Suksesi Apostolik di luar GK & GO

he he
pantas kata kata itu keluar dari santo jadi jadian

YANG PASTI TIDAK BERKOAR2 ALKITABIAH tetapi TIDAK BISA MEMPERTANGGUNGJAWABKAN KOAR2NYA ITU :smiley:

2 Korintus 11:19 Sebab kamu suka sabar terhadap orang bodoh, karena kamu begitu bijaksana:

smile,
love
peace

Ams 8:5
Hai orang yang tak berpengalaman, tuntutlah kecerdasan, hai orang bebal, mengertilah dalam hatimu.

2Ptr 2:16
Tetapi Bileam beroleh peringatan keras untuk kejahatannya, sebab keledai beban yang bisu berbicara dengan suara manusia dan mencegah kebebalan nabi itu.

Orang BEBAL harus DIKERASI seperti TUHAN YESUS MENGHARDIK para pedagang :slight_smile:

Mat 21:12
Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati

kok jadi perang gini o.O

kan malu dilihat sama yg non kristen, sesama kristen aja ga nyambung.

menyambung soal:

apakah sdr. Yopi mengklaim bahwa pelayanan apostolik / kerasulan adalah hanya milik grj katolik?

Gereja Profetik dan apostolik Yoel 2 28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

ayat ini mengacu pada akhir jaman. dan inilah yang terjadi di seluruh dunia, yaitu kegerakan profetik dan apostolik.

profetik adalah bernubuat, setelah sekian lama, gereja bergerak dengan program yang dibuat oleh manusia, maka sekarang melalui karunia Roh yaitu bernubuat, gereja bergerak sesuai dengan kehendak Tuhan.

apostolik adalah mengutus keluar, memberdayakan jemaat untuk memberitakan injil.

gereja tradisional adalah gereja yang memposisikan jemaat sebagai yang membantu gembala atau pemimpin gereja (seperti mengundang masuk) untuk memberitakan Firman.

gereja yang apostolik adalah gereja yang memposisikan gembala atau pemimpin gereja untuk memperlengkapi jemaat untuk keluar memberitakan Firman (seperti mengutus jemaat). ini adalah konsep Yesus memperlengkapi murid2Nya untuk menginjil.

ini adalah kegerakkan yang terjadi sekarang pemulihan gereja yang profetik dan apostolik. seiring dengan pemulihan ini, adalah pemulihan dalam marketplace (adalah bidang pendidikan, pemerintahan, bisnis). konsep lama adalah sekuler dan rohani. padahal dalam Firman Tuhan tidaklah demikian, melainkan tidak ada perbedaan itu. didalam kitab para rasul, diteliti ditemukan 40 mujizat, 39 mujizat itu terjadi di luar gereja, 1 terjadi di gereja. seluruh murid Yesus adalah businessman, dokter, pegawai pemerintah, dll. hanya paulus yang berlatak belakang sekolah agama dan dia pun juga seorang businessman, pembuat tenda.

jadi ini adalah gerakan pemulihan yang perlu terjadi di seluruh gereja untuk merespon pemulihan dunia. untuk mempercepat kedatang Tuhan Yesus.

dan hal ini di tegaskan kembali di kitab 1 korintus 14

mengenai jawatan gereja.

jadi semua jawatan itu tidak melihat dari katolik atau prostestan. karena kita tubuh kristus maka Tuhan pakai semua.

jadi kalau sekarang sesama anak Tuhan malah bersitegang begini, apakah di kehendaki oleh Tuhan?
Hidup dalam perbedaan dan perbedaan itu dipakai dalam memuliakan nama Tuhan. itu saja intinya

1 kor 14:33 Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.

Apostolik bukan sekedar panggilan gereja :slight_smile:

Menurutku Apostolik harus dibuktikan dengan kebenaran bukan urutan generasi pewaris otorisasi.

Gereja yang Apostolik harus memiliki dasar kebenaran yang sama dengan apa yang dipegang oleh para rasul sesuai dengan apa yang diajarkan Kristus. Setuju tidak?

Bila hanya Katholik Roma yang boleh klaim Apostolik, bagaimana mereka menjelaskan jaman kegelapan sekitar abad 15? Suatu jaman di mana pemimpin gereja tidak berjalan sesuai kebenaran, apakah warisan pada generasi berikutnya bisa benar dengan sendirinya???

Untuk memposisikan kembali pada kebenaran, maka dilakukan reformasi.

Salam.

Apakah Skisma Gereja Katolik Roma dan Orthodox adalah Perpecahan?

PERSELISIHAN YANG TAJAM.
Kis 15:39
Kadang-kadang perselisihan dapat timbul di antara orang percaya yang mengasihi Tuhan dan sesamanya. Pada saat perselisihan ini tidak dapat diatasi, yang paling baik adalah membiarkan masing-masing dengan pendapatnya sendiri serta membiarkan Allah bekerja sesuai kehendak-Nya dalam mereka yang terlibat. Perbedaan pendapat yang membawa pemisahan, sebagaimana terjadi dalam kasus Paulus dan Barnabas, tidak boleh disertai kepahitan dan kemusuhan. Baik Paulus maupun Barnabas tetap melanjutkan pekerjaan mereka bagi Allah dengan kasih karunia dan berkat Allah.

Kunci dan kuasa untuk mengikat dan melepaskan merujuk pada kebiasaan umum bangsa Yahudi. Bila seseorang sudah lulus ujian-ujiannya untuk mendapatkan kedudukan tinggi sebagai doktor hukum, maka dia menerima sebagai diplomanya, sebuah kunci yang diserahkan kepadanya disertai kalimat, “Terimalah kuasa untuk mengikat dan melepaskan”, yang maksudnya adalah mengizinkan atau melarang. Setelah menguasai hukum, dia bisa menentukan apakah sebuah tindakan itu sah menurut hukum atau tidak. Pernyataan Petrus yang menyatakan YESUS adalah Anak Allah, menjadi bukti kalau dia telah mencapai keadaan iman rohani dan persepsi yang KRISTUS akui (Mat. 16:18, 19). Kunci-kunci ini juga merujuk kepada Petrus yang membuka pintu kerajaan KRISTUS bagi banyak orang pada hari Pentakosta dan bagi bangsa bukan Yahudi dengan cara berkhotbah kepada Kornelius. Sudah jelas bahwa Rasul-rasul tidak mengakui kalau Petrus lebih unggul ketimbang mereka. Yakobuslah yang mengambil keputusan di dalam sidang (Kis. 15:13, 19) meskipun Petrus hadir; dan Paulus secara “terang-terangan menentang Petrus” (Gal. 2:11).
“Tetapi waktu Kefas datang ke Anthiokhia, aku berterus terang menentangnya, sebab ia salah”, tulis Paulus dalam Galatia 2:11. Dengan mempertimbangkan pernyataan Paulus, beberapa pihak mempertanyakan apakah kita dapat menganggap, baik Paulus maupun Petrus bertindak berdasarkan ilham. Masalah ilham tidak terlibat dalam peristiwa yang terjadi di Anthiokhia, sewaktu Paulus menegur Petrus atas ketidaktetapannya. Ini sekadar masalah kelemahan manusia. Sementara di bawah pengaruh dari Gereja Tinggi Yahudi Kristen tertentu, yang berasal dari Yakobus, Petrus menarik diri dan memisahkan diri dari jemaat Kristen Anthiokhia, “karena takut akan sandra-sandra yang bersunat”. Akibatnya adalah Barnabas, dan sudah pasti banyak lainnya, terpengaruh oleh teladannya, yang menjadi sebuah skandal dalam masyarakat. Untuk menyelamatkan Jemaat dari kemurtadan, Paulus mendamprat Petrus karena tingkah lakunya dan memarahinya secara terbuka, karena menyerang kebebasan Injil. Tulisan-tulisan Paulus dan Petrus yang dicantumkan dalam Kanon Perjanjian Baru tentu saja terilhami, tetapi kita tidak bisa mempercayai kalau setiap kata yang mereka ucapkan selama masa hidup kekristenannya benar-benar terilhami. Paulus dan Petrus memiliki kelemahan dan batasan sebagai manusia, sama seperti yang lainnya. Tetapi sewaktu mereka menulis dengan wibawa di bawah petunjuk ROH KUDUS, mereka dibebaskan dari kesalahan dan kekeliruan, dan dengan cara inilah mereka diilhami.

Apakah Petrus pergi ke Roma?

Kitab Roma sama sekali tidak menunjukkan bahwa Petrus hadir di Roma kapan pun, tetapi ini sekadar bukti yang negatif. Kalaupun dia pernah mendatangi Roma, barangkali itu terjadi pada tahun terakhir dari hidupnya, meskipun Eusibius dalam Chronicon mengatakan kalau dia mengunjungi Roma pada tahun 42 TM. Hieronimus juga menyebut kunjungan Petrus di Roma. Para penulis Katolik menegaskan bahwa dia berada di sana selama beberapa tahun. Tidak ada bukti yang mendukung fakta ini dalam Kitab-kitab Perjanjian Baru. Akan tetapi secara umum hal ini diterima, yaitu keberadaannya di Roma pada tahun terakhirnya sewaktu dia mati sebagai martir sebagaimana yang Tuhan nubuatkan (Yoh. 21:18, 19). Dionysus dari Korintus menulis bahwa Petrus dan Paulus mati sebagai martir di Italia bersama-sama. Ireneus menegaskan tentang kehadirannya di Roma. Caius, Origenes, Tertullianus dan lainnya memberi kesaksian yang sama.

Apakah Petrus diangkat menjadi Pemimpin?

Kisah Para Rasul
15:6 Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.
15:7 Sesudah beberapa waktu lamanya berlangsung pertukaran pikiran mengenai soal itu, berdirilah Petrus dan berkata kepada mereka: "Hai saudara-saudara, kamu tahu, bahwa telah sejak semula Allah memilih aku dari antara kamu, supaya dengan perantaraan mulutku bangsa-bangsa lain mendengar berita Injil dan menjadi percaya.
15:12 Maka diamlah seluruh umat itu, lalu mereka mendengarkan Paulus dan Barnabas menceriterakan segala tanda dan mujizat yang dilakukan Allah dengan perantaraan mereka di tengah-tengah bangsa-bangsa lain.
15:13 Setelah Paulus dan Barnabas selesai berbicara, berkatalah Yakobus: "Hai saudara-saudara, dengarkanlah aku:
15:14 Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi nama-Nya.
15:27 Maka kami telah mengutus Yudas dan Silas, yang dengan lisan akan menyampaikan pesan yang tertulis ini juga kepada kamu.
15:28 Sebab adalah keputusan ROH KUDUS dan keputusan kami

ADALAH KEPUTUSAN ROH KUDUS.

Kis 15:28
Sidang di Yerusalem dipimpin oleh ROH KUDUS. YESUS berjanji bahwa Roh akan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). Keputusan-keputusan gereja tidak boleh dibuat oleh manusia saja; mereka harus mencari bimbingan Roh melalui doa, puasa, dan penyerahan kepada Firman Allah hingga kehendak-Nya itu diketahui dengan jelas (bd. Kis 13:2-4). Gereja yang dianggap gereja KRISTUS harus mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat (Wahy 2:7).

Apakah Wewenang Rasuli dapat dpindah tangankan?

Karena dalam Alkitab maupun Tradisi Suci HARUS ADA campur tangan RASUL untuk meneruskan INJIL (TUHAN YESUS yang disalibkan, wafat, dimakamkan, bangkit=Ekaristi)

Ibrani
6:1 Sebab itu marilah kita tinggalkan asas-asas pertama dari ajaran tentang KRISTUS dan beralih kepada perkembangannya yang penuh. Janganlah kita meletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, dan dasar kepercayaan kepada Allah,
6:2 yaitu ajaran tentang pelbagai pembaptisan, penumpangan tangan, kebangkitan orang-orang mati dan hukuman kekal.
6:3 Dan itulah yang akan kita perbuat, jika Allah mengizinkannya

Kisah Para Rasul
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh ROH KUDUS.
8:16 Sebab ROH KUDUS belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan YESUS.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima ROH KUDUS.

2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan.

4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.
4:37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,
6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."
6:5 Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan ROH KUDUS, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.
6:6 Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.
6:7 Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.

8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.
8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.
8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota d sampai ia tiba di Kaisarea.

9:16 Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku 4 ."
9:17 Lalu pergilah Ananias ke situ dan masuk ke rumah itu. Ia menumpangkan tangannya ke atas Saulus, katanya: "Saulus, saudaraku, Tuhan YESUS, yang telah menampakkan diri kepadamu di jalan yang engkau lalui, telah menyuruh aku kepadamu, supaya engkau dapat melihat lagi dan penuh dengan ROH KUDUS."
9:18 Dan seketika itu juga seolah-olah selaput gugur dari matanya, sehingga ia dapat melihat lagi. Ia bangun lalu dibaptis.

masih ada di Timotius dll mengenai penumpangan tangan,

Semuanya menceritakan satu hal yaitu, PENUMPANGAN TANGAN oleh PARA RASUL :slight_smile:

BAHKAN Paulus DAN 7 orang yang diutuspun HARUS MENDAPATKAN PENUMPANGAN TANGAN PARA RASUL :slight_smile:

PENUMPANGAN TANGAN PARA RASUL—> APOSTOLIK :slight_smile:

APOSTOLIK Hanya ada di Gereja Katolik baik Vatican maupun Orthodox :slight_smile:

@sdr Yopi. Kenapa malah menyangkal kebenaran firman Tuhan. Bukankah sudah jelas di 1 korintus 14, bahwa panggilan/jawatan itu diberikan kepada gerejaNya.

gak usah heran sis

GerejaNYA yang Apostolik :slight_smile:

Nah, cutz, Jawablah ini!

ATAS DASAR APA ANDA MENGIMANI monogami, Trinitas, YESUS 100% TUHAN 100% Manusia, ALLAH ROH KUDUS dll APABILA didalam ALKITAB TIDAK DITULISKAN AYAT2 TERSEBUT???

ATAU ANDA MENCETAK ALKITAB SENDIRI dan MENULISKAN/MENAMBAHKAN AYAT2 TERSEBUT? :smiley:

yang namanya ALKITABIAH harus TERDAPAT AYAT SECARA EXPLICIT dalam ALKITAB, jadi BUKAN TERJEMAHAN:

ALKITABIAH: biblical, contained in the Bible

Jadi bukan tafsiran atau mirip, NAMUN AYAT TERSEBUT TERTULIS PERHURUF karena definisi tersebut artinya:

Fully and clearly expressed; leaving nothing implied: Lengkap dan jelas dinyatakan; Tanpa tersirat atau tidak boleh tersirat.

So, MEMANG WAJIB TERTULIS HURUF DEMI HURUF apabila ALKITABIAH karena apabila TERSIRAT atau HARUS DITRJEMAHKAN DULU berarti BUKAN EXPLICIT atau ALKITABIAH :slight_smile:

ataukah anda seorang PENGECUT? :smiley:

Apakah Arti Gereja?:

  • Gedung Gereja ?
  • Organisasi Gereja ?
  • Aliran Gereja ?
  • Atau orang2 yang percaya kepada Tuhan Yesus?

Menurut saya ya “Semua Orang Percaya kepada Yesus” adalah Gereja yang sesungguhnya … dimana Roh Kudus juga tinggal :slight_smile:

Buktikan kl Rasul Paulus itu Apostolik karena penumpangan tangan oleh para Rasul yang lain!

Bagaimana dengan Apolos dan Zenas? Akwila dan Priskila?

Salam.

ada di Tradisi Suci :smiley:

OH pake jurus Biskuit…

:smiley:

he he he jurus baru

Nah, Sekarang bagi cutz, Jawablah ini!

ATAS DASAR APA ANDA MENGIMANI monogami, Trinitas, YESUS 100% TUHAN 100% Manusia, ALLAH ROH KUDUS dll APABILA didalam ALKITAB TIDAK DITULISKAN AYAT2 TERSEBUT???

ATAU ANDA MENCETAK ALKITAB SENDIRI dan MENULISKAN/MENAMBAHKAN AYAT2 TERSEBUT? :smiley:

yang namanya ALKITABIAH harus TERDAPAT AYAT SECARA EXPLICIT dalam ALKITAB, jadi BUKAN TERJEMAHAN:

ALKITABIAH: biblical, contained in the Bible

Jadi bukan tafsiran atau mirip, NAMUN AYAT TERSEBUT TERTULIS PERHURUF karena definisi tersebut artinya:

Fully and clearly expressed; leaving nothing implied: Lengkap dan jelas dinyatakan; Tanpa tersirat atau tidak boleh tersirat.

So, MEMANG WAJIB TERTULIS HURUF DEMI HURUF apabila ALKITABIAH karena apabila TERSIRAT atau HARUS DITRJEMAHKAN DULU berarti BUKAN EXPLICIT atau ALKITABIAH :slight_smile:

ataukah anda seorang PENGECUT? :smiley:

Matius 15:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka: "Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?

Matius 15:7 Hai orang-orang munafik! Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu: 15:8 Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. 15:9 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.

Pertimbangkan ikuti Tradisi atau perintah TUHAN…

Salam.