Solasciptura vs EENS: Tidak ada keselamatan diluar Alkitab vs Gereja Katolik

Solasciptura vs EENS: Tidak ada keselamatan diluar Alkitab vs Tidak ada keselamatan diluar Gereja Katolik

Katolik: Tidak ada Keselamatan diluar Yesus, karena Yesus mendirikan Gereja Katolik, maka tidak ada keselamatan diluar Gereja Katolik.

Sedangkan protestan mengklaim “tidak ada keselamatan diluar Alkitab!”

Apa yang menjadi dasarnya?

Masbro @Malaikat Suci, apakah ente kristen atau katolik?
Jika iya, bagaimana kalo ente memaparkan pandangan atau analisa ente terlebih dahulu?

Sola scriptura adalah paham yang berpegang teguh bahwa hanya Alkitab sumber pengajaran yang benar, dengan demikian menolak dogma-dogma yang berdasarkan tradisi tanpa dasar Alkitabiah yang jelas. Sola Scriptura bukan mengajarkan keselamatan di dalam Alkitab, tetapi di dalam Yesus.

lho… kok jadi mirip yak?
ehehe…

oh… jualan…
hehe…

Kan saya yang bertanya, silahkan dijawab aja, trus dari keduanya, mana yang benar? :smiley:

Dasarnya apa?

Bukankah Alkitab disusun dan disahkan berdasarkan tradisi?

Bagaimana dengan Natal, Hari Minggu, Trinitas, susunan ibadat dll, kan tidak ada didalam Alkitab?

Sola Scriptura bukan mengajarkan keselamatan di dalam Alkitab, tetapi di dalam Yesus.
Berarti kalau percaya Yesus tetapi tidak percaya Alkitab boleh donk bagi Solascripturais? ;D

menyimak dulu… ehehehehehe.

Sola Scriptura VS Tradisi boleh juga…

kalau seorang mengaku didalam yesus, tapi diluar alkitab gimana pendapat anda?

lhoooo… mas ignat kok engga tahu…

jangankan “orang”…
lha wong TUHAN aja jelas TIDAK BOLEH BERFIRMAN selain daripada yang SUDAH ADA TULISANNYA 2000 th yg lalu itu kok…

alias TUHAN itu sudah DIPAKSA untuk jadi BISU sejak 2000 th yg lalu…

ehehe…

oh… gitu to mas? ampuh bener ya? yang maksa siapa mas? kok bisa dipaksa Tuhannya? :mad0261:

jadi, “barang siapa” melawan alkitab, ia tidak akan diselamatkan mas…? :smiley:

pakai “a” ya mas…

lho…
karena setiap orang dianggap kompeten untuk menguji statement orang lain sesuai dengan batas daya kemampuan penafisran masing-masing…
maka tentu jika suatu hari TUHAN BERFIRMAN di tahun 2014…

maka sebagai Pemegang Teguh prinsip Maha Persis Tulisan…
Tuhan sendiri lah yang memerintahkan orang-orang ini untuk mengkoreksi Tuhan dan mengingatkan Tuhan agar kembali ke Alkitab,
karena Alkitab sendiri telah mengajarkan bahwa TIDAK MUNGKIN dan TIDAK BOLEH dan JELAS SESAT, bila TUHAN BERFIRMAN yang TIDAK ADA TULISANNYA di buku yg di jilid 2000 th yg lalu itu…

cuma mas…
saya belum pernah lihat seorang yang Maha persis- ini MENGKOREKSI dan MENGINGATKAN atas KEKELIRUANNYA SENDIRI…
yang diKOREKSI melulu orang laiiiiiinnnnnnn terus…

ehehehehehe…

karena maha persis, sampai2 cuma kata ganti orang saja ga boleh ya mas? sangarr…

Tradisi bukan sesuatu yang tabu. Benar, Alkitab disusun berdasarkan tradisi, tetapi tradisi yang muncul setelah Alkitab harus diuji dengan Alkitab tersebut. Prinsipnya, jangan mengajarkan perintah manusia yang melanggar perintah Allah.

Matius 15:3
Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?

Percaya Yesus tapi tidak percaya Alkitab, itu berarti Yesus-nya lain dengan yang saya yakini.

Bagaimana mengujinya?

Coba anda uji tanggal Natal 25 Des, tanggal Paskah yang berbeda dengan Yahudi, tanggal Paskah yang berbeda-beda setiap tahunnya, Trinitas dll?

Percaya Yesus tapi tidak percaya Alkitab, itu berarti Yesus-nya lain dengan yang saya yakini.
Lho, saya tanya boleh tidak, bukan masalah sama dengan kamu atau tidak?

Kan menurut kalian, hanya Yesus yang menyelamatkan, Alkitab tidak, jadi bagaimana?

“Berarti kalau percaya Yesus tetapi tidak percaya Alkitab boleh donk bagi Solascripturais?”

Silahkan… ;D ;D ;D

Saya berikan prinsp saja:
Yang tidak diperintahkan artinya tidak wajib, bukan tidak boleh.
Yang tidak dilarang artinya boleh, bukan harus.

Mengenai trinitas, doktrin tersebut adalah formulasi dari penafsiran Alkitab, bukan tradisi yang muncul tanpa dasar.

Melalui Alkitab kita akan mengenal Yesus, sang juruselamat.
Kalau masih tidak mengerti juga, terlalu… (kutipan dari Rhoma Irama ;D)

Yang melarang memakai Tradisi Suci bagaimana? Kan diperintahkan didalam Alkitab:

2 Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada tradisi-tradisi yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Mengenai trinitas, doktrin tersebut adalah formulasi dari penafsiran Alkitab, bukan tradisi yang muncul tanpa dasar.
Berarti semua tafsiran Katolik boleh donk :D
Melalui Alkitab kita akan mengenal Yesus, sang juruselamat. Kalau masih tidak mengerti juga, terlalu.... (kutipan dari Rhoma Irama ;D)
Ada Anand Krisna, ada Muhammad, ada ssy, ada mormon, ada Katolik, ada protestan, ada Yahudi dll

Sekarang, boleh gak percaya Yesus tetapi tidak percaya Alkitab? :smiley:

kalimat yang bagus… jadi artinya kebenaran tidak harus ada teksnya (tekstual, eksplisit) dalam kitabsuci…

mohon ijin untuk menggunakan kalimat ini ya bro… untuk menjawab doktrin2 katolik yang tidak tekstual.

misal Maria Ratu Surga tidak ada di alkitab

jawab: Mengenai trinitas Maria Ratu Surga, doktrin tersebut adalah formulasi dari penafsiran Alkitab, bukan tradisi yang muncul tanpa dasar.

sip, thx pencerahannya bro… :smiley:

Yang saya maksud adalah doktrin gereja atau keputusan gereja haruslah berdasarkan dalil kitab suci, bukan tradisi non-skriptural.

Mengenai “ratu sorga”, sepertinya tidak perlu dibahas di sini, sudah ada thread lain yang membahasnya dengan segudang argumen. Saya hanya akan menyatakan bahwa doktrin Maria Ratu Sorga tidak berdasarkan kitab suci.

Berarti kamu menyangkal Alkitab?

Yang melarang memakai Tradisi Suci bagaimana? Kan diperintahkan didalam Alkitab:

2 Tes 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada tradisi-tradisi yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis

Bagaimana dengan “tradisi tidak tertulis” seperti ayat tersebut? :smiley:

Katanya semua Tradisi Lisan sudah dituliskan saat Alkitab dituliskan. Ahahahahaha