Status Yesus sekarang gimana bro?

Buat senior, maaf nubi mau tanya. Kristen mengenal ajaran trinitas. Setelah kematian yesus 2000 thn lalu, gimana dengan ajaran trinitas ini master, karena yesus secara fisik sekarang tidak bersama kita apakah masih pantas disebut trinitas, bukan dwinitas. Maaf sebelumnya pertanyaan rada oon tapi ini untuk menjelaskan adik2 kita maupun teman kita yg nonkris. shalom

Ehm, siapa yang mengajarkan bahwa kondisi dan hakikat Allah bisa berubah ubah seperti itu?
Apakah sebelum Jesus lahir, tidak ada Jesus di sorga? Coba dipikirkan.
Saat Jesus di dunia, apa Jesus bukan Allah?
Maka, apa masalahnya jika setelah Jesus bagkit dan naik ke sorga?

Syalom

waduuuhh···· pertanyaan ini berat banget, bahkan nalar saya belum mencapai tingkat tersebut····

biar master2 yg lain yg menjawab···· silakan···

Saya rasa terdapat sedikit kesalahpahaman tentang apa yang Sdr deskripsikan tentang Trinitas. Aliran Utama Kekristenan menyatakan bahwa Tritungal adalah Tiga Pribadi dengan Satu Entitas, for the sake of illustration, mari kita sebut ketiga Pribadi itu adalah Bapa, Logos, dan Roh Kudus.

Itulah Tritunggal,

Nah, dalam urusannya dengan penyelamatan dunia, salah satu Pribadi dalam Tritungal, yaitu Logos berinkarnasi dalam rupa manusia menjadi Yesus Kristus,

Dengan atau tanpa Yesus secara fisikal dalam dunia manusia,hakekat Tritunggal dalam kekekalan selalu tetap

Salam

trinitas tidak bisa diubah menjadi dwinitas cuma karena se-mata2 Yesus sudah tidak ada lagi di dunia.

  1. apakah Yesus sudah benar2 hilang atau lenyap? TIDAK, karena Dia akan datang lagi ke dunia untuk kedua kalinya.

  2. kalo saya boleh memberikan analogi,
    tahun 1990, ada si budi dan wati dan anto mendirikan perusahaan yang namanya PT ABC.
    tahun 1991, PT ABC menjadi perusahaan yang besar, sehingga baik karyawan maupun orang luar perusahaan memberi julukan kepada si budi dan wati dan anto sebagai tiga serangkai PT ABC
    tahun 2000, si Anto meninggal dan si budi dan wati masih hidup.

lalu, apakah karena si anto sudah tidak ada di dunia lagi, maka sebutan Tiga Serangkai PT ABC harus dirubah menjadi Dua Serangkai PT ABC? TENTU SAJA TIDAK

Kalau cuman baca judulnya, hampir aja saya jawab : “Yesus masih jomblo sampe sekarang.”

Wkwk wkwkwkw, betul bro hi hi hi

Apakah anda sudah memahami Ajaran Trinitas dengan BENAR ?
1.Allah Trinitas adalah Tuhan yang Maha Esa.
Kapan dan dalam posisi apa anda memanggil-Nya dalam Nama “Allah Bapa” ?
Idem untuk “Allah Putra” ?
Idem untuk “Allah Rph Kudus” ?

===============================================================
Setelah kematian YESUS 2000 thn lalu, gimana dengan ajaran trinitas ini master, karena YESUS secara fisik sekarang tidak bersama kita apakah masih pantas disebut trinitas, bukan dwinitas.

KOMENTAR :
Bagaimana anda memahami kata2-Nya dalam Matius 28 : 20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Apakah Allah kita itu ? Fisik atau ROH adanya ? Bagimana dengan ROH KUDUS yg ada dalam hati anda sebagai Umat Tebusan-Nya ?

===================================================
Maaf sebelumnya pertanyaan rada oon tapi ini untuk menjelaskan adik2 kita maupun teman kita yg nonkris. shalom

KOMENTAR : Saya menjawab dengan Pertanyaan2 agar kita belajar bersama dan aktif bukan hanya satu arah, karena Pemahaman INI harus anda sampaikan kepada “banyak Orang Kristen” yg TIDAK MEMAHAMInya dengan BENAR sehingga sulit menjelaskannya !

Kita sana2 tunggu kelanjutan jawaban anda, tidak usah malu…kita saling Sharing…Pengetahuan dan Hikmah Alkitabiyah yg kita miliki bukan untuk kita SOK2an atau Besar Kepala tetapi untuk KEPENTINGAN BERSAMA” !

1 Korintus 12 :

4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama

Apakah Allah Putra itu “meninggal” alias tetap mati ? Perumpamaan yg anda sampaikan dengan sangat mudah akan diserang karena bukankah YESUS berkata :

Matius 28 :
dalam Matius 28 : 20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Apakah Allah kita itu ? Fisik atau ROH adanya ? Bagimana dengan ROH KUDUS yg ada dalam hati anda sebagai Umat Tebusan-Nya ?

Apakah Tangan Kanan saya setelah menggaruk Gatal yg ada di dengkul saya, dan setelah menyelesaikan tugasnya kembali ke Posisi Kanan saya, anda anggap Tangan Kanan saya BUSUK dan sudah mati ?

Perhatikan juga tentang ayat2 ini :

Matius 10 :
18 Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.
19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.
20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapa mu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

Apakah itu Roh Bapa atau Roh Kudus ? Bisakah anda menjawabnya ?

Maaf anda salah kamar untuk bertanya bagi member non kristen ada roomnya sendiri.

Lain kali sebaiknya jujur aja, ga perlu memalsu data sebagai umat kristiani aliran protestan.

Tidak ada orang protestan menyebut dirinya penyembah Yudas.

sorry, penjelasan anda juga mudah diserang. mari kita lihat balik:
pertanyaan TS bisa dianggap dia mengira bahwa YESUS sudah tidak ada lagi sehingga sebutan trinitas harus dirubah menjadi dwinitas.
lalu anda menjelaskan , CMIIW , bahwa YESUS tidak hilang tetapi dia berubah menjadi ROH KUDUS yang tinggal di dalam kita.
IMHO, itu tidak menjawab pertanyaan TS, karena saya yakin TS tahu bahwa yang dia anggap sebagai dwinitas adalah Bapak dan ROH KUDUS.
kalau boleh dibikin bagan:
TS percaya, trinitas adalah:
Bapa
YESUS —> sudah hilang
ROH KUDUS
sehingga harus disebut dwinitas

lalu jawaban anda
Bapa
YESUS —> berubah menjadi ROH KUDUS
ROH KUDUS

sudah lihat kejanggalannya penjelasan anda? penjelasan anda cuma menjadikan pada akhirnya hanya ada dua pribadi : Bapa dan ROH KUDUS (yang merupakan bentuk perubahan dari YESUS)


soal perumpamaan saya yang anda anggap mudah diserang.

BOLEHKAH SAYA BILANG SETELAH TIGA HARI SI ANTO YANG MENINGGAL ITU TERNYATA BANGKIT DARI MAUT?

tentu saja boleh, karena memang si Anto itu saya anggap sebagai YESUS dalam perumpamaan saya.


@krispus: apakah ada postingan TS yang menjelaskan kalau dia itu protestan? bisa kasih tahu darimana bisa muncul kesimpulan ‘ga perlu memalsu data sebagai umat kristiani aliran protestan’

mungkin memang tidak ada protestan yang menyembah Yudas, tetapi begitu banyak aliran di kristen (di aliran sebelah aja juga ‘menyembah’ Bunda Maria). lalu apakah karena bukan kristen protestan tidak boleh posting di room diskusi kristen juga?

btw, priest itu jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia itu bukan penyembah , tetapi imam atau nabi (menurut google translate)

Mohon diingat, YESUS memang pernah mati 2000 tahun lalu, namun bangkit setalah 3 hari. Kemudian YESUS naik ke surga.
Tidak ada anggota yang hilang atau pensiun dari Trinitas itu !!!

Satu hal lagi, apakah kita bisa melihat Allah Bapa atau Tuhan YESUS atau ROH KUDUS secara kasat mata? Terus gimana kita bisa bilang Yesus tidak bersama kita? Liat aja enggak.

Menurut saya pribadi Roh Kudus selalu ada bersama saya. Dan menurut konsep Tritunggal, Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus adalah 1.

Jadi Mengapa harus jadi dwinitas atau nitas atau istilah lainnya???

Jika pernyataan saya ada yang salah mohon dikoreksi. GBU

Thank’s bro, penjelasan anda bersifat makro tapi anehnya simple dan mengena. Bisa buat perenungan dan pencerahan saya pribadi. Terus terang saya sering ditanya hal ini baik dari kalangan sendiri maupun non kristiani. Sialnya lagi mau tanya / konsultasi malah “dimaki maki”…" dimana iman kamu…ngapain kamu selama ini …bla bla bla…tipikal (sok) jagoan dalam agamanya.

Sudah sering bro saya dengar lelucon tentang Yesus. Bahkan buletin kristenpun ada yg menyediakan pojok humor kristen isinya macam lelucon anda. Kalau dilontarkan non kristiani saya maklum. kalau dari kalangan kristiani…sayang sekali…ingat Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan sembarangan…

Benar bro, bukan salah kamar. Tapi salah forum. Saya mampir di forum ini ingin belajar untuk menambah iman kristen saya yang masih lemah. Walau disini ada respon yang bisa saya terima, tapi dengan adanya junker macam anda yang tipikal FFI sudah bisa membuat saya menimbang pindah ke forum lain.
FYI, saya KRISTEN PROTESTAN, dan hanya menyembah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya, sesuai Doa Bapa Kami yang saya ucapkan setiap hari. Bukan menyembah yang lain.
Kalau anda penggemar kangen band / smash / boyband lain maupun k pop, jangan salahkan saya yang demen sama judaspriest. :coolsmiley: :coolsmiley:
Nickname anda sendiri jelas2 menghina Yesus Kristus. GBU

He he he …ITU lah kalau kita tidak mampu menjawab :
KAPAN dan dalam Posiusi APA kita memanggil Tuhan Yang Maha Esa itu dalam Nama Bapa " Idem…Putra. Idem…Roh Kudus.

Udeh jelas2 salah satu Rekan menjawab dengan BAIK…Nama Bapa gak boleh dipakai pada Nama Putra , Nama Roh Kudus…bisa KACAU deh , terbolak balik dan BINGUNG.

Orang Buta menuntun orang buta, maka kata Tuhan Yesus…tungguin aja …pasti akan Terperosok kedalam selokan !

Lagian siapa yg bilang Tuhan Yesus yg Allah Putra itu menjadi Nama Roh Kudus
…coba deh suguhkan kesini kalimat2 yg anda salah tafsirkan itu …

Yang menjadi Bapa, Putra dan Roh Kudus itu adalah Allah YHWH nya Alkitab bukannya Bapa jadi Putra entar jadi Roh Kudus …bisa kacau kalau gak ngarti memahaminya !
Kalau Nama itu bisa disandangkan satu sama lain, ya buat apa Tuhan Yesus KUDU menyebutkan…Baptiskanlah mereka dalam NAMA Bapa, Putra dan Roh Kudus …cukup dalam Nama salah satu saja, bukan ? Ada yg EROR dan nge “hang” dari penjelasan anda diatas Bro !

IMHO, itu tidak menjawab pertanyaan TS, karena saya [b][u]yakin[/u][/b] TS tahu bahwa yang dia anggap sebagai dwinitas adalah Bapak dan ROH KUDUS.
Ya, biarkan aja si TS yg bertanya dan berargumen , jangan pake' di wakil2 kan segala deh....entar kek Wakil2 Rakyat di DPR.....bilangnya WAKIL dari rakyat padahal kepentingan DEWEK yg diwakilkan disana!
soal perumpamaan saya yang anda anggap mudah diserang.

BOLEHKAH SAYA BILANG SETELAH TIGA HARI SI ANTO YANG MENINGGAL ITU TERNYATA BANGKIT DARI MAUT?

tentu saja boleh, karena memang si Anto itu saya anggap sebagai YESUS dalam perumpamaan saya.

Lha mulut ya mulut anda sendiri, mau dipakai buat apa ya urusan privasi anda sendiri…yg PENTING saat anda ditanya dan diserang…ya bisa menjelaskannya atuh ! Kan cuma begitu yg namanya the Rule pada suatu Game , bukan ?

@krispus: apakah ada postingan TS yang menjelaskan kalau dia itu protestan? bisa kasih tahu darimana bisa muncul kesimpulan 'ga perlu memalsu data sebagai umat kristiani aliran protestan'

mungkin memang tidak ada protestan yang menyembah Yudas, tetapi begitu banyak aliran di Kristen (di aliran sebelah aja juga ‘menyembah’ Bunda Maria). lalu apakah karena bukan Kristen protestan tidak boleh posting di room diskusi Kristen juga?


Nah yg INI bagiannya Om Krispus aja deh ngejelasin ama ngejawabnya…suasana mulai menghangat dan panas…gerah deh dekat2 .

btw, priest itu jika diterjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia itu bukan penyembah , tetapi imam atau nabi (menurut google translate)
Yang dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Indonesia aja bisa salah tafsir apalagi yg dari bahasa orang asing ! Kemungkinan Probilitasnya jadi SALAH makinan GEDE aja deh !

Betul Bro, selama masih ada Umat Tebusan-Nya Allah Juruselamat (arti nama YESUS ), apalagi setiap kali menaikkan Doa kita selalu mengatakan…Dengarlah Doa ini yg saya naikkan dalam Nama Tuhan YESUS , Juruselamat dan Pengantara-ku yg hidup…itu TANDA bahwa KEBERADAAN Tuhan YESUS-ku itu masih EKSIS dan Tetap ada…bila engkau tidak percaya pada-Ku…lihatlah pada “perbuatan2-Ku”, merekalah yg akan jadi saksi2-Ku !", kata Tuhan YESUS.

Satu hal lagi, apakah kita bisa melihat Allah Bapa atau Tuhan YESUS atau ROH KUDUS secara kasat mata? Terus gimana kita bisa bilang YESUS tidak bersama kita? Liat aja enggak.
Iya benar tuh Bro, waktu berpisah ama anak istri aja dinegeri orang, saya tidak bisa melihatnya........untung aja masih bisa mendengar suara mereka.....nah Suara Tuhan-Ku yg bisa saya panggil dalam Nama Bapa , Putra dan ROH KUDUS aja saya bisa lihat dalam bentuk Firman Tuhan di Alkitab atau dengan menggunakan Telinga dan Mata Rohani saya.....ter dengar sayup2 lembut penuh kasih saat saya sedang "sendirian" dan "ditolong-Nya"......
Menurut saya pribadi ROH KUDUS selalu ada bersama saya. Dan menurut konsep Tritunggal, Allah Bapa, Tuhan YESUS, dan ROH KUDUS adalah 1.
Lha IYA lah.....itu kan Tuhan yg Sama, Allah Abraham, Ishak dan Yakub yg Pencipta Langit dan Bumi (Bapa) yg pernah datang bisa dilihat manusia dalam Ujud YESUS, Allah Juruselamat (ANAK) yg sekarang Tuhan yg Esa itu juga sudah duduk disinggasana hatiku dan kusebut Dia dalam Nama Allah ROH KUDUS !
Jadi Mengapa harus jadi dwinitas atau nitas atau istilah lainnya????
Ya, namanya juga NANYA , si TS 'kan butuh Jawaban dari kita2 semua....jangan dimarahin melulu atuh........kan jawaban2 kita yg CA'EM2 bakal digunakan buat adik2nya si TS dan buat teman2nya yg Non Kristen seperti yg disampaikannya di awal pertanyaannya !
Jika pernyataan saya ada yang salah mohon dikoreksi. GBU
Nah itu namanya Sikap Rendah Hati dan Lembut seperti yg Tuhan YESUS katakan :"Datanglah kepada-Ku, karena Aku Lemah Lembut dan Rendah hati......!" Jawaban anda cukup menghimbaunya untuk belajar lebih dalam kok !

Ha ha ha kena deh semua disemprot balik ama adikku ini…ternyata anda juga BERISI kok Bro…emang susah juga kalau disuruh menjelaskan…maka dari pada gak kelihatan “gak bisa” nya malah Tanduk nya yg dikeluarkan buat nyeruduk2…maklumi aja deh Bro…yg BEGINI masih gampang di Adu Domba soalnya ngandelin TANDUK sih !
Pernah lihat Pertandingan Adu Domba di Bumi Priangan ? Main2 sekali sekali kesana Bro ! Biar bisa menyaksikan betapa mirisnya hati melihat si “domba aduan” itu !

Jadi Bro saran saya jangan ter buru2 pindah, itu Kopi hangatnya belum habis, lagian pisang goreng, Getuk Lindri dan makanan Khas Priangan belum semua disajikan…ISI Kebon Binatang Ragunan itu, kan gak semuanya Binatang BUAS yg suka NERKAM2 dan NAKUT2in…tenang aja deh, gunakan Ilmu Menyangkal Diri dan Pikul Salib yg diajarkan-Nya…pasti deh anda akan jadi The Winner yg TANGGUH bukannya The Losser/Pecundang…OK ? :happy0025:

@judas
Mungkin perlu diketahui dahulu sejarah muculnya term “trinitas”. Kata ini tidak pernah ada dalam ajaran Yesus, tidak pernah ada dalam ajaran rasul. Trinitas adalah sebuah konsep penggambaran Tuhan agar bisa lebih dimengerti. Ini harus dimengerti dahulu bro. Nah setelah kita menyadari itu kita tahu dasarnya darimana, dasarnya adalah "penempatan diri Yesus dalam pengenalanNya akan Dia, janji Tuhan sebelum Yesus lahir kedunia, pemosisian Tuhan dalam Firman sebelum Yesus menjadi manusia dan pernyataan Roh Kudus kepada para rasul tentang siapa Yesus. Nah dari sana kita tahu bahwa trinitas itu adalah sebuah term yang merangkum penggambaran Tuhan tentang diriNya.
Setelah itu baru kita masuk ke apakah trinitas memberikan gambaran kemanusiaan Yesus saja?? Tidak. Kalau pertanyaan anda demikian maka pola pikirnya adalah Tuhan ada dalam ketrinitasan adalah karena Yesus menjadi manusia. Itu bukan sepenuhnya salah akan tetapi kurang isi. Kalau kita belajar dari PL kita melihat pernyataan2 Elohim tentang diriNya yang memang sudah merencanakan suatu karya bagi manusia. Hal ini dapat dilihat melalui penggambaran2 kemanusiaan yang Tuhan berikan dan penglihatan2 yang memberikan gambaran disediakanNya diri Elohim untuk menjangkau manusia, dan itu digambarkan dalam posisi “memiliki tubuh manusia”. Nah kalau kita bisa menemukan itu dalam firman maka kita akan tahu bawasannya Tuhan sudah ada dalam ketrinitasan sebelum menjadi manusia. Dan ketika menjadi manusia, kita dapat melihatnya dengan lebih mudah karena bisa dilihat mata, ketika Dia kembali kepada hakikatNya maka sesungguhnya kita hanya kembali pada pernyataan sebelumnya. Sesimple itu. Jadi trinitas bukan sekedar semata mata penggambaran Yesus menjadi manusia akan tetapi penggambaran dari Elohim sendiri dan karya2 dan pribadi yang Dia sediakan untuk tujuan tujuanNya bagi manusia. Dan trinitas bukanlah pelanggaran keEsaanNya, akan tetapi wujud KeEsaan yang berdampingan dengan keMahaKuasaanNya. Itu sejauh yang saya pahami.

YESUS mempunyai golongan darah AB.
YESUS sekarang masih ada di dunia, bersama kita dan bersatu dalam Hosti Kudus setiap perayaan Ekaristi.
Status tubuh YESUS masih ada yang diberikan pada manusia saat Malam Perjamuan Suci. Sampai sekarang berlangsung terus dan terus ada.

ini link kalau Yesus masih ada di dunia
http://www.sesawi.net/2012/04/16/hosti-berdarah-di-gereja-santo-fransiskus-xaverius-kidul-loji-yogyakarta/

dan selamanya… :smiley:

SAYA SETUJU !! TUHAN KITA CUMA 1… YESUS KRISTUS.
KITA HANYA MEMUJI DAN MEMULIAKAN NAMA TUHAN