Survey : bagaimana pemahaman Anda tentang tritunggal ?

Soalnya sejak Maria melahirkan Yesus yang adalah darah dan daging …
Bagaimana konsekuensinya terhadap ‚Äėtri‚Äô dan terhadap 'tunggal‚Äônya.

Seandainya saya bisa merumuskannya opsi seperti yang bro maksud…

Adakah yang bisa bantu ? :slight_smile: (sehingga ditambah pada opsi di postingan paling awal). :happy0025:
Monggo semua pendapat ditampung.

Kita sedang membahas kristologia Yohanes, paham?

Kalu YESUS bukan Firman, siapakah yg dimaksudkan Yohanes di

1 Yohanes
1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup‚Äďitulah yang kami tuliskan kepada kamu.

1:2
Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.

1:3
Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, YESUS KRISTUS.

Yang didengar, dilihat, disaksikan dan diraba tentang siapa?

Jawapannya ada di ayat 1.

Dan siapakah Firman Hidup itu?

Jawapan ada di ayat 3.

Wahyu 19:13
Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: ‚ÄúFirman Allah.‚ÄĚ

Siapa Firman Allah itu?

Jawapan ada di ayat 11.

Dan siapakah Yang Setia dan Yang Benar itu?

Jawapannya ada di Wahyu 3:14.

[b]Alkitab itu bukan untuk orang bodoh. Kalau orang bodoh, bacaannya pasti Quran.

Makanya mulai sekarang segera BERPIKIR. [/b]

Kita sedang membahas kristologia Yohanes, paham?

Kalu YESUS bukan Firman, siapakah yg dimaksudkan Yohanes di

1 Yohanes
1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup‚Äďitulah yang kami tuliskan kepada kamu.

1:2
Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.

1:3
Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, YESUS KRISTUS.

Yang didengar, dilihat, disaksikan dan diraba tentang siapa?

Jawapannya ada di ayat 1.

Dan siapakah Firman Hidup itu?

Jawapan ada di ayat 3.

Wahyu 19:13
Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: ‚ÄúFirman Allah.‚ÄĚ

Siapa Firman Allah itu?

Jawapan ada di ayat 11.

Dan siapakah Yang Setia dan Yang Benar itu?

Jawapannya ada di Wahyu 3:14.

[b]Alkitab itu bukan untuk orang bodoh. Kalau orang bodoh, bacaannya pasti kitab tokoh doang.

Makanya mulai sekarang segera BERPIKIR. [/b]

Cosmic…Nga apa apa… hari ini aku nga mahu rosakkan mood natal mu…ini utk kmu… smoga gembira om dgn familinya…

http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTq7rba8xk6YxFWo9UnuAsYSoT2w-gsGKBkV_suD7GLoiYetBHQhs4MGB1n

Sejauh apapun aku ‚Äėbidat‚Äô dimata mu, tp paling tdk YESUS itu Nabi ku‚Ķ :slight_smile: apa aku salah krn memuliakan mu (yesus) sbg nabi?? :slight_smile:

Enggag!!
Karena, Kitab Suci tidak mengenal istilah kristologi?. ;D

Benar, bahwa Firman hidup itu adalah Yesus, sama seperti yang dijelaskan dalam Yoh.1:14; BUKAN Firman yang dijelaskan dalam Yoh.1:1 :smiley:

Siapa menurut sodara? Bapa atau Yesus Kristus? :coolsmiley:

Siapa yang ada di ayat 11 itu?

Siapakah yang ada di Why.3:14 itu?

Selamat berpikir… sebelum berpikir itu berakhir :smiley:

Salam,

Om cosmic, :love0056: :smiley: sebelum itu minta maaf sekiranya tulisan ku lepas ini membuat mu jadi :knuppel2: , mgkin dipihak mu aku ini tdk ubah spt org yg tdk pandai ngerti2… :uglystupid2:

Apa kalau dijawab mahu didengar…sy jawab begini, Firman itu adalah Bapa, YESUS diutus atas Firman Bapa… sebab itu kalau aku baca 4 injil utama itu YESUS langsung tdk berkata menurut dirinya (Meskipun dipihak Kristen mengatakan YESUS 100% manusia dan YESUS = Firman)…bahkan Firman itu bukan miliknya sebaliknya milik Bapa (Yoh. 17:8)… YESUS diutus utk MENYAMPAIKAN firman Bapa sahaja…

YESUS sahaja menuruti Firman Bapa, apa masih mahu menegas YESUS itulah firman??

Yoh. 8: (55) padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya.

Yoh. 12:(49) Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. b[/b] Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

Sila jelaskan bro utk dua ayat ini? sejauh apa YESUS itu firman kalau sahaja yang punya badan menolak (YESUS sbnrnya tdk menolak dirinya firman, ttp kalian lah yg mengatakan dia itu firman, YESUS hanya menjalankan tugasnya menyampaikan firman shj)…

lalu apa maksud Yohanes 1:1 itu?? Bukannya aku tdk mengerti :smiley: cuma cara aku mengerti itu lebih masuk akal :azn: krn dari dua ayat diatas jelas YESUS =/= firman…

================================================================

Cosmic tanya apa pandangan sy, maka inilah pandangan itu…anda mengklasifikasikan Firman Hidup itu dlm bentuk nyata iaitu YESUS itulah firman hidup…ttp aku faham maksud ayat itu iaitu ttg firman yg membawa HIDUP KEKAL sewaktu YESUS mengucapkan kalimah ini dihadapan org Yahudi…

Yoh. 10: (28) dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. b Bapa-Ku[/b], yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. b[/b] Aku dan Bapa adalah satu."

Itulah Firman Hidup itu, firman yg disampaikan Yesus dr Bapa utk umatnya memperoleh HIDUP KEKAL… Yohanes membenarkan atau bersaksi ttg segala firman yg DIDENGARnya dr YESUS, dan MELIHAT segala mukjizat2 yg datang bersama YESUS, bahkan YESUS itu sendiri lahir dr sebuah keajaiaban…

Wahyu 19:13 Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."

Siapa Firman Allah itu?

Jawapan ada di ayat 11.

Wahyu itu menceritakan YESUS yg akn tiba kali kedua‚Ķ lalu kmu hairan mengapa tertulis ‚ÄúFirman Allah‚Ä̂Ķ padahal YESUS sdh jelaskan disini mengapa demikian adanya;

Yoh. 12: (48) Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu FIRMAN yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Sekali lagi YESUS itu diutus untuk MENYAMPAIKAN FIRMAN BAPA‚Ķ jadi YESUS akan turun dengan Firman Bapa bukan krn dirinya firman‚Ķadakah saya terlalu ‚Äėstupid‚Äô utk menangkap spt itu? krn YESUS dgn jelas menyatakan MISI pengutusannya dlm menyampaikan segala firman Bapa‚Ķjadi dengan firman itulah YESUS akan turun menghakimi org2 yg melakukan kehendak Bapa‚Ķ

Yoh. 17:(8) Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Yoh. 7:(17) Barangsiapa mau melakukan kehendak-Nya, ia akan tahu entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah, entah Aku berkata-kata dari diri-Ku sendiri.

Perhatikan aja ayat yg aku merahkan itu, YESUS aja tdk menyebut Bapa ttpi Allah…kalau difahami istilah Allah itu spt tritunggal…koq YESUS menolak ajaran itu dr dirinya? bukankah YESUS bahagian dlm konsep itu…yakni Anak/Firman???

Yoh. 12:(44) Tetapi YESUS berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; :afro:

Dan siapakah Yang Setia dan Yang Benar itu?

Jawapannya ada di Wahyu 3:14.

[b]Alkitab itu bukan untuk orang bodoh. Kalau orang bodoh, bacaannya pasti kitab tokoh doang.

Makanya mulai sekarang segera BERPIKIR. [/b]

Aduh… :mad0261: dibilang aku bodoh… jangan menghakimi dong bgtu…

Maryam… maryam…, menurut kamu siapa itu Yesus yang di salib??

Apa mahu dengar… kan kalau aku jwb pasti dibanned, bukannya kmu yg dibanned… :smiley:

Kamu masih penuh dengan doktrin dari Islam, buang dulu itu, sekarang coba katakan siapa Yesus Kristus yang disalib itu??

Apakah sia sia Dia berkorban begitu…? Untuk siapa Dia berkorban dengan membayar sangat mahal?

Kenapa DarahNya layak menebus umat manusia??

Jawapan iseng… :smiley:

kalau sy baca kitab mu…mmg bgtu adanya…YESUS diutus sbg PENYELAMAT BANGSA ISRAEL… (Kalau lihat nubuat Daniel 9: 24-27)…

Malangnya, org israel menolak YESUS yg diutus utk menebus dosa2 mrk…lalu apa gunanya YESUS dijadikan korban oleh Bapa kalau bangsanya tidak mahu menerima pengorbanannya??

Dipihak lain, org Yahudi mahu membunuh YESUS krn mrk tahu YESUS itu akan mati dibunuh berdasarkan nubuat kitab mrk sebelumnya… mrk Yahudi itu mahu membodohkan siapa dgn berbuat bgtu?

Masa selama ini anda cuma tau nubuat Daniel, cobalaj jujur dengan diri sendiri… :wink:

kaum farisi dan ahli taurat menolak yesus karena Yesus merugikan mereka, mereka tidak tau tujuan sebenarnya Yesus datang kedunia, juga murid2 Yesus juga, jadi anda salah dalam hal ini.
Siapa bilang tak berguna, baca lagi dech PB , dan simpan dulu doktrin Islam anda.

Ini dapat darimana?? coba dech kosongkan dulu doktrin Islammu…! :wink:

:wink:

Aku malas mau serius jwb post kmu krn bukan topiknya‚Ķnti om kumis dtg warning lg‚Ķ ;D Faktor utama mereka TIDAK PERCAYA YESUS‚Ķ silakan perhati spt apa dlm 4 Injil utama itu sikap2 mrk sewaktu berhadapan dgn Yesus‚Ķ mrk menganggap Yesus adalah ‚ÄúPenyesat‚Ä̂Ķyg menyamar spt dlm nubuat kitab mrk‚Ķ dan perhatikan juga spt apa Yesus bersungguh2 meyakinkan mrk bhwa dialah Mesiah itu‚Ķ lihat shj sikap mrk itu disini, mrk itu tidak percaya Yesus messiah‚Ķtp tetap sahaja mrk memiliki keyakinan bhwa Yesus akn bangkit lagi‚Ķ

Mat. 27: (63) dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.

lee… drpd kmu balas post ku ini ada baiknya balas post ku ama cosmic, ni aja udh lari dr topik…kalau kmu ttp balas aku nga jwb lagi… :wink:

Kenapa lari dari topik?? Yesus adalah sumber diskusi ini yang berhubungan dengan Trinitas.
Anda tidak mempermasalahkan siapa Allah , tetapi anda menolak Yesus sebagai Tuhan, itu pasti makanya
simpan dulu doktrin Islam anda itu, kosong kan pikiranmu, baru coba berpikir dengan jujur siapa Yesus itu??

mengenai masalah ahli taurat dan kaum farisi sudah kubilang ajaran Yesus merugikan mereka secara politik, maka ego dan kedagingan mereka berbicara untuk menyingkirkan Yesus.
Namun sekarang coba lihat , Yesus sudah mati dikayu, namun Dia bangkit 3 hari kemudian disaksikan banyak orang selain murid murid Yesus, coba lihat pekerjaan dan karya Yesus masih berlanjut sampai sekarang, kenapa kamu bilang tak berguna??

Sekali kali datanglah ke acara ibadah KKR umat Kristen, lihat dan saksikan Kuasa dan Penyertaan Tuhan Yesus masih berlaku sampai sekarang, janganlah mengira ajaran Kristen hanya diatas kertas saja… :wink: :afro:

Bapalah yg menyerahkan/meminta Yesus menyampaikan firmanNya ttg utk memperoleh hidup kekal… jadi sesiapa tdk percaya Yesus udah pasti menolak Firman Hidup yg diberikan kepadanya…

Yoh. 3: (36) Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

kenyataan sy terkeluar dr survey, walaupun saya tahu apa itu tritunggal, tp tdpt bbrapa elemen yg terkeluar dr pemahaman thdp tritunggal itu…

Bapa = Firman
Anak =/= Firman
Roh Kudus =/= Firman

Oh begitu…

Oke saya ngerti…kalau itu cuma karangan doang.

Good :afro:

koq dibilang cuma karangan doang…saya juga bisa berbalik mengatakan hal itu kpd anda kan… :rolleye0014:

:slight_smile:

Aduh…mulai deh Ngarang-ngarangnya.

Memangnya Agama kamu.

Kebiasaan sih ya?