Suryadharma Ali Tersangka Korupsi Dana Haji

Suryadharma Ali Tersangka Korupsi Dana Haji
Kamis, 22 Mei 2014 19:50 WIB

Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, menyatakan pihaknya sudah menaikan status penyelidikan kasus dana haji di Kementerian Agama ke penyidikan. Busyro menyatakan Suryadharma Ali selaku Menteri Agama ditetapkan sebagai tersangka.
“Sudah naik penyidikan dengan SDA dan kawan-kawan sebagai tersangka,” kata dia dalam pesan singkat, Kamis (22/5/2014).

Dalam kasus ini, KPK mencium kerugian sementara senilai Rp100 miliar dari kasus penyelenggaraan dana haji.

Sebelumnya Pada 15 Mei 2014 lalu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad pernah mengatakan bahwa seorang petinggi negeri akan menjadi tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyelenggaraan haji.

Dengan penetapan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka, terjawab sudah siapa petinggi negeri yang dimaksud Abraham. “Petinggi di negeri ini, pokoknya nanti, satu dua minggu ke depan,” ucap Abraham.

KPK menetapkan Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan itu menjadi tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyelenggaraan haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013. Informasi penetapan tersangka ini disampaikan Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas. [005-Okezone-tribunnews]
http://www.theglobejournal.com/Hukum/suryadharma-ali-tersangka-korupsi-dana-haji/index.php

buahahahahaha

maaf cuma numpang ngakak …

wakkakakkak

Maaf ngapain bahas ttg korupsi uang naik haji?
Well, selain menyedihkan karena uang buat bantu org mendekatkan diri ke allah di korupsi itu menyedihkan.
Tapi apa manfaat membahas kasus ini?
Itu kan bisa dibilang urusan tetangga (islam).

Selama ini kementrian agama lebih banyak mengurusi umat Islam dibandingkan dengan umat lainnya. Ya, wajar saja, mereka lebih banyak. Dan kalau didalami, ternyata urusan kementrian agama lebih sering soal haji. Kenapa sih soal haji paling banyak diurusin? Karena di situ banyak uang beredar dan banyak celah untuk melakukan tindakan memperkaya diri sendiri.

Jelaslah kenapa mengurus haji itu lebih penting bagi oknum-oknum di kementrian agama, daripada mengurusi hak umat beragama untuk mendirikan rumah ibadahnya dan menjalankan ibadah dengan tenang. Masalah terakhir itu jelas tidak menguntungkan secara finansial, malah kalau ada menteri agama yang berani membela agama minoritas konsekuensinya dicap antek Amerika lah, atau Yahudi lah, atau liberalis lah, dsb. Urusan haji memang urusan umat tetangga, tetapi penyalahgunaan jabatan menteri dan penyelewengan anggaran adalah masalah bangsa dan negara.

Kok anda kait2kan dengan agama sih???
Jelas2 masalah yang dibahas adalah korupsi, bukan agama atau kepercayaan…

Mengenai kiprah SDA selama ini, bisa dibaca dari berita ini. Mungkin pernah dibahas dalam suatu thread terdahulu.

Gereja Ditutup, Menteri Agama Salahkan Umat Kristen

Wed, 3 April 2013

Menteri Agama, Suryadharma Ali menyalahkan umat Kristen sendiri atas penutupan beberapa gereja dan mengatakan bahwa alasan penutupan gereja tersebut adalah murni kesalahan administrasi.

Suryadharma menjelaskan diskriminasi agama tidak hanya terjadi pada umat Kristiani, namun juga umat Muslim yang berada di beberapa daerah, seperti Bali, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Dia berpendapat bahwa kelompok Muslim minoritas yang ada di wilayah tersebut juga menghadapi tantangan terkait dengan ijin mendirikan tempat ibadah. “Tetapi mereka tidak mengatakan kepada media. Mereka juga tidak protes atau beribadah di depan Istana Presiden. Syarat yang diperlukan untuk mendapatkan ijin adalah administrasi, tidak ada hubungannya dengan isu politik,” imbuhnya.

Suryadharma yang juga merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) termasuk ke dalam keputusan 2 Menteri mengatur bahwa pembangunan tempat ibadah semua agama di Indonesia, termasuk gereja memiliki persyaratan ketat yang bertujuan untuk mencegah keresahan sosial.

Dalam keputusan tersebut, Menteri Agama dan Menteri Perumahan dan Pemukiman menetapkan syarat pendirian tempat ibadah harus memiliki jemaat minimal 90 orang dan mendapat dukungan dari penduduk setempat minimal 60 orang yang berada di sekitar tempat ibadah. “Saya sangat kecewa dengan Suryadharma. Dia benar-benar tidak konsisten dengan isi dekrit dan tidak memiliki gagasan yang jelas,” kata Pdt. Palti Panjaitan dari HKBP Filadelfia.

Bona Sigalingging dari GKI Yasmin mengatakan bahwa pernyataan Suryadharma menunjukkan bahwa pemerintah secara tidak langsung mengakui diskriminasi agama yang dilakukan kelompok mayoritas. Berdoa saja semoga polemik yang terjadi pada kelompok minoritas dapat diselesaikan dengan baik dan tidak lagi menjadi tugas panjang yang nantinya semakin berakar dan akhirnya menyulut konflik bangsa.

http://www.jawaban.com/index.php/mobile/news/detail/id/90/news/130403135522/limit/0/Gereja-Ditutup-Menteri-Agama-Salahkan-Umat-Kristen

Makanya klo ttg aturam agama / mentri agama aku langsung berpikir mereka lebih ngurusin islam.
Well, wajar sih aku dgr muslim di Indonesia itu 90%, sisanya berarti 10%.
Dari 10% ada kristen, hindu, budha.
Meskipun misal islamnya cuma 80%. Agama minoritas nya ya sangat sedikit.
Dan seperti anda bilang klo pro minoritas, bisa dituduh macam2. So, what is the profit of taking such huge risks?