STRIS Andhika Term 031/I/2009

Sekolah Theologi Reformed Injili Surabaya (STRIS) Andhika
Pembinaan Iman dan Pelatihan Pelayanan bagi Orang Awam

Pendiri Sekolah Theologi Reformed Injili (STRI): Pdt. Stephen Tong, B.Th., D.L.C.E., D.D. (HC)

Direktur STRIS Andhika: Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div.

Term 031/I/2009
4 Februari – 24 April 2009

Who Needs Theology?
(Siapa yang Membutuhkan Theologi?)

Sejarah membuktikan bahwa di setiap zaman, manusia diperhadapkan dengan berbagai kesulitan, tantangan, dan cobaan di berbagai bidang kehidupan.

Sementara itu banyak orang Kristen yang kurang atau bahkan tidak diperlengkapi untuk memahami isi Alkitab dengan baik dan menyeluruh. Banyak orang Kristen buta theologi, tidak dapat membedakan mana ajaran yang benar dan salah, yang berkenan kepada Allah dan tidak, yang murni dari Alkitab atau yang diracun oleh berbagai pemikiran filsafat yang menyesatkan.

Di sini kita menyadari bahwa setiap kita butuh memahami theologi (ajaran Firman Tuhan) yang baik.

TS-501: DOKTRIN ALLAH
Dosen: Ev. Mercy Grace Preally P. Matakupan, S.Th.
Setiap Rabu, Pkl. 18.30 WIB
di STRIS Andhika

Mata Kuliah Doktrin Allah adalah mata kuliah dasar yang menjabarkan tentang bagaimana manusia dapat mengenal Allah dengan benar. Pengetahuan tentang Allah hanya dimungkinkan ketika Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada manusia. Oleh sebab itu pengetahuan dan pengenalan akan Allah yang benar adalah pengetahuan yang mengubahkan hidup manusia.
Tujuan Kuliah:

  1. Mengerti pengajaran Alkitab tentang pribadi Allah sejati dan karya-karya-Nya yang agung sepanjang sejarah dengan benar.
  2. Mendorong kerinduan hubungan pribadi dengan Allah yang hidup dan nyata dalam pengalaman sehari-hari.

Ev. Mercy Grace Preally Putong Matakupan, S.Th. adalah hamba Tuhan yang melayani di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Andhika, Surabaya dan istri dari Pdt. Thomy J. Matakupan, M.Div. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Theologi (S.Th.) di Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta.

PL-235: KITAB AYUB
Dosen: Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div.
Setiap Kamis, Pkl. 18.30 WIB
di STRIS Andhika

Buku Ayub adalah salah satu buku yang sangat kompleks di dalam tulisannya karena banyak menggunakan prosa dan puisi untuk mengungkapkan problema penderitaan dan keadilan Allah. Tokoh utama di dalamnya adalah seorang saleh yang bernama Ayub. Dari seorang yang memiliki segalanya langsung menjadi seorang yang tidak memiliki apa-apa. Ia kemudian berusaha menunjukkan ketidakbersalahan dirinya dan menolak pandangan tradisional yang mengatakan bahwa penderitaan itu adalah akibat dosa. Kitab ini berisi banyak bijaksana yang dapat dipelajari daripadanya, misalnya:
Bagaimana melihat kesalehan, penderitaan, dan pergumulan di dalam konteks utuh pemeliharaan Tuhan.
Bagaimana melihat Allah dan pemeliharaannya di saat-saat kesulitan dan penderitaan itu tiba.
Bagaimana melihat rencana Tuhan di dalam keseluruhan hal yang Ia izinkan terjadi.

Outline:

  1. Pendahuluan (1-2)
  2. Komplain Ayub (3)
  3. Perdebatan antara Ayub dan Ketiga Temannya (4-31)
  4. Perkataan Elihu (32-37)
  5. Suara Allah (38-41)
  6. Ketundukan Ayub dan Restorasi Allah (42)

Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div. adalah asisten gembala sidang GRII Andhika dan Ketua STRIS Andhika. Beliau menyelesaikan studi S.Th. dan Master of Divinity (M.Div.) di STTRII Jakarta. Beliau menikah dengan Ev. Mercy Grace Preally P. Matakupan, S.Th. dan dikaruniai seorang putri yang bernama Nikita Ilona Putri Matakupan.

TS-507: DOKTRIN GEREJA
Dosen: Ev. Solomon Yo, S.Th., M.Div.
Setiap Jumat, Pkl. 18.30 WIB
di STRIS Andhika

Gereja bukanlah gedung. Gereja juga bukan sekadar orang-orang di dalamnya. Gereja adalah realisasi karya agung penyelamatan Allah dalam sejarah. Gereja adalah benang merah sejarah (keselamatan Allah bagi) umat manusia. Allah menempatkan Gereja dalam posisi dan panggilan yang mulia dalam dunia. Kita perlu memahami doktrin Gereja secara benar (Alkitabiah), jika tidak, maka kita akan kehilangan identitas, arah dan tujuan dari keberadaan kita sebagai Gereja; dan ini berarti kegagalan untuk hidup memenuhi panggilan Tuhan.

Ev. Solomon Yo, S.Th., M.Div. adalah Manajer Produksi dan Editor Umum di Momentum Christian Literature, hamba Tuhan di GRII Andhika, Surabaya, dan juga salah satu dosen di STRIS Andhika. Beliau menyelesaikan studi S.Th. dan M.Div. di STTRII Jakarta. Beliau menikah dengan Elizabeth Tandiono dan dikaruniai seorang putri.

KU-110: FILSAFAT DASAR KRISTEN
Dosen: Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div.
Setiap Rabu, Pkl. 18.30 WIB
di STRIS Kertajaya

Setiap orang (apalagi seorang akademisi atau intelektual) pastilah harus berpikir. Inilah keunikan manusia karena ia memiliki akal budi. Akibatnya, ia mampu memikirkan masalah kebenaran, penilaian, tujuan dan makna hidup, relasi antar pribadi dan relasi dengan alam, masalah kepribadian dan harkat. Filsafat adalah studi tentang pola pikir. Filsafat yang benar akan membawa manusia kepada kebenaran dan hidup, sedangkan filsafat yang salah akan membuat manusia berpikir salah dan berakhir dengan kebinasaan. Filsafat sering kali dijuluki sebagai dasar segala ilmu, karena memang demikian hakekatnya. Khususnya di dalam iman Kristen, kita kembali mengingat “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan” (Ams. 1:7a). Diharapkan melalui studi ini, mahasiswa bisa lebih mengerti seluruh dasar pikir yang melandasi semua keputusan hidupnya, sehingga ia tidak mudah dipermainkan oleh rupa-rupa pengajaran dan permainan palsu manusia di dalam kelicikan mereka yang menyesatkan (Ef. 4:13).

Outline:

  1. Selintas Studi Filsafat dan Kaitan dengan Iman Kristen
  2. Bidang Studi Filsafat Epistemologi
  3. Bidang Studi Filsafat Aksiologi
  4. Bidang Studi Filsafat Teleologi
  5. Bidang Studi Filsafat Etika
  6. Bidang Studi Filsafat Logika
  7. Bidang Studi Filsafat Metafisika
  8. Bidang Studi Filsafat Estetika
  9. Bidang Studi Filsafat Politika

Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div. adalah gembala sidang GRII Andhika, Surabaya, bidang admission di Institut Reformed, Jakarta, Direktur: Momentum Christian Literature dan Studi Korespondensi Reformed Injili Internasional (SKRII), dan co-founder Yayasan Pendidikan Reformed Injili LOGOS. Beliau menyelesaikan studi S.Th. dan M.Div. di STTRII, Jakarta. Beliau menikah dengan Ev. Susiana Jacob Subeno, B.Th. (lulusan Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang) dan dikaruniai 2 orang anak: Samantha Subeno (1994) dan Sebastian Subeno (1998).

KU-115: POSTMODERN: SEBUAH PENGANTAR
Dosen: Ev. Warsoma Kanta, S.Psi., S.Th., M.Div.
Setiap Kamis, Pkl. 18.30 WIB
di STRIS Kertajaya

Tantangan iman Kristen bisa muncul dari berbagai arah, baik praktis maupun filosofis. Mau tidak mau harus diakui bahwa kita hidup di zaman postmodern. Celakanya setiap zaman menelurkan teori-teori dan pemikiran yang harus senantiasa dikaji dari perspektif theologi Reformed sebagai dasar iman Kristiani kita. Postmodernisme muncul sebagai reaksi penolakan terhadap program Pencerahan dan asumsi-asumsinya (yang merupakan ciri khas Modernisme). Dalam kelas ini akan dipaparkan pengenalan kita terhadap Postmodernisme.

Silabus:

  1. Antara Modern dan Postmodernisme
  2. Pemikiran Postmodernisme dan Pengaruhnya
  3. Mengenal Filsuf Postmodernisme
  4. Aliran Filsafat Postmodernisme Secara Sepintas
  5. Tantangan Gereja Pada Masa Postmodern Ini

Ev. Warsoma Kanta, S.Psi., S.Th., M.Div. adalah caretaker di Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII) Kertajaya, Surabaya, salah satu dosen di STRIS Andhika, dan Sekretaris Yayasan Pendidikan Reformed Injili LOGOS. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Psikologi (S.Psi.) di Universitas Surabaya (UBAYA), S.Th. dan M.Div. di STTRII Jakarta. Beliau menikah dengan Ev. Linawati Kanta, S.Th. (lulusan STT IMAN).

BIAYA PERKULIAHAN
Setiap calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di STRIS Andhika diharuskan memenuhi kewajiban keuangan yang telah ditentukan. Biaya-biaya tersebut meliputi:

Program Reguler:

  1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000, 00
  2. Biaya Pendaftaran : Rp 60.000, 00
  3. Biaya tiap Mata Kuliah : Rp 55.000, 00
  4. Biaya Perpustakaan : Rp 15.000, 00/tahun

Program Pendengar:

  1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000, 00
  2. Biaya tiap Mata Kuliah : Rp 75.000, 00

Bagi mahasiswa baru (pertama kali mengikuti STRIS), pendaftaran paling lambat pada tanggal 29 Januari 2009, karena diwajibkan mengikuti wawancara terlebih dahulu sebelum perkuliahan dimulai. Jadwal wawancara dilaksanakan pada tanggal 29-31 Januari dan 2-3 Februari 2009.

INFORMASI DAN PENDAFTARAN
(sekaligus tempat STRIS):

STRIS Andhika:
Andhika Plaza C/5-7, Jln. Simpang Dukuh 38-40, Surabaya 60275
Telp.: (031) 5472422; Fax.: (031) 5353626

STRIS Kertajaya:
Jln. Kertajaya Indah II/3 (F-628), Surabaya 60116
Telp.: (031) 5924466; Fax.: (031) 5931157