan Yesus sedang menunggu Cronika di muka pintu hatimu, tinggal kamunya jangan keraskan hati tetapi segera sambut Dia dengan hati yang tulus…

Salam

Shalom Cronika,

saya coba membantu permasalahanmu ya seperti rekan2 diatas,

Masa-masa seumuran dirimu sekarang merupakan masa yang sangat indah. Jujur jika diizinkan, saya pribadi pengen kembali ke masa2 seperti itu. Masa-masa ketika mempersiapkan diri untuk masuk kulah, dimana tempat impian2 yang indah akan masa depan, yang kadang idealis. so exited!!!
Dari cerita2 mu diatas, saya ingin membagikan beberapa masukan :

  1. Bersyukur. satu hal yang dirimu harus milki adalah perasaan syukur untuk segala sesuatu yang dirimu miliki saat ini. Bayangkan, kamu memiliki orang tua (ibu) yang mencari nafkah sehingga kamu dan sdr-mu bisa bersekolah, bahkan hingga ke PT. Kamu memliki kemampuan akademik, itu sangat baik. Terlihat kamu memiliki semangat dan keinginan yang sangat besar untuk maju, itu adalah aset yang sangat besar, pelihara itu, saya yakin ini tidak lepas dari didikan yg baik dari orang tuamu.

  2. Disiplin. Chronika, tidak ada kesuksesan tanpa ada kedisiplinan. Sepandai apapun dirimu, setinggi apapun cita-citamu, tanpa kedisiplinan, maka semuanya hanya bayangan2 saja, tidak pernah terealisasikan. Kedisplinan tidak lepas dari fokus pada komitmen, kalau punya target hidup, misalnya kulah di UI, maka pikirkan cara2 yang efektif dan efisien untuk meraih itu, lalu jalankan cara2 itu dengan penuh komitmen, tidak pedul mood, kemalasan yang melanda, tetap harus dilakukan. Fokuslah untuk meraih target yang ada didepanmu. Ini berlaku juga untuk kehidupan kerohanianmu. Saya percaya, dirimu sudah banyak mengetahui kebenaran alkitab, termasuk kehidupan doa, maka fokus lah pada komitmen hidup dalam doa.

  3. Belajar untuk dewasa. Sebentar lagi, dirimu akan memasuki dunia perkuliahan, yang tentunya sangat berbeda dengan dunia high school, apalagi jika nanti hidup jauh dari orang tua (indekos dsb). Banyak anak2 seusiamu ketka memasuki dunia perkuliahan, menjadi kaget, karena iklim pergaulan dan banyak hal lainya yg sangat berbeda. Banyak yang dulu bright star ketika sekolah, kesulitan mengikuti masa2 kuliah. Banyak pula yang salah pergaulan. Ingat, dunia perkuliahan adalah miniatur menuju real life, dan untuk bisa sukses di real life dibutuhkan sikap hidup dewasa. Bagamana hidup dewasa itu? coba liat aja anak2 TK/SD, bgm sikap mereka menaggapi permasalahan seperti apa, maka lihatlah kebalkanya.

  4. Percaya diri. Sehubungan dengan targetmu yang sebentar lagi mau ujian kelulusan, dan masuk UI, maka satu hal yang sangat perlu untuk dimilki adalah kepercayaandiri. Orang yang percaya diri, mampu mengukur kemampuanya sendiri, dan menaksir-naksir ketercapaian segala targetnya. Orang yang percaya diri tidak akan ciut nyalinya, ketika menghadapi masalah dan tantangan, tidak peduli saya dari SMK abal-abal dari kota nun jauh di sana, saya akan mampu berusaha untuk bersaing dengan ribuan siswa lain untuk masuk UI, saya bisa!!!. amin.

  5. Serahkan dirimu lebih lagi kepada Tuhan YESUS, taruh semua masalah, impian, dalam doa yang sungguh2 kepada Tuhan kita YESUS KRISTUS, Bangun relasi yang lebih kuat dengan Dia, Ijinkan Dia menjadi nakhoda dalam kehidupanmu, Kita hanya bisa berusaha semampu-mampunya, namun kendali akhir hanya kehendak Tuhan lah yang terjadi.

Semoga membantu, sukses buatmu Cronika,
Tuhan YESUS menyertai mu.

wah, mau ikut snmptn yah. Soalnya susah2, tapi jangan menyerah ikuti aja. Selalu mengandalkan Tuhan dan belajar keras selama masih ada kesempatan. Semangat…:):):):slight_smile:

Aku juga 1,5 tahun depan mungkin akan ikut SNMPTN ujian tulis, kalo ga masuk SNMPTN undangan… Peluang undangan kecil, karena nilai beberapa mapel dah mentok…

@Fairytale Makasih ya kak jeng :afro: Ya, aku tau. Everything’s depend on me, … That’s why I asked for your help. And thanks for stopped by dan ngasih aku wejangan yang bergunaa… Karna aku emang kurang suka dengerin nasehat papa dan yg lainnya yang terlalu nge-judge abis itu nasehatnya berentet , ujung2nya ngehina aku. Padahal bukan itu yang aku butuhkan. Masalah titah … I said … How can I be in UI if I’m not in your way God with ur 10 rules? That’s it. Maksud ku … titah2nya Tuhan aja gak aku kerjain… gimana aku mau masuk UI … :ashamed0004: Tuh kan , aku nya galau lagi, Maacih ya (^^)/

Ya , temans … makasih yah . Udah mau nanggepin curhatan ku yang “kurang asem” ini ~
soalnya aku gak tau musti cerita ama manusia mana … pasti mereka bosen dan gak suka topik ku tentang beginian…
Luckily, I found this forum with blessing people like you (and the other) …
Dan trims, karna udah ngasih aku kaca buat liat disisi mana aku sekarang bediri. Tadinya ku kira , aku lagi sendirian. Tapi justru di mata orang lain, aku yang terlalu egois mengasingkan diri dari Tuhan.
Aku udah dateng ke Tuhan dalam doa. Aku menangis dan aku percaya Dia dengar itu. . .
Tapi udahannya … aku gak berobah . Hahaha :ashamed0004: emang dasar , maunya yang praktis
tinggal Tuhan tring … langsung berobah kayak kodok jadi pangeran…
Thanks ya lbmagi

Makasih kak Budiman … :onion-head7: I’m feeling fresh by your persuading words… Tuhan menunggu aku??? :onion-head16: Aaaach … maca cihhh? :onion-head30:
Iya kak, susah banget deh rasanya bergumul dengan diri sendiri … Sambut Dia dengan hati yang tulus ya kak?
Hmmm :tuzki70:

Shalom Cronika,,

saya coba membantu permasalahanmu ya seperti rekan2 diatas,

Masa-masa seumuran dirimu sekarang merupakan masa yang sangat indah. Jujur jika diizinkan, saya pribadi pengen kembali ke masa2 seperti itu. Masa-masa ketika mempersiapkan diri untuk masuk kulah, dimana tempat impian2 yang indah akan masa depan, yang kadang idealis. so exited!!!
Dari cerita2 mu diatas, saya ingin membagikan beberapa masukan :

@kak CalvinFabian
Makasih ya kak … Aku langsung nyessss… baca nya. Aku akan coba lakuin kak. Bantu doa ya… Karna yang aku harus perbaikin ada 5 point dari kakak di atas… dan anak dari point2 tersebut banyaakk… apalagi sekarang aku masih menganggap diriku ini masih sendiri … masih gak punya siapa2 buat bantu aku ngedeketin Tuhan dan ngelakuin 5 point itu dengan sungguh - sungguh …
Namaste… :onion-head55: Arigatou Gozaimasu… tunggu progress ku ya kak. Still need ur help. Boleh kan kak? :onion-head80:


@Ykoo :

Hoooooo :tuzki10: kamu juga ya? tapi masih lama yaaa…? :happy0144: Makasih yah, semangatt nya
Kalo gitu semangat juga yaaaah :ashamed0004: Prepare ur self … Apalagi dalam hal Tuhan. Tanpa Tuhan… SNMPTN cuma bikin streez akut. Makanya aku minta tolong disini.

semoga membantu ya saran2 ku, ayoooo semangat!!! jalan masih sangat panjang dan terbuka sangat lebar…

sama-sama,
ok, semoga targetnya tercapai ya, :afro:
boleh, reply or pm aja, mudah2an aku bisa bantu… :smiley:

iya. kalo aku jurusan IPA. soal fisika susah2. Kata guru fisika aku soal2 snmptn sulit2 banget. Tapi aku percaya sama Tuhan YESUS… Aku tahun depan kalo lulus SMA dan ga masuk SNMPTN Undangan. Jangan takut, karena qta punya Tuhan YESUS…
Jangan lupa semua mapel harus diisi biar ga ada nilai mati…