Suami Rela Menyerahkan Isterinya yg Selingkuh kpd Kekasihnya

Kisah Nengah Merta yang Rela Serahkan Istrinya untuk Dinikahi Pemangku Cabul. Tak Mau Lagi Tidur dengan Istri yang Sudah Cemer
Laporan Wartawan: WAYAN PUTRA, Amlapura.

Nengah Merta, 55, benar-benar tak kuasa membendung istrinya, Ni Komang Nuriati, 35, berselingkuh dengan seorang pemangku, yakni Jro Mangku Warta, 50. Bagaimana kisahnya sehingga Merta rela menyerahkan sang istri ke pelukan Mangku Warta setelah perselingkuhannya terbongkar?

KISAH asmara terlarang antara Mangku Made Warta dengan Ni Komang Nuariati sampai kemarin masih menjadi pembicaraan hangat masyarakat Desa Peladung, terutama di Dusun Celagi, Kelurahan Padang Kerta, Karangasem. Bahkan ketika koran ini mampir kemarin di desa yang berada di tengah persawahan tersebut, warga rata-rata membicarakan soal kasus perselingkuhan Nuriati dengan Warta yang tertangkap tangan di sebuah kebun, Selasa (8/4) yang lalu.

Koran ini awalnya bermaksud datang ke rumah Merta, suami Nuariati. Namun suasananya tidak memungkinkan karena keluarga itu masih tegang. Terlebih lagi beberapa warga menyarankan agar koran ini datang ke rumah Bendesa Adat Peladung saja untuk mencari keterangan.

Apalagi kasus tersebut sudah dibahas di tingkat desa adat.

Koran ini kemudian menuju rumah sang Bendesa Adat, AKP Made Serinu. Lelaki ini adalah Kapolsek Selat. Di sebuah rumah yang agak menterang di tengah sawah itu nampak seorang wanita paruh baya berpakian adat menerima koran ini. “Ya, silahkan, bapak ada tapi mau sembahyang,” ujar wanita tersebut, yang ternyata istri Made Serinu. Tidak lama kemudian datang seorang pria berbadan kurus, yang ternyata Made Serinu. “Kami sudah bahas di desa adat dan Made Warta sekapat dikenakan sanksi adat berupa denda 3 karung beras,” ujar Serinu.

Denda ini diberikan sesuai dengan awig-awig yang berlaku di Desa Adat Peladung. Untuk diketahui, Banjar Celagi termasuk wewidangan (bagian atau teritorial) Desa Adat Peladung. “Barang siapa yang melakukan perbuatan alaki wong arabi (menyelingkuhi istri orang) maka yang bersangkutan terkena denda sebesar 3 karung beras,” ujar Serinu. Bahkan untuk Mangku Warta dendanya paling lambat harus dibayar tiga bulan dari keputusan tersebut.

Menurut Serinu, denda Warta makin bertambah karena akhirnya menikah dengan pasangan selingkuhnya. “Kalau hanya selingkuh dengan orang yang sudah beristri tapi tidak dinikahi, dendanya hanya 2 karung,” jelasnya. Tapi karena Warta nekat menikahi Nuriati, dendanya jadi lebih besar. Pertimbanganya adalah karena sang suami dan anak yang ditinggalkannya harus kehilangan istri dan ibunya.

Selain itu paruman adat Peladung yang digelar kemarin juga memutuskan untuk memecat Mangku Warta sebagai prajuru (pengurus) desa adat. Untuk diketahui, yang bersangkutan termasuk salah satu tokoh masyarakat setempat sehingga posisinya masuk sebagai salah satu prajuru desa. Namun karena perbuatanya tersebut membuat jabatan Warta langsungn dicopot. “Kalau yang bersangkutan bayar denda 3 karung maka dia berhak tinggal di lingkungan Desa Adat Peladung sebagai warga biasa,” jelas Serinu. Sedangkan jika yang bersangkutan tidak mau membayar denda, maka dia akan diusir dari desa adat disana.

Sementara itu penyerahan Nuriati kepada Warta olah suaminya, menurut Serinu dilakukan di Polsek Kota. Saat itu keluarga mereka melakukan pertemuan tertutup. Dalam pertemuan itu suami Nuriati, Merta tiba-tiba mengambil keputusan mengejutkan, yakni rela menyerahkan istrinya untuk dinikahi Warta. Sikap Merta ini sempat menimbulkan pertanyaan.

Menurut keterangan beberapa kerabatnya, hal itu dilakukan Merta karena dia menilai sang istri sudah cemer (kotor). Sehingga dia merasa risih menerimanya kembali sebagai istri.

Selain itu, menurut keterangan salah satu petugas, Merta sempat mengeluh kalau dia sudah tidak sanggup lagi memberikan nafkah batin kepada sang istri. Sedangkan sang istri sedang membutuhkan kehangatan di ranjang karena baru berumur 35 tahun.

Menurut tetangganya, Merta dan Nuriati menikah dengan perbedaan umur sangat mencolok. Nuriati saat itu baru berumur 15 tahun, sedangkan Merta saat itu 35 tahun. Bahkan perselingkuhan antara Mangku Warta dan Nuriati sudah menjadi rahasia umum bagi warga disana. Hanya saja Merta tak menghiraukan hal itu dan menganggapnya hanya isu belaka.

Baru Selasa (8/4) sore lalu sekitar pukul 17.00 Merta meyakini kalau istrinya main serong dengan lelaki lain. Pasalnya keduanya ditemukan warga sedang main “kuda lumping” di kebun tetangga dekat rumahnya. Saat itu salah seorang tetangganya bernama Wati, 55, sedang mencari kayu bakar. Saat dia mengumpulkan daun kepala kering, tiba-tiba dia melihat pohon gamal di semak-semak bergoyang hehat. Karena penasaran, Wati pun kemudian mendekat. Alangkah terkejutnya dia karena di semak-semak itu dia menemukan pasangan tersebut sedang telanjang bulat. Sambil berlari kabur Wati mengumpat pasangan dimabuk asmara itu.

Nah, saat berlari itulah dia ditemukan anaknya, I Rojer dan kepadanya Wati kemudian mengatakan kalau melihat Warta dan Nuriati sedang adu syahwat di kebun dekat Pura Dadia Panti (tempat tersebut sebenarnya cukup angker).

Sebenarnya saat tepergok itu pihak keluarga mereka masing-masing tidak ada rekasi apa-apa. Namun pihak Kadus Celagi yang mendengar berita ini langsung mengecek ke rumah Warta dan yang bersangkutan ternyata tidak ada di rumah. Belakangan baru diketahui kalau Mangku Warta dan Nuriati lari ke kota untuk menyewa hotel di Jalan Sudirman Amlapura. Karena jengkal Kadus Celagi dan pihak keluarga laki laki langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kota. Akhirnya pasangan ini digrebeg polisi di hotel tersebut.

Saat di Polsek inilah terjadi penyelesaian secara kekeluargaan. Merta secara iklas menyerahkan istrinya untuk dinikahi Warta. Malah Merta dan anaknya sempat membuat surat pernyataan secara tertulis dengan penuh kesadaran soal penyerahan istrinya tersebut dan berjanji tidak akan melakukan tuntutan apa-apa.

Hiangga kemarin Warta dan Nuariati belum pulang ke rumahnya di Pladung. Menurut informasi, pasangan ini sekarang indekos di sebuah rumah di Susuan

source :www.jawapos.co.id

:mad0261: ya ampuuuun… kok bisa gini ya?

Murah amat sih denda selingkuh itu