survey dan sharing: MENGAPA SAYA HARUS MENJADI KRISTEN YANG PROTESTAN?

bila kita menggunakan perpektif yang obyektif, normal, netral dan terbuka… maka kita harus mengakui bahwa faktanya kekristenan itu ada banyak varian ajaran iman dan moral…

saya ambil contoh saja; ada kekristenan ortodox timur, kekristenan katolik roma, dan protestanisme…

nah, saya hanya ingin bertanya dan mengetahui lebih jauh tentang pilihan saudara-saudara disini, khususnya yang protestan,

apa saja sih alasan dan hal yang mendasari saudara-saudara disini, sehingga memilih dan menganut kekristenan yang protestan?

terimakasih, salam… :slight_smile:

Kristen itu harus Back to Bible,
cuma itu saja gak ada yg lain

Sejarah pertobatannya dimana ia bertobat disitu ia dibina dan ditumbuhkan.

Jika sejak kecil tidak pernah bertobat, maka sejarah keluarga lebih doniman, didalam keluarga mereka beribadah di denominasi apa disitulah anak cucunya akan dibina dan ditumbuhkan.

Jika suatu saat ada orang pindah denominasi tidak juga melalui pertobatan, maka hal itu disebabkan karena hubungan pertemanan dan pacaran/nikah.

Saya mengalami yang pertama, karena pertobatan. Dari seorang yang tidak benar hidupnya, dan mengenal Yesus disebuah denominasi dan disitulah saya bertumbuh dan dibina.

ok mas doa menjawab:

karena protestan adalah back to bible

ditampung jawabannya…

sodara2 protestan yang lain? silahkan… nanti maksud saya saya ingin membuat rangkuman dan kesimpulan dari corak2 jawaban orang kristen yang protestan.

jadi, karena mas krispus mendapat hidayah pertobatan di gereja protestan.

tapi sesungguhnya maksud saya adalah hal yang lebih spesifik dan kongkrit… bertolak dari banyaknya varian kristen. kenapa mas krispus pilih yang protestan, bukan yang lain.

tapi ok lah, kalau boleh saya simpulkan jawaban anda,: "karena di gereja protestanlah anda berhasil dipertobatkan"… begitu ya? dan mungkin anda kurang konser dan kurang perduli dengan perbedaan yang ada.

thx…

Anda sendiri mengapa? Share dong…

ignatiusloyola adalah Katolik, sehingga lebih tepat jika share di topik Mengapa Saya Katolik: MENGAPA SAYA KATOLIK? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Salam

ya benar, trit kenapa saya katolik sudah ada… saya sendiri punya segudang alasan kenapa saya memilih untuk menjadi katolik…

jadi saya ingin membuat treat kenapa saya protestan… tentu dari kita semua mempunyai alasan-alasan tertentu yang spesifik, sehingga kita memilih keyakinan yang kita anut saat ini…

sebenernya saya hanya ingin bersama2 saudara2 protestan… menggali alasan-alasan, supaya bertanya pada diri sendiri, akan pengenalan dan landasan yang konkret, yang membuat anda memilih Kristen yang protestan.

saya pikir ada baiknya jika kita knowing, to loving our faith…

kenapa anda sekalian meilih Kristen yang protestan? apa keunggulannya, apa kelebihannya, apa alasannya?

atau mungkin pertanyaan ini susah? jika pertanyaan ini terasa susah… bisa jadi, anda-anda sekalian tidak pernah mengenali iman anda, dan sangat minim wawasan Kekristenan…

ya… di anggap saja saya pengamat protestanisme amatiran, dan saya memang tertarik dengan fenomena protestanisme… dan kayaknya menarik juga jika mengkajinya dalam perpektif “mengapa orang memilih kristen yang protestan” :smiley:

sesungguhnya harapan saya adalah, bahwa dari macam-macam alasan yang terkumpul nanti, kita bisa simpulkan bersama-sama jenis-jenis atau klasifikasi dan model-model keberimanan dalam protestanisme.

tapi kalau keberatan… ya mau gimanalagi, itu hak saudara-saudara sekalian… :smiley:

Boleh diperjelas lagi yang masuk kategori Protestan di sini? Protestanisme bukan gerakan yang homogen, berbeda dengan Katolik Roma. Jadi antar satu denominasi Protestan satu dengan lain bisa sangat berbeda secara teologis, misalnya soal baptisan.

Hanya satu alasan yaitu segala ajaran gereja harus memegang prinsip Back to Bible,karena satu satunya landasan gereja hanyalah Kitab Suci hasil penulisan para Nabi dan Rasul !

ya bener bro… silahkan mengungkapkan alasan secara spesifik… misal; kenapa saya pilih kristen yang protestan dan protestan yang kharismatik.

oya, ini sama dengan mas doa: “karena protestanlah gereja yang bacl to bible”

terimakasih partisipasinya…

salam…

Makanya ujilah segala ajaran gereja berdasarkan kebenaran Firman Tuhan sesuai dengan perintah Tuhan sendiri,jangan main telan bulat bulat secara membabi buta.

1 Tesalonika 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.

1 Tim 3:15 Gereja-Nya, tiang penopang dan dasar kebenaran.

Fondasi gereja satu satunya hanyalah Kitab Suci bukan segala macam ajaran dusta dan palsu tradisi rekayasa gerejamu itu.

Efesus 2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
2:20 yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru

Mengaku gereja tetapi kalau berdiri diatas tradisi ajaran manusia hanyalah bidat yang menyesatkan belaka :

Efesus 4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Camkan itu !

Lagi-lagi kamu salah :smiley:

2Tes 2:15. Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada tradisi-tradisi yang kamu terima dari kami, [b]baik secara lisan, maupun secara tertulis.

tradisi-tradisi yang kamu terima dari kami, [b] > kami itu siapa? > para rasul,
jadi bukan tradisi2 yg ditetapkan setelah para rasul

wah, sayang, kok cuma sedikit orang protestan yang mau share ya?
barang kali susah menemukan alasan kenapa harus jadi kristen yang protestan?

baru dua pendapat:

  1. “protestan adalah kristen yang back to bible”
  2. “di protestan saya dipertobatkan” (hidayah)

silahkan, sama dengan no 1 (mas do-a dan gondola) atau nomer 2 (mas krispus), atau punya alasan sendiri…

Alasannya : Karena saya menemukan kebenaran sejati disana. Dan kebenaran itu memerdekakan saya.

Ajaran Kristus yang murni itu adalah yang tertulis dalam Alkitab. Bukan segala macam doktrin yang justru membawa kita menjauh dari Kristus.

Demikian. GBU. :slight_smile:

trimakasih bro…

saya coba perjelas poin saudara ya:

kristen yang protestan adalah ajaran yang benar sejati

selain yang protestan tidak membawa kebenaran sejati, karena mengajarkan hal2 yang menjauh dari kristus.

kalau saya timelinekan maka, saya protestan karena yang sebelum2nya alias katolik mengajarkan hal yang menjauhkan diri dari kristus. (karena protestan lebih muda dari yang lain)

dengan kata lain, saya protestan karena katolik mengajar yang tidak benar.

begitu? ini seperti bahasa lain dari back to biblle ya? ok terimakasih partisipasinya… :smiley: