Syukur atas GEREJA yang dibangun TUHAN bukan oleh manusia

Hakikat diri manusia sebagai yang “menerima” dan Allah sebagai yang “memberi”. Sekali manusia melawan itu, ia melawan hakikat dirinya sendiri, ia melawan hakikat Allah sendiri, itulah yang terjadi dengan dosa.

Pada saat Tuhan memutuskan untuk masuk di dalam sejarah manusia, yang terikat oleh waktu dan tempat, Tuhan memilih untuk menjadi terikat oleh suatu bangsa dan komunitas tertentu, seperti yang ditunjukkan oleh Inkarnasi. Dan ini adalah merupakan rencana Tuhan, yang memang dimulai dari Adam dan Hawa (sebagai sebuah perkawinan), Nabi Nuh (sebagai keluarga), Abraham (dalam suatu suku), Musa (satu bangsa), Raja Daud (Kerajaan Bangsa Pilihan), dan kemudian YESUS (yang mendirikan Gereja Katolik dan mencakup seluruh bangsa).

Allah selalu bekerja dengan cara yang sama. Allah tidak pernah berubah dari awal hingga akhir.
Ia selalu bekerja bersama orang pilihan-Nya. Ketika bangsa Israel mendesak dan meminta seorang raja, Allah telah memilih Saul dan Ia mengutus Nabi Samuel untuk “memberikan rahmat-Nya” kepada Saul.

Ketika Samuel melihat Saul, maka berfirmanlah TUHAN kepadanya: "Inilah orang yang Kusebutkan kepadamu itu; orang ini akan memegang tampuk pemerintahan atas umat-Ku." 1Samuel 9:17

Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: "Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN, dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas milik-Nya sendiri:frowning: I Samuel 10:1 )

Lalu tampilah Saul sebagai Raja pertama atas Israel. Dan kita mengetahui, meski diurapi TUHAN, Saul tampil sebagai pemimpin yang arogan dan melawan ketetapan TUHAN ( I Samuel 13:13). Dan melalui Samuel Allah telah mengangkat Daud sebagai Raja, meski Saul masih berkuasa.

Daud adalah Raja pilihan TUHAN atas Israel, namun Daud tidak membunuh Saul. Sebab Daud tetap memandang Saul sebagai orang yang diurapi TUHAN.

Tetapi kata Daud kepada Abisai: "Jangan musnahkan dia, sebab siapakah yang dapat menjamah orang yang diurapi TUHAN[/u], dan bebas dari hukuman?"1Samuel . 26:9

Dan dengan taat Daud berdoa: Kiranya TUHAN menjauhkan dari padaku untuk menjamah orang yang diurapi TUHAN. Ambillah sekarang tombak yang ada di sebelah kepalanya dan kendi itu, dan marilah kita pergi." 1Samuel 26:11

Lanjut di bawah…l


TUHAN datang kedunia menunjuk PETRUS

Sabda Allah memberitahukan kepada kita bahwa di awal kehidupan-Nya di muka umum, YESUS memilih dua belas rasul untuk mengambil bagian dalam perutusan-Nya (lih. Mrk 3:13-19). KRISTUS memperbolehkan mereka mengambil bagian dalam kuasa-Nya dan mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan kebenarannya, dan menyembuhkan orang sakit (lih. Luk 9:2). Melalui mereka dan para penerus merekalah KRISTUS memimpin Gereja-Nya. Maka, tak mengherankan, jika Sabda Tuhan mengajarkan, bahwa tiang penopang dan dasar kebenaran adalah Gereja, yaitu jemaat Allah yang hidup (lih. 1 Tim 3:15). Jangan lupa, bahwa KRISTUS telah memilih Rasul Petrus sebagai pemimpin Gereja-Nya, “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” (Mat 16:18-19). Jadi, kita ketahui bahwa KRISTUS telah memberikan kunci Kerajaan Allah ini kepada Rasul Petrus (lih. Mat 16:19), dan dengan demikian mempercayakan kepemimpinan jemaat-Nya di dunia ini kepada Rasul Petrus.

TUHAN kita telah turun ke dunia dan memberikan kepada kita GEREJA-NYA yang Ia bangun diatas PETRUS sebagai tanda bahwa hanya gereja yang dibangun diatas Petruslah yang Ia sertai sampai akhir Jaman. Sebagai Allah yang maha tahu, TUHAN mengetahui pada akhirnya nanti jemaatnya akan terpecah karena sebagaimana Penyesatan harus ada (lih Matius 18:7) Oleh karena itu TUHAN telah meninggalkan kepada kita sebuh tanda bahwa gereja manakah yang Ia sertai, dan tanda itu adalah PETRUS!! Jika hari ini kita menemukan banyak sekali gereja ingatlah TANDA yang diberikan TUHAN kepada kita, adakah Gereja itu dibangun di-atas PETRUS dan para penerusnya? Jika demikian, maka Gerejamu adalah Gereja yang didirikan oleh KRISTUS!

Tidak perlu untuk menjadi pintar bagi kita dalam memahami Firman Tuhan yang berbunyi: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.(Matius 16:18)

PETRUS adalah orang yang menerima dari TUHAN kuasa atas umat-Nya dan TUHAN menjanjikan akan menyertai gereja-Nya hingga akhir jaman. Dengan demikian kita harus memandang bahwa penerus petrus adalah orang2 yang (diurapi) menerima dari TUHAN kuasa atas umat-Nya. Seperti Daud yang memandang Saul sebagai orang yang menerima Kuasa dari TUHAN atas umat-Nya, ia menyerahkan keadilan kepada TUHAN sebagai hakim yang memutuskan perkara atas saul bukan malah membunuh Saul. TUHAN akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab TUHAN menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi TUHAN. 1Samuel 26:23

Lanjut dibawah…

Jika kita merenungkan hal ini, maka kita akan mengetahui bahwa KRISTUS mendirikan satu Gereja (jemaat), dan menghendaki agar jemaat-Nya bersatu di bawah pimpinan Rasul Petrus dan para rasul. Sebab Tuhan YESUS menghendaki agar Gerejanya tetap ada sampai akhir zaman (lih. Mat 28:19-20), maka kepemimpinan Rasul Petrus dan para rasul ini juga terus berlangsung melalui para penerus mereka sampai akhir zaman. Nah, sekarang, Gereja (jemaat) manakah yang dipimpin oleh penerus Rasul Petrus? Jawabnya lugas dan sederhana: Gereja Katolik. Gereja Katolik sekarang dipimpin oleh Paus Benediktus XVI, yang merupakan penerus Rasul Petrus, yang jika diurut dari Rasul Petrus, menempati urutan ke 266.

TUHAN telah memberikan kepada kita Gereja-NYA sudah sepatutnya kita menerima pemberian TUHAN ini dengan taat dan tidak berupaya untuk mencoba mendirikan gereja. Sebab hanya TUHAN lah yang mampu mendirikan gereja bukan manusia. Karena YESUS mendirikan gereja diatas PETRUS dan penerusn-Nya, maka sebagai pendiri YESUS mampu memberikan perlindungan bagi gereja yang ia bangun hingga akhir jaman. Apa yang bisa Martin Luther berikan kepada gereja yang ia bangun? Janji perlindungan hingga akhir jaman kah? Sejarah telah mencatat bahwa gereja yang ia bangun terpecah berkeping-keping hingga puluhan ribu, sebab Martin Luther TIDAK PUNYA KUASA untuk memberikan perlindungan bagi gerejanya hingga akhir jaman. Seharusnya kita menerima Gereja yang didirikan TUHAN bukan malah mendirikan gereja sendiri sebab

Hakikat diri manusia sebagai yang “menerima” dan Allah sebagai yang “memberi”. Sekali manusia melawan itu, ia melawan hakikat dirinya sendiri, ia melawan hakikat Allah sendiri, itulah yang terjadi dengan dosa.

Gereja Katolik telah berdiri selama 2000 tahun, dan kita mengetahui gereja Katolik mengalami banyak cobaan dan tantangan baik dari dalam maupun luar. Meski demikian JANJI TUHAN ATAS PETRUS berlaku sepanjang masa. Seperti Daud yang tidak membunuh Saul karena Saul adalah orang yang diurapi oleh TUHAN. Semestinya sikap Martin Lutherpun memandang Paus seperti itu, sehingga Martin Luther beroleh kesempatan untuk memperbaiki gereja dari dalam, sehingga tidak ada perpecahan dalam tubuh gereja. Namun nampaknya Firman Tuhan dalam Matius 18:7 yang berbunyi : Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. firman ini telah TERGENAPI!!

Baca juga : Wakil Allah di dunia ( Allah selalu menggunakan Sistemnya-Allah tidak berubah)
Wakil Allah di dunia ( Allah selalu menggunakan Sistemnya-Allah tidak berubah) - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

             [b] NUBUAT BAGI GEREJA YG MEMISAHKAN DIRI DARI KATOLIK[/b]
              https://forumkristen.com/index.php?topic=48056.msg850140#msg850140

Gereja yang benar adalah Gereja yang ini:

8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama Yesus Kristus, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.
8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.
8:16 Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.
8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian Roh Kudus terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima Roh Kudus.”
8:20 Tetapi Petrus berkata kepadanya: "Binasalah kiranya uangmu itu bersama dengan engkau, karena engkau menyangka, bahwa engkau dapat membeli karunia Allah dengan uang.

Apakah Gereja anda Gereja Apostolik? :smiley:

benarkah ajaran yg anda ikuti dapat ditelusur ke jaman para rasul?? atau setidaknya tidak bertentangan?

apakah gereja anda Gereja Apsotolik? :smiley:

Yesus tidak menyuruh Petrus mendirikan gereja bernama roma katolik. :char11:

trus namanya apa dong…?
apa mau dijawab nga tau, masih ada nga sih Gereja yang didirikan Yesus (Matt 16:18)…?

4:32 Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

Jemaat mula mula tidak punya nama gereja apalagi gedung besar dan mewah dengan pemimpin berhiaskan emas, ada ada saja… :char11:

jadi sudah nga ada Gereja/Jemaat mula2 detik ini…??

ya jelaslah brur,
Jemaat Mula-mula khan Jemaat pada zaman para Rasul, ya jelas dah nggak ada, wong zamannya dah 2000-an taon lalu.

gimane sih suhu ini :smiley:

siapasih yang punya gereja Katolik dimanapun Gereja itu berada? siapasih yang punya sekolah2 katolik, rumah sakit2 katolik? siapa sih?

anda mau tau?? yang punya adalah Gereja katolik, dan Gereja kotolik itu milik umat, milik bersama…

sekarang coba tanya siapa pemilik gereja anda?? lihat sertifikatnya?? apa anda bisa pecat pendeta anda? wong yg punya gereja kok di pecat? kan anda yg harus pindah to? ;D

jadi besok anda kalau mau bikin “gerombolan” lebih baik jangan pake nama, jangan pake gedung… ngumpul2 disawah saja… ;D

Kok malah oot gereja milik siapa? :D, yang ditanya apakah Yesus menyuruh Petrus mendirikan gereja romakatolik?? :char11:

Psst…yang saya tau sich kalau mau mendirikan gereja roma katolik wilayah baru harus ada ijin(lampu hijua) dari pemimpin di roma vatican dulu… :char11:

Matt 28:20 “… Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman zaman Para Rasul.”

apa YESUS menyertai Gereja-Nya hanya sebatas Para Rasul atau sampai Akhir Jaman…?
Saya pikir YESUS TIDAK seperti yang kamu kira yaitu YESUS berbohong… :happy0062:

Lah memang tidak ada perintah Yesus, kalau jadi murid murid gw harus buat nama jadi romakatolik yah atau grii atau gbi atau gpdi atau hkbp…dll :char11:

Inilah gereja yang didirikan/ditetapkan oleh Yesus Kristus sendiri:

Mat_18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."
:afro:

walah lha situ salah kutip ayat mas bro…

situ kutip ayat

4:32 Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

untuk apa???

kalau kumpulan yg modelnya seperti itu ya modelnya katolik to ya… :smiley:

woooh… yo jeuelassss to ya… ! ada masalah?

namanya juga gereja katolik, ya biar jelas orang ke gereja itu di ajarin katolik…
bukan ajaran2 ngga jelas gitu deh… kalau yg ga jelas2 dan yg ga bisa di pertanggungjawabkan… ya jelas namanya bukan gereja katolik, dan gereja2 itu bebas sesuka hati kalau mau bangun gereja… asal ngoceh… laris, jalan!!! :smiley:

jemaat Kristus mula mula masih ada bro, coba tengok di china contohnya, banyak orang percaya berkumpul, ibadah, seperti jemaat mula mula. :char11:

lha berarti yg punya nama salah semua ya… hahahaha… kalau gitu ga usah pake nama kristen sekalian to?? kan ga ada juga perintah yesus pake nama kristen…

jadi gerombolan apa ini namanya mas? gerombolan… “…” (hening ga sebut apa2) karena takut punya nama… ;D

lagi lagi orang katolik men “veto” kalau cara hidup jemaat mula mula cuma milik gereja roma katolik, udah ah jangan oot. :char11:
udah pernah kechina belum mas onde? :char11: