Sujud

Mazmur 5:8 Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.

Mohon penjelasan teman-temanku tentang ayat ini.

maksudnya ‘sujud’ dalam makna posisi tubuh?

dalam ibadah kuno yahudi, sujud adalah salah satu bentuk posisi menyembah Tuhan.

posisi lain adalah ‘ruku’ , ‘berdiri’ , persis spt apa yg dilakukan oleh muslim saat ini

Lihat disini http://www.jewishencyclopedia.com/view.jsp?artid=855&letter=A

וַאֲנִי בְּרֹב חַסְדְּךָ אָבֹוא בֵיתֶךָ אֶשְׁתַּחֲוֶה אֶל־הֵֽיכַל־קָדְשְׁךָ בְּיִרְאָתֶֽךָ

Kata yang dipakai adalah אֶשְׁתַּחֲוֶ֥ה

Dalam kamus strong

H7812 שָׁחָה shachah (shaw-khaw’) v.

  1. to depress, i.e. prostrate (especially reflexive, in homage to royalty or God)
    [a primitive root]
    KJV: bow (self) down, crouch, fall down (flat), humbly beseech, do (make) obeisance, do reverence, make to stoop, worship.
    [?]

sedangkan soal posisi tubuh dalam menyembah ini anda bisa baca di dalam link diatas

salam

Pertanyaan yg lebih bagus adalah :

Mengapa orang Kristen tidak berposisi sujud, ketika menyembah / berdoa pada Tuhannya ??
Sedang Yesus saja dalam posisi sujud ketika berdoa pada Tuhannya !

Apa alasan mereka untuk tidak mau berposisi sujud dalam hal ini ???

Mazmur 5:8 Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.

pertanyaan berikutnya :

Mengapa orang Kristen sekarang tidak SUJUD MENYEMBAH TUHAN mereka, dengan bersujud mengambil arah / KIBLAT ke Bait-Nya (Bait Allah yg di Yerusalem). Persis sama seperti kaum Muslim yg bersujud menyembah Allah dgn berkiblat ke Bait Allah yg di Makkah ???

Mengapa ya ???

sabda Yesus sendiri :

akan ada masanya, orang tidak lagi pergi ke Yerusalem, tidka juga ke gunung gerizim — namun akan datang menyembah Allah dalam roh dan kebenaran, sebab Allah adalah Roh – yang tidak berdiam dalam rumah2 buatan manusia

salam

@Moe :

sabda YESUS sendiri :

akan ada masanya, orang tidak lagi pergi ke Yerusalem, tidka juga ke gunung gerizim — namun akan datang menyembah Allah dalam roh dan kebenaran, sebab Allah adalah Roh – yang tidak berdiam dalam rumah2 buatan manusia

salam

yah itu kan nggak harus “pergi ke Yerusalem”, moe ??

tapi cuma “menghadap ke arah Yerusalem” tok lho Moe ??
emang itu juga dibatalkan ??

oh ya kenapa berdoa / ibadah dengan bersujud nggak dipraktekkan lagi oleh orang kristen ??
kenapa diganti dgn nyanyi2 di gereja ??

Bagi saya pengikut Tuhan YESUS KRISTUS, beribadah / berdoa tidak harus mengarah ke kiblat tempat tertentu karena YAHWE ELOHIM berada disemua tempat. YAHWE ELOHIM bertahta di atas puji-pujian/nyanyian, oleh karena itu ibadah orang Kristen selalu diisi oleh nyanyian dan puji-pujian kepadaNYA. JBU

bro gareng ne lucu,…

di ayat yg di muat diatas sdh dengan jelas, bahwa menyembah dalam sujud itu adalah inisiatif dari sang penulis masmur dalam memuliakan Tuhan, tidak ada tu Tuhan berfirman bahwa kita harus bersujud dan menyembah atau mengarahkan badan kita pada satu arah. Yang ada ma cuma ttg penyembahan dalam roh dan kebenaran, tata cara bkn lah yg utama, tapi roh kita lah yg akan menyembah Tuhan, Daud menyembah YHWH dengan cara menari telanjang memasuki kota Yerusalem, apakah ini salah?? bagi orang yg pikiran nya gak bersih pasti bilang itu dosa, tapi tidak bagi Tuhan, karena Tuhan melihat hati dan penyembahan dalam roh yg diberikan oleh masing2 pribadi…

Gitu loh om,…

Check this out:
www.scribd.com/doc/25460802/Sholat-Orthodox

mengapa harus menghadap ke Yerusalem, lha wong orientasi fisik ini sdh di perbaharui dg orientasi Roh dan Kebenaran kog

orientasi fisik tidak lagi berada pada top priority

kidung pujian adalah salah satu bagian dari aspek penyembahan ini, sedangkan praktek posisi tubuh, itu terserah masing2 pribadi atau gereja

dalam penyembahan pribadi, entah mau berdiri, ruku, sujud, tengkurap , tidak kewajiban, namun yg ada adalah kerinduaan dan ketaatan

dalam penyembahan pribadi - beda dg doa muslim dimana posisi tubuh berubah-ubah dalam periode waktu tertentu, sebentar berdiri, sebentar ruku, sebentar sujud dst, maka dalam penyembahan kami, kmi bisa mengambil posisi sujud hingga berjam-jam [ya tentunya ada waktu ganti posisis sesaat untuk menghilangkan penat]

salam

bagi yang kesulitan download di scrib, silakan downlod disini


Apakah sujud menyembah adalah tindakan yang benar atau salah? Boleh dilakukan?

Benar sekali, malah ini Alkitabiah. Lagu2 rohani kaum Karismatik-Neo Pentecostal juga banyak yg berisi lirik tentang “sujud menyembah di depan altar”. Namun satu hal, hendaknya sikap tubuh ini tidak di-mutlak-kan, karena Allah lebih melihat apa yg tidak dilihat orang. Dalam posisi inilah kami, orang2 Orthodox, sujud dalam sholat sehari2 menyembah Tritunggal: ada teladannya di Alkitab, tapi bukan mutlak harus begitu (syari’ah seperti dalam Islam), namun adalah merupakan disiplin Gereja yang diwarisi secara turun-temurun.

sujud adalah salah satu sikap [posisi] dalam menyembah, bukan satu2nya dan itu bukanlah tindakan yang salah, jadi silakan lakukan saja.

namun kalau yang dipersoalkan adalah : kenapa orang kristen dalam ibadah2 di gereja tidak lagi sujud menyembah, maka hal ini perlu diluruskan bahwa sikap menyembah dalam kekristenan tetap ada dan wajib - yang tidak wajib adalah sikap jasmani/fisik, sebab hal ini ditegaskan Yesus dalam perbincangannya dg wanita samaria di dkt sebuah sumur.

Yesus menekankan sikap penyembahan yang Benar itu ada didalam Roh - bukan bersifat orientasi jasmani

maka anda akan sangat jarang menemukan praktek penyembahan model sujud yang anda tanyakan didalam kekristenan secara berjamaah, yang ada adalah scr pribadi.

sikap menyembah scr fisik bisa berupa : berdiri, membungkuk, bersujud, tersungkur, rebah – dan ini bisa dilakukan scr berjam-jam, tidak terbatas ritual kaku

salam

boleh…

krn menyembah bisa dilakukan dengan ant lain:
sujud
mengangkat tangan

saya sepakat denga bro Moe, Willie dan sis Alice

esensinya jika berjemaat, jangan sampai ekspresi kerohanian itu menjadi semacam “ritual”, karena jika menjadi suatu ritualisasi, biasanya makna dan relasi rohaninya menjadi pudar

secara pribadi saya suka masuk hadirat-Nya secara sembah sujud, karena saya memposisikan diri sebagai hamba

namun bila ditengah jemaat, saya lebih cenderung mengikuti “flow”-Nya saja

GBU

Markus 11:25 Jika kamu BERDIRI untuk BERDOA …
Lukas 22:41;…lalu ia (YESUS) BERLUTUT dan berdoa
Markus: 14:35 Ia maju sedikit, merebahkan diri ke
tanah dan berdoa supaya,sekiranyamungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.

12:20 Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN dan sujud menyembah. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan

20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku

apakah sujud mereka sm dgn sholat?? :coolsmiley: .seandainya sama boleh donk bilang ala The Saint: "miracle no.1 :coolsmiley:
Salam damai

hohoho… kok masih maksa siy… :cheesy:

Hoo menarik… Gw baru tahu hal ini.
Thanks infonya, terutama PDFnya!

Tapi gw masih bingung ama seluruh Markus 11:1-33 nih…

maksa ??penjelasan kalee?? :cheesy: kan datanya dr kitab anda charity …seandainya datang dr kitab saya lalu disodorrin ke situ baru namanya nya pemaksaan. tar kalo ditanya maksa nya dmn ?loe bingung sendiri lg ;D ;D
Salam damai

Sudah jelas apa yang dikatakan Moe :

Ketika Tuhan Yesus wafat, tirai bait ALLAH berbelah…
Sesaat sebelum kenaikanNYA ke Surga, terjadi pencurahan ROH KUDUS kepada kepada semua bangsa sampai akhir jaman.
Saat itulah TUBUH menjadi BAIT ALLAH (1 Kor 3:16-17 ; 1 Kor 6:19)

Anthony De Mello SJ : [b]Apa gunanya mencari Tuhan di tempat-tempat suci, kalau Ia sudah tidak bersemayam lagi di dalam hatiku?[/b]
https://forumkristen.com/index.php?topic=6491.msg198929#msg198929 [b] Saat IA bersemayam dalam hatiku, setiap saat ROH dan JIWA-ku SUJUD menyembahNYA.[/b]

Amin